My Favorite Bible Reading Plans from YouVersion

Saturday, May 4, 2019


I once said that one of my morning routines before starting the day is by praying and reading the Bible. I've been sticking to this routine since... almost 10 years, I guess? Pastinya ada bolong-bolong juga lah, beberapa hari lalu aja lupa gara-gara salah inget jam masuk anak sekolah, jadinya buru-buru deh *ngaku*

Tiap kali renungan pagi itu selalu mendapat pencerahan, padahal Bible verses yang dibaca terkadang itu-itu lagi. Tapi yang namanya ayat itu selalu 'kena' di saat kita lagi cari-cari jawaban, iya nggak? Atau lagi relate banget dengan situasi hidup yang lagi dialami.

I know I can't see Him (one day I'm sure!) but I know He's always there. Reading His words, praying to Him every single day is not only my responsibility as a Christian, but to keep my faith alive. Karena kalo demi menjalani kewajiban agama, ya cukup ke gereja tiap Minggu aja, tapi habis itu apa? How about the relationship with my Creator?

Biasanya source utamaku untuk renungan pagi adalah Our Daily Bread, namun setahun belakangan ini aku rutin menggunakan Bible Plan dari aplikasi Bible YouVersion.

Buat yang lagi susah meluangkan waktu buat renungan pagiwell actually nggak di pagi hari juga gapapa, sih, but it's recommended since morning badan dan pikiran kita masih fresh ajayou can try Bible plan from this app. It's quite handy, you can read it on the go. 

Devotional-nya rata-rata practical, nggak terlalu 'berat' (tergantung topik yang kita pilih), bikin kita mikir (namanya juga renungan...) dan nggak bosenin macam renungan jadul jaman sekolah dulu (siapa yang dulu di sekolahnya dibagiin buku renungan gratis? Apa tuh namanya lupaaa hahaha).

Current plan reading

Tiap plan beda-beda masa waktu, ada yang cuma 5 hari, 10 hari sampai yang sebulan juga ada. Serunya lagi kita bisa invite friends untuk ikutan baca plan yang sama, so we can share and talk together. Aku belom pernah coba, sih, maybe I can try now?

Buat yang bingung mau mulai baca plan apa, here are some of my favorites, dibagi menjadi dua kategori:

Personal/General

1. Simply Blessed- Finding Joy in The Little Things by Kim Chaffin (5-day plan)

What I learned: mengingatkan kita yang sering terlalu fokus tentang hal-hal kecil yang bisa mencuri kebahagiaan. Contohnya, rasa takut atau kuatir, ngomongin orang lain (#dilarangjulid) dan lain-lain. We feel less grateful or happy because we often too care about those little things. Remember this verse, "When I was not happy in my mind, You made me strong and happy again." (Psalms 94:19)

2. Passion & Purpose by Charles. F Stanley (10-day plan)

What I learned: sering, ya, kita dengar wejangan "find your purpose", "follow your passion", tapi passion itu sendiri apa? Di mana gue harus cari tujuan hidup gue? Maybe God can help you to find the answers through this plan. 

Aku pikir untuk mengetahui tujuan hidup itu cukup sekali aja, nyatanya aku sering bingung dan suka bertanya-tanya, ini sebenarnya hidup gue tuh mau kayak gimana, sih, what should I do with my life? Ada yang kayak gitu juga nggak?

Salah satu catatan dari devotional plan ini. 

3. The Power of Being Thankful by Joyce Meyer (14-day plan)

What I learned: Being thankful doesn't mean we have to ignore our problems, but have trust and hope that God is in control." Amen! Amen!

Plan ini nggak cuma bilang kalo kita harus selalu being thankful, tapi how to have a thankful heart even when in hard times. 

Motherhood/Parenting & Marriage Relationship 

4. Komunikasi yang Membangun Pernikahan by JPCC (5-day plan)

Salah satu plan dari gereja yang isinya sangat sangat sangat practical. 

What I learned: Sekilas baca devotional, sih, kayak biasa aja, tapi contoh kasusnya sederhana namun relatable sekali, apalagi ini tentang komunikasi antar suami dan istri. Berasa jleb-jleb banget pas baca ini, mau ketawa juga kok ini gue banget dah 😅

Cocok banget buat newlyweds yang masih anget, tapi semua pasangan yang akan dan udah menikah boleh banget baca plan ini juga. Buat bekal di kemudian hari 👌

5. The First Few Years of Marriage by Jim Burns & Doug Fields (5-day plan)

What I learned: katanya lima tahun pertama pernikahan itu paling banyak ujiannya. Sebenarnya mau pernikahan tahun keberapa pun ujiannya bakal tambah berat juga nggak sih? Ibarat main games tuh naik level.

Tapi nggak sedikit juga aku dengar baru nikah di bawah lima tahun udah sering banget berantem hebat sampai tau-tau mau cerai. Mungkin 'kaget' ternyata nikah itu nggak semudah Thanos menjentikkan jarinya.

Satu hal yang menarik dari plan ini adalah kita diajak untuk practice thank therapy, hal-hal apa aja yang kita syukuri tentang pasangan kita, khususnya di saat kita lagi sebel-sebelnya dengan suami/istri kita. Setuju yak, kalo pasangan melakukan satu kesalahan yang sebenarnya sepele, kayaknya langsung menutupi hal-hal baik yang udah mereka lakukan. So this is what thank therapy all about, because thankfulness wins over negativity.

6. Parenting Scriptures by Wendy Speake (5-day plan)

What I learned: Tuhan tuh selalu punya cara untuk mengajarkan kita berbagai hal, or when He just wants to simply change our perspective, so He came with this devotional plan. Basically this plan helped me went through masa-masa sulit, di mana hampir tiap hari suara jeritan anak sama mama saling beradu 😫

Kenapa akhirnya baca plan ini karena bosen banget baca berbagai macam artikel yang isinya penuh teori dan tips yang mana prakteknya nggak segampang itu (ibu-ibu yang setuju mana suaranyaaaa). I'm glad I found the right way to face my motherhood journey.

***
Semoga list ini membantu yang lagi pengen start morning devotional lagi or just in need to find good reads for your days (: 

Happy weekend everyone, stay awesome!

1 comment:

  1. Hi! Just browsing and found your blog. I really like your writing! Semoga terus jadi berkat bagi banyak orang yah :) God Bless you!

    ReplyDelete