5 Rekomendasi Es Kopi Susu Enak di Bogor

Saturday, January 5, 2019


Ada dua jenis minuman favorit di dunia ini yang nggak bisa aku lepaskan: milk tea dan kopi.

Untuk jenis kopi, aku senang banget dengan kopi susu. Mau latte, cappucinno, yang penting pake susu (atau krimer).

Makanya begitu tren es kopi susu kekinian menjamur di Jakarta sejak dua tahun terakhir, aku cuma bisa gigit jari karena nggak bisa cobain. Di Bogor belom ada waktu itu. Apalagi orang-orang rame ngomongin es kopi susu yang dicobain bapak Presiden itu. Sampe sekarang aku belom coba lho kopi susu tersebut.

Aku mulai minum es kopi susu itu sejak tahun 2018 kemarin, karena trennya baru masuk juga di Bogor. Dari sekian banyak coffee shop yang ada di Bogor, ada beberapa menu es kopi susunya yang masuk jajaran top five aku.

Thanks to Gofood, aku bisa menikmati es kopi susu favorit tanpa harus keluar rumah. Nggak terhitung berapa kali aku nge-gofood kopi, sampai Gojek sendiri yang memberikan nilai 'rapor' Gofood aku sepanjang tahun 2018.

Turns out, yang paling sering aku gojekin memang kopi LOL

So, tanpa basa-basi lagi, here are my top five favorite es kopi susu in town:

1. Es Kopi Dilema (Kala Senja)
Dari antara es kopi susu yang bakal aku sebutkan hari ini, Es Kopi Dilema dari Kala Senja ini adalah terbaik. 

Rasanya paling pas buatku. Mulai dari manisnya, rasa kopinya, teksturnya, semuanya suka banget. 

Salah satu kebiasaan jelek aku, kalo minum sesuatu tuh lamaaa banget abisnya. Antara sayang biar nggak cepet habis, atau emang lambat aja gutu abisnya. Nah, si es kopi susu Dilema ini kalo esnya cair pun nggak mengubah rasa si kopi lho. Masih enak. Ini bukan komen bias, ya. 

Es Kopi Dilema ini ada dua jenis, yang satu namanya Dilema Subuh, satunya lagi Dilema Senja. Bedanya cuma di jumlah shot espresso, sih. Kalo Subuh itu double shot, sementara Senja hanya one shot. Aku sendiri selalu pesan yang Subuh, karena kopinya lebih strong. Meski aku suka banget sama kopi susu, kalo terlalu susu juga nggak begitu enak rasanya. Semoga nggak bingung dengan penjelasan ini, ya 😂

Oh ya, aku pernah nge-review tentang kafenya sendiri di blog. Monggo dibaca buat yang pengen ngopi cantik di Bogor. 

Baca: Hidden Gem Kota Hujan: Kala Senja

Btw, mereka baru launching Dilema Semalam, yang mana es kopi susu juga tapiiii size-nya lebih besar! Gilaaa, seneng banget, sih! Dan ini ngetiknya sambil minum itu juga, hahahaha.

Price: Dilema Senja (18k), Dilema Subuh (22k), Dilema Semalam (24k)
Taste: 5/5
Delivery: Gofood, Grabfood.
Address: Jl. Pulo Armin No. 50A, Bogor Timur

2. Es Kopi Susu Janji Jiwa (Kopi Janji Jiwa)
Ini favorit kedua setelah Kala Senja. Pertama kali nyobain karena tiba-tiba dapet voucher dari Gofood. Mayan, kannn. 

Kalo nggak salah Kopi Janji Jiwa ini franchise juga macam Kulo, ya. Cabangnya ada di mana-mana. 

Kopi susu yang satu ini punya tekstur rasa yang sedikit berbeda dengan kopi Dilema. Es kopi susu Janji Jiwa ini lebih bold, creamy dan agak manis karena gula arennya tuh kental banget. Harus diaduk rata dulu sebelum diminum.

Soal rasa, sih, enak yaaa. Aku suka selang-seling pesen ini dan Kala Senja kalo lagi kepingin es kopi susu. Aku pernah coba simpan di kulkas bawah untuk diminum besok. Makin enak dong kopinya.

Selain es kopi susu, Kopi Janji Jiwa juga terkenal dengan Kopi Pokat-nya. Kopi pake alpukat terus nggak lupa es krim cokelat. Kapan-kapan pengen coba deh.

Price: Es Kopi Susu (18k)
Taste: 5/5
Delivery: Gofood, Grabfood
Address: Jl. Raya Tajur No. 32, Pakuan, Bogor Selatan

3. Es Kopi Rakjat (Kemenady Coffee) 
Sebelum kenal dua es kopi susu di atas, Kemenady ini udah ada duluan. Cuma nggak pernah coba karena lokasinya agak jauh dari rumah. Beberapa bulan lalu akhirnya kesampean cobain Es Kopi Rakjat yang femes itu.

