What's In My Blog: Ada apa aja di blog ini?

Monday, November 12, 2018


Blog post ini harusnya bisa di-publish bertepatan dengan Hari Blogger Nasional tanggal 27 Oktober yang lalu. Namun, apa daya kalau ide tulisan ini baru datang di bulan yang baru. 

Udah mikir banget, sih, mau tulis apa nih untuk merayakan hari blogger. Secara udah 8 tahun blogging, nggak pernah ada postingan khusus di event spesial ini. Ngomongin sejarah pertama kali nge-blog, alasan kenapa pengen nge-blog dan rencana ke depan tentang blog ini, semua udah pernah aku bahas di dalam sebuah postingan blog's anniversary tahun lalu.


Tiba-tiba suatu hari dapet ide cemerlang: kenapa nggak bahas tentang isi blog ini?

Sebelum aku ngerti istilah niche, monetize dan lainnya yang terdengar sangat profesional itu, aku sama sekali nggak mikirin konten blog ini. Mau cerita apa, bahas aja, bebasss. Aku pernah bilang, ya, pengen lebih serius blogging. Serius di sini berarti aku ingin mendapatkan hasil berupa materi dari blog ini. Nggak boong lah ya, siapa juga yang nggak kepingin dapet bonus dari kegiatan yang disukai? Meski masih gado-gado dan sudah melabeli blog ini dengan 'niche' lifestyle blog, aku tetap mikirin banget konten apa yang cocok dibahas di sini. Aku nggak pernah membahas sesuatu yang nggak aku enjoy. Misalnya, nih. Orang-orang di luaran sana lagi hot ngomongin pemilu tahun depan. Aku nggak bakal bahas itu, sih, di blog ini. Bukan berarti aku nggak concern, tapi ngomongin politik itu not so me. Daripada dipaksain dan hasilnya 'garing', lebih baik nggak sama sekali.

Maka dari itu, postingan hari ini dibuat dengan tujuan memberikan informasi kepada para pengunjung yang budiman, apa aja yang bisa ditemukan dalam blog ini. Supaya nggak ngerasa nyasar, aku coba untuk memberikan quick guide (ciee, udah kayak apa aja) tentang blog kesayanganku ini.

Here we go!

1. Motherhood Journey
Kategori ini resmi masuk ke dalam blog sejak dua tahun yang lalu, setelah anak pertama kami lahir ke dunia. Banyak cerita, pengalaman dan hal seru selama menjalani peran ibu. If you are interested enough about my journey as a mom, bisa mampir ke topik ini, ya. Siapa tau kalo kebetulan kamu juga seorang ibu, kita bisa saling sharing deh. Buat yang belum jadi ibu-ibu macam saya, kemungkinan kamu merasa boring baca curhatan di topik ini. Meski demikian, dari lubuk hati terdalam, mudah-mudahan tetap bisa memetik pelajaran dari perjalanan ini, ya.

Baca: How It Feels to be a Stay at Home Mom

2. Our Baby
Ada cerita motherhood, ada baby-nya juga dong, ya. Sesuai judul, topik ini membahas semuaaa tentang Joshua. Kalau suatu hari nanti diijinkan untuk hamil lagi, cerita anak kedua nanti otomatis akan masuk ke dalam kategori ini juga.

Baca: Birth Story: Arrival of Joshua Emmanuel Yu

3. Our Marriage
Sesekali aku juga berbagi cerita kehidupan hubungan pernikahan kami. Sebelum nikah, sebenarnya aku juga jarang ngomongin soal relationship, sih. Bingung apa yang bisa dibahas. Baru deh setelah nikah ada aja cerita seru yang kayaknya sayang kalau nggak dijadikan kenangan di blog.

Baca: Our Marriage after Baby

4. Life Lessons, Faith Lessons, Personal Entries
Tiga topik tersebut biasanya berisi tulisan hasil renungan atau pengalaman hidup yang sifatnya personal. Sebelum punya blog, biasanya aku nuang (apa buang? :P) isi hati dan pikiran ke sebuah buku harian. Sampai hari ini pun aku masih rajin nulis diari, atau mungkin sekarang ini lebih suka disebut dengan istilah journaling. Kenapa masih suka nulis manual? Selain emang suka nulis, aku juga percaya menulis dengan tangan itu bisa melatih kreatifitas dan mengasah kepekaan diri, dua hal yang memang ingin aku kembangkan terus-menerus. Setelah selesai nulis, biasanya aku suka baca-baca ulang. Kalo ada tulisan yang menarik untuk di-share di blog, tinggal copy-paste aja deh.

