BPN DAY 28: 5 Online Shop Favorit untuk Belanja Makanan Sehat

Monday, December 17, 2018


Sebagai mama millennial, aku termasuk yang suka membeli berbagai jenis barang atau makanan melalui internet.

Nggak boong ya, hari gini kebutuhan kita sangat dimudahkan dengan adanya sistem berbelanja secara online. Selain harganya jauh lebih murah daripada toko fisik, banyak promo menggiurkan yang sering ditawarkan. Terus, produknya jauh lebih beragam dan kita bisa bebas memilih barang atau makanan apa yang ingin kita beli. Sisi nggak enaknya, kita memang nggak bisa meyentuh atau mencoba produknya terlebih dulu. Tapi ini bukan suatu masalah besar, sih, buatku.

Belakangan ini, aku lebih sering belanja makanan ketimbang pakaian secara online. Demi menunaikan misi hidup sehat dimulai dari makanan yang sehat. So, hari ini aku ingin membagikan lima online shop favorit aku untuk belanja makanan sehat dan alami: 

1. Namaste Organic 

Pertama kali aku tahu Namaste Organic ini dari blognya Alodita. Kalau nggak salah, waktu itu Kak Alo ngebahas tentang produk-produk kesehatan yang aman dan sehat untuk bumil.

Nah, entah kenapa sejak saat itu Namaste mulai dikenal di kalangan bumil, healthy geek, sampai geng emak-emak yang mulai rempong ngurusin MPASI si kecil. 

Dari namanya aja udah ketebak, ya, mereka jualan apa. Produk yang dijual Namaste kebanyakan produk organik dan naturaltanpa bahan pengawet, MSG, pemanis buatan, dll. Gluten free sampai dairy free products juga ada pilihannya. 

Aku mulai suka belanja di Namaste karena waktu usia satu tahun, Josh lebih suka makan mie daripada nasi. Sementara, mie mentah yang dijual di pasaran kebanyakan pakai bahan pengawet dan pewarna buatan. Makan mie pasta terus juga kurang sehat, kan.

Waktu tahu Namaste jual banyak macam-macam produk mie sehat, serasa ketemu harta karun! 
Pilihan produk mie di Namaste. Ladang Lima is recommended.

Namaste sering bikin promo menarik, khususnya untuk produk-produk best seller mereka. Cuma kudu rajin ngikutin update di akun Instagramnya. Soalnya cepet banget habisnya. Promo yang paling sering aku tunggu dari Namaste itu pakde Madu Uray dan Bragg Apple Cider Vinegar. Kalo lagi beruntung, bisa kebeli lewat Tokopedia. Seringnya kehabisan mulu ): Soalnya emang murah banget, gaes, kalau beli bundling gini. 

2. Lemonilo

Sebenarnya nggak jauh beda dengan Namaste, bedanya Lemonilo ini kayak lebih one stop online shopping untuk semuaaaa produk sehat dan alami.

Jadi, si Lemonilo ini bekerja sama dengan banyak mitra UKM seluruh Indonesia dalam misi membantu warga Indonesia supaya bisa start a healthy lifestyle with affordable budget.

Pilihan produknya beragam banget. Mulai dari bahan makanan sehari-hari, cemilan sehat, sayur dan buah organik, daging segar sampai katering juga ada lho.

Lemonilo sekarang ini dikenal karena mie goreng instan sehat produksi mereka sendiri. Walaupun judulnya "instan", cara pembuatan dan manfaat mie goreng Lemonilo ini spesial banget. Nggak seperti mie instan pada umumnya, mie goreng Lemonilo dioven sehingga bebas lemak trans. Selain itu, mie ini juga rendah gluten, bebas MSG dan 3P (pengawet, pewarna buatan dan perasa).

After reading all the ingredients and believing how good it is, I'm sold! 


Josh sukaaa banget sama mie goreng instannya Lemonilo. Aku pun nggak merasa bersalah dengan memberinya makanan instant yang satu ini. Rasanya tuh kayak mie instan favorit sejuta umat, tapi nggak pake micin... tapi tetep enak! Not sponsored by the way, emang seenak itu mienya. Kalo nggak percaya, coba melipir ke supermarket terdekat deh untuk nyobain. Dulu sebungkus masih bisa bagi dua dengan Josh. Sekarang doi udah bisa habis sendirian ckck.


