Eat in Bogor: Kedai Soto Ibu Rahayu

Thursday, May 14, 2020


Ada cerita pribadi yang cukup menarik di balik soto. 

Aku bukan penggemar soto, malah jarang banget deh makan soto. Ingatanku tentang hidangan soto itu hanya dua: soto ayam bikinan Mama (karena Papaku suka bangettt makan soto, apapun jenisnya!) dan soto daging langganan Papa yang ada di daerah Cengkareng, Jakarta Barat. Pernah sekali aku diminta ke sana untuk beli soto sampai bawa rantang segala.

Sampai akhirnya aku menikah kemudian hamil, tiba-tiba malah kepengen makan soto, spesifiknya soto betawi. Tinggal boleh di Bogor, tapi urusan perut pun tetap selera Jakarteee 😆

Untung di Bogor itu nggak terlalu susah untuk cari hidangan soto. Banyak orang aja rela kok ke Bogor demi makan soto. Kata orang aku ngidam, menurutku, sih, bukan. Soalnya kalau ngidam itu biasanya cuma pengen sesaat, sedangkan aku sampai hari ini malah sering banget makan soto 😂

Soto mie langganan depan gang rumah

Biasanya kalau kepengen makan soto, aku dan suami pasti ke tempat langganan di Gang Aut atau kalau kepingin soto mie tinggal nyebrang di depan gang rumah. Cuma kalau lagi pergi bertiga bareng Josh, kami pasti melipir ke Kedai Soto Ibu Rahayu yang ada di Pajajaran. Alasannya tentu kebersihannya lebih terjamin untuk anak-anak, meskipun rasanya nggak segurih soto gerobakan hihi 


Kedai Soto Ibu Rahayu hanya punya tujuh menu andalan: Soto Mie, Soto Ayam, Soto Bogor, Soto Betawi, Soto Goreng, Soto Rica-Rica dan Soto Oseng. Kalau bingung bedanya apa aja, jangan malu tanya pelayannya, ya. Kalau pengen yang khas Bogor, bisa pesan Soto Bogor kesukaan suamiku. Kuah soto ini ciri khasnya bersantan dan berwarna kuning. Kalau sukanya lebih light tapi tetap gurih, bisa cobain Soto Betawi favorit aku. 

The best part of soto betawi, selain kuah aku paling suka dengan paru gorengnya! 
Tapi aku harus rela berbagi paru ini dengan si krucil yang ternyata menemukan kenikmatan yang sama huahahaha 

Salah satu pelengkap yang wajib ada saat makan soto, adalah kerupuk! 

Salah satu ciri khas yang menonjol di restoran ini, kalian bisa melihat kaleng kerupuk gedeee berisi kerupuk putih yang rasanya pengen langsung dipakein kecap manis atau dicemplungin ke kuah soto yang masih panas. Ngetik gini aja udah bikin ngiler. Mohon maap kalau kalian baca ini pas puasa. 


Biasanya aku suka beli beberapa kerupuk putih untuk dibawa pulang. Minta plastik bersih aja sama pelayannya, nanti kita tinggal bungkus sendiri, jangan lupa bayar. 

Tiap kali makan di sini, serasa lagi 'mampir' ke rumah ibunya teman. Soalnya suasananya asri, rasa makanannya juga ala rumahan. Cocok banget untuk tempat makan bareng dengan sahabat maupun keluarga. Minusnya, karena restoran ini semi outdoor, beberapa pengunjung bebas merokok tanpa memikirkan keluarga yang bawa anak kecil. But overall, we love this place

29 comments:

  1. Saya juga suka banget soto mba, especially Soto Betawi :DD kalau di Bali biasa makan di Cafe Betawi yang ada di Mall Bali Galleria atau Level 21 Mall :""> duh jadi lapar ahahahaha. Ohya, favorit saya kalau makan Soto Betawi pastinya pakai kerupuk juga, dan tempe mendoan! Waduuuuh kalau sudah begini, bisa nggak berhenti kunyah :9

    Dan sama seperti mba, saya selalu bungkus kerupuk putih buat dibawa ke rumah. Soalnya saya kalau makan harus selalu sama kerupuk hahahaha. Dan kerupuk putih ini nggak bisa dimasak macam kerupuk udang, emping dan teman-temannya. Jadi mau nggak mau harus beli di resto atau cari suppliernya :""D

    Wuuuaaa jadi laparrrrrr! >,<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh Cafe Betawi juga andalanku banget, soalnya di sana punya banyak menu makanan favorit aku, dari makanan berat sampe cemilannya pun ada yaa! Jadi inget waktu itu kami sekeluarga di Bali kangen masakan Jakarta, akhirnya makan kalap di Cafe Betawi MBG itu juga 😂

