[Review] Cara Seru Belajar Mandarin dengan Flashcard (untuk balita)

Tuesday, January 30, 2018


Waktu kami kecil belajar bahasa Mandarin, Mamaku suka banget pakai flashcard sebagai media pembelajaran. Aku inget banget Mama punya beberapa koleksi flashcard dengan bermacam-macam tema, salah satunya tema "Bopomofo" (atau disebut zhùyīn fúhào) dengan first words yang harus aku hafalin. Yes, our childhood was tough LOL :P

Ternyata, sampai hari ini semakin banyak orangtua maupun guru memilih flashcard sebagai salah satu metode belajar, lho.

Kenapa menggunakan flashcard?

Karena simpel, murah dan mudah. Flashcard yang dijual banyak online shop Instagram rata-rata di bawah 100 ribu rupiah aja lho. Modal segitu udah bisa main dan belajar bareng dengan anak.

Selain itu, bermain flashcard sangat bermanfaat untuk membantu stimulasi otak kanan dan meningkatkan daya ingatnya dalam menghafal kosakata dan gambar-gambar yang dilihat maupun didengar.

Karena Josh belum lancar ngomomg, flashcard pun jadi salah satu pilihanku, dengan harapan 'tabungan' kosakata Josh bertambah dan mulai berani untuk bicara kata per kata. 

Cara bermain/menggunakan flashcard

Metode paling dasar dalam menggunakan flashcard, kita bisa membacakan kata-katanya dan minta si anak untuk melihat gambarnya. Tujuannya untuk melatih kemampuan otak kanan anak dalam mengingat kosakata dan gambar yang dilihat dan didengarnya.

Untuk seumuran Josh (1,5 tahun), memang lebih banyak ngacak-ngacak kartunya daripada serius hafalin kata, hahaha. It's okay kok. Saat dia lagi fokus, kita bisa kasih beberapa gambar dan sebutin kata-katanya. Lama-lama akan tersimpan di memori otaknya saat kita mengulang kata dan gambar tersebut kembali. 

Untuk anak yang lebih besar (di atas 2 tahun), kita bisa ajak bermain games mudah. Misalnya, kita ambil flashcard bertema buah-buahan, lalu sebar beberapa kartu secara acak di depan anak. Kemudian, minta si anak untuk mengelompokkan setiap kartu menurut instruksi kita. Misalnya, "buah-buahan berwarna kuning", "buah-buahan favorit kamu", dll. Bebas mau kasih instruksi seperti apa, yang kira-kira sesuai kemampuan anak aja. Selain meningkatkan daya ingat, games seperti ini juga bisa melatih konsentrasi si anak. 


Sedikit tips saat bermain dengan Josh, aku pilih beberapa gambar dan kata yang kira-kira familiar. Misalnya, tema makanan, aku pilih beberapa gambar makanan yang dia suka atau biasa dimakan. Ada tahu, mie, telor,  roti dan ayam goreng. Nah, nanti tinggal minta dia tunjukin aja yang mana roti, mana mie dan seterusnya. 

Eniwei, karena ini bahasa Mandarin, instruksi yang aku berikan juga dalam bahasa yang sama, jadi anak nggak bingung. 

 Ini waktu main yang tema Animals. Senyum-senyum sendiri liat foto Panda :D

Review Chinese-English Flashcards dari @bookmeg.market

Sejak Josh usia 7-8 bulan, aku mulai getol cari buku-buku bahasa Mandarin yang bagus dan menarik untuk anak-anak. Ternyata nggak gampang lho. Ngulik beberapa online shop dan rekomendasi emak-emak IG, terdamparlah aku di akun @bookmeg.market ini. 

Akun IG ini semacam surga kecil buat aku yang agak ambisius ngajarin Mandarin ke anak sejak kecil. Produknya buanyaaaaak sekaliiii. Plus, harganya sangat affordable! Mayoritas produk yang dijual nggak aku temui di lapak lainnya. Salah satu produk dengan pilihan beragam dan best seller, ya flashcard ini. 

