Koleksi Bukunya Joshua (Part 1)

Thursday, October 19, 2017


Hari ini aku pengen share koleksi buku milik Josh, ahhh. Mudah-mudahan seiring Josh tumbuh besar, buku-bukunya juga bertambah, karena itu aku nambahin part 1 di judul.

Buat yang udah tahu, aku memang mengajarkan dan berkomunikasi bahasa Mandarin dengan Josh di rumah. Sejak hamil udah punya keinginan kayak gini. Lalu, saat tiba di masa aku pengen beliin Josh buku, aku bingung banget harus beli buku bahasa apa. Buku bahasa Mandarin itu susah banget dicari, beli online pun terbatas pilihannya. Sedangkan kalau beli buku Mandarin juga si Josh belum bisa baca. Apalagi bahasa Mandarin itu bukan abjad abcd. Selain itu, yang lebih banyak beredar di pasaran itu buku-buku impor bahasa Inggris. Kalau buku-buku kayak gini, emang udah terkenal bagus ya kualitasnya, tergantung gimana kita yang pilihin buat si anak.

Semua buku Josh di bawah ini adalah hasil belanjaan aku sendiri. Agak nyesel, sih, waktu lahiran kenapa nggak rikues kado buku aja buat Josh, malah kepikiran barang-barang bayi yang sebetulnya nggak bisa digunakan dalam jangka panjang (dan malah beberapa yang dobel, ketahuan banget ya kado-kado bayi itu standar sekali haha). So, kalau ada yang mau ngasih sesuatu atau ngadoin ultah Josh tahun depan, onti-onti atau uncle-uncle boleh yaa kasih buku :P

***
1) The Toddlers Bible - Bao Bao Sheng Jing 


Ini satu-satunya buku Josh yang bukan hasil belanjaan sendiri dan yang paling "tua".

Alkitab toddler ini dibeliin Mamaku waktu kami ke Taiwan tahun 1999 yang lalu. Yes, udah selama itu usianya! Bisa dibilang ini buku warisan lah, ya. Kalau lihat di foto, ketahuan banget jadulnya. Jangan sampai lihat fisik benerannya, karena kondisinya naas sekali hahaha. Sebenarnya ini masih bagus, tapi karena keluarga kami ketimpa musibah banjir Jakarta satu dekade lebih yang lalu, Alkitab ini kebanjiran. Banyak halaman yang copot dan baunya sedikit nggak enak. Untung masih terselamatkan, karena aku nggak tahu lagi mau cari di mana Alkitab anak dalam bahasa Mandarin (dengan traditional characters dan pinyin jadul pulak!), cerita yang cukup lengkap (old and new testament) dan ilustrasi yang oke.


Sebelum Josh setahun, aku sering bacain dia salah satu cerita sebelum tidur. Ternyata dia tertarik banget dan tangannya mulai pengen pegang dan bolak-balik halamannya. Mengingat kondisi Alkitab yang udah naas ini dan tangan ganasnya Josh, untuk sementara aku simpan dulu sampai dia udah ngerti cara baca buku yang baik dan benar.

 Udah lancay tambah lancay karena sempat 'dirobek' Josh ):

2) Bright Baby Touch and Feel Board Book 


Satu set ini isinya ada 4 buku dengan judul: At the Zoo, Perfect Pets, Baby Animals, On the Farm. 

 Baru sadar, muka anak bebeknya kok mean amat, dah!

Sesuai tema buku, di setiap halaman buku ini ada berbagai macam tekstur yang bisa diraba-raba oleh bayi. Setahuku, buku touch and feel bisa dikenalkan sejak dini untuk melatih motorik dan mengenalkan anak tekstur benda. Warna-warna di buku ini kontras, jadi bisa sekalian mengenalkan warna.

Jenis tekstur di 4 buku ini rata-rata sama, sih, paling beda dikit aja. Ada yang bulu sejenis boneka, bahan velvet, glitter dan lain-lain. Favorit Josh tentu saja yang isinya ada anjing dan bebek.

Kalo kata orang buku-buku kayak gini tipe yang ngebosenin. Mungkin buat orang dewasa, iya. Tapi buat anak kecil ini menarik banget lho. Sampai cici sepupunya Josh yang udah umur 10 tahun, tiap kali ke rumah suka banget bolak-balik buku ini.

Oh ya, ukurannya nggak kecil nggak besar, pas banget kalau mau dibawa pergi. Aku biasanya suka simpen satu atau dua di dalam tas Josh supaya dia nggak bosen.  
 
3) A Night Night Prayer


Nah, ini dia buku yang jadi favoritnya Josh saat ini.

