Books Love: Review Novel Metropop yang Dibaca Bulan Juni

Monday, June 27, 2022


Musim liburan gini paling enak ditemani bacaan yang ringan dan kalau bisa menghibur juga dong, ya. 

Karena aku udah nggak punya stok bacaan fisik lagi, akhirnya balik langganan di Gramedia Digital lagi, deh! 

Yap, setelah berbulan-bulan absen baca ebook, akhirnya aku kembali! Bonusnya, langganan Premium kemarin cuma bayar sekitar 60ribuan dari 89ribu. Senang sekaliii bisa baca buku-buku baru dan wishlist yang selama ini dicari. Sekalinya langganan, semalaman suntuk aku selesain kedua novel di bawah ini. Emang sekarang tuh nggak bisa maksa harus punya buku fisik dulu, ya πŸ˜‚

Markimul ulasan singkat dua novel berikut! 

Medium Rare Mom - Mel Bakara 


πŸ’‘Blurb


Bukan Logan Lerman. Cumi, cuma mirip, khusus kalau kupandangi dia pas aku dalam keadaan kurang tidur. Ya, inilah suamiku yang absurd. Keizardo Gevariel.

Satu lagi, ya aku; pembeber aib dia—dan aib sendiri—dengan berani-beraninya bikin tulisan ini. Andaikan ketahuan dia, entah apa yang akan terjadi.

But … why should I worry? Dia nggak akan tahu karena dia nggak suka membaca apa pun. APA PUN.

πŸ’­ My Personal Thoughts


Kalau dari blurb-nya, sih, bocoran tentang isi bukunya nggak terlalu kelihatan, ya. Yang pasti menyiratkan tentang hubungan pernikahan dan motherhood (sesuai judul). Tapi tetep aja kubaca karena ternyata plotnya SERU! 

Diceritakan dari sudut pandang pertama seorang ibu muda bernama Ella, yang super galau karena harus menjalani transisi working mom menjadi stay at home mom. Problema yang dihadapi Ella pasti bisa dirasakan oleh hampir seluruh ibu. Susahnya cari ART yang cocok dan nggak banyak drama, anak yang lengket sama gadget, dan ini nih highlight-nya... struggling mencari jati diri kembali karena mendadak ngerasa hilang power dan nggak puas "hanya" menjadi seorang ibu rumah tangga, sekaligus berhadapan dengan pasangan yang kurang peka dan ngerasa nggak didukung. Padahal, sih, emang karena jadi ibu rumah tangga gampang baperan, jadi mudah sekali menyalahkan apa pun *story of my life, tapi sekarang tobat kok!*

Novel seputar motherhood tuh nggak pernah ada matinya, ya. Selalu ada yang dibahas dan sebagai pembaca yang juga berstatus sebagai ibu tentu sangat menikmati jalan cerita. 

Novel setebal 326 halaman ini nggak terasa panjang, tau-tau selesai saking fun-nya. 

πŸ’Œ Favorite Part of the Book


Keluarganya Ella ini Batak, tiap kali bacain dialog mereka harus dengan logat Batak biar lebih meresapi cerita, hahahaha. 

Dan aku bisa menemukan beberapa persamaan dari sifat dan karakter papa mamanya Ella dengan orangtuaku sendiri, walau papaku bukan orang Sumatera, apalagi Batak. Beliau Betawi asli, cuy! Sama aja, sih, kalau lagi ketus mah... sama galaknya *ngumpet*

Waktu Ella pengen banget mamanya stay lebih lama saat dia abis melahirkan, ini part yang bikin aku agak terharu gimana gitu. Setiap anak perempuan yang abis lahiran tuh kenapa pengen banget selalu nempel sama ibunya, ya, huhuhu. 

Ella dan Ardo ini, kan, ceritanya highschool sweethearts gitu, kan. Jadi begitu menikah kayak nggak ada bedanya. Mereka komunikasi layaknya sahabat aja. Seru deh hubungan mereka ini. 

Kelar baca, aku baru sadar ternyata sebelum Medium Rare Mom, ada sekuel sebelumya yang berjudul A Man Who Loves You. Kurang pasti juga ini sekuel lanjutan apa gimana, karena ceritanya justru mundur banget ke belakang waktu Ella masih sekolah dan tinggal di kampung orangtuanya.

