BPN DAY 9: My Top 5 Inspiring Bloggers

Wednesday, November 28, 2018


Dalam kehidupan nyata, kita pasti punya sosok inspiratif yang dijadikan role model. Demikian juga dalam dunia blogging.

Seseorang yang dijadikan role model, berarti ada kualitas lebih yang ada di dalam diri mereka, sehingga membuat kita termotivasi untuk bisa menjadi lebih baik lagi. Bukan menjadi sama dengan mereka, ya.

Emang, sih. Kalo lihat blogger yang udah jauh lebih sukses, kita bakal gampang tergoda untuk bisa ada di posisi yang sama dengan mereka. Padahal jam terbang aja udah beda. Misalnya, si blogger kece udah ngeblog selama 10 tahun, sedangkan kita baru juga mulai ngeblog tiga bulan tapi udah ngarep disponsorin. Butuh effort lebih untuk menuju ke sana.

Selama bertahun-tahun blogging, aku banyak menjagokan beberapa blogger. Namun, sejak aku mulai serius ngeblog sampai hari ini, cuma ada lima blogger, yang secara nggak langsung selalu mendorong dan menginspirasi aku untuk bisa menghasilkan konten berkualitas di blog ini. Baik secara penulisan atau menghasilkan foto pendukung yang ciamik.

Yes, blogging for me is more than just writing. Fotografi itu punya andil besar dalam blogging. We'll talk more about this later, ya! 

So, here my top 5 bloggers that always keep me inspired to blog! 

Note: siap-siap jeles dengan keunikan mereka masing-masing!


1. Let The Beast In (by Laila Achmad) 

Photo courtesy: Let The Beast In 

Buat yang udah cukup lama baca blog aku, pasti nyadar beberapa kali aku sebut blognya Mba Lei ini. Kayak nggak ada bacaan lain aja yang di-mention blognya dia lagi, dia lagi hahahaha. 

Bingung nggak kalo liat PV sebuah blog tinggi banget (total hits blog LTBI adalah 3,7 juta lho!) padahal penulisnya jarang update? Besar kemungkinan karena isi blog mereka bagus. Nggak sekedar bagus, tapi berkualitas. Nggak heran blog kayak gini punya readers yang setia, contohnya aku. 

Konten blognya Mba Lei mungkin sedikit berbeda dengan apa yang biasa kalian baca. Kalo blog post-nya berisi opini pribadi, Mba Lei suka menulis dari perspektif yang menarik, yang jarang dibahas oleh kebanyakan orang. Tulisannya nggak selalu berat kok. Ada juga konten-konten ringan tapi tetep asik dibaca. Tema favorit aku dari blognya doi adalah travel dan personal thought.  

Pokoknya kalo baca blog ini tuh bikin kita mikir: kok bisa, sih, kepikiran nulis kayak gini?!


Photo courtesy: Andra Alodita

Duh, siapa sih yang nggak ngefans dengan cewek kece ini? 

Aku baca blognya Kak Alodita dari zaman sebelum dia sesukses sekarang ini. Waktu itu isi blognya hanya sekedar photo journal, karena profesinya dulu memang fotografer, kan.

Kak Alo mulai rajin menulis dan update blognya sejak mengikuti program IVF. Blognya mulai ramai pengunjung, karena tips honey lemon shot yang pernah populer itu. Ditambah Kak Alo juga sering nulis review beauty products yang dia pakai. 

Kalo boleh bilang nih, aura di blognya Alodita itu positive vibes banget. Kalian tega kalo berani ngejelekin blognya doi, karena sama sekali nggak ada hal yang patut disebelin dari blognya ini *pembaca yang posesip hahaha*

I hope someday I can meet her in person. Kayaknya seru, ya, kalo bisa ngobrol langsung sama cewek yang selalu terlihat glowing ini. 

3. Grace Melia 

Photo courtesy: Grace Melia

Masih inget banget pertama kali baca blognya Gesi gara-gara postingannya yang viral ini. Waktu itu kontroversi Awkarin emang lagi dibahas banget, kan.

Nggak kerasa udah 2 tahun aja gitu ngikutin blognya sampai hari ini. Kalau ditanya apa yang bikin betah baca blognya, apalagi kalau bukan cara menulisnya yang seru dan real. Ci Gesi ini terbuka banget lho di setiap tulisan blog post-nya. Sampe pernah mikir, ini orang apa nggak takut di-judge, ya dengan tulisannya? Apa nggak takut dengan risiko terlalu buka-bukaan dengan hidupnya?

Well, ternyata orangnya memang woles banget. Tipikal yang nggak pernah ambil pusing apa kata orang. Aku salut dengan orang yang berani terbuka membagikan pengalaman hidupnya. Nggak gampang lho terlalu open di dunia maya kayak sekarang ini. Bisa-bisa diekspos mak lambe. Belum lagi di-julid-in netizen.

Meski aku masih agak tertutup dengan membagikan cerita kehidupan pribadi, keberanian Ci Gesi dalam menyampaikan suara pendapatnya aku praktekkan dalam blog ini dan juga kehidupan nyata.

Moral yang aku dapat tiap kali baca blognya adalah: blogging dibawa santai dan fun aja lah. Just be yourself! 

4. Annisast 

Photo courtesy: Annisast

Kalo ngomongin Gesi, kayaknya nggak afdol kalo nggak nyebutin sohib blogger yang satu ini. Secara mereka berdua juga udah nulis buku bareng, ya.

Kebetulan aku memang kenalan dengan blognya Kak Icha ini berbarengan dengan blognya Gesi. Karena waktu itu emang lagi suka banget baca-baca blog bertemakan parenting. The universe brought me to these two gorgeous lady. 