Umumnya, sih, kita bakal beli yang warnanya kontras atau colorful supaya menarik perhatian anak. Kebetulan waktu aku mau beli, mereka punya koleksi flashcard baru dengan desain yang super minimalis, tapi kece. Dan yang penting, gambar-gambarnya real photo (bukan ilustrasi/kartun). Boleh aja, sih, kalau ingin sambil main dengan menunjukkan benda aslinya juga. Mama Josh aja yang ogah repot, hihi. Btw, benda asli tentu saja untuk makanan atau buah-buahan, ya! Jangan kau bawa panda atau jerapah ke rumah! *krikkk krikkk*

 Btw, telur itu sendiri artinya "dan". Kalo telur ayam berarti "ji dan", telur bebek berarti "ya dan" (ya=bebek). Bahasa Mandarin gampang, kan? :P

Suer, liat kartu yang ini tetiba laperrr...

 Kebetulan anjing di rumah koko ipar persis kayak di kartu ini (anjing Beagle).
Begitu Josh liat ini, dia langsung ngomong "Alma", karena itu memang nama anjingnya, hahaha


Kualitas kartunya sendiri cukup bagus dan tebal, hasil cetakannya glossy. Mudah-mudahan awet, jadi bisa dipakai lama. Bukan anak kecil namanya kalo nggak ada yang lecek, kelipet atau bahkan rusak, kan.

Oh ya, harganya sekitar 60-65ribu, satu pak isi 40-50 kartu. Cukup murah toh?


Buat yang lagi cari buku-buku, mainan atau flashcards bahasa Mandarin, aku rekomen banget untuk lihat-lihat di @bookmeg.market. Kalau nggak salah mereka jual beberapa buku pelajaran juga untuk bahan ngajar atau les Mandarin. Mudah-mudahan yang butuh bisa cocok, ya, belanja di sana.
Ada yang suka main flashcard juga bareng anaknya? Mungkin punya ide lain untuk bermain flashcard, feel free to share, ya! 


This is not a sponsored post. Product mentioned above was purchased by myself. 
Review ditulis karena kepuasan sebagai konsumen (: 

4 comments:

  1. aku salah fokus sama roasted pork hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun pas lagi story review kartunya salfok sama roasted pork-nya hahahaha

      Delete
  2. aku flashcard mami! dari ngajar dulu selalu pake flashcard hohoho ... tapi biasanya aku saranin ke sesama buibuk apalagi yang anaknya masih kecil buat mulai dari sedikit like 3-5 flashcards and gradually nambah .. terussss biasanya aku ga terlalu saranin flashcardnya dipegang anaknya karena ya most of the time jadi diawur2 doank kalo masih kekecilan dan defeat the purose buat ngajarin .. duh komennya bisa panjang nih ntar hahahaha ... apa bikin postingan juga ya di blog? hahahaha

    btw kebetulan aku lagi mau mulai ngajarin Gide mandarin nih, but the thing is aku ga bisa bedain empat nada ituuuuuuuuuuu ... hahaha ... gimana donk!!! bisa berabe artinya beda semuaaaaa hahahaha ... somehow kalo dikaslih liat tulisan aku bisa nulis mana stroke yang duluan tanpa tau bacanyaaa ... hahaha emang aneh hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu waktu ngajar Mandarin aku pun suka pake flashcard, somehow murid cepet ngerti hahaha. Ahh, jadi kalo untuk balita dikasih beberapa kartu dulu, ya. Ayuuuuk, Mami Gide bikin postingan sendiri tentang ini! Biar pada mudeng main flashcard bareng anak :D

      Soal nada sebenernya biaa belajar dari Youtube aja kok. Nanti lama-lama pasti terbiasa. Jiayouuu, Mami!

      Delete

Thank you for reading and dropping your comments! All comments are moderated and I will reply each comment daily, so please check back. Nice to chat with you!