πŸ–‹ Favorite Quote


“Hidup sebaiknya dikendalikan oleh tujuan. You beat those challenges; you deserve the prize. Di situ deh nemu puasnya hidup.” (hal. 304)

Intinya, mau jadi apa pun termasuk seorang ibu rumah tangga, punya tujuan hidup itu harus!

1 Kos, 3 Cinta, 7 Keberuntungan - Astrid Tito


πŸ’‘ Blurb


Ada apa dengan kamar nomor 7 di Kos 7? Mengapa penghuni kamar itu selalu berulah dan bermasalah? Linda sang perempuan kusut, pengidap skizofrenia. Renata yang diduga pelakor akibat berwajah cantik berbodi biola. Serta Bram si laki-laki kemayu yang digebuki penagih akibat utang kartu kredit yang menggulung hingga segunung.

Lantas bagaimana keempat sahabat, Aol-Rendy-Vika-Eda, mampu membantu permasalahan para penghuni kamar kos nomor 7? Bagaimana pula kisah cinta Aol dan Rendy, Vika dan Rakai, serta Patty dan Arya? Misteri apa yang melibatkan Patty, sang pemilik kos, dengan angka 7 dan kamar nomor 7?

πŸ’­ My Personal Thoughts


Seru, sih, awalnya. Aku kira ini bakal jadi novel drama yang berbalut thriller dan misteri tipis-tipis. Coba aja bayangin, kamu jadi ibu kos dan terus suka bermasalah dengan penghuni kamar nomor 7. Belum lagi ada kejadian mistis yang terjadi, kayak guci-guci yang pecah dan mengeluarkan bau bangkai menyeruak setiap kali penghuninya terkena masalah. 

Sayangnya, hal-hal yang kukira bakal membuat cerita makin klimaks, ternyata hanya "aksesoris" semata. Mungkin penulis emang pengen konsisten di romansanya aja, sih. 

Tapi aku tetap senang bisa menyelesaikan novel ini. Latar belakang dan pengembangan cerita cukup unik dan menarik jadi nggak ngebosenin.

πŸ’Œ My Favorite Part of the Book


Dari tiga kisah cinta yang ada, paling suka ceritanya Vika dan Rakai. Nggak tau kenapa hubungan mereka tulus gitu, walau masing-masing punya masa lalu yang nggak mudah.

***
Semoga dua novel ini bisa jadi ide bacaan manteman juga, ya. Happy Monday! ❤️ 

3 comments:

  1. Aku lebih tertarik ke buku pertama apalagi ada sekuel nya. Biasanya bakal aku baca lengkap JD tau ttg latar belakang para tokoh.

    Paling sebel kalo Nemu buku yg udh nyenggol2 thriller atau horor, tapi ga diseriusin. 🀣. Jadi kayak pemikat doang.

    Blm pernah baca sih buku2 dari penulis di atas. Kalo ada Nemu 1 dari ipusnas, aku mau coba baca deh. Biasanya kalo udh suka dengan 1 buku dari penulis tertentu, aku bakal penasaran Ama buku2nya yg lain

    ReplyDelete
  2. Lumayan banget ya itu diskon jadi 60rb. Bukunya Astrid Tito kayaknya seru Kak hehehe. Emang ya kalo baca buku yg isinya bisa relate dengan kehidupan pribadi kita bikin ngerasa bisa bersimpatik lebih thdp tokoh dan seisi ceritanya πŸ˜†. Anyway aku mau meracuni Kak Jane lagii ah, kemarin aku baru aja baca novel BINO-Thriller lokal hehe, rekomendasi dari Lia, dan Kak Jane harus coba baca buku ini, available di ipusnas. Kayaknya Kak Jane bakalan cocok sih, siapatau kan Kak Jane sedang mencari asupan thriller lagi😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYESSS, Cobain baca Bino, Ciii 🀣. Di Gramdig juga adaaaa~ ini thriller horor + local made, ada topik pesugihan gitu wk.

      Btw Ci Jane gercep sekali langsung selesai baca 2 buku dalam semalam 🀣

      Delete