Saatnya Mengoptimalkan Performa Blog

Wednesday, August 5, 2020


Belakangan aku cukup sering memikirkan performa blog ini. I'm taking this blog seriously, tapi nggak seserius sampai harus rutin memantau angka Alexa Rank, Google Analytics dan lainnya. Masih lebih sering ngecek angka DA/PA (selalu stabil di angka 17-18 which okay for me) walau kurang paham juga, sih, kenapa harus dicek πŸ˜‚

Kalau SEO dikit-dikit dijalani karena pengen lebih enak aja ngeblognya, supaya nggak terlalu asal-asalan juga, kan. Misalnya, dengan mulai menghindari penempatan link pada anchor text macam "di sini" ke kalimat yang lebih spesifik. Atau memilih judul yang SEO friendly, contohnya tulisan hari ini awalnya ingin diberi judul "under construction", tapi kok sayang, ya, kalau judulnya begitu doang *wiii mendadak SEO snob yee anda 🀭*

Bagi teman-teman atau blogger di luar sana yang memonetasi atau mencari uang dari blog, memantau sebagian kecil dari hal-hal yang kusebutkan di atas tentu sebuah keharusan. Karena performa blog amat sangat penting bagi klien yang ingin bekerja sama dengan blogger. Makanya, aku paham sekaliii kalau beberapa teman di luar sana yang sangaaaaat detil dengan hal ini. 

Terus, kenapa tiba-tiba lo pengen ngurusin performa blog ini? 

Jadi ceritanya begini. 

Bulan lalu, aku iseng memantau Google Analytics dan menemukan angka bounce rate yang cukup menganggu. Setelah ditelusuri, ternyata disebabkan broken link yang tersebar di blog. Akhirnya aku mencoba untuk memeriksa beberapa postingan setahun belakangan ini (karena kalau dicek semuanya hamba lelah donggg) dan memang cukup ditemukan banyak link mati. Setelah itu, angka bounce rate mulai menurun dan aku bisa bernafas lega. 

Keisengan berlanjut saat aku memerika Alexa Rank. Fyi, aku belum pernah ngecek performa blog melalui si Alexa ini. Harapanku, sih, angkanya memuaskan. Yaaa, mungkin nggak ramping, gendut dikit gapapa deh kayak berat badan gue yang susah beneurrr turun sejak lahiran empat tahun yang lalu (lah mbaknya curhat?!) 

Dan saat aku memasukkan link blog di situs Alexa, tampaklah angka yang membuatku tercengang. 

KOK ANGKANYA JELEK?? TT________TT

Niatnya iseng ngecek berakhir kalang kabut mencari bala bantuan untuk segera merampingkan angka Alexa. Ternyata nggak cuma pemiliknya aja, sampai blognya pun harus program diet ketat! 

Bolak balik ke situs para mastah, akhirnya aku menemukan jawaban di blog Febriyan Lukito dalam pembahasannya tentang kesalahan SEO, salah satunya... coba tebak apa? Lagi-lagi perkara broken link! 

Karena nggak mungkin rasanya ngecek satu per satu postingan yang ada, thank goodness for broken link checker, di mana di situs ini kita bisa langsung mendapatkan laporan lengkap tentang semua daftar link mati yang ada di blog. Butuh beberapa menit sampai daftarnya muncul sampai akhir. Begitu jumlah broken link yang muncul mencapai angka 100, aku mendadak ingin pingsan kembali. 

Jangan sedih, total akhirnya dua ratussss lapan puluh lapan link mati, sodara-sodara!

Gara-gara ini aku jadi mikir, busyettt ternyata gue hobi beneurrr naroh link di blog. Zzzzzz. 

Belum lagi kebanyakan link mati yang ada di blog ini, bersumber pada foto-foto di postingan lama yang masih menggunakan Photobucket. Dilema antara hapus aja postingannya, kemudian diedit menjadi tulisan baru (repurpose content ceritanya) atau ya reupload atu-atu *mendadak keringet dingin*

Selain broken link, sebenarnya ada banyak yang bisa diperhatikan lebih lanjut jika teman-teman ingin memperbaiki atau meningkatkan performa blog. Lepas dari tujuan apapun yang kita punya saat blogging, nggak ada salahnya juga untuk mempercantik 'rumah' online kita supaya tetap semangat dan pengunjung yang datang semakin betah. 

Berikut ada beberapa poin blog health check-up yang aku kumpulkan sendiri dari berbagai tips yang dibagikan oleh Carolina Ratri, Febriyan Lukito dan Ewafebri (kalian keren!). Semoga membantu kalian yang membutuhkan, ya! 

Menulis dengan alur yang nyaman


Menurut Mba Carra, menulis dengan nyaman bisa menurunkan tingkat bounce rate, yang mana ini titik mula permasalahan blog ini. Ketika pembaca nyaman saat membaca tulisan kita, otomatis mereka akan betah menghabiskan waktu lebih lama dengan membaca tulisan-tulisan lainnya. Apalagi kalo tipenya seperti aku yang kalau udah naksir dengan satu blog, pasti akan wandering around dari postingan paling lama ke paling baru, hahahaha. 

Tulisan yang enak dibaca, secara nggak langsung memberikan perasaan nyaman juga untuk pembaca. Coba bayangkan kalau kita nemu tulisan yang m0d3lnYa s3pErTi iNi atau muter-muter nggak jelas intinya, pasti pengennya tutup window aja, kan? πŸ˜”

✔ Penempatan link dan memperbaiki broken link


Jangan sampai panen broken link kayak aku, bebenahnya setengah mati, huhuhu. Untuk lengkapnya tentang apa dampak dan cara memperbaiki broken link dan juga penempatan link yang baik seperti apa, bisa dilihat di blognya Mba Ewa, ya. 

✔ Apakah tujuan ngeblog sudah tercapai? 


Menurut Mas Febriyan, beda tujuan beda juga cara optimalisasi isi blog kita. Lah iya, bener juga ya? Kenapa aku nggak pernah ngeh sebelumnya? 

Tujuan ngeblog sampai hari ini, masih karena ingin berbagi pengalaman hidup dan informasi tentang hal-hal yang aku suka, seperti kafe/tempat makan favorit, tontonan atau buku apa yang menarik dan lainnya yang bisa kalian temukan di kategori Favorite Things (monggo cek navigasi paling atas, udah ada drop down menu lho sekarang *apaan sih* πŸ˜‚). Maka demikian, aku harus memastikan sharing yang dibagikan nggak merugikan pihak mana pun dan informasi relevan bagi pembaca. 

