Popmama.com: Sahabat Baru Terbaik untuk Mama Millennial

Tuesday, May 15, 2018


Semakin dekat dengan deadline menyapih Josh, selain sibuk nanya-nanya orang terdekat, aku juga semakin getol dalam mendalami ilmu menyapih dari berbagai artikel dan blog post di internet.

Salah satu artikel menyapih yang lagi aku suka, sumbernya dari Popmama.com. Pembahasannya sederhana, real (bisa diaplikasikan) dan nggak muluk-muluk. Aku yang tadinya ribet banget soal menyapih ini, habis baca artikel tersebut jadi lumayan tercerahkan.

Btw, udah pada kenal dengan Popmama.com belum?

Jujur aku baru tahu keberadaan Popmama ini gara-gara blogwalking beberapa minggu yang lalu. Ternyata situs ini adalah anak dari situs IDN Times, yang target pembaca utamanya juga adalah anak millennial. Demi memenuhi kebutuhan para ibu millennial, maka mereka melahirkan Popmama ini.

Sebagai pembaca IDN Times, aku senang banget mereka membuat situs Popmama.com ini. Itu berarti mereka menyadari keberadaan mahmud yang semakin banyak dan perlu informasi dan tips yang applicable dalam kehidupan sehari-hari.

Jadi ibu itu lumayan rempong, kan, yaaa. Banyak hal yang harus dipelajari, mulai dari persiapan kehamilan, pre dan pasca melahiran, lalu anak di usia sekian harus gimana ngurusnya, dan sebagainya. It's overwhelming! 

Tapi tenang aja. Kalau kamu calon mama, newbie mama atau mungkin kamu yang belum menikah pun ingin tahu seputar parenting, Popmama.com bakal menemani perjalanan motherhood kamu!

Kenapa menurutku Popmama.com adalah yang terbaik?

1. Tampilan situsnya user-friendly dengan warna yang tidak mencolok. 

Warna khas yang dipakai Popmama.com adalah ungu muda dengan latar belakang putih bersih. Jenis font yang dipakai juga cukup jelas dan nggak neko-neko. Dan yang paling aku suka, nih, pilihan menunya nggak ribet.

I wish Popmama.com was born when I was pregnant. Karena jujur aja, waktu aku hamil dua tahun lalu, belum begitu banyak situs lokal khusus yang membahas dunia mommy dan parenting. Ada, sih, tapi menurutku tampilannya kurang menarik dan pilihan menunya agak berantakan. Jadi agak membingungkan kalau mau baca artikel.

Di Popmama.com, navigasi menunya rapi dan jelas. Kita bisa memilih secara spesifik, topik artikel apa yang ingin kita baca. Misalnya, tentang pregnancy, ada pilihannya lagi seperti getting pregnant, tingkatan trimester kehamilan sampai tahap melahirkan (birth).

Walaupun hampir setiap hari berkutat di depan laptop, aku masih lebih sering menghabiskan waktu di depan smartphone. Apalagi kalau sambil nemenin anak main, sedang dalam perjalanan atau sambil ngelonin anak tidur siang, aku suka banget browsing internet.

Nah, kalau buka situs yang kebetulan punya desain web responsif (mobile-friendly) dan nggak lemot, itu udah menang poin banyak buatku.


Coba buka Popmama.com di hape kalian, deh. Tampilannya sedikit berbeda dengan di laptop, tapi tetap user-friendly. Pilihan menunya masih jelas dan nggak membingungkan sama sekali. Praktis banget buat emak-emak yang butuh segala sesuatu serba cepat 😁

Aku sendiri lebih suka browsing situs ini dari hape

2. Bahasa yang digunakan, seolah-olah kita sedang ngobrol dengan teman dekat. 

Namanya juga untuk mama millennial, penulisan artikel pun harus yang bisa membuat pembaca nyaman.

Popmama.com menggunakan bahasa yang ringan dan mudah dipahami. Walaupun isi artikel merupakan ilmu pengetahuan atau update berita nasional terkini, penulisannya tetap enak dibaca. Karena ini situs lifestyle dan bukan portal berita, di akhir artikel berita tentang kasus teror di Surabaya kemarin ini pun diselipkan tips untuk orangtua agar tetap waspada.

3. Artikel ditulis berdasarkan sumber terpercaya. 

Nggak perlu takut dengan yang namanya hoax, karena informasi dan saran yang diberikan berdasarkan para pakar yang kompeten di bidangnya masing-masing.

Contohnya, kayak artikel yang membahas pentingnya meta folat bagi bumil. Apa tuh meta folat? Sama kayak asam folat, kah? Biar nggak bingung, Popmama.com pun mewawancarai dengan pakar ahli untuk memberikan jawaban yang tepat.


