Diary of The Month: May 2024

Monday, May 27, 2024


Terakhir nulis DOTM adalah dua tahun yang lalu?!

Aku inget betapa serunya tiap nulis DOTM menjelang akhir bulan. It's always fun to see my life recap in a well-organized blog post. Jadi "kelihatan", oh ternyata udah ngelewatin banyak hal bulan ini. 

Turns out, there are lots of things that happened in May. Apa aja tuh?

Things I'm Grateful for

  • Setelah nunda satu tahun, akhirnya kanopi rumah kami selesai di hari pertama bulan Mei. Emang tuh, ya, punya rumah harus sabar berproses. Nggak semua yang diinginkan harus dilakukan sekaligus, termasuk si kanopi yang sebenarnya cukup penting. Setelah tabungan cukup, proses kanopi pun dikerjakan dalam waktu lima hari. Selain itu, kami juga nambahin pintu kasa nyamuk untuk nambah keamanan dan juga estetika. Dalam sekejap, suasana rumah jadi terasa beda. Yang paling penting, sih, mobil kami nggak akan kejemur atau kehujanan lagi. Nggak perlu was-was abis cuci mobil malah kehujanan #seringterjadi.
  • PSA (perawatan saluran akar) gigi akhirnya SELESAI! WOHOO! You have no idea how relieved I am, di hari terakhir aku menjalani perawatan ini. Long story short, setelah pertimbangan sana-sini dan diskusi dengan suami, aku memutuskan untuk pindah PSA di SATU Dental, yang sebelumnya kulakukan di sebuah RS swasta. Alasannya kenapa, kita cerita di blog post terpisah, ya. Sampai hari tulisan ini dibuat, aku lagi menanti on-lay gigiku jadi dan bakal dipasang. Uhuy!


Bits and Bobs

  • We got a new furry friend and we called him Mimi. Nama Mimi ternyata terlalu feminim untuk seekor kucing jantan yang dua minggu terakhir ini sering mampir dan menginap di depan rumah. Awalnya, Mimi tidur di rumah kosong tak berpenghuni. Krystal lihat mungkin gemes ya, minta mamanya kasih makan. Eh, dikasih makan sekali, malah mampir ke rumah terus. Sekali, dua kali, tiga kali, bonding pun tercipta. Aku yang bukan cat person ini, meminta nasihat kepada Mas Bayu, gimana sebaiknya. Pada akhirnya, Mimi kami biarkan tetap memegang status sebagai kucing komplek aja. Nggak bisa berkomitmen jadi babu kucing akutu, hiks. Cukup nambah budget sesekali beli makan kucing di Indomaret aja.
  • Baru aja minggu lalu, Josh tiba-tiba kena gondongan dan harus isoman selama seminggu. Aku nggak ingat pernah gondongan waktu kecil, tapi ternyata penularan penyakit ini cepat banget. Kelas Josh harus menjalani home-based learning alias online school selama tiga hariyang sempat bikin emaknya ketar-ketir tapi ternyata anaknya bisa ngikutin dengan baikuntuk menghindari penularan, karena ada lima anak lainnya yang kena. Puji Tuhan, anaknya udah sembuh. Selama sakit pun hepi-hepi aja, tetap bisa makan dan minum, karena gejalanya cukup ringan. Bengkaknya pun kasat mata, nggak kelihatan samsek. Both the kid and his mom, never been more ready to go back to school!
  • Beberapa waktu lalu, diam-diam aku bikin akun IG baru bernama @yumche.diary yang isinya jurnal makanku tiap hari. Tujuan awalnya, supaya mendukung perjalanan diet aja, sih. Belum genap sebulan, mulai kesulitan buat posting tiap hari, karena menurutku cukup makan waktu (halah alasan :P). Anyway, in case you're wondering, yumche ini plesetan dari yumcha (dimsum), che is from my nickname.
  • I cut my hair and back to the bob era again! Udah nggak sanggup manjangin rambut tebal nan rontok ini *cry*


Food/Drinks I've Tried

Salah satu jenis makanan favorit kami berempat, tak lain tak bukan adalah Japanese! Rasanya senang bukan main saat Josh maupun Krystal menikmati sushi, sashimi (tentunya ini Josh yang udah pernah coba), udon atau ramen pertama mereka. Maka dari itu, kami selalu membuka kesempatan untuk nyobain resto Jepang yang enak (di mana pun). 

