Worthy Monday #11: Aktifitas Me Time Favorit

Monday, July 20, 2020


Kenapa, sih, kita sering dibilangin untuk jangan lupa me time? Pernah nggak ketemu seseorangatau mungkin diri sendiriyang dikit-dikit pengen me time, dikit-dikit pengen sendirian. Lepas dari peran yang kita jalani sehari-hari, entah sebagai pekerja kantoran, orangtua, pelajar atau apapun itu, me time is essential. 

Menurut infografis Dekoruma yang mengutip penelitian dari Psychology Today, mengatakan bahwa me time membantu kita untuk melepas penat atau pikiran, menemukan jati diri, lebih fokus dan produktif serta lebih menghargai relasi atau hubungan dengan orang-orang di sekitar kita. 

Idealnya, waktu me time yang harus disisihkan setiap harinya itu selama 20 menit. Kesannya sebentar banget, ya? Tapi nyatanya masih banyak orang di luar sana yang lupa untuk meluangkan waktu untuk dirinya sendiri. 

Menjalani peran sebagai ibu, istri dan diri sendiri setiap hari, tentu aja aku butuh me time setiap hari supaya tetap 'waras'. Aku nggak sedang membela diri, ya, tapi banyak yang mengira ibu rumah tangga itu punya banyak waktu sendirian. SIAPA BILANG? *lah ngegas* Mungkin maksudnya dengan di rumah aja, kapan pun bisa colongan waktu untuk me time. Ini ada benarnya, terutama disebabkan new normal ini, aku baru merasakan definisi me time yang baru itu nggak harus benar-benar sendirian atau mengasingkan diri.

Di saat anak lagi anteng bermain, kita bisa lho colongan me time atau mengerjakan hobi. Blogpost ini pun ditulis saat Josh lagi asik dengan screen time-nya. Aku juga mulai memberikan pemahaman simpel tentang me time pada Josh, di mana dia bisa melakukan apapun yang dia mau tanpa diganggu oleh papa atau mamanya. Akibatnya, sekarang Josh paham banget tentang me time. Kalau liat aku ngopi sambil nonton atau baca buku, tau-tau dia nyeletuk, "Mama lagi me time?" Ahahahaha tau aja 😝

Berikutnya, aku ingin membagikan beberapa aktifitas me time favorit atau yang paling sering aku lakukan untuk nge-charge diri sendiri di tengah kesibukan: 

1. Nonton series/film


Biasanya aku suka re-watch daftar film atau serial favorit yang tersimpan di dalam external hard disk. Duluuu, sebelum kenal Netflix, Hooq (bahkan situs streaming ilegal seperti indoxxi atau indofilm *ehem*), aku suka ngumpulin tontonan favorit dan tinggal nonton kapan aja tanpa sambungan internet. Kita nggak pernah tau kapan mati listrik, nah koleksi film ini lah akan menjadi penyelamat. Kalian pasti ada, kan, daftar tontonan yang nggak pernah bosan meskipun udah ditonton beratus-ratus kali? Demikian juga dengan isi folder film di external hard disk milikku. Mulai dari Devil Wears Prada, Harry Potter Saga, How I Met Your Mother, superheros movies and other chicklit movies. 

Dan yang nggak boleh ketinggalan kalau me time nonton, harus ada cemilannya, entah minuman atau makanan. Es kopi susu or ciki-cikian always a good idea! :P 

2. Baca buku


Duh, ketebak banget, kan? 😝

Sebelum akhirnya 'kecebur' juga dengan buku digital (thanks to Lia yang lagi-lagi ngeracunin aku lho!), tiap bulan sekali aku rutin ke toko buku fisik dan beli beberapa buku untuk bacaan sebulan ke depan. Karena sekarang kunjungan ke toko buku sangat terbatas (kapan terakhir gue ke Gramedia, ya??), mau nggak mau mengandalkan toko buku daring, termasuk situs pinjam buku digital gratis seperti iPusnas

Jujur aja belakangan ini aku sangat picky dalam memilih buku bacaan. Rekomendasi banyak, tapi belum tentu suka dengan isi bukunya. Namun, pada akhirnya aku berhasil binge reading dua judul buku dari iPusnas dan ada satu judul yang masih on reading. Meski mata cepat perih karena harus menatap layar gadget dalam jangka waktu yang lama, buku digital ini sangat sangat membantu dalam proses pencapaian goal membaca di tahun ini. Nggak mau kalah sama Lia yang udah sukses mencapai angka target membaca hanya dalam waktu setengah tahun. Iyaa, Jane mah gitu, kompetitif, kan HAHAHA. Candaaaa, maksudnya aku jadi termotivasi untuk bisa membaca lebih sering 😁

3. Pergi ngafe/ngopi sendirian 


Me time baru yang aku lakukan sejak Josh masuk sekolah tahun lalu. Biasanya setelah drop off Josh di sekolah, aku langsung cusss naik ojol ke kafe terdekat. 

Seringnya, sih, aku bawa laptop untuk nulis atau blogging. Iya iya, I know. Judulnya me time kok malah blogging? Blogging buatku itu bukan kerjaan, tapi salah satu me time (terbaik) yang selalu membangkitkan semangatku. 

Enaknya ngopi sendirian di kafe, you can do 1-2 favorite me time at the SAME time. Jadi selain blogging, aku juga melakukan aktifitas me time lainnya seperti baca buku, journaling atau bahkan nonton serial (tapi jangan variety show Korea yang bikin ngakak, ya. Aku pernah dong nonton episode Running Man di Starbucks yang masih sepi dan kebanyakan orang lagi kerja, kemudian aku pun setengah mati nahan ketawa sampai sakit perut. Bad idea.) sambil ngopi di kafe. Suasananya tentu berbeda di saat kita melakukannya di rumah. So, I often do this once in a while. Sekembali dari me time ini, pikiran dan badan jauhhhh lebih rileks dari sebelumnya. 

Namun, sayangnya lagi, sekarang belum ada kesempatan kembali ke kafe favorit untuk me time, hiks. 

Eh corona, kamu kok betah banget, sih, di sini? Di sini panas tau, nggak enak. Udah sana pergi jauh-jauh. Aku kangen ngafe dan yalan-yalan nih ): 

4. Strolling around at supermarket


Aku yakin pake baaaanget kalau aku bukan satu-satunya orang yang hobi ngiterin supermarket sendirian. Hayooo ngacung siapa yang samaan? 

Kenapa sendirian? Karena kalau bareng suami dan anak biasanya suka diuber waktu, hihi. Suami suka mabok liat aku bolak-balik dari lorong satu ke lorong lainnya, terus udah sampai dekat kasir, eh bisa balik lagi ke lorong pertama 🀣 Makanya, selain pergi ngafe, kadang-kadang aku juga suka strolling sendirian di supermarket. Melihat berbagai produk yang warna warni di dalam rak satu per satu. Belum tentu beli, sih, lihat-lihat doang udah senang banget. Lorong favorit aku adalah dairy products, veggies and fruits serta bread jam alias selai-selai roti. Entah kenapa packaging selai di supermarket itu apik-apik. Ujung-ujungnya beli juga karena lucuk *dasar cewek* 

5. Ngobrol dengan sahabat 


Last but not least, meski me time itu biasanya dilakukan sendirian, ada kalanya aku butuh teman me time bareng, dan siapa lagi yang bisa menemani selain beberapa sahabat terbaik. 

