Resep Kopi Enak dan Gampang ala Rumahan

Wednesday, October 30, 2019


Gara-gara pernah IGstory bikin kopi di rumah, ada yang rikues di-share resepnya di blog biar bisa ikutan bikin kopi enak juga di rumah. Your wish has been granted my friend! 

Dulu, sebelum ngerti banget soal kopi (ya sekarang pengetahuannya juga standar, sih, setidaknya bisa lah bikin kopi ala-ala hihi), aku selalu ngeluh nggak bisa bikin kopi yang enak dan sesuai selera di rumah. Salah kaprah versi aku tentang kopi enak itu harus punya mesin espresso dan itu salah besar. Kita bisa bikin kopi enak apapun dengan cara yang paling sederhana.

Well, I do love my takeaways coffee. Tapi sejak terbiasa bikin kopi sendiri, aku membatasi jajan es kopi di luar. Dijatahin banget sebulan nggak boleh lebih dari 5x biar nggak kebablasan, kecuali kalo lagi promo ya gimana dah :P 

Sebelum masuk ke dalam resep, aku mau kasih tahu beberapa hal penting:

Tentang bubuk kopi 

Tingkatan kasar atau halus bubuk kopi tergantung metode menyeduh yang dipakai. Kalau nggak ada alat penyeduh, cuma mau dituang air panas aja, bisa pakai bubuk kopi hitam apapun. Tapi kalau ingin untuk dicampur susu dan sebagainya, lebih baik cari yang tanpa ampas, Nescafe Classic misalnya. Itu udah yang paling gampang ditemukan, di minimarket juga ada.

Aku sendiri lebih suka metode manual brew, paling sering menggunakan french press atau metode pour over. Kedua metode ini butuh bubuk kopi yang agak kasar, makanya aku selalu beli bubuk kopi dengan hasil gilingan yang sesuai dengan keinginan. Merek yang paling sering aku pakai Excelso Toraja, ini cocok banget untuk resep kopi susu atau latte karena rasanya manis dan legit. Untuk kopi hitam biasa dan cold brew, aku lebih suka memakai kopi Aceh Gayo atau Sidikalang.
Foto atas: (kiri) Kopi Toraja Excelso ini favoritku aku banget dan selalu ada di pantry.
(kanan) Dikirimi papaku dari Bali, belum pernah cobain dari Black Eye ini tapi enak juga kalau untuk black coffee.
Foto bawah: Kopi Sidikalang favorit papaku, selalu beli di tempat yang sama karena roasting dan gilingannya paling pas, wangi dan rasa kopinya pun keluar banget.

Tentang dairy (susu dan krimer) 

Nah, ini juga kembali ke selera. Boleh menggunakan full cream, low-fat, skimmed milk, almond milk, soy milk, bebassss. Kalau mau bikin es kopi susu seperti di luaran sana, ya harus menggunakan full cream biar rasanya lebih kental dan bold.

Terus, harus fresh milk atau UHT?

Untuk hasil yang lebih legit, memang lebih baik pakai fresh milk. Aku lebih sering pakai UHT karena lebih awet dan bisa dipakai lebih dari dua minggu. Pernah juga pakai fresh milk hasilnya nggak jauh beda.

Krimer itu sebenarnya hanya tambahan. Lagi-lagi kalau ingin mengikuti resep es kopi susu kekinian, mereka biasanya menambahkan krimer cair atau bubuk. Aku sendiri selalu pakai bubuk yang merek Fiber Creme, soalnya low sugar dan bebas lemak. Rasanya jauh lebih enak daripada krimer yang biasanya. No sponsored anyway. Pelanggan setia aja hahahaha

Susu kental manis gimana? Aku pribadi paling jarang menggunakan SKM karena terlalu manis, nggak sehat juga kalau terlalu sering. Kalau lagi kepingin minum Iced Thai/Vietnamese Coffee baru deh pakai SKM, itupun takarannya seminimal mungkin.

Tentang pemanis tambahan 

Ini juga bebas banget, mau pakai gula pasir, gula merah, gula aren, bentuknya mau cair atau bubuk, terserah. Pakai sirup perasa juga, tapi jangan pakai sirup lokal yang botolan itu, nggak cocok dan super manis. Pakai gourmet syrup merek Monin atau Torani aja biar kayak ala-ala coffee shop.

Kalau untuk es kopi lebih baik pakai dalam bentuk cair (liquid) supaya gampang larut. Kalau panas baru menggunakan bubuk.

