BPN DAY 4: 5 Alasan Kenapa Kamu Juga Harus Bergabung di Komunitas Blogger Perempuan Network

Friday, November 23, 2018


Sebelum bergabung di sebuah komunitas, sebenarnya aku cukup skeptis dengan berbagai komunitas blogger yang ada di Indonesia.

Gabung komunitas buat apa? Cuma buat seseruan? Biar ada jadwal arisan blogger tiap bulan? Gue ngeblog sendirian juga gapapa kok. Cari teman masih bisa lah di tempat lain.

Sombong banget, ye? Padahal setelah gabung, akhirnya betah banget sampai hari ini.

Salah satu komunitas blogger yang aku ikuti adalah Blogger Perempuan Network (BPN). Sesuai namanya, komunitas ini memang dikhususkan untuk teman-teman Blogger perempuan dan didirikan oleh tiga perempuan kece yang punya passion di bidang networking dan dunia online. Tujuan dibuatnya BPN, supaya merangkul para blogger perempuan di Indonesia supaya bisa saling berbagi dan menginspirasi.

Terus, kenapa blogger harus bergabung dalam sebuah komunitas?

Karena kita adalah makhluk sosial.

Kemudian candaan gue garing, bzzzz.

Menurut pengalamanku pribadi, sejak dulu di gereja aku diajarkan pentingnya berkomunitas. Supaya kita bisa saling bertumbuh, saling membantu dan membangun satu dengan lainnya. Kalau setiap hari Minggu pergi ibadah, terus pulang, ya akhirnya jadi rutinitas toh. Dengan adanya komunitas, kita bisa belajar lebih baik lagi secara jiwani maupun spiritual.

Bergabung dalam komunitas blogger itu kurang lebih sama. Kalau tujuan kita ingin menjadi blogger yang lebih baik lagi, nggak sekedar curhat-curhat aja (balik lagi ya, tujuan kita blogging berbeda-beda), bergabung di komunitas yang tepat itu sangatlah membantu.

Karena kebetulan aku bergabung di Blogger Perempuan Network, aku share beberapa keuntungan dirasakan selama menjadi member. Siapa tau ada yang tertarik untuk ikutan gabung. 

1. Saling belajar dan berbagi ilmu. 

BPN rutin mengadakan event dan workshop bagi teman-teman member. Terkadang beberapa acara yang mereka selenggarakan nggak dipungut biaya alias FREE lho. Hanya memang pesertanya dibatasi. Tapi kalau berbayar pun, aku nggak akan keberatan untuk tetap ikutan juga. Apalagi bisa belajar ilmu baru.

Sayangnya, karena keterbatasan waktu dan jarak yang agak jauh (iya, Bogor jauh, kan? LOL), aku belum pernah ada kesempatan untuk ikutan salah satu event BPN. Padahal pengen banget, sih, bisa seseruan bareng. Dear tim BPN, main-main ke Bogor dong, plisss.

Buat teman-teman yang mungkin senasib juga kayak aku, belum sempat ikutan event dari BPN, nggak usah sedih. Kita tetap bisa belajar banyak (hint: nggak cuma tentang dunia blogging!) melalui situs dan Facebook page mereka.

Bagi yang sudah jadi member, kita bisa submit update blog post kita di situs maupun Facebook page milik BPN. Karena jumlah member mereka udah mencapai 3400+ (tersebar di seluruh Indonesia lho), jenis postingan yang di-submit pun pasti beragam banget. Ada yang ngeblog tentang parenting, ada yang khusus ngebahas dunia blogging, ada juga yang rajin share resep masak andalan dll. Ini makanya aku bilang kita tetap bisa belajar, karena dengan mampir ke berbagai blog tersebut, kita bisa 'curi' ilmu dari teman blogger lainnya sesuai minat masing-masing. Seru, kan?

Di Instagram BPN pun, setiap minggu (di hari Sabtu) mereka bakal kasih kesempatan kita untuk share link blog post terbaru melalui DM, dan postingan terpilih bakal di-feature melalui IG story. Bagi blogger jelata macam saya, yang follower IG-nya masih secuil remah-remah peyek, belum bisa share link langsung pake GIF "swipe up", kan, yaaa. Syukur-syukur kalau terpilih (dan pernah beberapa kali hahaha), postingan kita bakal dapet kunjungan lebih banyak. Nih, yang mau nge-boost visitor di blognya, rajin-rajin nulis biar bisa ikutan feature ini.

Nggak rugi toh jadi member komunitas BPN?

Masih belum yakin untuk join? Cuss, lanjut poin kedua!

2. Aktifitas blogwalking lebih dimudahkan. 

Salah satu cara yang paling mudah untuk meramaikan blog, yaitu dengan melakukan blogwalking.

Sebenarnya prinsip blogwalking buatku itu sama dengan membaca. Kita nggak mungkin bisa nulis tanpa membaca. Impossible, deh. Nah, kita juga susah untuk ngeblog tanpa blogwalking.

Sebelum gabung ke komunitas blogger, aku suka bingung mau main ke blognya siapa. Hanya bisa main ke user blog yang meninggalkan komentar di postingan. Sedangkan jumlah komentar di blog aku tuh nggak seberapa. Bahkan bisa 0. Padahal PV-nya tinggi lho. Kenapa, sih, kalian jadi silent reader?! *ceritanya ngambek* hahahaha

Setelah bergabung ke BPN, aktifitas blogwalking ini dimudahkan sekali. Buat yang udah jadi member, kalian bisa langsung klik "blogwalking", terus pilih deh kategori blog yang ingin dibaca.