Di suatu Minggu siang yang terik, sehabis ibadah di Jakarta, kami melipir ke Taman Budaya, Sentul buat nyobain satu restoran Jepang yang baru buka. Ini hasil temuan suami. Hebat lho dia, makin ke sini makin jago nemuin tempat makan enak. 

Namanya Satoyama, spesialis sushi, ramen, dan katsu. Semua menu favorit kami diborong sama mereka. 


Kesan pertama masuk ke restoran, interior japandi terasa banget. Warna furniturnya familiar, karena rumah kami juga terinspirasi dari gaya interior yang sama, hahaha. Beruntung AC resto cukup dingin, mengingat di luar panasnya minta ampun. 

Kami langsung duduk dan memesan beberapa menu. Cuma mohon maap banget, yang kefoto cuma pesananku aja nih, huhu. Jujur hari itu aku lagi agak bad mood karena abis ngadepin tantrumnya Krystal. Jadi, aku nggak begitu mood untuk fotoin makanan kami satu per satu. But, aftermath-nya, nggak cuma perut kenyang, hati pun kembali senang! Karena makanan yang kami pesan semuanya sukses! 

Must try: Avocado Ebi Sushi Roll, Salmon Avocado Salad, Spicy Chicken Ramen. Untuk minum, kalau bosen sama ocha, cobain Palm Sugar Coffee mereka, deh. Aku udah nggak pernah minum kopi manis, tapi begitu coba ini, hampir CLBK, sih, hahaha.

Beautiful beautiful!

Setelah sebulan nggak mampir, suami ngajakin makan siang di resto Thai favoritku, Maae Tom YumFun fact, Thai food salah satu comfort food aku. Aku nggak pernah nolak dengan suguhan tom yum, pad thai atau salad mangga. Somehow, ciri khas rasa asam pedas masakan thai itu fresh dan nagih banget di mulutku.

Must try: Sapi Panggang (this one is my fave!), Tim Ikan Kecap. 

Satu rekomendasi lagi won't hurt, kan, ya? Kali ini lokasinya agak jauh... di Jalan Boulevard Raya, Kelapa Gading. Lagi-lagi temuannya suamik, juara emang. 

Japanese udah, Thai udah, sekarang our all-time favorite, Chinese food!

Ngakunya bosen, tapi tetep aja seneng kalau nemu resto chinese yang enak. Namanya, Hungry Panda. Restonya nggak besar, jadi lebih baik datang di luar jam makan kali, ya, biar nggak ramai. 

Menu yang kami pesan random, but lucky us, semuanya enak! 

What we like about the food: rasanya pas, nggak overwhelmed sampai bikin haus setelahnya. Porsinya juga besar, jadi agak kebanyakan, sih, buat kami waktu itu yang pesan beberapa menu, hahaha. 

Must try: Ayam Lemon (duh ini surprsingly yummy!) Sup Gurame Sayur Asin (tastes just like home). 

Ayamnya masih krispi, ketemu saus lemon yang manis seger *droolssssss*

Movies/Videos I've Watched

  • Rumah Masa Depan (Netflix). Nonton karena ada LauBas, hahaha. Kenapa, sih, ada cewek secantik doi? Story wise, b aja, sih. Tentang drama keluarga di desa kecil.
  • And Just Like That (HBO Series, Sex and The City sequel). Setelah nunda lanjutin pas rilis era pandemi, akhirnya nonton sampai selesai. Mixed feeling tentang ini, karena kok kayak maksa masukin konten woke banget. Too much aja, sih. Belum lagi they made Miranda... ah, yasudalah. Overall, karakter semua wanita di sini badass. LTW is my new fave character, btw!

