Menghasilkan dari Tulisan di Tengah Pandemi Covid-19

Sunday, August 23, 2020


Di tengah pandemi sekarang ini, banyak orang di luar sana yang mungkin terpaksa kehilangan pekerjaan, kena PHK, bisnis mandek dan sebagainya. Untuk bertahan hidup, mau nggak mau kreatifitas tetap harus digunakan. Salah satu cara termudah, adalah memanfaatkan internet untuk menghasilkan uang. Entah itu dengan berjualandi mana rasanya ini yang paling menjamur yaa di mana-mana!, mengajar, mendesain termasuk menulis. 

Sudah menjadi rahasia umum, yaa, dengan menulis atau blogging pun bisa menjadi salah satu sumber penghasilan. Tujuan utama aku ngeblog memang bukan untuk mencari uang, dan mungkin beberapa teman pun sama denganku. Namun, kalau ada blogger yang tiba-tiba memonetasi blognya di tengah pandemi ini karena ingin penghasilan tambahan, why not? Selain tulisan yang bisa bermanfaat dan berdampak positif bagi pembaca, kita juga bisa mendukung mereka untuk tetap berkarya sambil mengantongi pundi-pundi uang. 

Hal ini tidak terkecuali untuk diriku sendiri. Meski (puji Tuhan) kami masih berkecukupan hingga saat ini, namun aku ingin menantang diri sendiri untuk bisa menghasilkan sesuatu dalam bentuk materi melalui blog ini. 

Nah, jika kalian ada yang sama seperti aku, udah ngeblog lama dan berkeinginan untuk mencari pendapatan lewat tulisan khususnya di tengah pandemi ini, berikut tips yang bisa kubagikan: 

Bagaimana Cara Menghasilkan Melalui Tulisan di Blog



1. Menulis konten berkualitas


Konten berkualitas ala aku harus orisinil dan authentic. Bukan dengan menjiplak 'suara' dan opini pribadi dari orang lain. 

Bagi seorang penulis atau blogger, terinspirasi dan melakukan plagiarisme ini memang beda tipisss. Apalagi kalau kita udah naksir beberapa penulis favorit, rasanya pasti ingin punya tulisan sebaik dan semenarik mereka. Alih-alih "terinspirasi", tanpa sadari kita menjiplak mulai dari ide tulisan, gaya menulis, plot, semuanya ditiru habis-habisan. Kalau ini, sih, namanya udah bukan berkualitas, tapi malu-maluin hihi. 

Menjadi penulis authentic sebenarnya nggak sulit. Salah satunya, kita harus sering menulis. Kalau nulis aja jarang, gimana menemukan strong voice dan ciri khas menulis sendiri? 

Blogger yang berhasil menciptakan personal branding, pasti akan mudah dilirik oleh calon klien atau perusahaan. Tentunya mereka ingin bekerja sama dengan blogger yang mempunyai jati diri kuat dan bisa membantu dalam mempublikasikan produk atau campaign mereka. 

2.  Mempertimbangkan untuk berlangganan domain blog


If you start to think about monetizing your blog, you may consider buying a domain for your blog (: 

Jenis domain ada berbagai macam, namun yang paling populer adalah .com (dibaca dot com). Si dot com ini sifatnya lebih global dan dikenal oleh masyarakat umum. Pemilihan nama domain sendiri juga harus dipikirkan sebaik mungkin, jangan ngasal. Sesuaikan dengan personal branding yang ingin dikembangkan, niche blog dan sebagainya. Dan tentunya, pilihlah nama domain yang singkat dan mudah diingat. 

Contohnya, pemberian nama domain janereggievia(dot)com untuk blog ini didasari oleh isi blog yang kebanyakan adalah cerita dan sharing hal-hal yang sifatnya personal. Maka dari itu, aku memutuskan untuk menyertakan namaku sendiri dalam domain. Tentang pemilihan nama blog lengkapnya bisa baca di tautan ini, yaa. 

