Monday Favorite #7: Daftar Youtuber Favorit

Thursday, October 5, 2017


Seminggu lewat nggak ada postingan baru, rasanya gagal banget jadi blogger. Blogging is the only thing that makes me feel productive on daily basis. Maklum ya, kerjaan ibu rumah tangga nggak jauh-jauh dari urusan domestik dan anak. Jadi kalau ada yang bisa "diselesaikan" di luar itu, rasanya bahagia sekaliii.

Banyak draft nganggur tapi nggak ada satupun yang kelar. Kendalanya kalo nggak sibuk nemenin anak, ya nggak mood nulis. Padahal yang dibahas lumayan 'berisi' dan memang yang belakangan ini sering jadi bahan pikiran. Alasan yang haram banget nggak mood itu. Emang, ya, segala sesuatu nggak segampang yang kita lihat, termasuk ngeblog. Yang bilang ngeblog gampang, sebenarnya udah pernah coba ngeblog belum, sih? *kok jadi sensi*

Anyway, karena konten-konten 'berisi' tersebut masih dalam proses, hari ini pengen nulis yang ringan-ringan aja.

Ada yang suka nonton vlogs nggak di sini? Kalo aku, sih, SUKA BANGET. Saking sukanya, sampai suami kalo mergokin aku lagi nonton vlogs orang, dia pasti komentar, "Nonton vlogs siapa lagi kamu?", yang kalau diterjemahkan kurang lebih seperti, "Kepoin hidup siapa lagi kamu?" LOL

Pada dasarnya, "keingintahuan" manusia itu tinggi banget, kan. Lahirnya para vlogger beberapa tahun belakangan ini memuaskan hasrat manusia tersebut, termasuk aku pastinya.

Seingetku, vlog pertama yang aku tonton itu di channel Bubzbeauty. Beberapa tahun kemudian sebelum nikah, dia bikin channel khusus di Bubzvlogz. Sejak saat itu aku suka banget nonton vlogs channel-channel lainnya. Nggak tahu kenapa, ya, nontonin keseharian orang lain yang dikemas dalam video berdurasi 10-20 menit itu NAGIH banget.

Tapiii, tau nggak sih kalau nggak semua vlogs itu enak ditonton? Padahal sebenarnya daily vlog itu terkesan gampang banget dilakukan, semua orang bisa harusnya ngevlog. Menurutku, setelah nonton beberapa vlogs yang berbeda-beda, yang bikin vlog enak ditonton itu, pertama si vloggernya sendiri nggak boleh awkward, alias harus bawel (dikit). Pernah nggak nonton vlog tapi isinya garing, karena si vloggernya itu nggak ngomong apa-apa. Kedua, hasil editan harus bersih dan flowing-nya menarik. Kadang aku nonton vlog sebenarnya isinya biasa aja, di rumah doang, nggak ngapa-ngapain. Tapi ya itu, editannya clean jadi bikin betah. Ketiga, pastinya isi konten video itu sendiri, ya. Nggak video, nggak nulis, pokoknya content is a king.

Btw, langsung aja deh di-share daftar Youtubers/vloggers favorit aku. Ada yang samaan nggak nih dengan aku favoritnya? 

1. Ria SW / Ria's Vlog by Malesbanget

Dedek-dedek sekolah jaman now pasti salah satu idolanya Ria SW, deh. Aku paham banget, karena emang Ria ini orangnya terlihat fun, nggak jaim, humble dan apa adanya banget.

Pertama kali 'kenal' Ria gara-gara vlog Samyang challenge-nya nongol karena direkomen Youtube (ketahuan banget nggak, sih, tontonan aku apaan sampe direkomenin beginian). Iseng nonton, eh kok suka?!

Menurutku pribadi, vlogs Ria sebenarnya biasa aja, nggak yang sampai menginspirasi gitu (kecuali menginspirasi orang untuk makan ya, bok). Setelah setahun lebih ngikutin dia, aku sadar yang bikin betah nonton video-videonya itu karena dia pinter mengemas konten yang biasa jadi menarik. Kalo kalian buka Youtube, kayaknya udah ratusan bahkan jutaan orang yang bikin video challenge. Tapi kalau pengen standout, ya memang harus bikin yang beda. Pokoknya channel-nya Ria nggak jauh-jauh dari makan dan challenge kekinian, deh.

Salah satu vlog favorit aku waktu Ria masih di Malesbanget


Ini favorit dari channel pribadinya. Saking sukanya, aku sampai ke tkp nyobain menu yang dia pesan lho. Ternyata beneran enak hahaha :D

Tips aman buat yang pengen vlogs marathon di Ria SW: harus sambil makan, biar nggak ngeces kelaperan!


Lagi-lagi kenal Youtuber lokal satu ini gara-gara ada di kolom rekomendasi video. Waktu masih hamil tahun lalu, aku rajin banget nonton pregnancy vlogs, terus nongol video Molita waktu dia hamil (videonya udah nggak ada, kayaknya dihapus). 