Selain mie goreng, aku juga beberapa kali beli produk lainnya. Kebanyakan cemilan gitu, sih. Soalnya aku dan Josh sama-sama doyan ngemil. Harga produk cemilan mereka pun jauh lebih murah daripada yang dijual di supermarket.

Oh ya, tiap kali belanja di Lemonilo kita bisa mendapatkan cashback dan Lemonilo credits untuk dipake belanja berikutnya. Lumayan banget, kan?

3. Genki Plant

Sama seperti Namaste dan Lemonilo, Genki Plant ini juga khusus menjual produk-produk makanan sehat dan alami.

Aku sebenernya agak jarang belanja di sini. Kalo misal produk yang aku mau nggak ada di kedua situs sebelumnya, aku baru ke sini. Biasanya, sih, aku suka mencari produk semacam dried fruits atau seeds gitu di Genki. Aku pernah beli chia seeds untuk coba bikin chia seeds pudding, dan rasanya enak banget dong. Aku pikir rasanya yang bakal aneh gimana gitu. Karena pada dasarnya aku agak skeptis sama produk makanan sehat. Eh, ternyata cukup enak.

Kalo dari segi harga, masih oke lah. Nggak semahal kalo beli di toko fisik.

4. Nix's Corner

Nah, kalau yang ini bukan situs, tapi sebuah akun online shop di Instagram yang khusus menjual homemade frozen food. Tau Nix's Corner ini dari kalangan IG mommies yang anak-anaknya suka di-endorse produk dari mereka.

Kebetulan aku pecinta nugget. Waktu masih tinggal di rumah ortu, mamaku suka banget nyetok frozen nugget atau karage di freezer. Emang, sih, nggak sehat. Tapi enak, gimana donggg. Terus cepet banget tinggal goreng. Penyelamat banget di saat kulkas lagi nggak ada bahan makanan (atau mama lagi nggak di rumah, hahaha). Cuma sekarang mamaku udah mengurangi banget kareana alasan kesehatan juga.

Sejak nikah pun, kadang-kadang masih suka iseng beli sebungkus buat simpan di rumah. Sekarang hampir nggak pernah beli lagi karena mau mengurangi konsumsi processed food.

Tapi, kalo masih kepengen makan nugget gimana dong? Ya, Nix's ini lah solusinya.

Produk yang wajib dibeli dari Nix's adalah Shrimp Roll dan Chicken Nugget (yang diolah dari ayam pejantan). Aselik, enak bener nuggetnya. Sehat pulak. Josh pun doyan banget. Oh ya, produk mereka aman untuk MPASI, karena non MSG dan pengawet. Kalo begini, kan, enak ya. Semua anggota keluarga bisa makan.

Produk lainnya yang best seller juga adalah donat kampung. Cocok buat cemilan sore atau sarapan pagi.

Reseller Nix's Corner cukup banyak kok. Dapur mereka memang di Tangerang, tapi untuk yang tinggal di luar kota tetap bisa cobain produk mereka. Coba aja search di IG mereka, siapa tau ada reseller di kota kamu. Aku sendiri selalu beli dari reseller yang di Bogor.

5. Momotaro Kitchen

Ini juga serupa dengan Nix's Corner, sama-sama menjual homemade frozen food (aman untuk anak MPASI), tapi mereka juga spesialis menjual bahan makanan Jepang. Ada daging mentah segar dan homemade cooking sauce juga.

Aku baru sekali belanja di Momotaro Kitchen. Untuk frozen food-nya, sih, aku masih lebih suka Nix's. Menurutku, dagingnya agak asin. Nggak tau yaaa kalo buat yang lain.

Tapiiii, aku pernah beli sliced beef (rib eye)-nya untuk coba bikin ala-ala gyudon yosh*noya dan hasilnya ENAAA PARAH. Dagingnya fresh, nggak kayak yang dijual di supermarket. Masih merah dan nggak berbau. Harganya, sih, memang agak mahal. But worth to try. Aku pun bakal belanja lagi, sih, di sini dalam waktu dekat.

Momotaro juga menjual berbagai homemade sauce untuk memudahkan kita dalam memasak. Teriyaki sauce-nya recommended.

