BPN DAY 30 (LAST DAY): My Blogging Goals For 2019

Wednesday, December 19, 2018


We finally reached the end of this challenge! Congratulation to all of us!

*tepuk-tepuk pundak sendiri*
*mari rayakan dengan segelas ch*time!*
*everything worth to celebrate with ch*time LOL*

Sebagai yang masih suka struggling dengan update blog setiap minggu (aku selalu usaha minimal posting 1-2 tulisan tiap minggunya), bisa menyelesaikan tulisan setiap hari selama sebulan penuh adalah huge achievement for me. 

Bayangkan! Tiga puluh tulisan! Setiap hari! Sebulan penuh!


via GIPHY

Mungkin seperti kebanyakan teman lainnya, aku pun maju mundur untuk ikutan challenge ini. Belum apa-apa udah banyak pikiran aneh-aneh yang mengurungkan niat. Hellooo, nulis tiap hari banget nih? Emangnya gue nggak ada kerjaan lain apa?

Tapi, yaa, ternyata bisa lho. Serius, kalo ditanya gimana bisa nulis selama 30 hari penuh, aku pun nggak tau jawabannya. Cuma pengen menantang diri sendiri aja, sih. Ayo, Janeee. Sesekali coba untuk menyelesaikan sebuah tantangan. You can do it. 

Saat menjalankan challenge dari Blogger Perempuan ini, beberapa kali pengen nulis tema pengganti, bahkan di ketika masih di hari kedua 😅 Tapi aku penasaran, masa, sih, nggak bisa nulis dengan tema yang udah ada. Kalo emang nggak sreg, coba nulis dari sudut pandang yang berbeda. Contoh tema yang hampir diganti itu adalah topik zodiac, yang akhirnya nulis juga karena ternyata seru juga setelah mencari tahu soal personality traits berdasarkan zodiac sendiri. 


Challenge ini pun memberikan aku ide untuk membuat tema blogging bulanan. Supaya ada 'pegangan' gitu lho.

Eniwei, sebagai penutup challenge hari ini, kita diberikan sebuah topik untuk menuliskan apa target blogging di tahun depan. Aku nggak punya target muluk-muluk, sih. But there are still some goals that I want to achieve next year. 

My blogging goals for 2019 are:

1. Keep writing for myself. 

Ini bukan goal 2019 aja, sih. Selama aku masih blogging, goal ini akan selalu on-going.

Sejak pertama kali ngeblog, aku memang menulis untuk diri sendiri. Aku merasa blog adalah tempat yang sempurna untuk menyalurkan kreatifitas (dan uneg-uneg pribadi).

Semakin usiaku bertambah, aku juga merasa blog ini tumbuh bareng dengan diri sendiri. Aku merasa banyak hal yang berubah (positif) selama menjalankan aktifitas blogging ini.

Pada akhirnya, yang akan selalu setia membaca blog ini adalah diriku sendiri. I want to keep this blog as a reminder about my blessed life. 

2. Keep writing contents that meaningful, helpful and engaging people out there. 

Sama seperti poin pertama, ini merupakan goal tahunan yang harus aku ingat selalu.

Meski aku nulis untuk diri sendiri, tapi banyak orang di luar sana yang juga membaca blog ini. Rasanya senang banget kalo ada yang merasa terbantu karena baca salah satu tulisan di blog ini. Ternyata blogging nggak hanya bemanfaat untuk diri sendiri, tapi juga bisa menjadi tempat sharing dengan orang lain. 

Sharing is caring. 

Semoga ke depannya aku bisa tetap semangat nulis hal-hal berfaedah untuk bisa dinikmati bersama, ya. 

3. Do a fun blogging project (collaboration with other fellow blogger? 😁)

Udah ada wacananya lho. Semoga terwujud di awal tahun 2019, ya. Stay tune! 

4. Make a giveaway.

Dari kapan lalu pengen bangettt mengadakan giveaway kecil-kecilan di blog ini. Sebagai ucapan terima kasih aja, sih, untuk teman-teman yang udah setia dengan blog ini. Ciehhh. Macam terkenal saja kau, Janee :P

Mudah-mudahan awal tahun depan bisa direalisasikan, ya. Monmaap sebelumnya, nggak ada rencana giveaway kamera atau laptop juga, sih, hoahahaha. Just a simple thoughtful gift dan berharap bisa bermanfaat juga.

Ditunggu aja, ya, nanti.

5. Anything with "numbers" in this blog is just a bonus. 

Jumlah angka PV, DA/PA, blog visitors, followers dan sebagainya adalah bonus tambahan untuk blog ini. Memang aku ingin bisa melakukan monetisasi sederhana di blog ini supaya bisa menghasilkan tambahan, but it's not my top priority. Kalo motivasinya uang, rasanya jadi kurang ikhlas untuk menghasilkan tulisan yang maksimal. Makanya juga kenapa sampai hari ini aku nggak pasang jumlah pageviews di blog ini. Biar nggak terlalu fokus ke sana.

So, I want to tell myself, again and again, numbers are just numbers. 

***
Kok rasanya malah bittersweet gitu, ya, mengakhiri blog challenge kali ini 😂

Sejujurnya aku nggak punya motivasi khusus untuk komit menjalankan tantangan ini. Murni karena seneng aja gitu bisa seseruan bareng teman-teman lainnya. Kalo ngejalanin sendiri mungkin agak garing, ya. Belom tentu juga bisa dijalani sampai akhir. Tapi karena banyak yang ikutan, akhirnya jadi terpacu juga sampai hari terakhir ini. 