Belakangan ini, salah satu sahabatku (you know who!) mendadak suka ke Bogor tanpa rencana. Tau-tau pagi nelepon bilang, "Eh, lo hari ini ngapain? Gue ke Bogor, ya!". Kemudian kami pun berakhir makan siang dilanjutkan ngopi bareng sambil ngobrol lamaaa nggak kenal waktu. 

Me time kayak gini nih yang juga nggak pernah gagal me-recharge diriku kembali. So, thank you dear friend! Again, you know who, hahahaha. 

***
Nggak usah feeling guilty saat ingin atau melakukan me time. Karena aku tau sebagai ibu, kayaknya kok egois yakk pengennya me time terus, apalagi mereka yang harus mengurus newborn dan menjadi ibu baru. Gapapa kok me time, asal nggak kebablasan aja dan nggak lupa tanggung jawab, ya! 

Sekarang gantian, me time favorit teman-teman apa aja, sih? Seberapa sering kalian melakukannya dalam seminggu? Lalu, setelah melakukan me time tersebut, apa yang kalian rasakan? 

Share pengalaman dan cerita kalian tentang me time di kolom komentar bawah, ya. Akan ada saldo Go-Pay/OVO (salah satu, ya, tergantung kalian pakai yang mana) sebesar IDR 100,000 untuk seorang teman dengan cerita menarik. Nominalnya nggak seberapa, namun aku berharap bisa mendukung kegiatan me time kalian, entah untuk beli buku, isi kuota internet, jajan es kopsus atau apapun itu, semoga berfaedah untuk teman-teman sekalian, yaa. Pengumuman akan diinfokan kembali minggu depan.

Thank you for reading and sharing your stories! 😊

51 comments:

  1. Me time versi saya dengan urutan paling atas adalah menonton Netflix, di bawah selimut, dengan AC 16 derajat, setelah selesai mandi dan pakai piyama hehehehe :D terus yang ditonton yang santai-santai, kalau bisa sampai ketiduran :)))

    Yang ke dua, pergi ke cafe langganan makan cheese cake, carrot cake, choco cake, pokoknya apapun yang berjenis cake, sambil minum smoothies dan melihat pemandangan di luar. Sukanya cafe yang agak-agak sepi terus view-nya bagus, mba :3

    Yang ke tiga, kalau di Bali biasanya ke Safari Park, while di Jeju biasanya ke Seongaksan atau semisal mau teriak-teriak biasanya saya pergi ke Jeju Shinhwa World (theme park). Kalau di Safari Park bisa puas dari jam 9 sampai jam 5 lihat binatang dan view ijo royo-royo hahahaha. Sedangkan di Seongaksan lebih suka saat pagi jam 8 lihat biru laut dan kapal yang mau berangkat ke Udo Island. Nah, kalau di Jeju Shinhwa World saya naik rides yang nggak begitu seram hahahaha. Ada beberapa yang saya suka, dan itu lumayan bangettt kalau saya lagi kesal, bisa untuk mengeluarkan emosi yang terpendam dengan teriak :D pokoknya kalau saya ajak si kesayangan ke JSW berarti saya lagi mau teriak-teriak hahahahahaha.

    Ohya, saya juga suka ke supermarket sama seperti mba Jane, hihihi ~ Belanja kebutuhan itu salah satu me time juga untuk saya. Meski kalau di Bali jarang, tapi kalau pas di Jeju, saya sangat menikmati kegiatan groceries sambil memikirkan mau masak apa seminggu ke depan :P

    Kalau di-list ternyata buanyakkkk yah, ini pun belum semua :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kusukaaahhh yang nonton sama makan koweh (kata si adik, koweh :D)
      Baca komennya Eno saya jadi pengen bobok.
      Impian banget nih, tapi pengennya di hotel ajah.
      anak-anak nggak ikutan.
      tapi nggak mungkin juga ya? entar saya kangen, hadehhh saya labil hahahaha

      Delete
    2. Wah ternyata ada yang samaan hobi nongkrong di kafe sendirian hihi aku juga suka makan cake sendirian ditemenin kopi, sambil duduk-duduk melamun atau melihat orang lalu lalang. Nggak tau kenapa kayaknya hepi aja bisa begitu hihi

      Aku belum kesampaian nih main ke Safari Park di Bali! Udah cita-cita pengen ke sana bareng Josh, ehhh si corona lah mengacaukan segalanya hiks soalnya waktu Josh masih agak kecil, kami belum kepengen ke sana, karena nggak seru anaknya belum gitu ngerti, ya.

      Shinhwa World di Jeju itu setipe dengan Lotte World ya, Mba Eno? Akutu kalo ke theme park cuma seneng jalan-jalannya aja, kalo naik rides seperti roller coaster dan yang memicu adrenalin, yang ada aku makin stress 🀣 tapi boleh juga yaa kayak Mba Eno jadi dihempaskan semuanya ketika naik rides, pasti rasanya plong banget setelah itu huahaha

      Ngomong-ngomong soal Jeju, aku penasaran dengan Osulloc Tea Museum, katanya matcha cakenya enak sekaliii~

      Hahahaha iya, Mbaa. List me time aku pun sebenarnya lebih panjang lagi deh dari ini 😝

      Delete
  2. Huaaaa aku jadi senang karena banyak yang kena racun membaca πŸ˜† cici udah baca berapa banyak buku di ipusnas nih? Aku malah semenjak balik baca ebook, bacaku jadi lelet, baru setengah buku padahal udah 5 hari πŸ˜…

    Kalau me time ala aku, pasti nonton netflix atau BTS (ups) sama baca sih ci. Kalau udah baca tuh ya, bisa sampai lupa waktu jadi suka harus dibatesin hahaha. Kalau nonton BTS juga harus dibatesin soalnya suka jadi halu sampai kebawa mimpi 🀣
    Sama satu lagi, tidur atau ngeteh saat hujan! Huhuhu bayanginnya aja kok rileks bangetttt 😍

    Belum pernah nih ngerasain yang namanya ke cafe sendirian karena dulu kalau ngebayangin kok canggung gitu rasanya, sekarang malah pengin coba tapi belum ada kesempatan 😭

    Sama salah satu me time idaman adalah menghabiskan waktu di perpustakan yang nyaman atau di Gramedia. Belum kesampain juga yang ini karena kalau pergi-pergi selalu bareng teman atau keluarga πŸ˜‚

    Belum pernah coba juga ke groceries sendirian tapi aku pun kalau ke supermarket suka banget ke bagian dairy dan snack, meskipun cuma lihat-lihat tapi senang aja lihatnya πŸ˜‚
    Ujung-ujungnya suka tergiur juga sih buat beli cemilan terutama rasa strawberry, suka nggak tahan lihatnya πŸ˜† *kok jadi bahas cemilan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, aku juga semenjak baca buku digital malah jadi lelet banget. Soalnya per halaman musti di-zoom satu-satu (kalo di iPusnas sih) karena tulisannya kecil-kecil huhuhu. Kemarin ini aku udah selesai dua buku, Liaa. Lagi on the way satu buku lagi tapi nggak kelar-kelar juga wkwkwk