Salah satu manfaat memiliki blog dengan domain pribadi pastinya akan lebih kredibel dan terlihat profesional, dibandingkan blog yang masih menggunakan free hosting. Coba bayangkan kalau kita ingin belanja online, tentunya kita lebih percaya kepada situs berdomain dotcom dibandingkan dengan  yang menggunakan subdomain bukan? 

Selain itu, secara nggak langsung domain memberikan kita sense of belonging. Masih ingat nggak rasanya waktu membeli domain pertama kamu? Pasti rasanya norak bangga, kan? πŸ˜† Kita memiliki tanggung jawab dan kebebasan sepenuhnya atas situs yang kita miliki. 

Balik lagi, kenapa harus mempertimbangkan berlangganan domain untuk blogmu? 

Jika kita udah yakin ingin menargetkan blog untuk menghasilkan pendapatkan, misalnya untuk menerima job review, syarat utama yang diberikan oleh mayoritas calon brand atau klien adalah blog yang memiliki top level domain. Meski nggak semuanya berlaku, karena balik lagi kepada kualitas konten (Diana Rikasari aja masih pake blogspot, kan? Tapi lihat dong kualitas blog dia hihi). 

Pengalamanku pribadi, setelah mulai rutin ngeblog dan memasang domain, tawaran sponsored job mulai datang. Padahal sebelumnya nggak pernah samsek! Tentunya aku girang sekali, karena nggak sia-sia πŸ˜† Meski nggak terlalu sering dan nggak semua job aku terima (iya, aku picky dan idealis huhu), aku merasakan manfaat dari berlangganan domain ini. Selain membangun kepercayaan klien dan kredibilitas, mempunyai domain secara nggak langsung 'memecut' aku untuk menulis lebih sering dan berkualitas (balik lagi ke poin pertama). 

Nah, kalau sudah yakin ingin memasang domain, kalian bisa mulai berlangganan di Exabytes Indonesia yang merupakan Hosting Terbaik Indonesia. Mereka menawarkan paket Domain Murah, mulai dari Rp 119,000/tahun saja. Paket ini sudah termasuk DNS management, di mana aktifitas dalam situs domain kita nanti lebih aman dan mudah terkonfigurasi. 


Cukup registrasi terlebih dahulu, kemudian lakukan pencarian domain yang diinginkan, konfirmasi pesanan kamu, dan melakukan pembayaran. Jika ingin domain langsung aktif, pilih pembayaran dengan metode aktivasi otomatis seperti GO-PAY, Virtual Account, Kartu Kredit serta Paypal. Easy peasy! 

3. Memasang banner afiliasi


Salah satu cara termudahnamun harus mengeluarkan kocek lebihuntuk menghasilkan uang dari blog, adalah dengan memasang afiliasi. Kurang lebih sama dengan Google Adsense, cara kerjanya saja yang sedikit berbeda. Kita cukup memasang banner afiliasi tersebut pada sidebar blog, setiap pengunjung blog yang mengklik banner tersebut dan membeli produk yang kita iklankan, maka kita berhak mendapat komisi. 

Jika kalian tertarik dengan pemasangan banner afiliasi, Exabytes Indonesia menawarkan Program Afiliasi Terbaik yang bisa memberikan kamu komisi sebesar 25%. Estimasi besarnya komisi yang kita dapatkan sudah dihitung secara detil oleh pihak Exabytes kok, berdasarkan paket yang kita ambil nanti. Pastikan sebelumnya kita sudah mendaftarkan akun pribadi di situs Exabytes Indonesia, ya!  

Komisi paling kecilnya aja udah lumayan, yaa, gengs!


4. Konsisten menulis konten


Seperti yang sudah kubilang, kalau jarang update isi blog malu donggg sama dotcom di atas (ini ngomong sama diri sendiri juga 😝) 

Setelah memasang domain, pasti timbul tuntutan untuk menulis lebih sering dan serius dan berkembang menjadi blogger yang bisa diandalkan dan dipercaya. Setidaknya, ini yang aku rasakan selama dua tahun terakhir setelah memberanikan diri untuk berlangganan domain. Apa gunanya kita membayar paket langganan setiap tahun, kalau blog aja dianggurin? Selain boros, ya mau ngapain juga, sih? 