      Lah kok kita sama sih Mba, kurang klop rasanya tanpa kerupuk 🙈 iya betul, kerupuk putih ini harus dibeli ya, nggak bisa goreng sendiri. Biasanya kalau lagi kepingin aku beli di warung depan rumah atau di pasar tradisional biasanya, Mba Eno. Di tukang sayur keliling juga ada biasanya :D

      Delete
  2. Waa aku udah lama pengen cobain tapi gak kesini-sini. Kayaknya di deket rumah sini juga ada cabangnya. Jadi pengen coba, kangen soto mie :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalo nggak salah di Gading Serpong ada cabangnya, tapi kata temenku yang udah pernah coba di Bogor rasanya agak lain 😂 soto mie yang enak ada di daerah greenville tuh, cii. Kejauhan yaa? wkwkwk

      Delete
  3. Aku suka banget soto. Apalagi soto mie sama soto betawi. Soalnya aku gak bisa bikin HAHAHAHAH... aku cuma bisa bikin soto ayam, gitu juga udah seneng. Malah menu soto oseng itu aku baru tahu.... memang perbendaharaan persotoanku terbatas hmmm.

    Btw liat reply mbak eno di atas, aku jadi kepikiran. Bener juga, kita nggak bisa goreng kerupuk mie sendiri :( pantesan kerupuk mie itu kalo lagi ngidam beneran ngidam banget sampe harus merek tertentu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan sedih Mba, pengetahuanku tentang soto pun cetek kok. Maklum, cuma taunya enak dan makan HAHAHA 😂 Mana di tiap kota Indonesia itu rasanya punya jenis-jenis soto yang berbeda kan, ada soto banjar, soto medan, soto lamongan, dll. Mbak di rumah pun juga lebih sering bikin soto ayam, Mba. Kalau soto santan gitu agak jarang, apalagi kayak soto betawi yang banyak aksesorisnya, jadi seringnya beli aja deh biar cepat hihi

      Delete
  4. Hmm, daerah Cengkareng. Daerah rumah saya itu mbak. :D
    Jadi penasaran nama tempatnya apa, siapa tau bisa mampir ke sana.

    Saya tipikal yang suka soto bening daripada soto santan. Emang karena tetangga dulu suka ngasih kali ya, jadi lidahnya terbiasa sama soto bening :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepatnya di Kalideres, Bang, namanya soto betawi Pak Hasan 99. Mungkin pernah dengar soalnya itu cukup terkenal. Boleh dicoba deh siapa tau cocok :D

      Oh iya, beda orang beda preferensi yaa. Tergantung selera masing-masing 😁

      Delete
  5. Kalau aku taunya cuma soto ayam, soto daging, sama soto Lamongan, Mbak. Soto-soto yang lain aku masih belum pernah coba. Mungkin ilmu pengetahuan per-soto-an ku kurang luas. Harus banyak-banyak eksplor menu soto lain nih.

    Lihat foto soto mie di sini aku jadi ngiler nih, Mbak Jane. Kelihatannya seger banget ya, sotonya. Apalagi aku belum pernah makan soto yang gandengannya mie, bukan nasi. Jadi tambah penasaran, deh 🤤. Untung ini bacanya pas hampir buka, jadi setelah baca udah siap-siap batalin puasanya deh, biar gak tersiksa lama-lama.😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi untung pas mau buka yaa kalau nggak aku bersalah deh 🙈

      Kapan-kapan kalau ke Bogor harus cobain soto mie, Mba Roem. Enak banget perpaduan mie, bihun dan kolnya itu. Ditambah daging dan risolnya. Duh, mudah-mudahan baca balasanku ini pas mendekati jam buka lagi ya 😂 Teksturnya di mulut jadi kaya banget. Aku tuh kalau lagi kalap atau lapar banget bisa makan 2 porsi, sampe pernah abangnya nggak percaya kalau aku nambah wkwkwk

      Delete
  6. Cuma pernah makan soto ayam, soto daging, sama soto betawi. Btw aku salfok sama LISA di tempat kerupuk yang disandarin Josh😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. HEH KAMU BUCINNYA LALISA YA 🤣

      Siniii nanti kalau main ke Bogor aku ajakin kuliner soto!

      Delete
  7. bisa aneh gitu yaa.. yang awalnya gak suka soto, setelah hamil eh malah suka dan keterusan, bukan ngidam sesaat wkwkwk..

    aku sih bukan pecinta soto dari dulu sampai sekarang,, tapi kalau ditanya mana soto paling enak? kujuga akan menjawab soto betawi!! ahaha.. tapi udh 4 tahun tinggal di padang ini udh gak pernah lagi makan soto betawi, di sini gak ada euy..

    -traveler paruh waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kannn, masa ngidamnya berkelanjutan wkwkwk

      Wah kalau di Padang mah adanya gulai ya, Mas hahaha ah, jadi ngebayangin gulai ayam terus kuahnya disiram ke nasi panas. Glek, jadi kepengen masakan Padang...