Udah oke, ya? Sekarang aku mau share beberapa resep kopi favorit. Untuk takaran kopi, susu dan pemanis bisa disesuaikan dengan selera, ya. Resep di bawah dibuat sesederhana mungkin supaya semuanya bisa bikin juga di rumah. Inget, bikinnya harus pake hati biar makin enak hahaha.

Maka demikian, kupersembahkan resep kopi ala-ala mantan barista celemek ijo :P

1. Kopi Susu Panas ala Rumahan

Bahan-bahan: 
200gram bubuk kopi (jika menggunakan bubuk kopi gilingan)/1sdm Nescafe Classic
1sdm krimer
2sdt brown sugar (atau pemanis lainnya)
200ml susu cair

Cara membuat: 
1. Seduh kopi dengan air panas sampai takaran 150-200ml. Jangan kelebihan ya biar nggak encer.
2. Panaskan susu cair di atas kompor, cukup sampai muncul bubble (jangan mendidih).
3. Campurkan krimer dan pemanis di dalam cangkir, kemudian tuangkan kopi, terakhir susu.
Aduk sampai rata.
4. Silakan diminum selagi panas. Paling mantul diminum pagi-pagi sebelum beraktifitas.

2. Es Kopi Susu ala Rumahan 

Bahan-bahannya sama dengan yang di atas, tapi supaya lebih kental, takaran krimer menjadi 2sdm.

Cara membuat: 
1. Seduh kopi seperti cara di atas, tambahkan krimer kemudian aduk rata.
2. Susu boleh dipanaskan boleh nggak. Kalau menurut resep yang pernah kubaca, susu yang dipanaskan memang membuat rasa es kopi susu lebih gurih. Kalau dipanaskan, campur dengan seduhan kopi dan krimer. Diamkan di suhu ruangan sampai dingin.
3. Isi gelas dengan beberapa es batu, tuangkan campuran kopi+krimer+susu, tambahkan pemanis jika diinginkan.
4. Es kopi susu ala rumahan siap dinikmati!

Note: kalau nggak mau ribet pakai krimer bubuk, bisa menggunakan krimer cair kalengan (susu evaporasi/evaporated milk) seperti merek Carnation atau F&N yang sering dipakai di kedai thai tea. Dengan menggunakan krimer kalengan ini, rasa es kopi susu kamu mungkin akan mendekati dengan rasa es kopi susu yang biasa kamu beli. Inget, bukan susu kental manis tapi susu evaporasi. Jangan sampai salah beli, ya.

3. Iced Latte cepet tanpa ribet di kala mepet

Bahan-bahan: 
1-2sdm Nescafe Classic
100ml air panas
1sdt brown sugar (opsional)
Susu cair secukupnya
Es batu secukupnya

Cara membuat: 
1. Seduh kopi dengan air panas, tambahkan brown sugar, aduk sampai rata.
2. Isi gelas dengan es batu, tuangkan susu cair sampai kira-kira setengah gelas. Tuangkan campuran kopi dan gula ke dalam. This is my favorite part, karena warnanya bakal cakep banget kayak iced latte ala-ala di coffee shop.
3. Aduk dan silakan dinikmati di kala cuaca yang panas buangetttt akhir-akhir ini.

***
Bikin kopi itu hampir sama dengan memasak, harus melewati error and trial. Aku aja sampai sekarang masih suka coba-coba dengan takaran yang berbeda, teknik yang berbeda, siapa tahu hasilnya juga berbeda dan lebih enak. Jadi, jangan nyerah di awal, ya, kalo misal kopi buatan pertama rasanya 'ajaib'. Aku juga gitu kok. 

Semoga resep di atas bisa dicoba, and please do tell me how it turns out! Kalau ada yang punya resep kopi andalan, boleh di-share juga dong, biar ikutan coba (: 

4 comments:

  1. Omg thank you for sharing! Aku bakal cobain resep ini di rumah! <3

    ReplyDelete
  2. Janeee thank you for sharing these recipe yaa.. Aku pernah nyoba bikin es kopi susu pakai kopi kapal api+krimer+susu UHT tapi entah jadinya zonk wkwk.. Sejauh ini yang sukses cuma kopi panasnya aja, nanti mau coba cara yang kamu pakai ah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, kapal api itu berampas Eyaa jadi kurang endeus. Aku pernah coba pake itu pas keabisan kopi bubuk, nggak karuan hasilnya ((: selamat mencoba yaa, semoga sukses dan suka hihi

      Delete

Thank you for reading and dropping your comments, it means a lot to me. All comments are moderated and I will try to reply to each comment as soon as I could, so please check back.

All spams and comments that contain ads are gonna be deleted. I'm trying to make this blog a pleasant place where we can communicate with each other.

Once again thank you and see you around!