Sama seperti Nix's, reseller-nya juga tersebar di beberapa kota besar di Indonesia. Zaman sekarang kok ya gampang bener, ya. Belanja daging mentah aja bisa online.

Oh, kalo bingung pengen masak apa dengan bahan-bahan yang mereka jual, sering-sering tengok IG mereka aja karena suka berbagi resep masakan gitu.

***
Sejauh ini aku belum pernah mengalami hal yang kurang menyenangkan dari belanja di kelima olshop di atas. Jadi buat yang ingin coba, silakan, yaa. 

Ada yang pernah belanja dari daftar online shop di atas? Atau ada yang punya rekomendasi lainnya? Sharing sharing dong! 

15 comments:

  1. Wah, kebetulan saya juga lagi cari toko yang jual seeds atau biji-bijian gitu. Makasih ya rekomendasinya.

    ReplyDelete
  2. aku juga punya lho mie gorengnya lemonilo. *nggakpenting
    tapi kayaknya agak failed deh waktu bikin. kurang lama, jadi nggak enyak.
    liat ini jadi pingin cobain bikin lagi. wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa monggo! Mie Lemonilo ini emang kudu agak lama sih masaknya. Aku sebenernya suka yang setengah matang, tapi mie lemonilo ini kalo nggak matang banget malah nggak gitu enak. Begitu coba lagi masak lamaan, eh endeuss pisan hahaha

      Delete
  3. WoW, akhirnya nemu juga artikel yang ngebahas ini ...langsung bookmark :V .. udah lama nyari ini, saya taunya cuma namaste doang.. taunya masih ada ya yang lainnya... wajib nyoba belanja di sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi senang bisa membantu (: semoga bisa dapet produk yang dicari, yaa.

      Delete
  4. Astaga surga makanan sehaaaat 😍 pas banget aku tuh lagi mau coba hidup lebih sehat mbaak, step awal sih cari sesuatu yang baik buat jerawat misal chia seed. Beli di tokoped ato shopee kok kaya kurang meyakinkan gitu. Untunglah mampir kesini, jadi tau banyak referensi haha senangnyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeaaay glad to hear! Kalo nggak salah toko-toko yang aku sebutin di atas ada official toped/shopee juga. Mayan kalo akhir tahun gini suka ada promo hihi.

      Delete
  5. yampuun aku baru tahu semua. makasi rekomennya yaa :*

    ReplyDelete
  6. Ckck
    Gak kenal semuaa mba
    Deuh betapa kudetny
    Tp aku tertarik nyoba yg bwt bocahh
    Makasih infony mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga seringnya nyari cemilan buat si bocah. Kalo lagi promo lumayan sih. Soalnya kan makanan sehat cenderung agak mahal ya hihi sama-sama, Mbaa

      Delete
  7. Namaste aku tau dari IG nya Chelsea Oliviaa dulu..tapi di shopee ternyata ada yg mirip gini juga namanya House of Organix. Btw aku juga sukaaa nuget pejantan nya Nix Corner. Tipe nuget nya itu nggak yg pake tepung roti kaya tempura gitu ya. Rasa dan teksturnya mirip kaya mcnuget nya mcdonalds imho. Suami sama anak aku juga doyan bangetttt ini hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah betoool sekali! That's why pas makan nugget pejantannya Nixs kok berasa familiar. Ternyata mirip punya mekdi huahahaha.

      Delete
  8. Aku udah lama tahu dan lumayan sering juga cek Lemonilo, tapi belum pernah belanja di sana. Pernahnya di Qlapa, rada mirip dengan Lemonilo juga. Bedanya kalo Qlapa bukan one-stop healthy lifestyle marketplace, tapi lebih ke local made & handmade gitu. Meski since local made jadi bahan-bahan produknya kebanyakan alami juga. Dan plis banget, jadi kepingin nyoba mi-nya, deh! Itung-itung aku juga penggemar Indomie dan suka merasa bersalah kalo udah makan itu, huhu..

    ReplyDelete

Thank you for reading and dropping your comments, it means a lot to me. All comments are moderated and I will try to reply to each comment as soon as I could, so please check back.

All spams and comments that contain ads are gonna be deleted. I'm trying to make this blog a pleasant place where we can communicate with each other.

Once again thank you and see you around!