Diary of the Month: September 2022

Friday, October 21, 2022


Kalau boleh jujur, bulan September yang lalu terasa berjalan agak lama. Padahal kesibukannya hampir sama kayak biasanya. Masih seputar antar-jemput anak sekolah, masak, ngajar, nemenin anak bikin PR, kemudian repeat sampai hari Jumat. 

Selama menjalani hari-hari yang biasa ini, masih ada beberapa kejadian yang patut disyukuri. Di antaranya akan aku ceritain di bawah. Siap-siap baca esai, ya! (alias panjang, makkk). 

Things I'm Grateful For 


1. TWC 2022
Awal September ini dibuka dengan mengikuti event tahunan gereja, Treasure Women's Conference (TWC). Konferensi tahunan ini dibuka khusus untuk para wanita dari seluruh Indonesia. Seperti dua tahun sebelumnya, TWC 2022 masih diadakan online, yang mana memberikanku banyak keuntungan. Karena acara ini diadakan selama dua hari, dari pukul 9-5 sore. Nggak kebayang kalau onsite eike harus nitipin anak sama siapa seharian *keresehan klasik ibu-ibu tanpa ncus*

Hari pertama, jujur, nggak terlalu fokus karena agak tepar. Begitu denger sesi siang hari, aku malah ketiduran karena sambil boboin Krystal, huahahaha. 

TAPI NIH, lanjut hari kedua, secara fisik udah seger, terus beli Fore latte gula aren dong yaaa buat nemenin seharian. Eh, ternyata di hari kedua ini aku bener-bener kayak "dibakar" saat mengikuti semua sesi. Rasanya powerful banget bisa mendapat inspirasi dari sesama wanita, apalagi dengan pengalaman hidup mereka bersama Tuhan yang sangat menggugah emosi (dan iman pastinya πŸ”₯).

Salah satu sesi breakout favoritku dibawakan oleh Greysia Polii, di mana beliau menceritakan titik terendahnya saat didiskualifikasi pada Olimpiade London 2012, kemudian bangkit kembali sampai akhirnya pensiun menjadi atlet badminton profesional selama 30 tahun (!!!). Di TWC ini, Greysia banyak cerita gimana usahanya untuk bangkit dari keterpurukannya dan gimana rasanya nggak enak diproses sama Tuhan berkali-kali. Katanya Tuhan janji mau bikin dia bersinar, tapi kok rasanya proses nggak kelar-kelar, yang ada malah gagal terus-terusan. 

Aku nggak main bulu tangkis, nonton pertandingan di tv sesekali kalau emang seru. Tapi entah kenapa cerita Greysia Polii ini kayak ngasih bahan bakar untuk terus berjuang dalam hidup. Salah satu quote ciamik yang berhasil aku catet: "If you quit now, you quit as a loser." Menariknya adalah, kalimat ini diucapkan oleh mama beliau saat dia memikirkan "apa gue berhenti aja ya sekarang jadi atlet, toh udah terlanjur gagal ini di mata dunia." Dan kita harus makasih banget sama sang ibunda karena membuat seorang Greysia Polii kembali melanjutkan "perangnya" dan membuat satu Indonesia nangis berjamaah di depan layar kaca saat menyaksikan Greysia Polii dan Apriyani Rahayu memenangkan medali emas pertama untuk ganda putri di Olimpiade Tokyo 2020 kemarin. 

Plis, kalian nonton video ini juga. Kenapa, ya, cerita perjuangan atlet olahraga tuh suka bikin cirambay. 

2. House renovation
Jadi permisah, dengan anugrah dan berkat Tuhan yang begitu warbiasak, kami membeli rumah impian kami di awal tahun ini dan saat ini sedang dalam progres renovasi πŸ‘€

Kalau tulisan ini bisa menyampaikan emosiku (mudah-mudahan demikian, yaa), jantungku aja rasanya kayak mau loncat ngetik kalimat di atas saat ini saking hepinya! Mungkin teman-teman blog di sini tau, yaa, mimpi kami untuk punya rumah sendiri. 

I will talk more about this later for sure. Sekarang ini, cuma mau bilang itu aja. Rasanya tiap minggu nyamperin rumah untuk ngecek proses renovasi, hati kami dipenuhi rasa syukur yang meluap. Kadang masih surreal dan ngomong ke suamik, "Ihh, kita tuh udah punya rumah ya, beb!"

Doakan ya manteman supaya akhir tahun ini renovasi kelar dan keluarga kecil kami bisa menempati rumah baru kamiii. Yuk bisa yuk bantu mikirin #(namarumah)... biar kayak influencer gitu, kaaaaan 🀣

Food/Drinks I've Tried 


Salah satu sahabatku baru aja buka kedai kopi baru di daerah Jakarta Barat, tepatnya di Taman Palem, namanya Kopi Anak Monopole. Seneng banget nggak tuh punya sahabat yang doyan ngopi terus akhirnya punya coffee shop sendiri, I'm so happy and so proud of her! 