Aku excited begitu es kopinya sampai di rumah, karena aku sengaja beli ukuran yang large. Tapi begitu nyobain, ternyata rasanya agak berbeda dari dua es kopi susu favoritku. Teksturnya lebih encer dan lebih terasa susu daripada kopi. Kopinya tetep enak kok, manis-manis gitu. Hanya nggak terlalu masuk dengan seleraku aja.

Tapiii, menu es kopi mereka cukup beragam dan menarik lho. Salah satu yang ingin aku coba, adalah menu Es Kopi Rempah. Dari judulnya aja bikin penasaran, kan? Siapa tau cocoknya sama yang jenis lain.

Price: Es Kopi Rakjat Medium (18k), Es Kopi Rakjat Large (25k)
Taste: 3.5/5
Delivery: Gofood, Grabfood
Address 1: Jl. Pengadilan No. 23B, Bogor Tengah
Address 2: Botani Square Lt. 2 (dekat XXI)

4. Es Kopi Susu Ibu Linda (Daily Brew Koffie)
Nah, kalo yang ini nyobainnya nggak sengaja pas abis sarapan soto kuning di belakang Ngesti Surya Kencana. Agak surprise nemu coffee shop kecil di tengah-tengah pasar.

Selesai makan, jajan cakue, aku iseng aja masuk untuk coba kopinya. Ternyata mereka ada menu es kopi susu, namanya Es Kopi Susu Ibu Linda. Jangan tanya Ibu Linda itu siapa karena wa juga nggak tau 😂

Rasa es kopi susunya ternyata nggak jauh beda dengan es kopi Dilema, hanya rasa kopinya sedikittt lebih light. Waktu itu aku minumnya ditemenin cakue, makin nikmat, huahahaha

Udah lama nggak minum es kopi ini lagi. Kapan-kapan mau coba pesen lagi deh.

Btw, baru ngecek menu di Gofood, ternyata mereka ada satu menu es kopi susu namanya Kopi Setia. Kurang jelas juga perbedaannya apa. Nanti dicoba juga sekalian.

Price: Es Kopi Susu Ibu Linda (20k)
Taste: 4/5
Delivery: Gofood, Grabfood
Address: Jl. Rangga Gading No. 6, Bogor Tengah (belakang Ngesti Surya Kencana)

5. Es Kopi Amul (Awal Mula Coffee)
Ini dia coffee shop yang lagi happening banget di kota Bogor. Baru opening sekitar dua bulan, tapi sukses menggaet banyak pelanggan dari berbagai kalangan. Tapi karena hari ini ngebahas khusus menu es kopi susu, kapan-kapan review tempatnya, ya.

Buat yang suka tekstur es kopi susu yang creamy dan rasa manis dari gula aren, mungkin bakal suka dengan es kopi susu Amul ini. Rasanya, sih, beda-beda tipisss sama Janji Jiwa, karena sama-sama bold. Tapi ini kopinya lebih strong. Aftertaste-nya juga cukup kuat. Bener-bener kayak habis minum kopi.

Dari segi harga, ini paling mahal di antara keempat es kopi susu lainnya. Mungkin karena tempatnya juga, ya, yang agak fancy. But worth to try kok.

Price: Es Kopi Amul (32k)
Taste: 4.5/5
Delivery: Grabfood
Address: Jl. Binamarga II No. 5A, Bogor Timur (seberang True Colors)

***
Masih ada beberapa list es kopi susu lainnya yang belum aku coba (haiii kopi Nako dan kopi Janjian!). Pengen coba tapi hati susah move on sama yang udah jadi favorit ini. Ujung-ujungnya yang diorder ya itu-itu lagi aja. Padahal Kopi Janjian deket rumah banget lho. 

Mudah-mudahan daftar ini membantu para pecinta es kopi susu seperti aku kalo sedang main ke kota Bogor, ya. Jangan lupa ajak-ajak aku. Dengan senang hati kutemani, tapi ditraktir, ya :P

Happy weekend all! 

25 comments:

  1. Begitu baca judulnya, langsung pingin mampir ke sini...:) pas banget karena aku pecinta kopi dan tinggal di bogor. Paling sedih tuh kalo beli es kopi, rasanya jadi makin hambar karena es-nya mencair. Makanya seneng banget kalo ada es kopi yang tetep terasa kopinya walaupun es-nya cair. Thank you rekomendasinya ya mbak:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kan. Sebel kalo beli es kopi begitu es batunya mencair malah kayak minum air rasa kopi ):

      Sama-sama, Mba! Semoga cocok sama rekomendasinya :D

      Delete
  2. Saya suka banget sama Jcoppucinno. Sayangnya harga lumayan bikin wadezig kalo tiap hari minum. Seminggu sekali gpp lah. Hahaha... Kemarin nyobain cappuchino Ind***ret tapi kok setelahnya serak 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh aku dulu juga suka tuh sama kopinya Jco. Cuma belakangan kok kopinya nggak begitu terasa, kebanyakan susu huhu. Hoahahaha berarti cocoknya sama yg kopi agak mahalan, Mbaa 😂😂

