BPN DAY 29: 5 Situs Favorit yang Paling Sering Dikunjungi

Tuesday, December 18, 2018


Siapa di sini yang suka menghabiskan waktunya di internet? 

*unjuk tangan* 

Main internet buatku sebenarnya nggak melulu untuk "main", sih. Bagi seorang blogger atau content writer, internet itu seperti gudang inspirasi. Alibinya, ya main internet untuk cari ilham. Padahal sebenarnya lebih banyak untuk refreshing šŸ˜…

Sisi buruk dari main internet adalah suka bikin lupa waktu. Tau-tau udah dua jam aja gitu browsing ke sana ke mari. Aku sedang berusaha untuk mengurangi screen time dengan lebih bijak memilih situs mana yang lebih berfaedah dan layak untuk dikunjungi.  

Berikut ada lima situs favorit dan yang paling sering aku kunjungi, baik untuk cari inspirasi maupun sekedar for fun:

1. Mommies Daily 

Aku mulai senang buka-buka Mommies Daily sejak hamil Josh dua tahun yang lalu. Artikel tentang parenting/motherhood-nya selalu menarik dan membuka mata. Nggak seperti artikel kebanyakan lainnya yang "terlihat" copy-paste dari artikel luar (meski ada credit-nya, sih. Tapi kan jadinya artikelnya nggak fresh). 

Salah satu blogger favoritku, Kak Icha adalah kontributor di MD. Tulisannya pun sama menariknya dengan yang biasa ditulis di blog. Witty, funny and inspiring. Nih, tulisan terbarunya di MD yang bikin hati nyesss saking related-nya. *Instagram mommies mana suaranyaaaa?*

2. BrightSide 

BrightSide ini semacam portal yang memuat life hacks, inspirational article, quick tutorial dkk. 

Aku senang baca situs ini karena mereka sering memuat tulisan yang menarik, informatif dan juga helpful. Waktu Josh belum disapih, kan cukup lama tuh untuk nungguin dia nenen sampai tertidur. Akhirnya, satu tangan yang nganggur main hape untuk browsing situs ini. 

Topik favoritku aku biasanya di creativity, bagian fotografi. Suka amazed sendiri kalo liat hasil fotografi orang-orang yang sangat eye-opening

3. Bookabuku

Entah udah berapa kali aku nyebut situs pinjam-meminjamkan buku yang satu ini. 

Tiap minggu sekali aku pasti ke situs ini untuk cek ada buku baru apa yang bisa dipinjam berikutnya. Selain untuk pinjam buku, aku juga meminjamkan beberapa koleksi buku pribadi di Bookabuku. Jadi memang harus rutin buka website untuk cek jika ada peminjaman buku. 

 
Buat yang suka baca buku tapi males beli, nih cobain deh pinjam buku di Bookabuku. Jangan lupa pake referral code aku supaya dapet diskon untuk berlangganan nanti, ya! 

4. Youthmanual 

Youthmanual ini sebenarnya adalah sebuat platform bagi mereka yang sedang persiapan kuliah dan karir online berdasarkan hasil data akurat. Jadi bisa dibilang, situs ini memang ditujukan bagi mereka anak-anak muda yang ingin kuliah dan mempersiapkan karir di masa yang akan datang. 

Namun, nggak menutup kemungkinan kita-kita yang udah nggak sekolah ini untuk baca Youthmanual lho. Karena sesungguhnya isi jurnal (artikel) mereka berfaedah sekali. Banyak artikel yang menarik untuk dibaca dan membuka mata kita, khususnya yang berhubungan dengan gaya hidup anak muda zaman sekarang. 

Meski secara umur udah jauh lebih di atas, anak juga belum sekolah, setidaknya aku tetap bisa 'melek' tentang kebiasaan dan perkembangan gaya hidup plus pendidikan anak muda sekarang. Biar nggak kudet dan ketinggalan zaman lah. 

Saking sukanya dengan platfrom ini, ingin banget bisa kontribusi lewat tulisan. Aku pernah submit beberapa tulisan, salah satu yang paling ramai adalah tulisan tentang green apron experiences ini. Puji Tuhan, aku mendapatkan feedback yang positif dari tulisan ini. 