Selain jual menu kopi dan non kopi, ada makanannya juga seperti rice bowl dan roti bakar. Porsi rice bowl-nya sendiri menurutku pas lah untuk dimakan saat nggak laper-laper banget. Untuk roti bakar bisa jadi cemilan untuk nemenin ngopi. 

Kopi yang aku coba tentu aja kopi susu gula aren, sementara suami setia dengan kopi hitamnya. Kopsus arennya punya wangi yang khas dan agak beda dengan kopsus yang pernah aku coba. Buat yang tinggal di daerah Palem dan sekitarnya, bisa cobain langsung, ya! Oh ya, they're also availabe on Gofood/Grabfood! Cusss, ngopi di rumah jadi! 



Movies/Videos I've Watched 


The Crown (Netflix Series) 
Bulan September lalu, dunia berkabung atas meninggalnya Ratu Elizabeth II. Begitu dengar beritanya, aku cukup syok. Langsung deh ngikutin semua beritanya di Quora. Fyi, di Quora ada satu thread khusus ngebahas BRF dan para user di sana passionate sekali dalam memberikan semua informasinya. 

Aku bukan fans berat BRF, tapi seneng dramanya lol. Kebetulan momennya pas, aku pun coba nonton serial The Crown yang menceritakan sejarah monarki Inggris yang dipimpin oleh Queen Elizabeth II. 

Begitu nonton season pertama, baru paham kenapa serial ini banyak diidolakan banyak orang. Tiap kali selesai nonton satu episode, nggak tahan untuk ngebahas bareng suami gimana beratnya dan hebatnya Sang Ratu saat dia "terpaksa" naik menjadi seorang pemimpin monarki yang akhirnya bertahan selama 70 tahun. That was just... insane. Belum lagi mikirin apa rasanya jadi bagian dari BRF yang mana selamanya akan menjadi sorotan dunia. 

Sampai sekarang ini, aku masih mager di season kedua. Padahal season baru bakal tayang bulan depan. 

Is there anybody watching this series too? Apakah kalian nonton berangkat sebagai fans BRF atau emang suka serialnya aja? 

***
Agak sepi, ya, laporan diari bulan September ini. Semoga bulan Oktober ini bisa ngumpulin hal-hal seru lainnya untuk diceritakan, ya. See you very soon in the next DOTM. Happy Friday!

13 comments:

  1. Akuu akuu nonton The Crown, tapi baru season 1 juga sih haha aku suka banget Calire Foy sama Vanessa Kirby meranin Queen Elizabeth dan Princess Margareth πŸ’› Ceritanya Margareth di akhir-akhir season sedih banget siiih 😭 tapi sama nih, masih mager mau lanjut ke season 2 padahal nonton season satu udah dari tahun lalu wkwk.. sekarang udah mau tayang season 5 yaa, udah masuk ke ceritanya Diana πŸ₯Ί Ayoo kita lanjutin nonton Janee πŸ˜†

    Btw congrats untuk calon rumah baruu~ masih renovasi berarti belum ditempatin kan yaa? Semoga nanti pas udah ditempatin bisa membawa lebih banyak kebahagiaan dan cerita-cerita buat kamu sekeluarga ya Janee πŸ’–

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aslikkk, Vanessa Kirby stunning banget meranin Princess Margareth, kayak nontonin diri dia sendiri gitu lho, I dunno why kenapa karakternya pas banget buat dia 😭 Aku pun sedih sama Margareth, she deserves better ending, ya. Tapi emang pilihan hidup dia dari awal kontroversial dan penuh resiko, sih. Beda sama kakaknya yang selalu cari aman dan dari remaja udah harus megang tanggung jawab suatu hari nanti bakal jadi ratu πŸ₯Ί

      INI UDAH KELUAR SEASON BARUNYAAA. Aduhhh, masih nggak biasa liat Prof Umbridge mendadak jadi queen 🀣

      Makasih banyak, Eyaa! Iya betul belum ditempati kok. Aminnnn, makasih banyak untuk doanya ya πŸ₯°

      Delete
  2. Selamat Ci Janeee atas rumah barunya. <3 semoga renovasinya berjalan lancar dan menjadi rumah yang menyenangkan. <3 ngomongin soal namain rumah, yang aku inget cuma satu nama yaitu BidiBidiBongBong alias rumahnya Diana Rikasari, hahaha. Ternyata influencer lain juga ngasih nama ke rumahnya ya, baru tau. Buat nama rumahnya Ci Jane apa ya. Yu Jib? Wkwkwkwk alias rumah keluarga Yu.