      Delete
  8. Gang Aut banyak banget kuliner yang enak dan murah. Seringnya beli laksa di sana.

    Saya juga suka soto, Mba Jane. Tapi kalau ke Bogor, kayaknya belum pernah beli soto. Malah nyoba kuliner unik di sana yang enak2 banget dan murah.

    Iya ya kaleng kerupuknya gedhe banget.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya, laksa di Gang Aut juga banyak penggemarnya :D

      Nah, kalau berkesempatan main ke Bogor lagi, jangan lupa kuliner sotonya, Mba Pipit. Di Surya Kencana yang jualan soto banyaaak. Kalau mau cobain soto kuning boleh mampir ke Soto Kuning Babeh atau Pak Yusuf. Dua-duanya enakk (:

      Delete
  9. Akupun penyuka soto mbak, biasanya sih soto lamongan yg ada serbuk koyah itu harus banyak, juga sambelnya... Wiiih jadi kangen makan soto 😋, udah lama ga kluar kulineran ,kayaknya bakalan kalap kalo udah bisa halan" keluar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduhh duh jadi kebayang-bayang rasa kuahnya yang asem-asem seger itu 🤤

      Betul banget nih, Mba. Kelamaan di rumah gini bisa-bisa entar kalap kulineran di luar huahaha

      Delete
  10. Saya juga suka soto, terutama soto Lamongan. Tapi soto dari daerah lain pun enak, termasuk soto betawi karena sekarang tinggal di Jakarta.
    Soto tuh makanan paling komplit menurut saya, dimakannya juga tidak ribet (ga tau kalau masaknya ya, hehe). Semua tersedia di dalam satu mangkuk, ada daging, sayuran, plus nasi kalau suka soto yang langsung dicampur nasi. Walaupun kadang masih saya tambah dengan lauk tambahan misalnya tempe goreng.
    Dan kegemaran saya terhadap soto menurun ke anak saya, K.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya benar juga ya, segala macam gizi ada dalam satu mangkuk. Karbo ada, protein ada, serat ada hahaha Masaknya memang agak ribet sih, makanya kalau kepingin soto biasanya saya minta tolong Mbak di rumah bikinin atau ya beli aja deh ((:

      Wah mantap deh, biar nanti sudah besar bisa diajak kulineran soto ya, K! :D

      Delete
  11. Kalau soal soto, jujur aku anakanya pemilih. Tapi kok aku jadi pengin cobain soto ini yaa hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh dicoba kapan-kapan kalau main ke Bogor! Lumayan nambahin list kuliner nanti hihi

      Delete
  12. Kak kak, mau dong ke Bogor makan soto !

    ReplyDelete
  13. Jane, itu penampakan sotomienya mirip yg biasa cici suka makan di Jakarta, namanya sotomie Koni soalnya jualan di Koni, sebelah gereja BHK, nah itu yg jualan dari generasi bapak, skrg anaknya yg lanjutin, si anak ini bahkan udah ada anak lagi dan suka jaga juga hahahaha, nah anak si bapak ini ada beberapa sodara, sodara2nya pada jualan di Bogor, emg mrk org Bogor, pas liat foto sotomienya familiar banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaw usahanya turun temurun gitu yaa ci sampai ke mana-mana hahaha jangan-jangan sotomie yang aku suka makan di Bogor salah satu sodaranya si bapak ya 😂

      Delete
  14. soto aku doyan mbak, malah orang kantor kalo bercandain aku 'soto lagi soto lagi, muka lama lama kayak soto' hahaha
    mau makan siang ke pujasera kalo bingung milih, ujung ujungnya ya ke soto akhirnya
    di sini ada macam macam juga, ada yg bilang soto madura, soto biasa dan soto babat. kataku semua enak ya
    kalau buatan emak sendiri enak juga, malah tiap kali makan, yang makan ngeracik sendiri untuk isiannya, ala ala di warung

    lama juga nih ga makan soto daging, itu enak bangettt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ada penggemar berat soto di sini hihi berarti Mbak Ainun sama kayak suamiku, kalo makan di pujasera atau foodcourt, pasti ujung-ujungnya beli menu soto. Kayak semacam comfort food juga ya jadinya hahaha

      Ayoo Mba abis ini bikin soto daging! :D

      Delete
  15. kedai soto ibu rahayu buka cabang deket rumahku di karadenan cibinong. mayan ga usah jauh2 ke pajajaran jadinya :D

    ReplyDelete

Thank you for reading and dropping your comments, it means a lot to me. All comments are moderated and I will try to reply to each comment as soon as I could, so please check back.

All spams and comments that contain ads are gonna be deleted. I'm trying to make this blog a pleasant place where we can communicate with each other.

Once again thank you and see you around!