Thank you so much Blogger Perempuan untuk kesempatan spesial di akhir tahun ini. This is a new experience for me. Semoga ada kegiatan seru lainnya, ya. 

And to some of new blogger friends out there, nice to know you all. Kalian semua hebat! 

Terus semangat ngeblognya di tahun 2019, ya 🥂

20 comments:

  1. Saya juga loh.. mungkin kalo nyoba challenge sendirian, di tengah jalan udah mandek. Berhubung rame2 jadi semangat.. hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya karena dilakukannya rame-rame jadi lebih seru, yaa Mba :D

      Delete
  2. Waaaa salut banget mbak bisa ikutan BP challenge sampai selesai. Saya waktu baca pengumumannya aja langsung bilang nggak sanggup, wkwkwk. Btw pas baca paragraf awal tentang chatime saya langsung senyum2, anak twitter update juga Mba? 🤣 any way semoga terwujud semua blogging goalsnya. Saya pun kurang lebih seperti itu wishnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pun masih nggak percaya bisa komit sampe hari terakhir hahahaha aku twitter nggak gitu update malahan 😂

      Amin amin. Semoga kita semua tetap semangat ngeblognya, ya!

      Delete
  3. Whoaa so weird...while reading this I have my glass of ch*time in my hand..bisa pas bener 😂
    Congratsss yaa finally we reached the finale..bahagia bisa konsisten bersama2 temen seperjuangan gini huhuhu terharu
    And wish u luck for every goals ahead! Semoga project nya berjalan lancar jugaaa *wink*
    Happy holidayyyy Jane n fam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huahahaha aku malah belom kesampean beli Ch*time kemarin 😂😂

      Sama aku pun masih terharu bisa complete challenge kali ini. Yes yes! Looking forward to another exciting project ya! :D

      Delete
  4. hore berhasil! mari rayakan (nenggak teh gelas) :D

    moga terwujud semua targetnya ya, aamin.

    selamat lagii karna sudah berhasil menuntaskan challenge ini ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat untuk kita semuaaa! Dan tetap semangat blogging di tahun yang baru nanti! :D

      Delete
  5. Aih setuju bangett, apalagi kita saling blogwalking dan akhirnya tau sebuah topik dari sudut orang lain, we are not alone ternyata haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya bener kan. Kayak challenge ini kita dikasih tema yang sama tapi karena yang ikutan berbeda-beda, sudut pandang tulisannya pun beragam yaa. Nggak nyesel beneran ikutan challenge ini hahaha

      Delete
  6. Hi Jane, senang ya rasanya menyelesaikan tantangan Blogger Perempuan. Ternyata kita bisa loh hehe *toss pakai ch*attime rame-rame*. Anyway, semoga semua targetnya terwujud dengan lancar ya Jane.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya senang banget banget! *toss kembali dengan ch*time*

      Amin aminn. Semoga kita semua tetap semangat blogging, yaa.

      Delete
  7. Setuju bgt mbak, buat aku jumlah angka PV, DA/PA, blog visitors, followers juga cuma bonus yg penting I'm blogging happily, aku pernah terima job review kebanyakan (maruk) eh ujung2nya kewalahan sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meski jujur seneng sih ya liat penambahan angka tersebut, tapi mau belajar supaya nggak terlalu terpaku dengan angka-angka tersebut.

      Delete
  8. Selamat kak Jane! Selamat buat semuanya.

    Wah resolusinya mirip-mirip dengan saya. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat buat kita semuaaaa.

      Wah iya? Semoga resolusi ngeblog kamu juga tercapai ya di tahun depan (:

      Delete
  9. wah hebat, aku belum pernah menyelesaikan tantangan odop selama sebulan penuh. Selalu aja payah di pertengahan bulan

    ReplyDelete
  10. Tosss! Aku juga lagi rencana pingin project yang fun semacam collab atau guest posting gitu. Trus juga pingin bagi-bagi sesuatu dan engage more dengan readers. Anyways, selamat ya Kak Jane udah menyelesaikan challenge! Meski udah telat aku pingin coba menyelesaikan juga, demi memenuhi niat dan janji pada diri sendiri huahaha..

    And yes, I agree with you. Anything with number on it is merely a bonus. Cuma angka yang meski punya makna besar tapi again itu hanya bonus, tidak harus menjadi prioritas. Guess I have to remind myself more about that supaya terus ikhlas dalam memberikan konten yang terbaik. Thank you for the lesson! Keep on blogging and happy holidays to you and your family!

    ReplyDelete
  11. Hwaaaa selamat! Pada akhirnya selesai juga tantangan dari BP ini, dan membuktikan bahwa menulis setiap hari itu ... bisa :D hehehe. Semoga blogging goals di tahun 2019 terwujud ya.

    ReplyDelete
  12. Hepi banget loh bisa menyelesaikan challenge dari blogger perempuan. Semoga tercapai targetnya. Happy blogging!

    ReplyDelete

Thank you for reading and dropping your comments, it means a lot to me. All comments are moderated and I will try to reply to each comment daily, so please check back. Nice to chat with you!