      Aduhhh jadi inget aku belum sempet bales email kamu melanjutkan fangirling kita! 🀦‍♀️ HAHAHA duh emang perkara fangirling tuh suka bikin lupa waktu dan halu! Untung aku ada suami sih yang suka jadi 'alarm', takut dijudesin kalo kelamaan liat video 🀣

      Cobain deh sekali-kali nongkrong di kafe sendirian. Awalnya emang awkward, tapi aku suka bawa laptop atau jurnal biar kesannya ada kesibukan hahaha. Sekali dua kali coba, lama-lama ketagihan! Siapa tau kamu juga suka nantinya :D

      Delete
    2. Nyiahaha sama ci! Eh tapi aku juga baca buku fisik yang bahasa Inggrisnya berat juga lelet deh :( karena baru baca 5 halaman aja rasanya udah ngantuk, mungkin karena otak jadi bekerja lebih berat ya #curcol

      Huahaha it's okay ci! Cici kemarin nonton Tokped x BTS nggak? :p

      Nah itu, ketagihan itu yang bikin bahaya. Wkwkwk. Tapi someday I will try sih, apalagi kalau udah penat banget dan butuh refreshing, mungkin kafe adalah pilihan yang tepat :D

      Delete
    3. NONTON DONG *capslock jebol*

      Aku cuma sempat live streaming bagian pertama wawancara mereka bareng Hansol dan performance BWL. Terus besoknya baru deh nonton ulangannya di channel Tokped hihi aselikkk yaa kemarin itu sukses pada baper hahahhaa

      Delete
  3. Ibuku ibu rumah tangga dan "profesi" ini tuh aku rasa yang paling sibuk sedunia deh susah cari waktu senggangnya malah kalo dilihat-lihat :( salut banget dengan para mamah2 SAHMπŸ‘πŸ‘πŸ‘
    Me time-ku kapan ya kayaknya tiap hari aku kebanyakan me time HAHAHAHAHAHA pemalas ini sampe kayaknya gak sibuk huhuhu apalagi pas wfh begini hmmmm baca buku sama nonton film malah kayak udah jadi kebiasaan, me timenya malah kayak kalo lagi cuci piring, jemur baju, atau kayak kalo belajar masak gitu-gitu wakakak karena jarang banget dilakuin :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lho, sekarang paham banget mamaku tuh dulu seperti apa rempongnya. Ini aja aku anak baru satu, mama waktu ngurus dua anak dan masih harus mengerjakan hal lainnya.

      Maksudnya kamu jarang cuci piring atau jemur baju?? Wkwkwkwk gapapah, me time kamu juga produktif itu. Ada judul film apa lagi yang bagus segera di-review yaa di blog! :D

      Delete
  4. Jadi ingat minggu lalu kayaknha sempat bahas ini dikolom komen kak Jane. Tau-tau dibahas detil.

    Bagi saya, me time bagi saya itu fleksibel. Misalnya, saya sering membuat fantasy concert. Saya pake earphone, terus volumenya dikecengin dan putar lagu untuk nyanyi lypsing seperti sedang konser. Gara-gara keseringan, saya jadi tau getakan dan ritme untuk ngasih giliran ke penonton nyanyi. Kalo sudah begitu, rasanya kayak sedang konser 40 rb penonton macam Raisa.

    Beda lagi kalo sedang banyak di luar. Kadang me time-nya bareng teman kampus. Biasanya kami kumpul di kosannya untuk bakar-bakar ikan dan main kartu sampai larut malam. Memang iya kak Jane, musim korona ini bikin kegiatan lama jadi ngga bisa lagi dilakukan. Harusnya sih habis idul adha sudah mulai persiapan semester baru, tapi ngga tau lagi apa yang akan terjadi kedepannya. Saya mah nunggu surat resmi rektor saja.

    Selain 2 itu mah standar aja, sama kayak kak Jane sebutkan. Karena senang cerita, film dan buku adalah yang paling dekat dengan saya karena mediumnya gampang untuk diakses. Sekarang, saya lagi baca Animal Farm-nya George Orwell dan kumpulan puisinya Rupi Kaur yang bertajuk "Milk and Honey".

    Tahun ini, saya agak jarang nonton film. Terakhir, nonton film perancis yang judulnya "Les Bonnes Femmes". Tapi karena jarang nonton film, saya jadi banyak nonton serial. Sekarang lagi ngikutin Preman Pensiun Season 2, Breaking Bad Season 2, sama drakor When the Camellia Blooms.

    Eh, alih-alih cerita tentang me time, ini mungkin isinya curhat terselubung. Soalnya, saya jarang bahas ini diblog saya 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo mas Rahul, dibahas juga di blog biar seru hahaha

      Duh, rutinitas bareng teman-teman kampus itu ngangenin banget. Dulu waktu masih kuliah, saya juga suka bikin acara sendiri dengan roommate di asrama. Kadang-kadang bikin acara masak dan makan bersama di kamar. Kalo lagi males, malamnya suka pergi makan bareng dilanjutkan dengan window shopping.

      Wah, ternyata ada judul drakor yang nyempil. Bagus nggak mas When the Camellia Blooms? Saya agak-agak picky nih sekarang kalo mau nonton drakor, banyak yang bilang bagus bagus bagus, tapi yang beneran bagus sebenernya nggak banyak πŸ˜‚

      Btw, yang soal bikin fantasy concert, beberapa waktu lalu Lia ngeracunin saya untuk dengar lagu Kpop di Youtube dengan versi 8D-10D, dan beneran lho, suasananya langsung seperti berada di stadium konser beneran! Meski belum pernah datang di konser beneran, setidaknya pengalaman ini cukup memuaskan diri lah hahaha

      Delete
    2. Tentang musik kemarin, belun saya bahas. Yang ini ada lagi 😁

      Saya nontonnya baru 10 episod. Sejauh ini sih bagus. Saya senang dengan tema dan ceritanya.

      Barusan, saya juga nyobain. Ternyata itu teknik audio yang suara kiri-kanannya sudah diatur sedemikian rupa. Saya pernah dengar audio macam itu, tapi bukan lagu. Tapi percayalah kak Jane, euforia saat di tempat konser itu sangat beda rasanya

      Delete
    3. Wah jarang-jarang lho saya dengar review drakor dari kaum adam. Berarti harusnya emang bagus nihh. Masuk daftar dulu deh, mudah-mudahan sempet ditonton.