Alasanku untuk blogwalking sebenarnya lebih untuk cari inspirasi, sih. Khususnya kalau lagi kena writer's block. Biasanya kalau udah baca beberapa blog, ide nulis juga udah mulai terkumpul. Mayan banget, kan. 

3. Menambah teman-teman baru. 

Ini udah pasti lah, ya. Semakin sering kita ngeblog, ditambah bergabung di sebuah komunitas, jumlah teman pasti ikut bertambah kok.

Yang aku suka dari teman-teman di BPN ini, nggak pelit untuk berbagi ilmu. Jujur aja, ya. Sebelum gabung ke komunitas, aku gampang minder dengan tulisanku sendiri. Apalagi sering mikirin, "ini tulisan gue ada yang baca nggak, sih?". Padahal, blogger sejati mah menulis aja, ya. Ada yang baca atau nggak pokoknya nulis terusss. Tapi terkadang kita juga butuh feedback. Nah, fungsi berteman dengan sesama blogger, mereka bisa kasih banyak tips dan masukkan tentang tulisan kita. Dengan begitu, kita bisa nulis lebih baik, kan? Dan pastinya lebih semangat lagi deh ngeblognya. 

4. Mendapatkan informasi tentang berbagai blogging competition. 

Buat yang lagi ingin menantang diri sendiri dalam menulis, aku sarankan untuk sesekali coba ikutan kompetisi blogging. 

BPN sering banget ber-partner dengan beberapa brand kece untuk mengadakan kompetisi blogging. 

Tahun lalu, aku pengen coba-coba ikutan lomba blog. Masalahnya, cari informasi tentang lomba untuk blogger itu susah-susah gampang, ya. Ada, sih, beberapa situs`khusus yang menyediakan informasi aneka lomba menulis. Tapi kategori lombanya suka nggak sesuai keinginan. 

Tahun ini, aku berhasil tiga kali ikutan lomba blog, salah satu informasi lomba yang aku ikuti dapat dari BPN. Sebenarnya, tahun ini BPN sering banget ngadain lomba. Cuma karena pihak sponsornya nggak sesuai niche blog ini, terpaksa harus di-skip deh. 


Meski belum menang, tapi seru aja gitu bisa menyelesaikan satu postingan penuh.

Usahakan, sih, jangan terlalu ngotot harus menang atau fokus dengan hadiahnya. I know, hadiah berupa uang tunai sebesar 10 juta rupiah atau kamera mirrorless (misalnya) itu sangatlah menggiurkan untuk kita para blogger bukann. Tapi, coba jadikan lomba ini sebagai ajang memacu diri sendiri supaya lebih percaya diri lagi dalam menghasilkan tulisan di blog. 

Aku pernah baca beberapa cerita blogger, meski nggak menang dalam kompetisi yang diadakan, namun ada kemungkinan pihak brand menghubungi mereka langsung untuk menawarkan job lho. Nice banget, ya?

Kebetulan BPN baru-baru ini memberikan informasi lomba blog bagi beauty blogger tuh. Monggo, cek langsung IG mereka untuk detilnya, ya.

5. Mengadakan challenge seru.

Salah satunya, challenge ngeblog selama 30 hari ini nih.

Edannnn. Sampai hari ini masih nggak percaya bisa nulis secara konsisten empat hari berturut-turut kayak gini. Biasanya, aku butuh waktu 2-3 hari untuk menyelesaikan satu postingan. Sejak hari pertama challenge berlangsung, semangat banget bikin drafts sampe mabok sendiri, hahahaha. Semoga ajaa bisa bertahan sampai hari terakhir. I will be so proud of myself 😂

***
Semoga dengan menjabarkan 5 alasan di atas, cukup meyakinkan untuk teman-teman yang masih ragu atau sedang mencari komunitas blogger yang cocok di hati.

Ada pengalaman seru nggak selama bergabung dalam komunitas blogger? Share di bawah, ya! 

7 comments:

  1. Setuju. .Tapi sayang aku ga bisa ikutan yang nomor 1 karena t4 tinggal yg jauh dr kota besar. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah-mudahan nanti Blogger Perempuan (atau komunitas lainnya) bisa mengadakan acara di kota Mba yaa (:

      Delete
  2. aku juga seneng lho gabung di sini. merasakan banyak sekali keseruannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, yaa. Aku juga ngerasa beruntung banget bisa gabung di sini hahaha

      Delete
  3. Blogwalking via BPN itu emang paling asik sih krn tinggal klik ya..jadi makin banyak kenalan temen2 baru, bisa interaksi satu sama lain juga. Kadang sampe lupa waktu😂😂

    ReplyDelete
  4. aku beberapa kali dateng ke acara BPN di Bogor. Terakhir waktu kolaborasi BPN dgn komunitas lain untuk bikin pelatihan.

    Moga nanti bikin seseruan di lagi di sini dan kita bisa ikutan :)

    ReplyDelete
  5. Nomor 1 & 2 bener banget sih, itu yang paling berasa manfaatnya. Facebook dan Instagram nya BP aktif banget buat promosiin anggota-anggotanya. Blogwalking juga jadi gampang banget, tinggal scroll tulisan-tulisan yang kira-kira menarik!

    ReplyDelete

Thank you for reading and dropping your comments! All comments are moderated and I will reply each comment daily, so please check back. Nice to chat with you!