Cara konsisten ngeblog balik lagi kepada diri masing-masing. Cara paling mudah, bisa dimulai dari menulis hal yang disukai. Kira-kira topik apa, sih, yang paling dekat di hati, yang suka diomongin kalau ketemu dengan teman-teman atau yang suka dicari di Youtube, misalnya. 

Kalau aku sendiri, biasanya suka menyusun beberapa topik menulis dalam sebulan. Jumlahnya bebasss, semakin banyak semakin bagus. Kalau nggak bisa digodok dalam satu bulan, biasanya akan aku oper ke bulan berikutnya. Setelah semua terkumpul, aku akan melakukan brainstorming untuk masing-masing topik. Biasanya, sih, yang butuh riset lebih banyak dan berpikir lebih ekstra. Contohnya tulisan How to Deal with OCD ini. 

Aku sendiri nggak ada hari khusus untuk posting, sih. Kecuali untuk Worthy Mondayyang suka bolong beberapa minggu, maapkeun yaaa πŸ˜‚ Makasih sekali untuk beberapa teman yang suka mengingatkan aku untuk update ini πŸ˜†

Lepas dari tujuan apapun kita ngeblog, aku rasa menerapkan konsistensi menulis itu nggak ada salahnya. Dan kalau memang ingin menghasilkan penghasilan dari tulisan, performa blog tentu harus lebih ditingkatkan lagi. Calon perusahaan atau agensi pastinya akan rajin menengok blog yang rutin diisi, ketimbang blog yang di-update dua minggu sekali atau bahkan dua bulan sekali πŸ™ˆ

5. Membangun networking


Ada banyak caranya, tapi yang ingin ku-highlight ada tiga: bergabung dalam komunitas blogger, blogwalking dan mengikuti kelas online

Selama dua tahun bergabung dalam komunitas, aku merasakan banyak manfaatnya. Bisa saling berbagi ilmu, menambah teman-teman baru dan berbagi info tentang job atau kompetisi blog yang sedang berlangsung. Kalau dari pengalamanku sendiri, jangan sungkan untuk saling menyapa sesama blogger, entah melalui aktifitas blogwalking atau di sosmed. Sejauh ini, teman-teman blogger yang kukenal puji Tuhan baik-baik semuaa dan nggak pelit ilmu dalam soal dunia blogging. 

Selain bergabung dalam komunitas, mengikuti event atau workshop juga bisa menambah lingkaran pertemanan. Sayangnya, di tengah pandemi sekarang ini menghadiri kelas maupun acara tentu sedang tidak memungkinkan, semuanya beralih secara daring. Baru-baru ini aku mengikuti sebuah kelas online yang diadakan oleh sebuah komunitas blogger ibu-ibu. Selesai sesi kelas, kami masih mendapat pelatihan selama 7 hari melalui WAG. Ini pengalaman pertamaku dan ternyata lumayan seru! Di dalam WAG kami saling berbagi ilmu dan tips-tips membuat konten. Tau nggak, sih, di grup tersebut para partisipan semangat banget berbagi hasil konten yang mereka buat. Memang ya, ibu-ibu itu kalau udah semangat berkarya jangan coba-coba dilawan. Kece-kece semua! 😍

Jadi, jangan ragu untuk membangun networking kalian dengan bergabung dalam komunitas dan saling berbagi ilmu dengan lainnya, ya. Siapa tau ilmu yang didapat, bisa menambah kualitas kita dalam menulis di blog (: 

6. Mengikuti lomba blog


Contohnya, ya dengan ikutan lomba blog dari Exabytes Indonesia ini! 

Salah satu tips menghasilkan uang dari tulisan, adalah dengan berpartisipasi pada kompetisi blog.  Rajin-rajin aja ngulik info lomba blog di medsos atau situs komunitas, dan setahuku beberapa blog di luar sana juga rutin berbagi info lomba per bulannya. Beberapa kali aku pernah iseng ikutan. Belum pernah menang, sih, tapi setidaknya bisa ikut seru-seruan aja dan melatih diri untuk menulis juga, kan? 😊 

Buat yang mau ikutan, tinggal klik banner di bawah ini untuk lengkapnya, ya! 