      NAH MEMANG BETUL ITU. Seumur-umur saya pernah nonton konser hanya sekali itupun sudah beberapa belas tahun yang lalu. Dan memang euforianya tidak bisa tergantikan dengan apapun. Sayangnya, karena pandemi ini kesempatan nonton konser tahun ini hanya tinggal angan-angan ): (tapi good newsnya, saya jadi bisa nabung lamaan untuk nonton di waktu yang lain hahaha)

      Delete
  5. Me time versi saya tuh : gambar, ngeblog, dan menulis journal. Hahaa.. Bosan yang satu, satunya lagi, begitu seterusnya. 😁😁😁


    Dan entah kenapa, harus sendiri. Recharging versi saya memang harus sendiri. Berkegiatan sambil pasang earphone nyetel playlist kesukaan. Dijamin mood saya kembali kece. Hehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi list me time-nya Mba Ewa banget! XD iyaa, memang idealnya me time harus benar-benar sendiri, ya. Kapan lagi punya waktu 'berdua' dengan diri sendiri. Aku pun setelah menghabiskan waktu dengan diri sendiri, pasti lebih enakan dan segeran (:

      Delete
  6. Kalau aku kayaknya akhir-akhir ini malah banyakan me timenya mba daripada ngerjain job atau tugas🀣🀣 Dan yah, me timenya ga jauh-jauh dari blogging (kita samaan nih soal ini mba JaneπŸ˜‚). Entah kenapa, mungkin karena hobinya nulis jadi ya hal-hal yg bisa dilakuin untuk me time pasti nulis hoho. Tapi kalau lagi bored atau lg stuck biasanya ditinggal dulu buat binge watching series atau film-film yg udah masuk list buat ditonton. Terakhir sih aku namatin film musikal Into the Woods, nyari di situs gratisan karena belom perpanjang Netflixnya weheheπŸ˜‚πŸ˜‚

    Btw kalo jalan-jalan ke supermarket gitu biasanya aku emg karena niat mau beli sesuatu mba, selama ini gak ngeh sih apa itu me time atau bukanπŸ˜‚, *walaupun ujung2nya banyak liat-liat jugaπŸ˜† Kalau yg memang diniatkan dari awal buat me time paling ke mall cuci mata (liat2 baju aja gak beli wkwkw) terus sekalian nonton sendiri deh hihi. Film terakhir yg aku tonton sendiri tuh Frozen 2, rencananya mau me time lg ke bioskop pas libur semesteran eh gataunya keburu corona, jadilah nontonnya di laptop aja:( kujuga gak sabar ini mba pengen yalan-yalan, betah amat yak corona disini😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tosss! Kadang-kadang tulisannya belum tentu di-publish sih yaa, cuma enak aja bisa nulis ngalor ngidul sambil menuangkan pikiran plus berimajinasi hihi

      Aku juga mendadak suka ke supermarket untuk sekedar lihat-lihat doang. Tapi yang namanya cewek kan ya, agenda "lihat-lihat" tersebut pasti berujung ngantri di kasir alias belanja! 🀣 entah cuma beli cheetos atau snacks lainnya, pokoknya ada aja jajanan yang kebeli setelah window shopping di supermarket πŸ˜‚

      Marilah kita tetap berdoa supaya si corona ini cepat musnah dari bumi, ya! Akupun rindu jalan-jalan dan ngumpul bareng keluarga serta teman-teman ):

      Delete
  7. Hallo kak Jane. Asik-asik awal mampir kesini malah dikasih suguhan giveaway.

    Mau juga deh share me time ala aku yaa

    1. Blogwalking n instawalking. Dua hal ini menggantikan momen ketemu temen yg emang susah karna kudu di rumah aja. Rasanya lebih deket gt pas baca2 blog temen. Setelah hampir 2 tahun ngeblog baru ngeh adanya bw, dlu mh sesempatnya aja. Skrg malah masuk dlm list harianku.

    2. Belanja sendiri. I agree with kak Jane, belanja sendiri itu kebih leluasa, kita jg bisa puas sama belanjaan, dan intip2 barang kyut kayak stationery gt. Hehe

    3. Menata rumah. Ini bisa jadi hal yg asyik kalo lg jenuh, bahkan tempat menumpahkan emosi jg apalagi kalo mau PMS.

    4. Baca buku. Aku jg sama nih kayak lia keranjingan bgt skrg sama ipusnas. Eh malah blm bikin tulisan ttg ipusnas, jd keidean deh. πŸ€—

    Segitu dulu kayaknya. Hampir bnyk yg sama yaaa smaa kak Jane. Cuma nonton nih yg lama ga dilakuin, ga punya temen yg suka ngopi film gt. Modal gratisan nih. Heuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba Ghina! :D

      Eh ada juga pembaca aktif di iPusnas hihi ayoo, Mba, bikin daftar bacaan bagus di sana juga, nanti aku mampir ke blog untuk komentar. Soalnya waktu browsing buku rekomendasi iPusnas, ternyata belum banyak yang membuatnya. Siapa tau bisa menambah referensi bacaan (:

      Soal nonton film, ada situs streaming gratisss, Mba Ghin! Aku biasanya di indoxxi atau lebahmovies, hampir semua film ada kok di sana. Siapa tau membantu πŸ™ˆ

      Delete
  8. Aku tau banget ibu rumah tangga tuh justru yang paling susah nemu me time.. Ibuku sendiri contohnya, baru bisa punya me time setelah anak2nya pada gede dan ga perlu diurusin lagi ahaha.. Josh pinter banget siiih bisa ngerti mamanya mau me time huhu gemaasshh...

    Karena aku tinggal sendiri, jadi tiap hari setelah jam pulang kantor kayaknya bisa disebut me time kali yaa? Wkwk.. Sebelum corona menyerang juga aku hobi banget me time ngafe, ke toko buku, nonton bioskop sendirian.. Aaah kangen banget sama masa-masa bisa jalan keluar rumah tanpa parno :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya betul ituuu. Waktu Josh masih bayi sampai dua tahunan, dia masih agak susah dilepas dan mau main sendiri. Nempelll mulu sama emaknya. Sekarang agak mendingan deh, mungkin karena udah agak besar dan bisa dikasih tau yaa, hihi.

      Wah iya, kalo tinggal sendiri pasti me time-nya pun bisa kapan aja ya XD iya nih, aku juga udah kangen ngafe lagi huhuhu semoga si corona cepat hilang supaya kita bisa aman keluar rumah lagi deh!

      Delete
  9. Setuju banget tentang me time yang perlu banget dilakuin seseorang supaya inget kalo dia masih hidup hahaha dan hidupnya ga cuma untuk kerja atau uang tapi ada untuk dirinya sendiri.

    Aku paling suka me time dengan nonton, serial netflix, film, drama Korea sampe variety show Korea dijabanin karena paling gampang sehari-hari dilakoni.

    Selain itu baca buku juga wajib setiap hari dibikin jadwal sebelum tidur. Aku menganut kepercayaan kalo buku itu harus dirutinin setiap hari jadi lama-kelamaan udah jadi kebiasaan. Sekaligus me time yang baik banget untuk sehari-hari.

    Nah, kalo weekend aku dulu juga suka tuh ke cafe cuma sekedar buat blogging, baca buku atau coloring. Yap, 2 tahun belakang ini lagi jatuh cinta banget sama coloring. Udah terpengaruh banget beli buku coloring yang banyak sampe beli pewarna yang mahal (hasil nabung mati-matian sih). Calming aja coloring sambil nonton juga bisa. Ada kepuasan sendiri kalo me time nya itu berhasil menghasilkan sesuatu.