✔ Konsisten ngeblog 


Dari sekian banyak tips blogging yang aku baca, para suhu sepakat bahwa untuk meningkatkan performa blog secara keseluruhan, konsisten adalah sebuah koentji. 

Konsiten update tulisan, konsisten mengulas topik yang sesuai tujuan, konsisten menerapkan SEO dan sebagainya. 

Poin-poin yang kubagikan di atas hanya permukaan aja, sih. Kalau ingin membenahi blog besar-besaran, mungkin lebih banyak lagi yang harus diperhatikan. Untuk saat ini, aku cukup fokus dengan memperbaiki broken links dan foto-foto yang harus reupload. Jadi kalau akunya agak-agak absen di sini, mohon maaf yaa huhuhu mudah-mudahan, sih, tetap bisa sambilan ngisi blog juga. We'll see.  

Sebelumnya, aku butuh beberapa feedback dari teman-teman nih: 
  • Bagaimana pengalaman teman-teman saat membuka Jane From The Blog: apakah kecepatannya cukup oke atau lambat? Apakah harus di-refresh dulu supaya gambar muncul? Biasanya lebih sering blogwalking dengan device apa? Coba dijabarkan sedetil mungkin, ya. 
  • Kira-kira apa yang bisa dibenahi dari blog ini? Apakah ada konten spesifik yang ingin kalian baca di sini? 😊
Saran dan kritik dari teman-teman akan sangat sangat membantu dalam meningkatkan performa blog ini. Aku ingin sekali blog ini nggak hanya menjadi tempat curhat atau menyimpan memoriku pribadi, tapi juga menjadi tempat singgah kalian yang nyaman ✌

***
Adakah teman-teman yang di sini rajin membenahi isi blog sendiri? Ceritakan pengalaman kalian, ya!

49 comments:

  1. Aku baru tau kalau sebaiknya kita menghindari placement link di anchor text.
    Kalau boleh tau, alasannya kenapa ya mbak?

    Sebenarnya sampai sekarang masih bingung sendiri, sebenarnya tujuan ngeblog buat aku itu apa. Mau dikembangin, tapi aku takut bakal merasa terikat dan ga enjoy ngejalaninnya.

    Bingung terus, sampai belasan tahun berlalu dan blogku sampai sekarang gini-gini aja deh... :))

    Yang gini-gini aja pun aku tetap enjoy sih sebenarnya... tapi ya masa ga mau maju at least dikit gitu, kan ya... :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh aku juga baru dengar ini, mungkin teman-teman yang lebih berpengalaman bisa bantu menjawab? Soalnya setahuku banyak sponsored job yang meminta placement link ini kan yaa. Mohon pencerahannya man teman πŸ™

      Hihi aku juga pernah ngerasa hal yang sama kok beberapa tahun lalu. Ngeblognya hepi-hepi aja tapi kayak pengen maju yaa. Mungkin coba-coba konten yang berbeda? Banyakin media atau iseng-iseng bikin infografis? Senyamannya Mba Hicha ajaa biar ngeblognya tetep asik 😊

      Semangaaat ya!

      Delete
  2. Saya termasuk jarang kasih link di blog saya mba, jadi setiap check brokenlink thankfully nggak ada alias zero :)) cuma permasalahan blog saya di spam score yang lumayan tinggi gara-gara website siwalan yang menaruh link blog saya di website mereka entah untuk tujuan apa hhhhh KZL :<

    By the way, blog mba Jane cepat dan nggak loading gambarnya ~ saya buka pakai Chrome laptop hehehehe, dan saya nyaman baca-baca isi blog mba Jane karena navigasinya gampang, plus acapkali saya klik link-link yang mba bagikan seperti link blog mas Lukito dan mba Carra barusan :3

    Kalau ditanya apa yang harus dibenahi, so far nggak ada :))) kalau sudah bucin memang apa-apa terlihat cantik yah, tapi aslinya blog ini memang cantik dan menyenangkan untuk dibaca hehehehe. Nah, kalau soal konten apa yang ingin saya baca, to be honest, semua tulisan terbaru mba Jane dari semenjak saya kenal blog mba pasti saya baca, means saya suka semua kontennya. Tapi kalau mau spesifik mana yang paling disuka, favorit saya itu konten Worthy Monday, Diary of the Month, sama konten review cafe hahahahaha (suka banget lihat foto makanan) :9

    For the last, semangat untuk optimalisasi blognya mba <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uwuuu terima kasih banyak untuk komentar sweet-nya Mba Enoo 😘 padahal aku pun salah satu bucinnya creameno juga hihi

      Aduh, emang gengges banget kalo nemu orang-orang yang bertanggung jawab ngelink blog kita ke situs spam atau nggak jelas ya. Semoga mereka cepat bertobat dan spam score blog Mba Eno kembali pulih!

      Terima kasih banyak Mba Eno udah sering main dan mendukung blog ini yaa πŸ€—Jadi diingatkan konten Worthy Monday harus dikurang-kurangi bolongnya alias sering ngepost πŸ˜†

      Delete
  3. Hi ci, selama ini aku lebih sering BW lewat hp sih dan pakai app Chrome, dan selama ini kalau aku buka blog cici, loadingnya sudah cukup cepat kok dan nggak perlu sampai refresh halaman untuk loading gambarnya 😊

    Kalau yang harus dibenahi, menurutku nggak ada, aku anaknya menerima apa adanya #eaaak.
    Dan konten spesifik-pun tidak ada, aku suka semua konten yang cici tulis #plakk. Oke, mungkin konten personal thought kali ya, karena aku suka baca bagaimana pemikiran orang lain akan sesuatu 😁

    Btw, aku juga belum lama beres-beres broken link dan re-upload foto karena ternyata ada belasan broken link di blog-ku dan loading foto blog yang lambat karena kesalahanku pas upload 🀦🏻‍♀️

    Oiya, untuk Alexa rank itu, aku udah sering lihat tapi masih belum paham betul fungsinya buat apa 🀣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Liaa, thank you banget feedback-nya! Soalnya waktu aku iseng cek kecepatan performa blog, hasilnya blog aku lelet, aneh banget kan? Padahal aku tanya beberapa teman katanya nggak ada masalah, kemudian baca komentar kalian di sini pun sepertinya nggak ada masalah dalam ini. Situsnya berarti kurang valid dong πŸ€”

      Berarti sering-sering curhat di sini gapapa yaa wkwkwk thank you yaa Lia belakangan kamu sering banget support blog ini huhu semangat buat kamu juga! <3

      Btw, kalo tujuan ngeblognya hanya ingin for fun, angka Alexa abaikan saja wkwkwk aku juga awalnya nggak musingin, tapi kalo nggak ngecek, aku nggak akan pernah tau broken links di blog ini sebanyak itu πŸ™ˆ

      Delete
    2. Beberapa waktu lalu, kak Anton kasih saran ke aku, untuk ubah size foto sama kasih tahu kalau sidebar yang banyak fotonya itu seperti logo komunitas dan pengikut juga membuat waktu loading jadi lebih lambat ci. Mungkin ini penyebab blog cici masuk kategori lambat?