***
Berikut tips-tips yang bisa kubagikan untuk teman-teman yang ingin mencoba menghasilkan dari tulisan di blog di tengah pandemi ini. Semoga kita semua tetap semangat berkarya dan jaga kesehatan selalu, ya! 😊

Adakah tips lainnya yang mungkin ingin dibagikan juga? 




Artikel blog ini diikutsertakan pada Lomba Blog Exabytes dengan tema "Menghasilkan Pendapatan Dengan Memanfaatkan Internet di Masa Covid-19"

15 comments:

  1. Wah, sangat menginspirasi. Domain saya juga masih blogspot, dan agaknya memang kurang menarik menurut saya pribadi. Apalagi menurut pengunjung, mungkin banyak yang skip pas blog saya nongol di page one google.

    ReplyDelete
  2. Postingannya bermanfaat bangeeet dan pas buat aku yg kebetulan skrg ini pingin memonetasi blog mba Jane! Thx u so soo much buat tips-tipsnyaa😍 Baru tau juga ada biaya hosting semurah itu di Exabytes dari postingan ini, noted dehπŸ‘ŒπŸ». Ohiya, karena kebetulan akupun lg berusaha membangun blog lebih baik, jadi gak punya tips khusus haha, IMO udah cukup lengkap kok apa yg dijabarkan mba Jane.

    Anyway good luck ya mba Jane! HeheπŸ’ͺ🏻😍

    ReplyDelete
  3. Wah, harga domain di Exabytes lebih murah dari tempat yang aku pernah beli. Lumayan banget buat teman-teman yang baru ingin beli domain 😍

    Btw, terima kasih tips-tipsnya ci πŸ€— ngomongin soal domain, aku agak menyesal sih karena nama domain aku kepanjangan tapi kalau diganti nanti ribet jadi pasrah aja. Semua gara-gara asal kasih nama, nggak mikir kedepannya gimana 🀣😭

    Good luck ci Jane untuk lombanya. Semoga menang ya πŸ˜πŸ™πŸ»

    ReplyDelete
  4. hihiihi samaan bgt mbak, aku juga mau ikutan lomba blog nih, cuma temanya yg ringan aja, soalnya udah lama bgt ga nulis hahaha, anw goodluck ya mbak

    ReplyDelete
  5. Ikutan lomba blog tuh beneran ngebantu untuk ningkatin visibility kita sebagai blogger, lho. Ini yang kutahu berdasarkan pengalaman teman-teman blogger lain. Semangatku untuk lebih rajin ngeblog semakin terpantik, deh. Hihi. :D

    ReplyDelete
  6. Udah empat bulan ini aku nggak pernah ikut lomba blog karena aku sibuk dengan kegiatan lain. Padahal aku suka banget ikut lomba blog walaupun sering banget kalah lomba blog.

    ReplyDelete
  7. Domainnya murah bingits, Mbak Jane. Setelah tau harga domain di Exabytes semurah itu, aku jadi sedikit nyesel nih dulu gak beli di situ. Lumayan kan sisa uang buat beli domain bisa aku pake beli jajan. Hehehe.

    Ngomong-ngomong semangat terus ya, Mbak Jane. Mudah-mudahan menang lombanya yaaaaaaπŸ˜†

    ReplyDelete
  8. Thanks for the tips, mba 😍

    Saya pribadi meski pilih nama blog waktu itu tanpa pikir panjang, tapi saya cukup senang dengan nama blog yang saya punya sekarang hahahaha. Entah kenapa berasa seperti brand saya *eaaakh* 🀣

    By the way, setuju sama komentar Lia, ternyata harga domainnya lebih murah dari tempat saya beli domain saya πŸ˜† mungkin untuk teman-teman yang belum beli domain, bisa beli di tempat yang mba Jane rekomendasikan 😍 ohya, good luck untuk mba, tulisan yang padat dan sarat manfaat πŸ’•

    ReplyDelete
  9. Btw iya ya, lebih terjangkau nih.
    Dan yang pasti aman ya karena udah termasuk ini itu yang bikin blog jadi lebih baik lagi :D

    Saya baru tahu nih exabytes, ada lomba blognya pula.
    Jadi pengen ikutan:D

    Saya dulu waktu awal rajin ngeblog sering banget ikut lomba, dan belum tahu apa-apa gitu, pokoknya ikut aja, mau lomba SEO kek, lomba blog biasa kek, dan kagak ada yang menang hahahaha.