Aku pikir Moli ini cici-cici Sinciapo atau Malaysian gitu, soalnya di video yang aku tonton pertama itu dia ngomong Inggris beraksen khas. Ternyata dia memang orang Sumatra Utara yang tinggal di Batam. Pantes, logatmu itu familiar sekali, hihi. 

Molita Lin sebenarnya beauty vlogger, tapi kadang-kadang dia ngevlog juga dan aku lebih suka ngikutin vlognya karena gemesss sama anaknya, si Aiden. 

Salah satu vlog lamanya Moli. Lucu kannn, Aidennyaaa. Sekarang anaknya udah 2 tahun aja!

Moli ini selalu kelihatan flawless banget di setiap video makeup tutorial-nya. Tapi kalau di vlog, penampakannya langsung berubah menjadi emak-emak pada umumnya, hahaha. Bedanya, dia tetap cantik, sih, even without makeup #kzl 

Makeup tutorial favorit yang selalu aku pake kalo mau mekapan keluar rumah. Maklum, kacamataan tiap hari, nih.

Oh ya, awal-awal nonton channel ini, subscribers-nya belum mencapai 5k. Belum lama ini, berhasil mencapai 100,000 dan sekarang udah 200,000 aja dong! Way to go, Moli!


Ini diaaa yang belakangan ini lagi aku suka banget. Ci Chika, yang berkewarganegaraan Indonesia, nikah sama bule ostrali bernama Al. Mereka sekarang tinggal di Brisbane bareng anak mereka, Benji. Ini salah satu contoh daily vlogs yang menurutku kontennya biasa banget, tapi editan dan flowing-nya enak diikutin. Tadinya aku mikir, vlog yang di rumah aja apa serunya, sih. Emang dasarnya aku kepo sama kehidupan orang lain, ternyata channel mereka seru aja buat diikutin. 

Nontonin vlogs mereka tuh ngerasa aku punya teman sesama emak-emak. Walaupun jauh banget, nggak kenal, cuma nonton dari video berdurasi 20-30 menit (yes, vlogs mereka rata-rata sepanjang itu), ternyata masalah yang dihadapin sehari-hari sebagai IRT itu sama aja. Hari ini mau masak apa, kasih makan anak, ngurusin anak sakit, belanja kebutuhan sehari-hari, dll. Belum lagi Benji cuma beda 7 bulan lebih tua daripada Josh, jadi bisa relate banget lah.

Oh ya, Ci Chika ini dikenal sebagai mak irit, karean dia sering banget hunting barang-barang diskonan. Seru banget deh kalo nontonin dia pamerin hasil belanjaannya, hahaha. Emang dasar emak-emak, ye, nggak bisa jauh-jauh dari diskonan. 

Ci Chika ini suka banget masak sayur asem. Beberapa kali nonton vlog dia sering ada demo masak sayur asem rumahan. Indonesian food for lyfe!

***
Masih ada beberapa favorit lainnya, kayak Jenn Im dari Clothesencounters (Jems Squad mana suaranyaaa), WahlieTV, kalo buat inspirasi masak-masakan untuk saat ini lagi suka Honeysuckle dan Laura Vitale (pastinya), terus masih setia juga sama Whatsupmoms, dan masih ada beberapa lainnya. 

Walaupun ngabisin kuota yang lumayannn, tapi nonton Youtube itu hiburan receh banget buat emak-emak macam aku ini. Mending Youtube-an sih daripada scrolling Instagram terus-terusan, setidaknya nggak memberikan "efek samping" kayak pengen nyindir atau iri hati berlebihan huahahaha. 

Do you guys watch Youtube? What's your favorite channel? :D

9 comments:

  1. hahaha aku kebalikan kamu janne, aku ga begitu betah nonton daily vlog .. aku lebih suka modelan yang challenge2 gitu .. deep down inside my heart aku kagum sih sama mereka yang bikin daily vlog .. aku ngebayangin udah ribet duluan hahaha .. berasa kurang rempong apa hidup gw hahaha .. tapi emang youtube tuh juara banget ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga milih-milih banget cii kalo daily vlogs, soalnya ya itu ada yang ngebosenin banget, ada yang panjang tapi fun aja ditonton hahaha. Iya sama aku juga salut sama mereka yang bawa kamera ke mana-mana, belom lagi proses editingnya, terus ngaplotnya *lap keringet*

      Delete
  2. Aku juga suka nontonin vlognya Ria. Suka jadi tergoda pengin ikutan makan kalo nonton vlognya dia :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kannnn. Kayaknya tuh kalo nggak sambil makan nggak afdol nontonin vlogsnya hahaha

      Delete
  3. Jems squad here!!! Aduh si jenn itu idolaaaaa aku bgttt, ngeliatin dia bgomong bisa bikin mood langsung oke lho #lebay hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. *high five* Positive vibes banget ya si Jenn itu hihi

      Delete
  4. check this one out! www.youtube.com/maleaemma

    hehehe

    ReplyDelete
  5. Nggak suka nonton vlog, lbh suka baca blog ajah :)

    ReplyDelete