Worthy Monday #2: 5 Aplikasi Wajib dan Berguna di HP (Mama Josh Approved!)

Monday, October 21, 2019


Tau-tau udah Senin lagi, tandanya episode Worthy Monday kembali hadir!

Hari ini aku pengen berbagi aplikasi wajib apa aja yang paling sering aku pakai sehari-hari di HP. Jadi memang pake HP itu nggak melulu ngeliatin sosmed, tapi bisa dipakai untuk hal-hal berguna lainnya. Mulai dari aplikasi belanja sampai untuk urusan catat-mencatat hal penting.

Cuss, ada aplikasi apa aja, ya?

1. Gojek dan Grab.
Kedua aplikasi ini digabung jadi satu karena fungsinya sama: mengantar aku ke mana-mana!

Gojek and Grab literally save my life (daily). Sebagai mama yang belum bisa nyetir mobil (2019 udah mau berakhir mama Josh masih belum bisa nyetir mobil!), aku amat sangat mengandalkan para abang ojol. Aku bisa bawa motor, sih, cuma karena di rumah memang belum ada motor jadi aku masih lebih banyak menggunakan aplikasi ojol ini.

Selain untuk transportasi, tentu saja kedua aplikasi ini mengambil peran penting mengapa dompet gampang bocor untuk urusan perut. Dibandingkan tahun lalu, sampai bulan ini sebenarnya aku udah lumayan irit dalam penggunaan fitur Gofood/Grabfood. Biasanya aku delivery online kalo memang nggak ada makanan di rumah, stok kopi lagi abis atau bocah lagi kepengen sesuatu. Kalo urusan kopi, kebetulan beberapa es kopi susu favoritku aku sering banget promo. Susah nolak kalo udah ada promo 😛

Fitur yang nggak kalah penting dari kedua aplikasi ini adalah untuk transaksi pembayaran. Aku termasuk hamba cashback, sih LOL Terus, enaknya cashback via OVO, biasanya, kan, masuk ke OVOpoints kita tuh. Nah, points-nya bisa dipakai lagi untuk pembayaran yang lain. Seringnya aku suka kehabisan saldo OVO, untung saldo points cukup banyak jadi bisa dipakai saat kepepet deh.

2. Tokopedia
Udah nggak perlu dibahas lebih lanjut lah ya tentang aplikasi e-commerce lokal yang satu ini?

Aku pengguna Tokopedia udah cukup lama. Sebelum mereka ada fitur untuk bayar tagihan dll, kebanyakan aku pakai untuk belanja kebutuhan sehari-hari atau sekedar cari kado. Udah pernah coba bayar tagihan di Toped belum? Lumayan bangettt lho cashback-nya (cashback lagi HAHAHA). Buat yang ingin bayar tagihan di Toped dan menikmati promo cashback-nya, harus punya akun OVO dulu. Nggak perlu lagi ke ATM atau ke bank untuk bayar tagihan apapun. Isi token listrik bisa, isi e-money bisa, bayar BPJS pun juga bisa. Apa aja deh. Trust me, your life will be getting easier.

My love grows bigger for Tokopedia since they announced BTS as their official brand ambassador! Nangis banget begitu tahu e-commerce kesayanganku ini kolaborasi dengan boyband kesayanganku juga.

Nggak ada hubungannya dengan konten hari ini, but since we talked about it let's put the video ads here also LOL 

3. Evernote
Evernote ini salah satu aplikasi yang sangat mendukung produktifitas aku. Selain untuk menyimpan catatan dalam bentuk teks, kita juga bisa menggunakan fitur audio untuk penyimpanan memori. Misalnya nih, kita lagi nggak bisa untuk mengetik atau menulis di memo, kita bisa menyimpan suara kita sendiri di Evernote supaya nggak lupa. Fitur audio note pernah aku pake pas mau tidur tiba-tiba kepikiran ide atau sesuatu yang penting. Pasti pernah, kan, kalau mau tidur itu biasanya pikiran ke mana-mana, malah ide cemerlang bisa muncul. Biar cepet, tinggal rekam suara aja deh, tinggal dieksekusi besoknya. 

Selain untuk penyimpanan ide, Evernote juga punya fitur task reminder. Aku belum pernah coba, sih, karena masih terbiasa dengan fitur Calendar di HP. Oh ya, segala informasi yang kita simpan di Evernote bisa disinkronkan ke laptop kita juga. 