    Ya ampuuun cerita kariernya Kak Greys tuh emang menginspirasi banget. Aku bacanya sampe merinding padahal udah pernah nonton video wawancara Kak Greys di mana-mana. Tetep aja tapiii... >.<

    The Crown itu aku ngiranya film lho Ci, dulu hahaha. Ternyata series. Jadi...gk dlu. xD Soal BRF aku kemarin sempetnya cuma nonton yang Diana in Her Own Words. Katanya biar imbang sih nonton Spencer juga, tapi katanya lagi Spencer ini filmnya menguras tenaga, jadi belum aku tonton. xD Ci Jane udah pernah nonton Spencer atau Diana in Her Own Words?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Endahhh, makasih banyak doanya untuk rumah kami <3 Ahahahaha, nama rumahnya Diana Rikasari itu catchy dan iconic banget, yaaa. Kayaknya dia pelopor yang ngasih nama buat rumah nggak, sih? Sekarang di IG tuh banyak banget akun khusus rumah, semuanya ada namanya XD

      YU JIB OKE DEH KITA BUNGKUS! Tapi kenapa jadi kayak resto Korean BBQ gitu yak? 🀣🀣🀣

      Baik Spencer maupun documentary-nya Diana aku belum nonton, Ndah. Ini aja ngelanjutin The Crown nggak jadi-jadi gara-gara kemarin sibuk sama Manifest πŸ˜‚

      Delete
  3. Selamat rumah barunya janeeee 😘. Semoga lancar2 proses renovasi. Ga mudah, tapi memang pasti puassss banget kalo udah selesai. Apalagi pas liat foto before after πŸ˜„.

    Greysia Polii itu atlet kesayanganku juga. Sangaaat2 humble orangnya. Dia juga adek dari mantan atasanku, Ricky Polii, udah meninggal bbrp waktu lalu. Dulu aku ga percaya pas pak Ricky bilang kalo Greysia adiknya, lah waktu itu Greysia masih muda banget, sementara bos ku udah ubanan 🀣🀣🀣🀣. Ternyata pas Greysia DTG ke bank, di situ kami baru percaya kalo si bos punya adek yg jarak usia jauh bangetttt hahahahaha. Tapi zaman Greysia masih sering datang ke bank, dia blm seterkenal sekarang. Jadi ngobrolnya aja masih santai. Kalo udh juara dunia mah, aku minta foto pasti πŸ˜‚

    Ah sayang tempat kopi temenmu agak jauh nih. Pengen cobain juga. Selalu happy kalo ada temen yg buka usaha apalagi kuliner. Aku pun biasanya bakal support dengan ikut membeli dan KSH feedback. Semoga usaha kopi temennya makin sukses ya Jane πŸ‘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banyak, Mba Fannyyy! Iya nggak sabar banget nunggu hasil after-nya nanti XD

      Woalahhh dunia sempit banget ternyata malah Mba Fanny pernah kerja sama kakaknya Greysia Polii. Soalnya yang aku tahu beliau hanya punya satu kakak perempuan, nggak tahu ada saudara laki-laki juga, ya. Aku juga ketemu Greysia pasti minta foto bareng, sih. Idola sekaliii πŸ˜‚

      Iya ini sih jauh banget dari tempatnya Mba Fanny, hahahaha. Eh tapi setahuku Kopi Monopole buka cabang baru lagi di Sedayu apa ya namanya itu, di Gading bukan, ya? Mungkin lebih dekat dari tempatnya Mba Fanny. Aminnn! Nanti disampaikan ke temanku, makasih banyak, Mbaaa πŸ₯°

      Delete
  4. Ci Janee, demi apa aku baru ngeh kalau Greysia Polii udah main badminton selama 30 tahun!! Aku pikir beliau baru umur 20an, Ciiii!! That's why waktu ada berita tentang pensiunnya beliau, aku kaget karena aku pikir baru umur 20an kok udah pensiun 🀣. Mukanya masih muda bangettt! jadi aku nggak nyangka wkwk. Bener-bener terharu membaca sekilas kisah hidupnya lewat tulisan Ci Jane 😭 nggak berani nonton videonya karena takut nangis 😭 tapi aku percaya kalau perjuangan atlet selalu nggak mudah. Hebat ya Greysia akhirnya bertahan untuk berjuang dan akhirnya bisa meraih medali emas 😭 bener-bener janji Tuhan dan kerja keras tidak mengkhianati.