      Iya, sangat nggak apa! Aku akan dengan sangat senang hati membaca curhatan cici πŸ™ˆ
      Aku udah bucin banget sama blog cici soalnya 🀣 *bucin mode on

      Iya ya ci, aku memang tujuannya ingin for fun dan cari temen aja πŸ˜† dan aku malah jadi bingung soal angka Alexa 🀣
      Tapi sesekali dicek boleh sih biar rapor blog-nya bagus 🀭

      Semangat terus untuk nge-blognya cici πŸ₯°πŸ˜

      Delete
  4. Wah baru pertama kali main kesini langsung dapetin ilmu yang bener-bener bermanfaat. Sekarang emang saatnya perhatiin performa blog deh. Biar ngeblognya gak ngasal-ngasalan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo Ananda, selamat datang! (:

      Iya betul. Bukan cuma soal monetasi, tapi biar blog kelihatan lebih cakepan dikit lah ya hehehe

      Delete
  5. Jane aku mau jawab 2 pertanyaannya yaa..
    1. Selama ini aku enjoy banget tiap buka Jane From The Blog lewat device apapun sih, load gambar ga pernah lama, dan tampilannya enak aja gitu di mata.
    2. Jane From The Blog tuh udah rapiih banget deh menurutku, apalagi sekarang drop down menunya makin spesifik :D Kalo soal konten, aku selalu suka konten tentang buku dan diary soalnya pembawaan Jane nyeritainnya enak :D

    Ngomong2 soal performa blog, aku belakangan juga lagi mikirin banget. Walaupun belum ada niat monetize karena yaa memang kadang aku suka 'ngilang' kalo mood-nya lagi jelek ahaha.. Yang lagi aku pikirin banget soal theme nih, karena theme bawaan blogger bener2 ga bikin puas ahaha.. lagi cari-cari info juga soal mempercantik blog ahaha kenapa eike jadi ikutan curhat :))

    Btw semangat terus Janeee, konten dari Jane From The Blog salah satu yang aku selalu baca, walau ga semuanya dikomen ehehe.. ❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eyaaa, makasih banyak yaaa! Yaampun pertemanan kita dari jaman 5566, Kpop terus berlanjut sampai ke blog gini. Dan kita belum pernah ketemuan juga dong πŸ˜†

      Eniwei soal theme blog, coba tengok-tengok situs blog theme yang aku pake ini deh. Template untuk Blogger cukup banyak dan cantik-cantik. Siapa tau ada yang cocok buat blog kamu <3

      Semangat juga buat kamu yaaa! πŸ€—

      Delete
    2. Iyaa niih dari jaman aku SMA ya ampun πŸ™ˆ

      Ah iyaa aku udah sempet liat2 di situ dan ada beberapa yang kutaksir cantik2 bangeet 😭 thank you Janee..

      Semangat terus buat kita πŸ₯°

      Delete
  6. Blog nya udah baguus Mba Jane πŸ’–πŸ’– Aku suka template nya yg clean, trus responsif any device. Hari gini kan orang banyak yg online di Hp kan, udah ga jaman deh punya template yg ga responsif. Hehehe.. Tapi aku penasaran, logo instagram di kanan atas itu bisa di klik ga sih Mba? Aku ga peranh berhasil klik, kalau yg emailnya bisa. Ga tau karena Hp aku aja atau gimana..

    Anyway, sharingnya menarik Mba Jane. Aku termasuk orang yg belum berminat nyari job lebih lanjut dari blog. Bahkan banyak ilmu per bloggeran pun aku baru tahu akhir2 ini hasil BW ke blog teman2. Trus pas aku coba cek DA PA, kok DA aku bisa jauh jomplang dibanding PA ya Mba? Padahal kalau liat punya orang2 biasanya hampir mirip DA dan PA nya. Mungkin Mba Jane tau dan bisa sharing 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyak Mba Thessa ❤❤❤ Iyaa betul, aku pun sebenernya lebih sering blogwalking dengan hape, meski sebenernya aku lebih suka ngetik komen panjang-panjang di laptop πŸ˜† karena itu lah akhirnya aku berani masang template responsif untuk blog ini hihi

      Untuk icon Instagramnya bisa diklik, Mbaa. Eh tapi aku belum coba kalo dari hape, tapi harusnya bisa deh. Coba aku cek lagi yaa mungkin ada kesalahan juga dari kode blog aku.

      Nahhh, kalau itu harus ditanyakan pada suhu perbloggeran deh huahaha Setauku DA itu nilai keseluruhan blog kita, sementara PA adalah penilaian salah satu konten blog kita. Tapi kalau DA nya bisa jomplang aku pun bingung πŸ˜… Mungkin man-teman ada yang bisa bantu jawab permasalahan Mba Thessa? 😁

      Delete
  7. Ya ampun mbak, thank you so much udah sharing soal ini :") Aku udah ngeblog dari lama, tapi baru 2018 mulai benar-benar mikirin SEO, dan baru dengar soal broken links ini pas baca tulisanmu. Langsung aku cek blogku dan buanyaaakkk banget ternyata xD Thank you banget pokoknya, semua referensi yang kamu cantumin langsung aku bacain satu satu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haii Dyn, sama-sama yaa!

      Iya kann sebel banget dengan keberadaan broken links ini, PR banget bebenahnya πŸ˜† kalau nggak pernah ngecek, aku nggak akan pernah tau bahwa link mati di blog ini sebanyak itu, hiksss.