    Satu lagi me time yang gak bisa dijalanin adalah keliling museum. Aku cinta banget jalan-jalan ke museum. Sendirian juga oke tapi sering juga sama sahabat aku karena kebetulan sama-sama suka ke museum.

    Sayang, sejak corona cuma bisa mendem di rumah dan bosen banget karena lebih monoton. Semoga bisa segera selesai ya ini corona :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soal kebiasaan membaca sebelum tidur itu bener banget. Aku juga lagi melatih diriku untuk baca buku sebelum bobo ketimbang main hape. Awalnya agak-agak sulit, karena tangan masih suka nyari-nyari gadget *bad habit i know ):* cuma kalo diturutin setiap hari pasti bisa ya!

      Tentang coloring, aku dulu sempat suka juga nih, tapi nggak bertahan lama hahaha cuma setuju soal calming-nya itu, lihat warna-warna menyatu rasanya ademmm. Buku coloring terakhir yang aku punya malah pindah hak milik ke anakku πŸ˜‚

      Aminnnn! Semoga pandemi ini cepat berlalu supaya kita boleh kembali ke rutinitas seperti biasa (:

      Delete
  10. Halo Ci Jane, kalo me time ala aku itu:

    1. Baca Novel. Nah ini biasanya lumayan untuk menghabiskan waktu juga sambil menyelesaikan bacaan yang disukai. Biasanya bisa habis seharian, ketunda untuk makan, mandi, dan ke toilet saja hhha.

    2. Maskeran muka. Sejak WFH, kadang aku suka me time dengan cara maskeran. Pake masker sheet aja, jadi sekali pakai dan tinggal tempel aja di muka. Praktis dan muka jadi kinclong.

    3. Beberes dan bersih-bersih rumah. Kalau perlu ganti posisi, misalnya barang-barang di meja. Jadi pemandangan baru dan hati pun senang karena bersih dan rapih.

    4. Memulai coba melakukan yoga. Jujur ini masih suka males-malesan sih ci. Pernah yoga dan merasakan banget manfaatnya, jadi mau mulai lagi melakukannya.

    5. Mewarnai. Jujur ini nagih bangeeeet dan menyenangkaan loh. Aku beli buku mewarnai gitu dan mewarnai saja suka-suka. Syukur-syukur rapih jadi makin cakep ngeliatnya.

    Sebetulnya ternyata banyak juga yaa cara yang bisa di lakukan untuk me time. Sesederhana mandi pake air hangat saja sudah bisa jadi bagian dari me time hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo Devina!

      Wah, ada lagi yang suka mewarnai! Entah kenapa aktifitas yang ini nggak bertahan lama di aku huhahaha malah lebih betah bullet journaling dulu, mungkin karena pada dasarnya suka journaling sih yaa.

      Yoga aku juga belum pernah samsek. Manfaat yoga yang paling terasa itu apa sih? Aku penasarann hihi

      Toss! Aku juga suka pake sheet mask. Belakangan ini aku ngeracunin suami untuk pake juga, awalnya doi nolak ehhh setelah dipakein malah nggak mau lepas, pengen dibawa tidur aja katanya soalnya enak dingin-dingin wkwkwk

      Iya, definisi me time buatku sekarang juga sedikit berubah, sih. Kadang-kadang bisa diam 5 menit di kamar mandi doing 'business' aja udah berharga buatku :P

      Delete
    2. Aku pun baru coba beberapa bulan ci. Join di studio gitu, cuma karena lagi pandemi gini jadi pindah ikut kelasnya yang via zoom aja. So far sih merasa badan lebih nyaman, jadi ga pegel-pegel. Awalnya jelas pegel banget, secara badanku kaku jarang olahraga kan. Kenal yoga juga bikin rileks, tidur nyenyak, bikin santai sihhh. Karena emang aku kurang nyaman olahraga heboh macem zumba, jadi yang coba yang tenang dulu kaya yoga.

      Yes.. Yes.. Yes.. sesederhana 5 menit tenang saja udah happy yaa hhha..

      Delete
    3. Ohh lebih mempengaruhi kondisi psikis dan mental kita yaa kalo yoga. Iya sih, aku sering dengar orang-orang yang ikutan Yoga biar 'bawaan' diri mereka bisa lebih tenang. Apakah mama Josh harus mulai yoga juga supaya lebih rileks menghadapi online school ini?? *loh curhat* πŸ˜‚

      Eh kita kebalikan, aku malah lebih suka zumba hihi soalnya satu badan keringetan dan setelahnya badan (dan pikiran) jadi segeran. Memang olahraga itu cocok-cocokan sih yaa tiap orang. Yang penting menjalaninya hepi aja :D

      Delete
    4. Hahaha.. meskipun anaknya yg sekolah, tapi mamanya jadi ikutan sekolah juga yaa πŸ˜‹ yes, yoga bikin tenang siih.

      Ohhh aku jugaa sukaa olahraga yang bikin keringetan satu badan ci. Cuma bukan dengan zumba. Karena menurut aku zumba semi-semi sambil kaya nari juga. Nah aku tuuh ga bisa nari, kaku bangeeet deeh.

      Jadi kalau mau keringetan sebadan, aku pilih olahraga cardio. Aku juga lihat di youtube, nama channel nya Body Project. Waah cii, 20-30 menit aja udah bikin badan kuyuuup. Trus udahannya enaak, berasa detox jugaa sih ☺️

      Delete
  11. Wah ide ngasih tau anak Mamski lagi me time keren tuh, cobain juga ah. Me time aku nonton drakor aktor favorit hehe sampe bucin, menggambar, zumba di rumah. Sekarang lagi kurang baca buku nih mba hmmm ya belanja sekarang jarang sendirian sih dan pengen coba deh kalo nanti anak sekolah, aku pengen blogging di cafe sambil nyeruput es green tea heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha iyaa Mba Sandra. Coba ajarin si kecil konsep me time sejak dini, biar kita bisa menikmati me time tanpa bersalah dengan anak :P

      Soal bucin drakor aku mah paham bangetttt hihi aku pun masih suka bucin tapi bedanya dengan idol.

      Hayukkk cus dicoba sekali-kali ngafe sendirian :D

      Delete
  12. Me time versi aku ya nonton drama Korea genre komedi romantis biar bisa terhibur dan tertawa. Selanjutnya me time versi aku adalah masak dan mencoba resep baru walau sering gagal saat praktik masak di dapur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener yaaa, drama komedi romantis itu selalu bikin tertawa dan tentunya hati dibikin gremet-gremet karena akting aktornya hihi

      Delete
  13. yaampun, do grocery supaya liat yang colorful!! aku pun suka segala hal colorful ka Jane! hahahah.

    me time versi aku adalah :

    yang pasti bobo. bobo sampe siang + bobo siang lagi ahah. terus tiap pagi aku seneng liatin taneman aku, apalagi kalo dia muncul tunas tunas baru :) rasanya aku berhasil gituu merawat mereka. karena aku introvert juga, jadi cukup berada di rumah and doing "goler-goler" thing udah cukup me time. hihihi. walaupun iya kadang aku juga suka nongkrong2 (tapi karena gak bisa nyetir mobil dan mager naik ojol kemana2, jadi yaudah jarang dehh nongkrong di luar)

    Have a great day, Ka Jane!