4. Nggak hanya artikel parenting, Popmama.com juga menyediakan konten lifestyle untuk millennial mommies.

Selain info seputar parenting, di sini kita juga bisa mendapatkan banyak artikel yang membahas tentang lifestyle. Jadi emak-emak nggak berarti cuek dengan gaya hidup, yaaa. Malah kayaknya emak jaman sekarang paling ogah ketinggalan tren masa kini, deh.

Pilihan konten lifestyle yang disediakan: Relationship, Health and Lifestyle, Home and Living dan Fashion and Beauty.

Relationship



How to spice up your marriage, tips pola asuh yang berbeda dengan orangtua, inspirasi pernikahan dan tips lainnya yang bermanfaat dalam membangun hubungan dengan orang lain (selain keluarga dan suami) bisa dicek di topik ini.

Latest articles-nya memang kebanyakan tentang teror bom Surabaya kemarin. Sedih, sih T_T tapi tetap harus dibaca untuk bisa saling berempati.

Health and Lifestyle

Siapa yang belom ke museum kekinian di JakBar ini? 
*unjuk tangan*

Seperti yang udah kubilang, millennial moms biasanya ogah kudet!

Semua info tentang tempat hiburan atau kulineran apa yang lagi hits, tips seputar kesehatan (butuh tips diet ampuh misalnya, mom? :P), rekomendasi film, dan lainnya bisa mampir ke sini, nih.

Home and Living



Emak-emak biasanya nggak bisa jauh-jauh dari urusan domestik. Di sini, kita bisa menemukan banyak artikel yang berhubungan dengan perintilan rumah, termasuk dalam urusan membersihkan mainan anak. PR banget buat aku yang jarang bersihin mainannya Josh *nunduk* *besok bersih-bersih deh!*

Fashion and Beauty


Begitu hamil, biasanya langsung kepengen belanja baju hamil. 
Nih, coba dulu aja tips mix and match ini 

Lagi hamil ataupun jadi mama rumahan, nggak berarti jadi malas dandan, merawat diri atau dasteran doang. Coba ikutin tips kecantikan dan berpakaian di menu ini. Sekali-kali bikin suami hepi dengan penampilan kita yang fresh 😉

Oh ya, setiap bulannya Popmama.com bakal memilih #MillennialMama of the month dari kalangan public figure dalam negeri. Kapan lagi kita bisa intip tips parenting dan lifestyle ala artis favorit kita. Bulan ini, #MillennialMama yang terpilih adalah Tantri "Kotak" Syalindri. Buat yang ngefans, monggo langsung mampir ke link-nya, ya.

5. Tools menarik untuk membantu dan menjawab keingintahuan mommies.

Buatku sendiri, rasanya ini pertama kali aku lihat ada situs yang menyediakan tools menarik seperti ini.


Popmama.com punya tiga tools yang bisa dipakai:

Due Date Calculator: untuk menghitung perkiraan hari lahir si kecil.

Ovulation Calculator: untuk menghitung siklus menstruasi kita, di mana seringkali suka lupa dan kelewatan kalau nggak rutin dicatat.

Baby Names Finder: untuk mencari calon nama si bayi.

Nah, ini yang paling menarik buatku. Selain berdasarkan jenis kelamin, kita juga bisa search berdasarkan tema. Ada banyak tema, seperti Alam Semesta, Bintang Film sampai Warisan Budaya. Di bawah ini, aku coba search berdasarkan tema "Fenomena Alam". Keren, yooo.


***
Aku jarang banget merekomendasi sebuah website kalau nggak yang benar-benar berguna dan menginspirasi buat aku pribadi. Popmama.com sangat aku rekomendasikan untuk kita para millennial mommies yang kadang suka kebingungan dalam mengurus si bocah ataupun sebagai "teman" baca di kala bosan.

Semoga review ini membantu dan menginspirasi, ya. Let me know if you love this website too!

Have a great day and stay awesome!

4 comments:

  1. Warnanya ungu, suka deh <3
    Tapi yang paling penting itu sumbernya dapat dipercaya ya mba. Alhamdulillah jadi mama jaman now dipermudah akses informasi ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, warna ungunya pastel lagi <3

      Betul, jadi nggak gampang panik kalau butuh informasi cepat, ya, Mba (:

      Delete
  2. wah kayaknya asik ya artikel-artikel di popmama. ntar mampir ke sana ah

    ReplyDelete
  3. Aku udah baca-baca artikel di popmama. Tampilannya simple ya dan tulisannya mudah dibaca.

    ReplyDelete

Thank you for reading and dropping your comments! All comments are moderated and I will reply each comment daily, so please check back. Nice to chat with you!