Beberapa postingan favoritku aku:
Resep Menjadi Orang Kaya
Hidup Sederhana = Hidup Cukup
To My 20-22 Year Old Self

Seminggu sekali, setiap hari Senin, aku juga punya topik khusus Diary of The Week, yang membahas keseruan aktifitas atau hal-hal apa aja yang udah terjadi selama seminggu.

5. Living in Bali
Waktu pertama kali pindah ke Bali di tahun 2013, aku cukup sering berbagi pengalaman selama tinggal di pulau yang menganut paham "every day is a holiday". Salah satu tulisan yang paling viral (tsah, viral banget nih?) adalah pengalaman kerja sebagai barista Starbucks.

Meski sekarang udah nggak tinggal di sana, puji Tuhan setiap tahun masih punya kesempatan untuk pulang ke Bali. Setiap kali pulang ke sana, aku berusaha untuk membahas tempat liburan atau kuliner asik untuk dicoba. Karena judulnya "pulang", suami suka mager kalo diajak jalan-jalan. Padahal sayang banget, kan, kalo pulang cuma ngendon di rumah. Alasan yang paling manjur supaya suami mau keluar adalah: "Buat konten blog nih!" 😁

Baca: Bali Mini Travel Recommendation For Family

Buat yang suka makan-makan, monggo ke topik Eat in Bali.

6. Travel Journal
Ngaku-ngaku sebagai lifestyle blogger nggak afdol kalo nggak ngebahas tentang traveling, kan. Meski belum melalang buana ke luar negeri (lagi), kami suka colong-colong waktu untuk liburan singkat ke luar kota atau sekedar main ke tempat wisata lokal yang belum pernah dikunjungi. Yang penting setelah pulang liburan, papa mama dan Josh hepi dan punya quality time yang seru, ya.

Baca: Tamasya Singkat ke The Ranch Puncak

7. Favorite things 
Kalo soal hal-hal favorit, topik yang paling sering aku bahas adalah books love, movies love dan sesekali beauty love juga. Pokoknya hal-hal random yang aku suka masuknya ke kategori ini, ya.

***
Sekalian ah, pengen ngucapin terima kasih yang udah setia baca blog ini. Baik yang selama ini hanya silent readers atau yang rajin komentar di setiap postingan, kalian yang bikin blog ini jadi lebih hidup dan memotivasi aku secara nggak langsung untuk lebih semangat berbagi lewat tulisan di sini. Thank you berry berry much!

Quick survey: Topik apa yang paling kalian suka di blog ini? Apa ada topik lainnya yang kalian ingin aku tulis di sini? Let me know in the comments down below, yes? 

7 comments:

  1. Waaah. Lengkap banget kategorinya.. hehehehe.. topic nomor 7 sih paling suka.. kayak baca karakter blog ini dari hal-hal yang berbau favorite pastinya.. hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sharing hal-hal receh yang favorit emang paling seru sih ya, hahahaha thank you untuk komennya ya, Mba!

      Delete
  2. Paling suka baca kategori Travel Journal. Kalo baca-baca cerita liburan tuh berasa ikut liburan juga soalnya, seneng! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga baca cerita jalan-jalan orang jadi pengen ikutan liburan juga hahaha sekalian bisa dapet rekomendasi seru yaa

      Delete
  3. Aku suka dengan tulisan jane, mangkanya sering mampir buat ngecek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, terima kasih banyak, Mba, suka mampir baca di sini (:

      Delete
  4. Paling suka baca yang favorite things sama life lessons. Itung-itung belajar bersyukur dan introspeksi diri juga :)

    ReplyDelete

Thank you for reading and dropping your comments! All comments are moderated and I will reply each comment daily, so please check back. Nice to chat with you!