Btw, ada artikel oke bagi yang ingin tetap produktif di musim liburan ini. Monggo cek ini

5. Canva

Mungkin untuk sebagian kita para blogger udah nggak asing dengan situs yang satu ini. 

Canva adalah sebuah design website di mana kita bisa bebas membuat berbagai macam kebutuhan desain without fuss. Tinggal pilih format desain yang kita mau, tinggal drag ke sana ke mari, pilah-pilih font dan warna, voila! Desain kita jadi terlihat sangat profesional. 

Hampir semua blog title image di setiap postingan (termasuk postingan hari ini) adalah hasil karya di Canva. Nggak ada alasan lagi untuk malas atau nggak bisa bikin desain yang cuchmey untuk blog, because you have Canva for doing it! 

Sejak kenal Canva, aku udah nggak pernah buka Photoshop, sih. Nganggur banget sekarang software tersebut di laptop ini, hahaha. 

Oh ya, nggak perlu biaya untuk bisa bikin desain cakep di Canva, alias gratis. Kecuali kalo kalian ingin tambah plan dengan berbagai benefit lainnya, ya harus bayar. Sejauh ini, aku masih cukup dengan yang gratisan ini. 

***
Di antara daftar situs favorit di atas, ada yang samaan nggak nih? 

Buat yang belum pernah mengunjungi salah satu dari situs di atas, semoga bermanfaat, ya! 

14 comments:

  1. Waah saya baru tau mbak ada tempat buat pinjem pinjem buku~
    Makasih infonya yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, semoga bisa pinjam buku-buku bagus ya :D

      Delete
  2. Canva ini favorit banget. Gampang pakainya. Apalagi buat aku yang gaptek. Pilihannya banyak, meski aku penyuka gratisan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga masih gratisan soalnya masih cukup sih dengan pilihan yang ada. Enak banget ngedit-ngedit graphic dengan Canva ini :D

      Delete
  3. Bookabuku ini kayaknya bisa jadi solusi daripada beli terus ya boros :D nanti deh coba buka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betulll. Soalnya aku kadang beli buku tanpa liat review. Kalo nggak cocok, suka agak nyesek ): ada bookabuku jadi bisa dipinjamkan biar nggak mubazir. Dan kita bisa pinjem buku tanpa takut isinya nggak cocok. Nggak cocok ya dibalikin aja hahaha

      Delete
  4. Wow aku tertarik dengan brightside, bookabuku, dan youthmanual, makasih infonya ci jane. Canva aku juga dulu pakai, tapi sekarang seringnya ke snapseed di hpšŸ˜…

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di hape masih prefer VSCO hahaha

      Sama-sama, Endah!

      Delete
  5. aku perlu nih kepoin youthmanual. buat persiapan anaku kalo lulus sma nanti :)
    makasi ya, jane :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, cocok Mba buat anak SMA. Sama-sama, Mba Inna (:

      Delete
  6. Brightside itu keren ya. Banyak banget lifehacknya haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh, lifehack-nya unik-unik, yang nggak terpikirkan sebelumnya hahaha

      Delete
  7. Baruuu tau soal Youthmanual..nanti mau aku kepo-in ah! Aku juga seneng nih mampir ke Brightside, hampir mirip kaya 5minutes craft gitu..oh Canva is life savior too! Hahaha
    Serba easy lah ngedit-ngedit pake canva ini..cuma suka kesel kalo mau bikin teks yg ada border nya..tetep Phonto juga ujung2 nya buat masukin teks hahaha

    ReplyDelete
  8. Setelah cek Youthmanual ternyata isinya memang yang lagi aku cari, soal minat dan bakat untuk youth dan young milennials. Thank you so much for the recommendations!

    Btw aku juga seneng banget setelah menemukan Canva. Nggak perlu lemot lagi laptop untuk install software design. Bener-bener penyelamat hidup content creator atau content writer kayak kita-kita ini, hahaha..

    ReplyDelete

Thank you for reading and dropping your comments, it means a lot to me. All comments are moderated and I will try to reply to each comment as soon as I could, so please check back.

All spams and comments that contain ads are gonna be deleted. I'm trying to make this blog a pleasant place where we can communicate with each other.

Once again thank you and see you around!