      Your most welcome!! πŸ€—

      Delete
  8. dulu pas blog gua masih rame, lumayan tuh dapet income nya dari blog. tapi sekarang udah males deh. ngeblog kalo pas emang mau aja. hahaha.

    buat bw, gua pake feedly.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan banget yaa ko, cerita-cerita kita bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Kan seneng juga hobi kita bisa dibayar :D

      Delete
  9. Halo kak. Saya baru pertama kali ini berkunjung ke blog kakak dan langsung jatuh cinta dengan blog kakak. Oh ya, banyak banget hal-hal yang harus saya pelajari tentang blogging, sampe pusing sendiri mikirnya wkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Yasyfin! Waah, makasih banyak yaa ><

      Hahaha aku pun sampai hari ini masih suka ngulik ilmu tentang blogging. Ternyata aku belum tahu sebanyak itu πŸ™ˆ semangat yaa kamu untuk ngeblognya! Abis ini mau main-main ah ke blog kamu (:

      Delete
  10. Tulisannya keren mbak. Banyak ilmu yang didapat. Tapi, sebagai blogger pemula, sejujurnya aku tidak faham ilmu tadi tentang apa, dan bagaimana manfaatnya, ehehe.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mas Dodo. Gapapa mas, baru awal-awal ngeblog dibawa enjoy dulu aja. Ini juga sebenarnya saya iseng hanya ingin tau performa blog sejauh ini nilainya berapa, eh ternyata ada banyak yang harus diperbaiki πŸ˜…

      Delete
  11. aku tadi udah ngetik komen udah publish tapi pas koneksi internet jelek gatau masuk apa gak huhu cry, mau komen lagi aja haha.
    yang pasti baca blog ini di pc atau hp nggak ada masalah, loadingnya cepet, dan udah rapi banget tampilannya.
    terus ci jane mau nulis apa pun tetep aku baca terus hehehe.
    dan...masalah broken link...eng ing eeeeng kayaknya aku bakalan panen xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang masuk cuma ini nihh. Makasih yaak udah komentar lagi ahahahaha

      Huhuhu makasih banyak yaak T_T nah iyaa, broken link ini gengges banget suer 🀣

      Delete
  12. Selama blogging, cici ga pernah mikirin tuh yg namanya stat, cek status blog kita di dunia maya dll. Ngeblog ya ngeblog aja. Kalau pas di Indo dulu beberapa kali dapat sponsored posts, itu juga gak tau mereka lihatnya dari mana hahaha. Mungkin karena cici treat blog ini untuk memory yang bisa dibaca anak cucu di masa depan kali ya, jadi konsistensi untuk nulisnya jalan terus, despite sekarang blogging udah nggak seheboh dulu. So, dibawa asik aja, ga usah dipikirin macem2. Pas udah pindah NZ pun masih ada yg suka kontak loh buat bikin sponsored post, tp so far cici tolak. Bukan sombong, tp merasa udah gak related lagi, jadi kesannya maksain cuma buat monetize. Tapi kalau emang tujuan bikin blog ya buat monetize, gak ada salahnya. dioptimalin Yang penting jangan sampe jadi gak true to the color of the blogger behind it.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe betul banget yaa ci. Yang penting balik lagi sih ke tujuan ngeblog, masing-masing juga beda kan yaa. Kebetulan aku juga mulai monetasi kecil-kecilan, jadi optimasi blog sekalian ngebantu biar blog terlihat lebih rapih aja dan nilai rapornya nggak kebakaran hahahaha

      Delete
  13. Apa tujuan ngeblog sudah tercapai?
    Aku sempat masuk komunitas blog dengan tujuan menambah teman dan bisa blogwalking ke tempat mereka. Sebagian besar yang aku kunjungi adalah blogger yang memonetasi blognya, it's ok tapi di waktu yang sama, aku jadi lelah dengan gempuran dan penggiatan monetasi blog karena tujuanku hanya sekedar menulis dan numpahin uneg-uneg.

    Aku sempat ada di step memperhatikan alexa, DA/PA, konsisten dsb, tapi lama-lama I'm off. Aku lebih nyaman dengan begini saja, blogging is just a hobby for me because I love to write my thoughts on there.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, ini relate sekali. Waktu awal join komunitas blog, tujuanku sama kayak kamu, ingin perbanyak kegiatan BW. Nggak sedikit juga aku nemu banyak blog yang memonetasi atau mencari nafkah dari blog mereka. Nggak ada yang salah ya memang, cuma untuk kitanya yang tujuannya for having fun agak-agak terbebani πŸ˜… padahal masing-masing kita pasti punya tujuan yang berbeda dalam blogging. You do you. Yang penting fun, enjoy dan ngutip dari Ci Leony di atas, jangan sampai kehilangan jati diri 😊

      Delete
  14. Halo mba Jane!😁 Memonetasi atau apalah bahasanya wkwk untuk blog itu memang penting banget ya walaupun mungkin niat awalnya cuma personal. Karena baca postingan mba Jane ini, kayaknya aku entar bakalan cek broken link dan kawan2nya juga deh *walaupun angkanya pasti gak sebanyak mba Jane sih*πŸ˜‚. Thank God aku udh sempet baca2 tulisan kak Ewafebri soal blogging, dan tambah bersyukur dapst referensi baru dari mba Jane.

    Btw untuk surveynya sendiri, menurutku gak ada masalah sih sama blog mba Jane, baik dari segi kecepatan, tema, atau kategori2nya, *saya selalu suka dengan label apapun disini karena senang sama pembawaan mba Jane yg santuy dan bikin betah😁. Jadi so far aku gak ada masalah sama sekali. Oh iya untuk device sendiri aku biasa buka blog dari app Chrome di hp mba, karena kalau sering2 di laptop susah buat masukin emoji jadi gak enak kalau balas komentarnya flat makanya sering di hp wehehehe. Btw lagi abis liat tulisan mba ini aku malah jadi takut sendiri apa bounce rate di blog ku tinggi atau nggak ya, dan dari kecepatan loadingnya gimana yaa huhu.

    Akhir kata, semangat mengoptimalkan blognya mba Jane!🎊πŸ’ͺ🏻πŸ’ͺ🏻

    ReplyDelete
  15. Selama membaca postingan ini saya beberapa kali balik ke blog saya dan mengubah beberapa pengaturan, seriusan✌. Jadi malu karena blog saya masih awut-awutan. Masih tumpul sama seo dan kerapian blog bahkan GA saya aja eror dari dulu belum diberesin.
    Kalau menurut saya, karena saya baru beberapa kali mampir ke sini. Blognya mbak jane udah bagusπŸ‘, loadingnya juga cepet dan saya merasa nyaman pas bacanya😁 saya bahkan udah catet blognya mbk jane ke buku. Soalnya saya suka lupa.