    ReplyDelete
    Replies
    1. The perks being an introvert, ya! Hahahaha ehhh, aku ada temennya nih yang nggak bisa nyetir mobil dan sangat mengandalkan abang ojol untuk ke mana-mana. Cuma iya ya, sejak corona ini aku nggak pernah lagi naik ojol (yaa nggak berani juga sih hiks). Jadi akhirnya mau nggak mau nunggu suami pulang deh, baru nodong dianterin yalan-yalan :P

      Delete
  14. Kalau saya pikir-pikir tuh me time saya ada banyak.
    Menulis di blog
    Nonton film kek Eno gitu, nggak ada yang gangguin, udara sejuk, jangan kedinginan juga nggak asyik :D
    Baca novel, apalagi kalau novelnya tebal, ceritanya mengharu biru, pokoknya nggak boleh diganggu anak, saya bete kalau baca novel belom selesai kudu di cut, hahaha
    Menyanyiii... saya suka banget karaoke, kalau di rumah cukup putar musik karaoke dari yutub, cari yang kuncinya buat perempuan , terus saya nyanyi deh, nggak tahu diri suaranya bikin orang mual-mual hahaha.
    Apalagi yaaa..
    Oh iya, makan kue.
    Cokelat, es krim, Taro, salad atau buah yang segar.

    Itu sih kayaknya me time saya.
    Dulunya begitu.
    Tapi sekarang saya hanya butuh... TEDOOORRRRRR hahahahaha.

    Astagaaaaa... saya merindukan tidur nyenyak dong.
    Nggak perlu lama sih, cukup 6 jam yang lelap, di kasur yang empuk dan lapang.

    Itu udah mevvah banget tahu nggak sih, hiks.

    Karena saat ini, anak-anak 24 jam menempeliku kek nasi pliket hahahahaha.
    Paling stres itu kalau ada job, kudu ngerjakan secepatnya, tapi 24 jam mereka nggak kasih waktu buat saya sendirian.
    Jadi saya kudu nunggu anak-anak beneran tidur, baru deh saya bisa fokus, which is, biasanya saya udah ngantukkk bangettttt...

    Saya sering loh nulis itu, udah sambil nggak sadar gitu, saking ngantuknya, besoknya tayang saya terkejut sendiri, kok bisa terpublish juga, meski ada satu dua yang typo hahahahaha.

    Terus, udah lama, saya nggak bisa tidur dengan nyaman, padahal saya punya sakit punggung yang saya derita setelah sesar pertama dulu.
    Anak-anak itu nggak mau kalau pisah tidur dengan saya, padahal kasur mereka itu kecil.
    Alhasil, saya tidur di pinggir banget, nggak gerak-gerak sampai bangun, dan udah ketebak deh, kalau bangun, bukannya seger, malah sakit semua badannya.

    That's why saya butuh me time tidur di kamar yang sejuk, kasur yang empuk, bantal yang nyaman, anak-anak nggak ganggu sama sekali.

    Tapi imposible dah saat ini hahahaha.

    Etdaaah, si Rey malah numpang curcol, seperti beasaaahhh hahahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi nggak apa curcol di sini, Mba Rey. Aku malah seneng bacanya XD

      Waaaah Mba Rey hebat bangettt ngantuk-ngantuk tapi tulisan tetap ter-publish! Tapi kalo udah deadline kerjaan itu memang melelahkan yaa. Mba Rey pernah coba power napping nggak? Jadi seperti tidur di sela-sela pekerjaan, 10-15 menit aja, setelah itu bangun kemudian beraktifitas kembali. Dengar-dengar cara ini cukup efektif sih untuk beberapa orang sibuk di luar sana. Siapa tau bisa bermanfaat juga untuk Mba Rey.

      Jujur aku ikuta ngos-ngosan baca curhatannya Mba Rey huahahaha aku nggak pernah bisa membayangkan rasanya bekerja sambil mengurus anak-anak di rumah. Semangat selalu yaa, Mba! Aku doain setelah ini Mba Rey punya kesempatan untuk bobok cantik tanpa diganggu apapun dan siapapun hihi

      Delete
    2. Eh iya, dulu saya pernah coba gitu, yang ada malah jadi migren berkepanjangan, saya nggak bisa tidur sebentar lalu bangun, kalau tidurnya nggak puas malah migren.

      Akan tetapi, entah karena tubuh memang punya batas tertentu dalam menahan beban, jadinya akhir-akhir ini, saya jadi bisa saja tidur 30menitan kalau memang udah nggak sanggup lagi, biasanya saya bakal tutup semua pintu, anak-anak dikasih hape, trus saya tidur 30 menitan, bangun udah sedikit lebih segar :D

      Memang tidur itu penting banget ya :)

      Delete
    3. Good to hear, Mba Rey bisa curi-curi tidur ya! Gapapa dah screen time buat anak, yang penting ibuk bisa bobo sebentar biar seger dan 'waras' kembali hihi :D

      Delete
  15. Waaaa, me time nih emang paling seru (yaiyalah, kan emang waktu khusus buat diri sendiri wkwkw ~XD)

    Kalau aku sendiri sih ada beberapa me time favorit:

    1. Jalan-jalan keliling kota pakai motor/sepeda
    Entah kenapa rasanya keliling kota tuh menyenangkan. Ngelihat orang-orang yang berlalu lalang tuh ada perasaan senang tersendiri

    2. Keliling Supermarket, Toko Pernak-pernik perabotan rumah, dan Toko Buku
    Ada perasaan bahagia ketika melihat barang-barang yang berjajar rapi di toko-toko ini. Apalagi kalau udah mengendus barang-barang baru. Rasanya pingin dibeli semua wkwkwkw. Paling suka sih kalau udah ada di rak-rak buah dan sayur yang berwarna-warni, suka berlama-lama ngelihatin segernya mereka :D

    3. Baca Buku dan Nulis
    Dua hal yang sudah menjadi favorit me-time sejak SMP. Kalau udah ngelakuin dua hal ini rasanya nggak pingin berhenti.