    Yang menang itu, justru lomba yang ikutnya nulis asal aja, malah menang, astaga hahaha.

    Oh ya, menghasilkan uang dari blog itu asyik banget ya, setidaknya jadi penyemangat buat ngeblog terus :)

    ReplyDelete
  10. Wah... Saya jadi malu mbakπŸ™ˆ nama blog saya ngawur sengawur-ngawurnya. Nggak cocok sama apa yang saya bahas di blogπŸ˜‚
    Jadi dulu ceritanya saya mau jadi beauty blogger tapi ternyata saya sadar saya nggak bisa bikin alis, pakai maskara, atau foundation. Nggak paham juga apa itu bb crem dan kawan-kawannya. Setelah sadar saya nggak ganti nama blog karena merasa itu ada sejarahnyaπŸ˜‚ bener-bener saya suka sesuatu yang bersejarah. Entah kalau suatu hari nanti mau diganti, untuk sekarang saya masih ngototπŸ˜‚
    Saya juga belum pernah ikut lomba blog, yang sedang saya usahakan sekarang adalah konsisten dulu. He..he...😁

    ReplyDelete
  11. setuju dengan pendapat gabung di beberapa wag dan jalin networking dengan sesama blogger darisana kita bisa dapetin info job blogger, ikut ikut aja setiap ada seleksi buzzer atau job tulisan, dan kadang nggak disangka lolos seleksi, lumayan buat tambahan jajan hehehe

    dulu sempet daftar adsense pertama kalinya, dan belum acc, jadi setelah sekian tahun berselang belum coba daftar lagi sampe sekarang

    aku penggemar diana rikasari, awal awal ngeblog sering banget main ke blognya, keceh emang dengan warna warna ceria begitu, meskipun blognya masih subdomain, oke banget

    ReplyDelete
  12. Keren2 tipsnya Mba Jane 😍😍 Memang kalau berniat memonitasi blog menurut aku paling utama itu konsistensi. Konsisten ngeposting tulisan (yg orisinil tentunya sesuai saran Mba Jane), konsisten jaga networking, dan konsisten merawat blog salah satunya hostingnya.







    (Kalau aku masih belum konsisten satupun, malu sama mba jane yg udah jago. Sdangkan aku ngeblog cm buat hobi nulis aja πŸ˜…)

    ReplyDelete
  13. Mba Jane, saya juga merasakan hal yang sama. Sejak pakai dotcom dan ikut komunitas, ilmu blogging jadi bertambah. Namun sekarang saya sudah jarang mengikuti berita di komunitas.

    Wah, sekarang ada WAG juga ya. Saya juga tahu dari blognya Mba Rey. Makin cepat dan praktis ya kalau bisa sharing di WAG.

    Happy blogging ya, Mba.:))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemakaian dotcom itu seperti magic ya, bawaannya pengen rajin nulis (semoga aja ke depannya semakin rajin) πŸ˜†

      Iya aku pun baru tau, Mba, gara-gara ikutan kelas online bulan lalu. Jadi pesertanya di-invite ke WAG dan dapet pelatihan lanjutan selama seminggu. Selain itu bisa saling sharing sih, serunya jadi dapet pengalaman dan ilmu baru juga (:

      Mba Pipit semangat juga yaa blogging nya ❤️

      Delete

Terima kasih sudah mampir dan membaca tulisanku di sini (:

Jangan ragu untuk berkomentar supaya kita bisa saling kenal dan ngobrol bareng, ya. Mohon maaf untuk komentar dengan link hidup dan iklan otomatis akan aku hapus demi kenyamanan bersama.

Jangan lupa checklist 'Notify Me' sebelum publish komentar supaya mendapat notifikasi balasan dari aku yang akan dikirim ke email kalian.

Have a great day!