    ReplyDelete
  16. Karena mulai membuat 1 blog khusus, saya kayaknya perlu juga untuk membenahi blog saya. Tapi masalahnya, saya orangnya cukup mager. Barometer saya adalah tampilan yang simpel dan fungsional, sama enak dibaca aja cukup.

    Blog kak Jane sudah keren. Yang paling penting simpel dan fungsional. Cukup untuk saya yang baca via chrome hape.

    ReplyDelete
  17. Hi Jane...

    Saya malah jarang sekali ngecek DA/PA/SS .. Salah satu blog saya malah punya SS 78% tapi ga masalah tuh.. baik-baik saja, banyak tulisannya di peringkat 1 Google. itupun tanpa SEO segala macam.

    Jadi jujur saja, kesalahan terkait SEO saat menulis menurut saya mah adalah memikirkan SEO itu sendiri, dan segala macam embe;-embelnya, seperti DA/PA/ dst.

    Btw, soal kecepatan, sekarang masalahnya bukan hanya soal cepat di perangkat teman saja, karena blog dibuka oleh banyak orang.

    Kalau Jane, membuka Google Search Console, disana ada bagian Data Web Inti. Disini akan terlihat sebuah URL (bukan blog yah) dianggap buruk, perlu perbaikan, atau bagus.

    Semuanya memakai indikator

    FID (First Input Delay) berapa lama byte pertama diterima
    LCP : Largest Contentful Paint
    CLS : Cumulative Layout Shift

    Semua diukur memakai mobile/ponsel dan desktop. Biasanya bermasalahnya di mobile karena memakai internet mobile yang lebih lemot dari desktop (ditambah prosesor kalah kuat)

    Agak panjang sih penjelasannya, cuma

    1. FID : data pertama yang diterima oleh perangkat
    2. LCP : Bagian terbesar content yang ditampilkan
    3. CLS : pergeseran kolom akibat tambahan konten (misal di mobile, pada saat ponsel sedang memuat teks, tiba-tiba masuk iklan, jadi teks bergeser ke bawah)

    Jadi pengukurannya tidak semata dalam ukuran detik saja, tetapi ada tambahan kriteria yang harus dipenuhi.

    Sebenernya sih kalau Jane mau, silakan pakai

    Page Speed Insight (Lighthouse) disana akan terlihat bagian yang membuat loading lamban

    Bisa juga pakai Webpagetest untuk bisa lihat skala perbandingan dan ngetes di ponsel atau desktop.

    Inti sederhana dari soal kecepatan sih adalah

    1. Mengurangi jumlah panggilan ke server atau tempat lain, nah seperti banner komunitas itu membuat website harus "melakukan" panggilan ke server dimana itu banner tersimpan (kalau ada link atau kode), hal itu membutuhkan waktu yang memperlambat loading

    2. Mengurangi ukuran teks agar sesuai dengan yang ditampilkan, kalau tidak sesuai, hasilnya server butuh waktu untuk melakukan resizing

    3. Kurangi memakai Javascript atau CSS : plugin atau widget ga perlu sebaiknya dibuang saja karena mereka memperlambat waktu loading

    Saya coba test kan homepage dan url salah satu halaman di web Jane dan hasilnya di Desktop baik-baik saja, cuma di ponsel hanya mendapat skor 15-22 saja, alias poor.

    Kalau menurut saya, sebenarnya ini agak aneh mengingat hostingnya di Blogger. Seharusnya cepat sekali.. cuma karena di sidebar terdapat banyak foto, link, dan banner, saya rasa disana adalah salah satu bagian yang perlu diperbaiki.

    Bagian lain adalah kode iklan adsense (iya kan? :-D) ini pasti memperlambat loading karena memakai Javaascript. Jadi, kalau mau tambah cepet, coba saja nonaktifkan adsense, pasti makin cepet.

    Nah, salah satu yang bikin lambat loading itu adalah kayak clip di post ini, ini memberikan efek...

    Waduh jadi panjang.. wakakaka... kalau memang tidak mengejar apa-apa, acuhkan saja segala macam soal kecepatan.. ruwet wakakakakak..begitu juga soal SEO/DA/PA/spam score.. itu cuma metrix pihak ketiga saja dan tidak ada kaitan dengan Google...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah asik banget nih dapet ilmu lengkappp dari Mas Anton. Terima kasih banyak sebelumnya, Mas. Sungkemm :D

      Nah, terjawab sudah soal kecepatan blog itu. Soalnya aku sempat ngecek, nilai speed desktop dan mobile jomplang banget, tapi aku nggak paham kenapa. Dan sekarang tau deh jawabannya. Itu widget Instagram yang ada sebelumnya juga akhirnya aku hapus. Nggak berfaedah ternyata wkwkwk

      Soal kebanyakan link di sidebar aku pun udah curiga. Ternyata bener ya ada efek. Okelah, abis ini coba dibenah. Btw, kalau adsense kebetulan nggak pasang jadi aman.

      Sebenernya nggak mau terlalu pusingin angka juga sih, cuma pengen tau aja performa blog sejauh mana hahaha

      Btw, kalo komentar blog bisa di-pin, rasanya pengen nge-pin komentar ini πŸ˜†

      Thank you sekali lagi, Mas Anton! Sangat sangat membantu!

      Delete
    2. Bapak Antooonn, akoohb puyeng memahaminya hahahaha.
      Saya jarang banget nih utak atik google console, ternyata banyak yang bisa dilakukan di sana ya :D

      Delete
  18. Nambahin, kalau mau Alexa ranking ramping, mungkin bisa coba

    1. posting lebih banyak artikel dan lakukan secara rutin
    2. Lakukan lebih banyak BW dan rutin
    3. Minta teman berkomentar lebih banyak dan lebih sering..

    Hahahahaha... serius, saya nggak main-main.. saya perhatikan hal ini akan membantu sekali dalam merampingkan alexa ranking...