    4. Makan Eskrim/Minum kopi di kedai kopi favorit
    Dua minuman dan makanan ini menjadi favoritkuuuuuu. Selalu bikin tenang soalnya :D

    Kayaknya itu dulu deh yang kuingat dan sering kulakukan hahahaha.
    Terima kasih sudah menuliskan ini, Ci Janeee <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yess yess keliling toko buku juga salah satu me time terbaaaaik! Apalagi kalau toko bukunya besaaar, rasanya seperti dalam surga dunia huahahaha biasanya aku suka nongkrong di bagian novel fiksi, terus numpang baca deh sebelum akhirnya belanja beberapa buku hihi

      Kalo keliling kota naik motor atau sepeda aku belum pernahh. Soalnya di sini takuttt baku hantam dengan angkot yang menguasai jalan XD;

      Terima kasih juga Andhira sudah membagikan cerita me time-nya di sini ya :D

      Delete
  16. ya ampun josh gumuush....uda paham mitaim aja Naaak, diajarin sapa sih, diajarin mami pasti yak ahahhahaha
    #mba jane dikau selalu luchuk kalau nulis slice of life di blog, ga heran aku betah bulak balik dolan kemari karena ternyata bloggingpun digarap dengan niat as me time yang berkualitas >_________<

    betewe aniway baswey, ku pun ikut ngegas kalau ada yang bilang kata sapa ibu rumah tangga pasti bisa colong2 me time dengan gampang, karena kenyataannya....sungguh sangat eng ing eng #salim
    #cz kita senasib hahah,

    but me time buat aku pribadi emang harus selalu ada sih walaupun dalam bentuk sederhana dan durasinya kalau kata wong jowo sakjek saknyet alias cepet banget, tapi minimal bisa bikin badan juga pikiran relax lah untuk memulai atau melanjutkan segala pergulatan hidup dalam sehari hahhahhaha

    dari sekian me time list yang mba jane jembreng, aku fokus ke yang strolling around supermarket, ini sih akuuuu banget, ga ada yang ngalahin happy-nya aku ketika bisa mandangin stand sayur dan buah-buahan yang warna-warni atau pernak-pernik bumbu dapur, snack, juga sabun-sabunan, aku suka mandeg lama kalau uda di stand ini soalnya, pengen ngematin semua-muanya, ngecekin ada merek atau varian baru apa ga hahhaah, begitu-begitulah....bahkan aku dan paksu suka bener mandangin aneka macam panci yang lucu-lucu atau teflon bagian pantatnya warna apa kek, ketebalan logamnya gimana kek, dll en tentu saja bagian elektronik, padahal ya ga beli hahahhaha....eh bahkan aku pernah bikin satu blogpost tersendiri loh tentang satu hari di supermarket yang isinya puluhan foto stand-stand yang ada di sana, mulai dari sayur, buah, snack, dll yang untungnya ga sampai diplirikin satpamnya karena aku motret pake hape,...ya maklum aku terlanjur gemas untuk motret all bout barang di supermarket :D

    dulu bahkan pas belom nikah kerjaanku pas weekend ya nglayap sendirian ke supermarket cuma buat ngiter ngiter ga jelas padahal yang akhirnya dibawa ke kasir pun cuma beberapa barang aja hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sini pelukk virtual dulu, Mbaa. Memang Mba Nita yang paling mengerti soal kegalauan ibuk-ibuk rumahan huahahaha

      Duh aku jadi terharu lho Mba Nit ngomong gitu T_T padahal apa yang kubagikan di blog ini seringnya topik receh-receh tapii mudah-mudahan berfaedah yaa hihi

      Wah abis ini aku tengok postingan supermarket yang disebutkan ah! Aku jadi ngebayangin Mba Nit dan pasangan ngecekin pantat panci satu per satu di lorong supermarket, terus sambil diskusi wkwkwk kalo aku demennya di lorong cemilan (emang dasar hobi ngemil), terus seneng kalo nemu cemilan masa kecil dulu yang masih bertahan, kayak chiki balls, terus cokelat panjang superman itu dll.

      Hahahaha meski judulnya ngiter, tetep aja bawa pulang "oleh-oleh" juga kan, Mbaa XD

      Delete
  17. me time ku adalah blogwalking wkwkw pas hari sabtu gini sambil menyeruput teh hangat dan hmmmmm hehehe

    aku juga suka ke kafe sendirian mbak tapi juga beli teh si
    eh iya kok sama ya ke supermatrket itu juga me time lo meski ga belanja banyak tapi liat liat aja seneng aja

    kalau minggu pagi paling ke candi deket rumah buat nenangin diri
    tapi sekarang lebih banyak liat video pageant kayak Miss Universe
    itu me time absrudku wkwk

    kalau baca buku udah terjadwal tiap pagi jadi kadang engga merasakan me time lagi cuma kalau novel bisa lah mbak

    nonton film aku lebih sering film pendek sekarang mbak karena gabanya waktu ya

    yang penting bener me time perlu banget biar kesehatan mental ini terjaga hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmmm itu maksudnya apa nih Mas Ikrom? Melamun dan mengkhayal indah yaa πŸ˜†

      Wah dekat rumah ada candi? Itu memang tempat beribadah atau gimana mas? Seru juga ya kalo punya kebiasaan menenangkan diri di luar rumah seperti ini.

      Iya betul, me time itu sangat sangat penting untuk kesehatan mental. Asal tau waktu dan tanggung jawab, me time itu nggak perlu dilakukan dengan perasaan bersalah kok (:

      Delete
  18. Jojosh ngerti me time dong! hahaha lucunya itu anak. Dia bs me time sendiri jg sih ya main mobil2an..

    Belom kebayang sih kalo pny anak sesusah apa me time. Tapi salut sama ibu rmh tangga fulltime yg bs bagi waktu, urus diri, urus suami, urus anak, hobby & kegiatan lain.

    Me time versi saya :

    1. Urusin taneman. Hobby dari muda, yg baru bisa tersalurkan sejak nikah. Dulu gak ada lahan, main di Harvest Moon doang, sekarang baru ada tempat, jd baru mulai deh. Karena saya naturalis banget orgnya, berhubung gk bs sering2 liat hijau2 di alam langsung, liat di taman depan rumah aja dulu. Buat saya urus taneman itu kyk apa y, fulfillment. Belajar buat sabar, gk ada yg instan kalo soal ini. Gk semua kita bs atur, matahari mau sepanas apa, mendung apa gk, belajar bener2 sabar, taneman aja mau tumbuh butuh proses haha. Dulu bangun pagi rasanya males banget, soalnya kerja juga mulai sore biasa, skrg jam 6 pun saya jabanin. Morning devotion saya itu ketemu taneman.

    2. Baca & journaling. Dari ms awal 20-an udah biasain kebiasaan ini. Journaling perasaan, pikiran, ato hasil2 renungan dari buku2. Kebiasaan ini mulai dari penerimaan diri bahwa saya pelupa, dan butuh rekam jejak perjalanan, walaupun kadang masi bolong2, tp kalo buka2 journal lama kyk ‘wah ternyata ud pernah lewatin ini ya’, suka seru sendiri kalo lg buka2 jurnal lama. Nulis juga bantu saya buat menjabarkan pikiran2 yg kusut, ato perasaan2 yg saya gk kenalin.

    3. No destination driving. Dari kuliah pas masi ngekos sering nih nyetir sendiri, tanpa ada tujuan kemana, jalan aja yg penting. Enjoy kesendirian di mobil, nyanyi2 sepuas saya, kadang dialog sama diri sendiri jg. Ibarat lagi di ‘kotak’ sendiri, ngecharge banget.

    4. Tiba2 ke Bogor/ Puncak! Ini me time 2 taon belakangan. Soalnya saya punya temen baik disana. Kalo kesana di ajak ngopi, plus makan enak, main ke rumahnya, temenin anaknya main (udah sohib kita mah). Pernah sekali random ke Cimory krn lg stress. Liat alam, di temenin, wah pulang2 jiwa saya rasanya full.