      Delete
  3. yaaah padahal kmrn liburan akhir tahun nginep ke Bogor. terus mati gaya delivery kopi apaaaa, ujung2 nya KULO bahahaha
    padahal di gading sampe bosen karena beli Kopi Kulo tuh tinggal ngesot rumah banget..next time kalo ke Bogor aku cobain deh tertarik sama si Kopsus Bu Linda lol, secara deketan sama soto kuning BCA..
    Janji Jiwa aku sukaaak juga, tapi iyaa dia kentel banget dan ga suka bgt sama manisnyaaa :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaaaaah sayang bangett! Padahal di Bogor udah lumayan banyak pilihan es kopi susu yang murmer dan enak hahahaha next time kalo ke Bogor jangan lupa cobain yaaa. Siapa tau kita bisa ketemuan juga, asikkk :P

      Delete
  4. Ah Jane coba postingan ini udah ada minggu lalu wkwk kemaren libur akhir tahun pulang ke Bogor tapi kok bisa ga kepikiran nyari es kopi huhu.. Kopi Janji Jiwa memang franchise-nya banyak yaa, di deket kantorku juga ada dan udah jadi favorit karena kalo order kopi Djawa mahal di ongkos :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huahahaha aku telat ya? 😂 pokoknya kalo main ke Bogor lagi jangan lupa cobain, yaa. Kopi Janji Jiwa ternyata ada dua cabang di Bogor. Aku biasa ngegofood yang paling dekat dengan rumah sih. Kalo kejauhan juga emang berat di ongkos yak.

      Delete
  5. Bogor boleh lah ngk jauh dr Jkarta, jd boleh bngt tempatnya satu persatu didatangi. Aku kebetuln skrng lg suka bikin kopi susu racikan sendiri, caranya liat di pinterest. Enak juga kyk rasa kopi di cafe. Tapi, kalau mau ngobrol ma temen, ngopi di cafe lbh enk sih hehhehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga sebenernya masih suka bikin kopi sendiri di rumah. Cuma kalo lagi kepingin es kopi susu lebih prefer ngegofood dari coffee shop favorit hihi nah, kalo pengen ngopi cantik di Bogor, Awal Mula Coffee tempatnya enak buat ngobrol dan interiornya cantik banget deh. Lagi hits banget sekarang itu coffee shop-nya hahaha

      Delete
  6. wah info bagus nih buat aku si penggemar kopi susu kalo pas lagi main ke Bogor :)

    ReplyDelete
  7. I am not coffe person. Tapi memang semenjak kopi susu ini hits dan dengan aneka nama yang unik (udah kayak judul lagu indie) sayapun kena "racun"nya dan jadi suka. Apalagi kalau siang-siang ngantuk tapi masih ada kerjaan. Cus es kopi dulu biar seger. Tapi efeknya malam susah tidur >,<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak temen yang tadinya nggak ngopi gara-gara tren es kopi susu menjamur jadi anak kopi juga hihi soalnya emang nggak gitu strong sih. Tapi tetep yaa, kalo yang nggak biasa malah bikin melek sampe malem hihi

      Delete
  8. Thanks mbk infonya,,, pengen nyobain deh....

    ReplyDelete
  9. Lagi ngetrend nih ya, kopi susu yang namanya unik-unik. Saya jadi pengin nyobain yang di Bogor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbaa. Kalo main ke Bogor jangan lupa cobain ya!

      Delete
  10. Seger banget tuh kayaknya. Akunjuga gak bisa lepas sama milk tea dan baru-baru ini suka banget minum thai tea karena di tempatku lagi rame banget thai tea murah yang rasanya mirip kayak thai tea di mall dengan harga cuma setengahnya. Haha. Khawatir diabetes nih kebanyakan minum yang manis-manis..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu thai tea lagi booming aku juga suka banget, karena di Bogor belum ada. Setelah makin menjamur malah jarang banget minum. Salah satu alasannya takut kemanisan, jadi harus mengurangi hahaha tapi es kopi susu masih aman lah, gulanya bisa minta dikurangi atau nggak pake pun masih tetep enak :D

      Delete
  11. Es kopiiii~ Enaknya yang tinggal di Jabodetabek banyak banget tempat untuk beli es kopi susu yaaa huhu Kalo di Karawang baru ada es kopi susu KULO. Itu juga setelah nyobain rasanya gak se-wah katanya orang-orang

    ReplyDelete
    Replies
    1. KULO enak sih, tapi biasa aja yaa. Mungkin karena murah juga makanya rame. Mungkin harus coba avocado coffee-nya karena itu jagoan mereka sebenernya :D

      Delete
  12. wah kalo jane yg udah rekomenin dijamin pasti enak. mau icip2 juga ahh kupi susunya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha bisaan aja, Mba :P monggo dicoba, siapa tau ada yang cocok sama selera :D

      Delete
  13. Waaaaa sama banget, Mbaa. Tiada hari tanpa kopi.
    Jadi terinspirasiii. Boleh ya nanti aku bikin yang versi Malang? hihi :D

    ReplyDelete

Thank you for reading and dropping your comments! All comments are moderated and I will reply each comment daily, so please check back. Nice to chat with you!