    Soalnya Alexa ranking tidak berkaitan langsung dnegan jumlah pengunjung blog, tetapi lebih pada "keterikatan" antara blog dan pengunjungnya. Biar pengunjung dari mesin pencari hanya 0% pun, kalau blog itu terlihat hidup dan aktif, biasanya alexanya lebih langsing.

    Saya punya blog yang satua ribuan dari mesin pencari dan si blog MM yang pengunjungnya 1/10 dari blog tadi, Alexanya bagusan si MM karena disana interaksi banyak terjadi, sebaliknya yang dari mesin pencari hanya sekilas datang dan jarang meninggalkan komentar.. :-D

    Jadi, coba bangun keterikatan dengan pengunjung blog...lebih lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, tentang lebih sering posting ini juga ada dibahas Mas Febriyan dan memang terbukti juga di beliau sendiri, setelah dipraktekan angka Alexa jauh lebih meramping. Berarti mau nggak mau harus 'memaksakan' diri untuk rutin ngepost di blog ya 🀭

      Berarti kuncinya di engagement, ya, Mas? Baiklah, mari lebih agresif dalam blogwalking hahahaha

      Delete
  19. Tema blogging gini menarik banget buat disimak, Mbak Jane. Itu karena aku sendiri masih kebingungan buat mengelola blogku. Maklum, cuma nulis doang. Jadi terima kasih banyak udah share pengalaman dan ilmu tentang blogging di sini.

    Kali ini mau bahas blog nya Mbak Jane nih. Selama ini aku blogwalking pake chrome di android dan amat sangat nyaman saat buka blognya Mbak Jane. Kecepatan saat membuka blognya pun oke, tergolong cepat dan untuk membuka foto pun juga cepet gak ada kejadian loading lama. Pokok aku udah nyaman banget deh kalau main-main ke sini.πŸ˜†

    ReplyDelete
  20. Ku ngakak pas baca bagian "mendadak seo snob ya andah ahhahahahhahhh..."

    #aku termasuk snob ga ya masalah statistik, hahahhahah...
    Tapi sama kayak dikau mba jane, meskipun aku ngeblog buat fun, tapi ya tetap aku nulis ada maksud dan tujuannya.... kurang lebih sama kayak dikau...yaituuu nulis apa yang aku suka sapa tau nanti jadi rekomendasi buat orang lain...misal tempst wisata, kuliner, resep, buku, film, barang, prodak, atau pengalaman keseharian, dll...walaupun mungkin tulisanku biasa banget dan ga seinspiratif teman blogger yang lain, tulisanku standar--ga se-wow dan seberbobot teman blogger lain, tapi kadang kalau ada pembaca yang nyangkut karena ternyata related ama dia dengan hal-hal yang udah aku tuliskan ya aku jadi seneng, akhirnya ketagihan ngeblog jadinya #kayak ketika uda nyebur di dalamnya jadi susah buat mentas, walau suatu saat nanti pastinya akan tiba juga moment dimana aku berhenti ngeblog...jadi selama masih bisa ngeblog, ya aku akan rajin... pengen nabung postingan, nabung, dan nabung dan nabung hahahahaiiii..#investasi tulisan (yang siapa tahu bermanfaat atau paling ga menghibur diri sendiri)

    Terussss..masalah performa..

    Sezuzurnya aku masih awam banget kalau baca performa blog, karena blog aku kan masih pake platform gratisan jadi belum begitu mudeng, apakah blogspot juga ada bagian da/pa, bounce rate, spamm score dll, atau ada pembedanya..

    maklum selama ini yang banyak dibahas sama beberapa teman blogger niche blogging adalah yang tld, jadi aku kurang begitu dapat gambaran tentang performa platform gratisan ..apakah sama atau ga perintilan penunjuk performanya,

    paling aku sebatas tahunya dari ngecek statistik di dashboard aja, dimana aku hanya menelusuri sumber pembacanya dari mana aja, url perujuknya dari mana aja, situs perujuknya dari mana aja, dan penelusuran kata kunci yang terpampang di satistik bawaan dashboardnya apa aja yang nyangkut ke blog aku yang masih gratisan ini hihi....

    Beberapa kali penasaran, tapi kadang pemikiranku agak ga nyandak, karena ya itu tadi mayoritas pada mbahasnya yang tld, jadi untuk yang masih gratisan aku jarang dapat gambaran..:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Nitt, maafkan aku yaa baru sempat balas komentar ini huhu

      Soal review ala-ala itu benar banget. Aku pun demikian, selain untuk diri sendiri (kalau pernah makan atau mengunjungi tempat tertentu), siapa tau bisa jadi rekomendasi untuk teman-teman lainnya juga. Dan rasanya senang banget semisal ada yang mengalami hal menarik juga saat mencoba apa yang aku review atau mengunjungi tempat yang kusuka πŸ˜†

      Soal statistik blog itu juga iya sih. Sejak aku langganan domain, memang baru ngeribetin performa angka ini dan itu. Hanya untuk penilaian pribadi sih sebetulnya, soalnya kalo secara mendetil lagi jujur aku juga nda paham πŸ˜…

      Tapi kalau misalnya ingin lebih spesifik, cobain Google Analytics aja Mba Nit. Soalnya dengar-dengar perhitungan di dashboard Blogger kurang akurat apa gimana deh (cmiiw yaa!), jadinya sebelum pake domain pun aku lebih sering ngecek lewat GA hihi

      Delete
  21. eh ternyata di bawah masih ada 2 pertanyaan lagi, yaudah aku mau urun rembug aja eh urun jawaban maksudnya πŸ˜ƒ

    1. jujur selama ini aku sering buka blog mba jane via tab, dan memang agak lumayan loading...loadingnya itu sampai bikin kurefresh berulang kali (mungkin ada sekitar 2-3 kali)...mikirku apakah mungkin ada kaitannya dengan penempatan ukuran header dan widget gitu kali ya...dan kalau dari tab aku secara tampak visual adalah begini mba....jadi ada beberapa bagian yang kayak kerengketan gitu (duh apa ya istilahnya...oh itu....kemepeten banget antara garis pinggir box untuk post artikelnya dengan bilah sebelah kiri yang memuat about me, widget, arsip, daftar follower dll... jadi kalau di post mba ada iluastrasi fotonya, di tab aku ketampilnya jadi gini nih..... pinggiran fotonya itu dempet pet pet dengan bilah widget yg ada about me dll-nya itu (itu klo via tab, aku blom check klo via laptop atau mobilephone)