Buku ini aku beli di Insight Unlimited Store, KoKas. Waktu itu aku lagi iseng liat-liat buku bareng Josh, eh ini anak malah nunjuk-nunjuk satu buku di children book section. Aku ambil buku yang ditunjuk dan dia kelihatan suka banget dengan cover-nya. Pas lihat isinya, boleh juga nih. Kebetulan Josh belum punya bedtime story book selain Alkitabnya itu.

Buku ini bercerita tentang seekor Llama yang selalu berdoa dan saying good night to all God's creatures before bed. Mulai dari bintang, matahari, pohon, hewan peliharaan, papa mamanya sampai akhirnya dia tidur. Kalau boleh aku menyimpulkan keseluruhan isi buku ini, SO SWEET. Ilustrasinya menggemaskan dan kata-katanya juga sederhana. Apalagi tiap balik halaman di mana ada ilustrasi doggie dan kucing peliharaan si Llama (bingung nggak seekor Llama melihara anjing dan kucing pulak? Yaudalah, namanya juga buku anak hahahaha), si Josh langsung gemes ngomong "apaaaah apaaah" sambil ciumin doggie atau kucingnya. Emeshhh!


Btw, Josh lagi di masa menyebutkan apapun yang dia lihat dengan kata "APAH", termasuk manggilin orang-orang di rumah.

4) The Little Lion King - watch little Simba grow up! 


Buku last minute yang aku ambil waktu mau bayar di Big Bad Wolf tahun lalu. Sebenarnya buku ini biasa banget, malah nggak ada cerita Lion King-nya sama sekali. Tapi ilustrasinya bagus banget, harganya cuma 20ribu bok, miapaaa. Karena Mama Josh fans Lion King, rasanya harus ngambil buku ini. Nanti kalau Josh udah gede, Mama beliin story book-nya, ya. Sekalian nonton bareng filmnya, kemudian nangis bersama huhuhu.

Di buku ini ada small activities kayak gini, hitung jumlah binatang yang ada, terus ada juga di halaman Pumba dan Timon makan serangga, hitung serangganya, dll. 

Nggak ada yang spesial dari buku ini, sih. Karena ukurannya kecil, akunya biased dengan Lion King, cuma noban, yaudah beli :P

5) I Brush My Teeth - Wo Qu Shua Ya (lift-the-flap book) 


Buku ini aku beli karena lucuuu banget ilustrasinya! Sebenarnya kurang tepat sih beli ini buat Josh. Bahannya paper doff biasa alias rentan rusak, apalagi ini lift-the-flap jadi ada bagian gambar yang bisa dibuka-tutup. Seri buku ini ada tujuh kalau nggak salah, semuanya tema kegiatan sehari-hari. Aku beli ini karena Josh emang Josh udah mulai rutin sikat gigi tiap hari. Tiap kali liat aku sikat gigi pun dia pengen pegang bantuin sikat, hahaha. 


Belinya di mana? Kebetulan aku reseller buku-buku anak impor, jadi beli dagangan sendiri deh. Buat yang tertarik, boleh ya tengok ke Bebekanshu #numpangjualandilapakpribadi

So thats all the book that I can share. Ada beberapa lagi lainnya tapi lima buku ini yang paling sering Josh sentuh dan 'baca'. Dikit banget, kan? Tunggu anaknya gedean deh biar bisa diajakin hunting buku bareng. Cita-cita banget suatu hari bisa bawa Josh ke toko buku pilih-pilih buku sendiri. Pengennya ajak ke public library juga, soalnya tiap kali liat postingan Ci Gill ngajak Gide ke perpus tuh sesuatu banget. Ada yang pernah ke Perpustakaan Nasional di Jalan Medan Merdeka? Katanya Pak Jokowi, sih, setelah direnovasi kualitasnya udah internasional, jadi penasaran juga. 

Ada yang punya rekomendasi buku anak bagus untuk seusia Josh? Komen-komen di bawah, ya!

3 comments:

  1. Hahaha dasarrr kamu .. Aku cuma bisa bilang berkat banget dikelilingi library bagus2 di sini .. ntar kalo maen ke sini library hopping ya sama Josh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya di Jakarta ada tuh perpus Nasional, kata temanku yang udah ke sana, lantai anak-anaknya bagus banget. Siappp, nanti koko Gide nemenin yaaa (:

      Delete
  2. Buku favorit si B: Where Is The Green Sheep by Mem Fox & Judy Horacek. Trs klo bukunya B yg aku suka krn kocak: Blue Hat, Green Hat by Sandra Boynton. Pengen ngoleksi semua buku anak by Boynton tp klo beli baru, mihil yee.... perbuku 70-80ribuan. Soalnya aku beli bukunya B rata-rata 20sen-2dollar/buku sih (seken). Jadi 70rb trasa mahal, hehehe.

    ReplyDelete

Thank you for reading and dropping your comments! All comments are moderated and I will reply each comment daily, so please check back. Nice to chat with you!