Books I've Read


Reset by L. Zeth. Buat yang lagi reading slump atau lagi mencoba kembali membaca setelah sekian lama vakum, coba baca novel thriller lokal satu ini, deh. Seruuuuu! Aku bener-bener susah naroh buku ini karena penasaran banget dengan jalan ceritanya. 

***
Gimana bulan Mei kamu? (:

4 comments:

  1. serius DOTM terakhir Cici 2 tahun lalu? kok nggak berasa ternyata udah selama itu 😭. welkam back DOTM series!!

    Josh get well soon! sekarang kondisi Josh gimana, Ci? apakah sudah sembuh?

    btw, aku pertama kali lihat IG yumche langsung kepikirannya ini berkaitan dengan yumcha karena dimsum favorit Cici 🤣 eh ternyata beneran dari yumcha(?). aku suka deh lihat postingan Cici di sana, selain memotivasi untuk makan lebih sehat sekaligus jadi inspirasi buat makan apa besok 🤣. keep posting, Ci! Semangat 🔥

    Ci, next time kalau ke kelapa gading cobain Heng Heng Katong Laksa. hopefully mereka udah buka ya saat nanti Cici datang lagi ke Gading 😆. Laksa Singapore mereka enakkk!! recommended deh untuk dicoba hihihi

    Bulan Mei aku kalau dalam hal membaca, aku lagi kena reading slump nih, Ci 😂. apakah ini saat yang tepat untuk baca Reset(?)

    ReplyDelete
  2. Ayam lemonnya sure looks good and godly 🤤🤤

    Also selamat atas kanopinya!! aku pun butuh waktu dua tahun karena ngejar material yang dimau hahahaha. Harus nahan sabar banget pas tetangga kanan kiri bikin tapi kita beloman soalnya tabungannya masih harus dikumpul :')

    Halo buat Mimiii. Mungkin sejak bikin kanopi juga, lingkungannya lebih teduh dan nyaman, muncullah kucing di depan teras. Sama kayak Jane, daku pun memutuskan dia tetap jadi kucing teras aja karena kami nggak bisa bertanggungjawab penuh atas piaraan. Rumah sering kosong dan mudik jauh, yang ada malah puyeng kalau melihara. Kucing teras itu suka nongkrong di depan rumahku atau tetangga yang sesama suka kucing juga.

    Yang belum kesampean, pengen steril itu kucing biar tenang karena kebetulan dia betina dan banyak jantan yang ngedeketin 🤣

    ReplyDelete
  3. makanan Thailand memang mood booster ya mbak, jadi pengen salad mangga habis baca ini hahaha, pokoknya semua-mua yang serba Thailand
    Aku masih nyimpen wishlist kalau ke Malang, karena di Jember kagak ada resto Thailand, sedangkan di Malang ada resto khusus makanan Thailand dan aku waktu ke Malang dulu nggak sempet mampir sini

    PR membaca buku aku banyak hahaha, astagahh padahal waktu itu aku sempetin seminggu 1-2 x buat nyicil bacanya, ehh sekarang malah lagi belum semangat buka bukunya

    ReplyDelete
  4. Iya juga ya, udah lama gak liat rubrik DOTM-nya Ci Jane, ternyata udah dua tahun gak dibuat😱 aku suka baca rekap-rekap punya temen begini, karena aku gak bisa bikinnya😆 errr lebih ke flat-flat aja sih tiap harinya, apakah flat beneran atau aku aja yang ngerasa flat gatau juga🤣 Anyway, Ci Jane kalo ngefoto makanan bagus baguuuus😍

    ReplyDelete