    BTW, IKUTAN SENENG AKHIRNYA CI JANE BISA PUNYA RUMAH SENDIRI!! HUAAA CONGRATS CI JANE!! FINALLY YA FINALLY!! 😍. Semoga proses renovasi dan proses pindahannya nanti dilancarkannnn! Pasti excited abiesss!! πŸ˜†

    Sayang cafenya ada di Palem 😭 jauh banget dari rumahku, Ci 😭 kan aku penasaran ingin coba kopi susu arennyaa! wkwk. Semoga sukses selalu untuk usaha teman Cici yaa!

    Aku nggak nonton The Crown, juga bukan fans BRF tapi aku suka drama(?) 🀣 #plakk. Aku cuma pernah beberapa kali ngikutin info BRF yaitu saat Kate lahiran. Kayaknya ini sih seluruh dunia juga ngikutin lah ya hahaha.

    Btw, HAPPY BIRTHDAY CI JANEEEE!! AND HAPPY WEDDING ANNIVERSARY!! πŸ₯³. Doaku yang terbaik untuk Ci Jane dan Ko Andreee. Semoga kalian bisa harmonis dan langgeng selaluuu :D semoga Ci Jane bisa menjadi pribadi yang lebih baik, bijaksana dan diberkati selalu dalam segala hal yang Cici kerjakan. God bless you, Cii!! Sayang Ci Jane selalu ❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahaha awet muda sekali beliau, yaaa. Aku juga nggak ngeh dia udah di pertengahan 30an gitu, hebat banget udah mendedikasikan hidupnya untuk badminton dan negara selama itu. Cerita perjuangan atlet termasuk Greysia Polii tuh kayak selalu mecut aku untuk nggak bermental tempe. Mereka bisa berjuang di olimpiade, aku juga bisa lah bertarung di duniaku sendiri meski itu dalam hal mengurus rumah dan anak πŸ’ͺπŸΌπŸ˜†

      Ahhh makasih banyak, Liaaa. Senang sekaliii akhirnya bisa spill our happiness di sini <3 ditunggu yaa cerita lengkapnya soal rumah, hihi.

      Terima kasih Liaa ucapannya untuk temanku, nanti disampaikan (dia baca blog ini sih kayaknya, wkwkwk). Eh, tapi Monopole baru buka cabang baru lagi di Sedayu City, kayaknya lebih dekat kan kalo dari tempatmu? Siapa tahu bisa coba juga :D

      Terimakasihhhhh Lia sayangggg! Tuhan berkati kamu juga yaa πŸ₯°πŸ˜˜

      Delete
    2. Ditunggu cerita lengkap soal rumah baru, Cici! Can’ wait >.<

      Hwaaaa! Sedayu jauh lebih dekat kalau dari tempatku!! Nanti kapan-kapan aku usahakan mampir kalau bisaaa! Thank you untuk infonyaa, Ci :D

      Delete
  5. aku bacanya penuh full akhirnya rumah impian tercapai juga, aminnn. Ikut seneng pokoknya. Baideweiii, jadi penyemangat aku juga untuk mewujudkan hal serupa

    aku nontonin video kemenangan Greysia sama Apri, gilak ikutan nangis parah waktu itu. Ini bener bener hadiah buat Indonesia. Luar biasa pokoknya, kerennn

    aku ngeliat Crown cuman dipotongan-potongan videonya yang lewat di tiktok waktu booming Ratu Elisabeth kemarin. Bisa persis gitu pemainnya, waktu itu mikir "nih film bagus, kudu ditonton", sayangnya belum sempet nontonin nih



    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangaaat, Mba Ainun untuk mencapai mimpinya! <3

      Huhuhu mereka berdua berhasil mencetak sejarah baru di dunia bulu tangkis Indonesia, yaa. Ini ngetiknya aja merinding lagi, warbiasak sekali mereka tuh.

      The Crown ini serial, Mbaa. Karena ceritanya lebih ke historis dan biografis, nontonnya bisa pelan-pelan kalau lagi senggang aja.

      Delete
  6. Aku dulu suka nonton pertandingan bulu tangkis, jadi pas Greysia Polii gantung raket sedihhh bangeeett. Karena untuk sektor putri dia termasuk yg diunggulkaaan. Memang yaa untuk sukses butuh jatuh bangun yang ga sebentar.

    Ci Janeee selamaaat untuk rumah barunyaaa. Ikutaannn happyyy semoga semua prosesnya berjalan lancar dan segera selesai yaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh, berasa banget yaa ditinggal atlet kesayangan ): bener banget, kayaknya setelag Greysia belum ada lagi, semoga Apriyani bisa terus berkembang nih setelah medali emas kemarin.

      Hihi maacih banyak, Devina! Aminnn~ semoga prosesnya lancar dan kami bisa segera cerita-cerita lagi soal rumah baluww :D

      Delete