    2. konten spesifik yang kusarankan...hmmmmb apa ya... konten ringan daily life ajaaah mba...bagus kok, seperti yang biasa dikau tuliskan itu huehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Nitaaa, sebelumnya makasih banyak udah meluangkan waktu untuk feedback blog ini yaa πŸ€—

      1. Wah iya yaa? Agak mepet gitu, Mba? Soalnya kalo menurut preview tab di dashboard blogger aku, siddebar blog malah ada di bawah postingan, bukan di samping. Dan loading agak lama yaa kalau dari browser Mba Nita? Baiklah, aku akan mencoba memperbaiki soal kecepatan loading ini. Widget Instagram akhirnya udah kuhapus juga, karena lama-lama kok ngerasa useless yaa πŸ˜…

      2. Siapp, Mba! Konten daily life-nya akan diperbanyak ke depannya, ya!

      Delete
  22. Kereeenn Jane.
    Sebenarnya, performa blog itu bikin kita semangat ngeblog juga loh, maksudnya dibuat kayak target sendiri aja, buat having fun.
    Kayak Eno dulu.

    Saya liat Eno agak ngeh dengan performa sebagai penyemangat aja.

    Dan memang bener juga, salah satu alasan saya rutin nulis ya biar performa meningkat.

    Akan tetapi, setelah rutin nulis tiap hari selama lebih dari 7 bulan.
    Saya udah mulai nemu celah dari si performa blog tersebut.

    Dan memang, bener kata Pak Anton, performa blog yang sekarang itu mudah dibikin-bikin.

    1. Alexa.

    Rutin menulis setiap hari, bahkan ritmenya sama setiap hari, sama sekali nggak bisa ngangkat nilai Alexa.
    Saya selama beberapa bulan ini alexanya menurun banget.
    Dulu udah nyampe di angka 1000an loh bentar lagi 3 digit.

    Tapi selama beberapa bulan ini saya malas banget intip alexa.
    Dan itu dia kuncinya.
    Alexa itu semacam berapa kali blog kita punya impact ama web alexa.
    Jadi kalau mau alexa blog ini cepat ramping, mudah banget.
    Cukup ceka aja terus blog ini setiap hari di web alexa.
    Coba deh lakukan secara terus menerus setiap hari selama seminggu, eh atau sebulan rutin, jangan pernah lupa.
    Pasang alarm, misal pukul 9 malam kudu buka web alexa, untuk cek blog ini.
    Lakukan terus menerus, nanti bakalan sumringah liat angkanya meramping :D

    Saya udah pernah nulis tentang Alexa ini di blog sih :D

    2. DA/PA.
    Ini amat sangat bergantung dengan backlink.

    Jadi, sangatlah penting kalau kita blog walking tinggalkan url blog jangan url akun blogger di kolom komentar orang yang yaaanggg DAnya tinggi (asal SSnya jangan tinggi-tinggi amat)

    Selain itu, bisa nebeng simpan backlink di kolom komentar website yang DAnya gede.

    Yang bagus sih kita nulis di web lain, kayak VIVa, Kompasiana.
    Nanti kita sellipkan url blog kita di tulisan kita di sana.
    Kalau tulisan kita menarik dan ada yang ngeklik datang ke sini maka akan mengangkat DA/PA blog.

    Kalau mau gampang sih juga bisa, nebeng komen di website luar negeri yang DAnya gede.
    Atau bikin akun pakai email cadangan di web yang gede-gede.
    Kalau di klik orang, bakalan ngangkat banget performa blog.

    Teman-teman yang berjuang naikin DA/PA itu kayak gitu kok, bisa diintip dari Moz :D

    Terus spam score.
    Blog saya mulai naik SSnya, setelah saya cek ternyataaaa... ada kaitannya ama alexa dong.

    Jadi, kalau blog kita populer di Alexa, maka ada beberapa website luar yang SSnya gede banget, dan dia secara otomatis mengkoleksi blog atau web yang alexanya ramping.

    itu mengapa blognya Eno SSnya gede.
    Caranya, kudu di disavov, tapi kalau disavov google, agak lama bekerjanya :D
    Cuman setidaknya di disavov aja, biar aman :)

    Oh ya mengenai broken link, saya liat Jane memang sering banget kasih backlink keluar dan itupun dofollow pula.

    Saya pernah baca, sebaiknya backlink dofollow keluar itu dibatasi, kalaupun mau kasih backlink pakai nofollow.

    Beberapa teman yang udah malang melintang di dunia job blog malah agak saklekbanget masalah backlink keluar ini.
    Selain mereka cuman mau kasih 1 backlink dofollow keluar, bahkan sebagian menutup url di kolom komentar loh. karena memang backlinnk keluar itu membebani blog juga :D

    Etapi, ini semua menurut pengalaman saya sih, mungkin juga beda ama teori lainnya, saya hanya mempelajari dari apa yang saya lakukan di blog dan saya evaluasi hasilnya.

    ODOP itu bisa saja ngangkat performa, tapi memang nggak terlalu berperan juga.
    tapi kalau ODOP mengecilkan bounce rate mungkin iya, usahakan pasang backlink internal di setiap tulisan, jadi saat membaca 1 tulisan kita, pas ada judul lainnya yang menarik, bikin orang jadi klik judul lainnya lagi.

    Begitu kira-kira.
    Eh bentar, ini masih bisa di publish nggak ya? kayaknya kok kepanjangan hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Reyyy, maafkeun aku baru sempat balas komentarmu inii. Dan tenang, aku bisa baca komentar Mba Rey ini sampai akhir kok πŸ˜†

      Sebelumnya, terima kasihhhh sekaliii, Mba Reyyy udah banyak memberikan masukan lewat poin-poin di atas. Sangat sangat membantu aku dalam me-review performa blog ini ke depannya. Aku setuju sekali dengan statement Mba Rey di atas. Dengan mencoba untuk meningkatkan performa blog ini sebetulnya untuk diri sendiri biar lebih semangat ngeblog. Makanya di saat aku melihat angka Alexa yang obesitas dilanjutkan daftar broken links yang bejibun, mendadak lemes πŸ˜‚ Tentang link hidup ini aku juga udah sadar harus lebih banyak belajar. Memang hobi banget ngelink sana sini tanpa tau sebab akibatnya πŸ™ˆ

      Aku bakal tetap evaluasi kembali semua isi blog ini, sambil menerapkan satu per satu tips dari Mba Rey. Makasih banyak yaa, Mbaa! You da best πŸ€—

      Delete
  23. Pertama kali berkunjung ke blog ini, nemu link dari komentar di blog lain.
    Salam kenal, Mba Jane.