Btw, aku baru sadar kenapa lambang aplikasi ini adalah gajah, karena gajah adalah binatang yang punya daya ingat kuat dan hampir nggak pernah lupa. Interesting! 

4. Money Manager 
Aplikasi ini wajib banget, karena membantu aku dalam merekam semua finansial rumah tangga. Aku pernah review tentang aplikasi Money Manager ini di blog, dibaca aja ya untuk lengkapnya. Intinya, buat emak-emak yang ogah ribet dan serba cepat, aku sangat merekomendasikan aplikasi ini. Pokoknya mencatat keuangan nggak pernah sepraktis ini deh. 

5. My Calendar 
Tadinya ingin review aplikasi ini di postingan khusus, aku coba bahas secara ringkas aja ya di sini. My Calendar ini sebuah aplikasi di mana kita bisa mencatat siklus menstruasi. Kenapa harus dicatat? 

Pertama, supaya kita bisa memantau siklus mens apakah lancar atau tidak. Amit-amit jika ada sesuatu yang nggak normal, kita punya catatan di aplikasi ini yang bisa kita tunjukkan pada dokter. 

Kedua, ini ditujukan untuk para ibu-ibu penganut KB kalendar seperti aku hahahaha. Di aplikasi ini kita bisa melihat tanggal kesuburan dan kapan terjadinya pembuahan. Buat yang lagi nunda, kita bisa cek kapan tanggal yang 'aman' untuk berhubungan. Buat yang lagi ingin hamil lagi, tinggal cek kapan lagi subur-suburnya. 

Ketiga, selain (tentunya) mencatat kapan mulai dan berhenti mens, kita juga bisa mencatat kapan kita berhubungan dengan suami. Jadi kalau misalnya hamil dan cek kandungan, biasa dokter akan bertanya kapan terakhir kali mens dan berhubungan. Worry no more, tinggal buka aplikasi ini deh. Soalnya waktu hamil pertama, aku nggak bisa mengingat jelas tanggal berapa terakhir mens. Ini akan membantu dokter dan kita sendiri untuk menghitung usia janin juga. 

Jadi, boleh lah ya dicoba ibu-ibu. Monggo di-download di Play Store masing-masing, ya. Mohon maaf kalau untuk Apple user aku kurang yakin aplikasi ini ada atau nggak, tapi pasti banyak kok yang serupa.

***
Kalau kalian sendiri, aplikasi apa nih yang wajib ada di HP masing-masing? Selain Instagram atau Twitter ya tentunya, because I know we can't live without them :P 

Mari kita saling sharing di kolom komentar, ya!

EDITED: Endah ngingetin aku aplikasi wajib lainnya yaitu Spotify! Bisa lupa padahal itu yang dibuka tiap hari di HP huhu mau bagi playlist juga ah, khususnya yang suka K-Pop dan BTS :P


5 comments:

  1. gojek, grab, dan tokopedia itu penyelamat waktu nyari goodie bag ulang tahun jayden kemaren hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya aku sempet baca tuh postingannya, yang sempet drama yak hihi

      Delete
  2. yang sama cuma gojek aja xD untuk nyatet keuangan aku pakai monefy, sederhana banget tapi tampilannya, untuk siklus menstuasi aku pakai flo, belanja2 masih pakai shopee soalnya belinya cuman album kpop doang hahaha
    terus ada lagi spotify buat dengerin podcast, tix id buat beli tiket bioskop, traveloka buat kalo mau traveling, dan ovo kalo mau transfer uang ke bank lain nggak kena biaya administrasi wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. EH IYA SPOTIFY! Kok bisa lupa ya itu padahal yg tiap hari dipake 😭

      Btw, beli album Kpop di Shopee di akun mana? Bisikin dong 😜

      Delete
  3. i can live without twitter hahaha....smp lupa apa akun twitterku karena ga pernah lagi main twitter ^_^

    ReplyDelete

Thank you for reading and dropping your comments, it means a lot to me. All comments are moderated and I will try to reply to each comment as soon as I could, so please check back.

All spams and comments that contain ads are gonna be deleted. I'm trying to make this blog a pleasant place where we can communicate with each other.

Once again thank you and see you around!