Kak Icha salah satu sosok yang sangat menginspirasi aku untuk ngeblog serius setahun belakangan ini. Karena pekerjaannya memang sebagai jurnalis dan kontributor di Mommies Daily, gaya penulisannya Kak Icha di blog lebih rapi dan terkesan profesional. Padahal isinya juga kebanyakan curhatan sehari-hari lho. Tapi dikemas apik dengan ciri khasnya sendiri.

Aku juga sempet nanya langsung soal tentang menentukan rate card waktu pertama kali dapet job di blog ini. Job tersebut datang setelah aku mulai bebenah blog ini dengan tips-tips yang dibagikan di blognya lho. You are my hero, Kak Icha! 😂

5. A Cup of Jo

Photo courtesy: HuffPost for Joanna Goddard

Satu-satunya blog internasional yang masuk kategori inspiring blogger hari ini. Ada beberapa blogger luar lainnya yang oke-oke, sih. Mari kita simpan untuk tema blog favorit untuk blogwalking yang akan datang, ya!

Cup of Jo ini tadinya adalah sebuah personal blog milik Joanna Goddard, yang akhirnya berkembang menjadi sebuah blog yang berhasil masuk daftar Top 10 Lifestyle Websites for Women milik Forbes.

Now you will think she is more than a blogger, right? 

Awal mula Jo memulai blog ini kayak kita-kita gini lah. Cuma iseng untuk mengisi waktu luang di weekend. Pekerjaan sehari-harinya waktu itu adalah kontributor di beberapa majalah dan website. Setelah melahirkan anak pertamanya, dia resign dan mulai fokus dengan blognya ini. Bisa sukses seperti sekarang ini, pasti ada perjuangan yang udah dibayar.

One thing that always amazes me about her blog, adalah bagaimana Jo engage dengan pembacanya melalui setiap postingan yang ada.

Kalo kalian main ke blognya, jangan heran lihat jumlah angka komentar yang bombastis dan isi komentarnya nggak sekedar, "Hi, thanks for sharing" atau "Oh I love your blog. Follow back please?". Tapiii pembacanya benar-benar bisa berdiskusi satu dengan yang lainnya. Jadi misalnya, aku komentar sesuatu, kemudian ada pembaca B yang bales komentarku, eh terus ada pembaca C yang nimbrung. Serius, aku bingung kok bisa, sih, pembacanya saling ramah satu dengan yang lainnya?

Menurutku, salah satu ciri sebuah blog yang sukses, mereka berhasil membangun sebuah komunitas tersendiri and Joanna did that. Keren dan aku iri!

***
So, how about you? Siapa blogger favorit kalian yang selama ini menjadi panutan dalam hal blogging? Sharing di kolom komentar, ya!

11 comments:

  1. Semuanya keren-keren banget, saya jadi kepo deh sama blog LTBI, soalnya keliatannya seru banget (saya suka topik yang dibahas dari sisi penulis juga sih hha)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang seseru itu blognya! Hahahaha saya sih suka banget sama blognya Mba Lei ini. Topik yang dibahas selalu menarik :D

      Delete
  2. Rekomendasinya keren-keren nih.
    Iya nih,, dari blog bisa berkembang jadi website dengan niche blog-nya dan menciptakan komunitas itu keren banget. Emang apa yang nampak hari ini pada blogger favorit adalah buah dari kerja keras mereka di masa lalu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, Mba. Makanya aku selalu salut dengan blogger yang punya komitmen tinggi dengan blognya. Makanya banyak pengikut setianya ya hahaha

      Delete
  3. annisast sama gesi ini yang sering aku baca IG storynya. tapi jarang banget mampir ke blog mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. IG story mereka juga menarik sih. Kalo lagi nggak sempet ngejer baca postingan baru mereka, aku suka ngikutin story-nya. Cukup menghibur dan biasanya Kak Icha sering bagi-bagi tips blogging :D

      Delete
  4. Blogger keren semua ini ya Mba, hehehehe tapi aku jarang ngepoin mereka jadi kepengen ih kepoin. Makasih sudah merekomendasikan Mba, aku ingin berkeliling atu-atu ah di blog idolamu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo, Mbaa. Siapa tau ada yang nyangkut di hati juga hihi

      Delete
  5. Thank you sooo much for your appreciation ya Jane! Huhuhu, jadi terharu, karena kamu sudah engaged dengan segala tulisanku dari lamaaa banget. Blog kamu sekarang jauh lebih hidup deh daripada blogku hahaha. Tetap produktif ya!

    ReplyDelete
  6. Wih ngikutin A Cup of Jo juga? Emang keren sih blognya dia, udah kontennya berkualitas, rajin ngepost juga, kontributornya juga banyak, terus komunitas pembacanya udah terbentuk banget. Dan emang itu yang sebenarnya juga aku suka dari blog-blog luar, kolom komen tuh isinya seringkali nggak hanya basa-basi, tapi bener-bener diskusi, berargumen, atau sesimpel menanggapi panjang isi tulisan blognya. Jadi isi blognya tuh makin multiperspektif gitu, meski hanya dari kolom komentar :)

    ReplyDelete
  7. Hai, mbak Jane apa kabar? Salam kenal ya. Waaah ternyata kelima bloger ini favorit mbak yaaa :) Memang deh kalau tulisan bagus berkualitas tuh dinantikan terus oleh pembacanya. Apalagi kisah yang ada perasaan dan persfektif luar biasa, pasti de dikunjungi terus ya.

    ReplyDelete

Thank you for reading and dropping your comments! All comments are moderated and I will reply each comment daily, so please check back. Nice to chat with you!