    Karena pendatang baru, belum bisa ngasi banyak pendapat. Tapi kalau dari kecepatan, saya ga ngalamin masalah sama sekali. Saya mengakses dari chrome pc dan belum nemu problem di kecepatan loading halaman sih.

    Secara visual, saya suka tampilan blognya yang neat and tidy. Tidak terlalu banyak widget atau ornamen/hiasan macem-macem. Jadinya terkesan bersih dan navigasinya mudah dipahami. Simplicity in design selalu menarik buat saya.

    Kalau soal optimalisasi blog, buat saya pribadi masih jadi PR banget sepertinya. Selama ini belum terlalu merhatiin soal-soal ini karena mungkin tulisannya belum terlalu banyak dan pengunjungnya belum banyak-banyak amat juga. Jadi sementara ini masih berusaha fokus ke mencoba konsisten untuk menulis. Buat saya ini susah banget, hiatus menulisnya bisa cukup lama meskipun sebenernya masih buka blog juga (tapi cuma buat baca-baca blog orang atau komen).

    Makasih banyak infonya, Mba. Jadi kepikiran juga buat mulai coba mengoptimalisasi blog. Meskipun niat awalnya hanya untuk jadi media latihan menulis, kayanya ga ada salahnya juga kalau kinerja blog bisa dioptimalkan ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Ikhwan, terima kasih sudah mampir ke sini ya (:

      Wah terima kasih sekali untuk feedback blog ini. Sejak awal memang saya nggak ingin banyak memasukkan banyak aksesoris di blog ini, semakin simpel semakin baik :P

      Iya betul. Mengoptimalkan blog pribadi secara nggak langsung bisa meningkatkan semangat menulis juga, seperti yang Mba Rey bilang di atas. Dan itu terbukti dengan saya sendiri, sih. Sejak mencoba membenah blog, saya malah makin terpacu untuk semakin sering menulis.

      Semangat Mas Ikhwan ngeblognya! Yang penting aktifitas ngeblognya tetap hepi ya (:

      Delete
  24. setelah aku mengetahui soal kesehatan blog dari baca-baca juga, jadi ngeh juga soalhal-hal teknis yang selama ini aku acuhkan selama dari awal ngeblog
    pas cek brokenlink, antara pengen ketawa sama gemes dengan diri sendiri, ternyata aku ga menyadari hahaha, dan alhasil butuh beberapa hari untuk ngilangin dari puluhann ribu mbak, ngenes ya aku wkwkwkwk
    nahh aku suka baca ulasannya mas febri juga, mudah dipahami dan kalau lupa materinya tinggal buka webnya lagi :D
    mba carolina juga asik penyampaiannya, simple dan mudah dimengerti. buku-buku mbak carolina juga simple penyajiannya, mungkin karena kerja di bidang perbukuan jadi seperti mengalir bahasanya
    sampe sekarang akupun masih belajar kalo soal teknis teknis beginian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang rasanya ingin menangis saat melihat jumlah broken links yang harus dibenah yaa, Mba Ainun πŸ˜‚ kalau nggak begini, aku juga nggak akan pernah belajar pentingnya link hidup di blog dan bagaimana cara menggunakannya. Ternyata para blogger pro di luar sana sangat saklek yaa dengan links ini.

      Kebetulan aku selalu baca tips-tips bloggingnya Mba Carra karena betull, penyampaiannya jelas dan enak dibaca.

      Semangat ya, Mba Ainun! Semoga blog kita makin keceee setelah mempelajari teknis-teknis ini *mendadak pusing* πŸ™ˆ

      Delete
  25. aku biasanya buka blog temen2 dari HP sih mba jane, jarang pake laptop, cuma sesekali kalo kebetulan lagi buka laptop aja. dan selalunya kalo buka blog mba, cepet2 aja ga pernah ngalamin masalah , baik di laptop atopun HP :). kalo soal isi tulisan, aku mah memang pembaca segala, asalkan ga ribet2 amat hihihihihi. jadi buatku isi blog mba sih, menarik untuk dibaca, apapun temanya. Walo blog kita beda niche, tapi justru aku lebih banyak dpt tambahan ilmu menulis saat sdg BW ke blog yg berbeda tema.

    Mungkin krn aku ga monetisasi blogku, jadi yg namanya DA/PA/ALEXA / SS jujur aku ga rutin periksa. ntah kapan trakhir aku cek itu, itupun hanya krn iseng pengen tau :D. Blog buatku untuk penyaluran hobi sih, dan untuk menghilangkan jenuh, dan stress. Dengan menulis aku tuh bisa berenti mikirin semua yang mengganggu pikiran. Karenanya yg aku lakuin, cuma rutin nulis, rutin BW, dan menulis yg aku kuasai :D.

    Walo mungkin aku ga fokus dengan semua angka2 itu, tapi yg pasti, aku ga pernah asal2an saat sedang menulis untuk blog ini :) . baru itu doang sih cara yg aku pake untuk optimalisasi blog ku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahh terima kasih sekaliii Mba Fanny untuk feedback-nya! πŸ€— Iyaa aku pun demikian saat BW ke blog yang niche-nya berbeda denganku. Contohnya tiap main ke blognya Mba Fanny (meski aku masih jarang komentar πŸ˜†), tapi aku senang bisa dapet banyak pengalaman dan rekomendasi tempat jalan-jalan serta makanan hihi

      Ah, sukak deh dengan statement terakhirnya. Sebetulnya memang angka bukan segalanya, ya. Yang penting intensi kita saat menulis blog itu nggak asal-asalan *SETUJUUU!*.

      Semagat teruss yaa, Mba Fanny ngeblognyaa! πŸ₯°

      Delete

Terima kasih sudah mampir dan membaca tulisanku di sini (:

Jangan ragu untuk berkomentar supaya kita bisa saling kenal dan ngobrol bareng, ya. Mohon maaf untuk komentar dengan link hidup dan iklan otomatis akan aku hapus demi kenyamanan bersama.

Jangan lupa checklist 'Notify Me' sebelum publish komentar supaya mendapat notifikasi balasan dari aku yang akan dikirim ke email kalian.

Have a great day!