    Begitulah me time di new normal saya. Tanpa lupa selalu ada teh/kopi yg temenin di setiap poin di atas. Kalo gk ada minuman itu, krg lengkap rasanya. Me time bikin saya tetep waras, bisa mengeluarkan perasaan dgn bener. Dan dengan kita me time, sebenernya kita jg bantu org lain secara gk lgsg (kata suami) soalnya me time bikin pikiran/perasaan yg kusut2 jd lurus jelas gt, jd suami (ato org sekitar) gk kena imbas hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo Jessica, terima kasih udah komen di blog aku yaa ((:

      Eh, kebayang sih devosi sambil duduk liatin tanaman di teras rumah. Terus ditemenin green tea yang masih panas mengepul gitu. Wah zen sekali.

      Kalo journaling kita samaan banget. Entah udah tua apa gimana, mendadak punya short memory syndrome (temennya dory donggg). Makanya sekarang dikit-dikit dicatet biar nggak lupa. Baca buku, catet. Denger podcast, catet. Kadang nonton vlog yang isinya berfaedah, catet.

      Kok kita samaan gitu sih punya temen yang suka random ngunjungin ke tempat masing-masing? 🀣 (komen macam apa ini). Anak temennya pasti sayang banget tuh sama kamu sampe udah sohiban :P

      Yess yesss... intinya sebelum kita bantu orang lain, kita 'bantu' diri sendiri dulu dengan melakukan me time, ya #selflove :D

      Delete
  19. Bener banget Mbak, me time itu wajib, jangan disepelekan, ntar burn out sama kerjaan dan aktivitas. Dari beberapa aktivitas me-time versimu nggak jauh beda dari aku, paling-paling aku bakal nambah dengan aktivitas nge dance, ini lumayan banget sekalian olahraga sama rebahan di kasur yang sprei nya baru ganti. Kadang kalau mau niat, pergi sendirian ke pantai favoritku, duduk-duduk pinggir pantai, sore-sore sambil ngeliatin ombak.. ini syahdu banget sih.

    ReplyDelete
  20. Halo Mba Pipit! Salam kenal yaa (:

    Wahhh aku ada temennya suka nge-dance sekalian nguras keringat. Nggak jago dance sih, suka ngikutin dance workout aja di youtube, lumayan juga yaa ngebakar kalorinya hihi

    Duh, aku suka iri dehh dengan teman-teman yang punya akses ke pantai terdekat untuk me time. Kebayang banget sih leha-leha di pinggir pantai sambil menikmati desiran ombak~

    ReplyDelete
  21. Kita kok sama sih kalo steolling di supermarket bisa bolak balik hahahahah. Akutu ya mba, ke groceries atopun ke toko buku, ato toko mana aja deh, paling sukaaaaaaa bolak balik. Walo kdg ga jadi beli, tp ngeliat barang2nya aja udh seneng. Jangankan itu, baru masuk dipintunya aja, feeling udah excited :D. shopping atopun windowshopping itu beneran me time yg paling ampuh sih :D.

    Dulu pas aku msh kerja, me timeku itu, staycation di hotel2, bareng temen. Kdg Ama keluarga sih, tp kalo pgn rileks, aku ngajakin ya temen. Suami untungnya ngerti. Tp sejak resign, staycation aku lakuin bareng keluarga .

    Me time selanjutnya, aku suka workout mba. Lwt YouTube aja, ga perlu ke gym. Itu kalo dilakuin dengan bener, bakalan gombyooos keringet :D.dan aku rutin ngelakuin hampir tiap hari. Biasanya malam sebelum tidur . Sengaja biar setelah itu mandi, trus tidurnya jd LBH nyenyak. Makin keringetan dan makin capek, itu makin puaaaas banget yg aku rasain :).

    Kalo kegiatan lain yg aku srg lakuin utk metime, biasanya gaming :D.yg lwt hp aja. Kdg lomba Ama temen2 yg 1 FB, biar ada tantangan :D. Lumayan banget ngilangin stress sih.

    Lalu, aku suka baca. Bacaan apapun ntah itu blog, ato buku. Kalo menarik pasti aku baca. Makanya aku ada jdwal khusus stiap pagi dan sore utk membaca. Ntah kenapa kalo udh membaca, apalagi Nemu bacaan menarik yg ga pengen di taro sebelum tamat, itu bisa lupa waktu sih :D.

    Terakhir, udah pasti ngedrakor :D. Padahal yaaa dulu aku antiiii banget Ama Drakor ini dan suka anggab remeh temen2 yg tergila2 Ama Drakor. Sejak aku balik dari Korea Utara, dan kebetulan Drakor crash landing on you tentang korut sedang booming wkatu itu. Dari situlah jd tergila2 dengan Drakor :D. Ampe skr ga bisa lepas hahahahah. Apalagi setelah resign, waktu kosong makin banyak :D. Kena tulah sih kayaknya, udh underestimate Drakor :D

    ReplyDelete
  22. Setuju Mba Jane, siapa bilang di rumah aja bakal lebih banyak Me Time. Aku malah bisa lebih banyak Me Time kalau lg ngantor. Hahaha.. Setidaknya jam makan siang bisa santai2. Kalau di rumah, makan siang aja hrs disempet2in ya kan. 😁

    Eh aku juga ngerasa ke supermarket sendiri itu mee time loh. Seru aja milih2 sendiri, walau jarang terjadi karena biasanya anak2 pasti selalu minta ikut 😁

    Kalau aku me time, mampir ke toko buku pulang kantor, ngabarin suami pulang agak malem, trus muter2 sendiri di toko buku sambil baca2 blurb di sampul belakang buku..

    ReplyDelete
  23. hampir samaan mbak jane, kalau udah sumpek gitu, udah waktunya sesekali me time, muterin kota sendirian, mau dikata "gila" sama temen, wahh aku ga peduli, lah wong temenku aja keluar sendiri nggak pede, masih mending aku kan ya hahaha
    aku seringnya :
    1. ngafe sendirian... udah biasa begini.
    sambil bawa laptop plus blogwalking, mungkin bagi temen BW dikira kerja gitu, padahal BW salah satu cara me time yang mungkin kalau hari kerja nggak banyak blog yang bisa aku kunjungi

    2. keluar sama temen
    kadang kalo bosen dirumah, ehh ada aja temen yang ngajak keluar, entah ngopi atau jalan kemana gitu, meskipun ujung ujungnya juga keluar ke cafe tapi dengan suasana berbeda. hahahihi sama mereka entah ngomong apa lumayan udah bisa bikin hari menyenangkan

    3. baca buku
    hehehe kalau baca buku ini nggak langsung kelar sehari, padahal dulu bisa aku habiskan sehari untuk tebal yang mayan banget itu. pergi ke tokbuk ada buku incaran, padahal buku lama belum selesai dibaca, suka aja beli dulu. daripada kepikiran

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir dan membaca tulisanku di sini (:

Jangan ragu untuk berkomentar supaya kita bisa saling kenal dan ngobrol bareng, ya. Mohon maaf untuk komentar dengan link hidup dan iklan otomatis akan aku hapus demi kenyamanan bersama.

Jangan lupa checklist 'Notify Me' sebelum publish komentar supaya mendapat notifikasi balasan dari aku yang akan dikirim ke email kalian.

Have a great day!