Second Pregnancy Journey: Second Trimester (Week 13-28)

Monday, February 1, 2021

Puntenn, mami (banyak) gaya mau lewat 😝
This one was taken when almost hitting 20 weeks!

As I'm writing this post, I'm officially entering the very last semester of this pregnancy, wohooo! πŸ₯³

Perasaan baru hamil, kenapa udah masuk trimester ketiga aja nih?! Dear baby, take your time, ya! Mama masih (agak) betah nih dengan perut besar, meski pegalnya udah mulai berasa jugak *koyo mana koyo?*

Bagi seorang bumil yang melalui trimester pertama dengan cukup 'drama', thank goodness karena selama trimester kedua ini I was feelin soooo much better! Berikut update selama trimester (terbaik) ini: 

Mommy's update 


Weight gain and physical changes 
Berbeda dengan hamil pertama, kenaikan berat badan hingga di akhir trimester kedua ini sangat selowww, which is great! Phewwww.

Berdasarkan kontrol dokter terakhir, total kenaikan beratku hanya 5 kilo sejak awal kehamilan. Aku memang nggak berharap naik banyak, supaya PR setelah melahirkan nggak terlalu nyusahin. PR apa? Yaaa menghilangkan lemak-lemak selama sembilan bulan ini tentunyaa. 

Good news is, karena aku akan menjalani c-section, dokter pun menyarankan untuk makan sedikit lebih banyak agar berat badan dedek bayi boleh lebih besar. Oke sip. Mana bubble tea?? Mana cheesecake?? Siniii aku sikat! *nggak begitu juga sih, bund...*

Itu soal berat badan. Tentang perubahan fisik, tentu saja pipi dan beberapa bagian tubuh lainnya mengembang ke kiri dan kanan. Dan saat masuk penghujung trimester kedua, aku mulai gampang merasa pegal-pegal khususnya di bagian pinggang dan betis. Hamil di usia 29 tahun emang beda yeee dengan lima tahun lalu LOL. 

Eczema update 
Ada yang masih inget nggak kalau aku pernah cerita eksimku kambuh parah saat trimester pertama? 

Karena eksimnya cukup meradang dan sangat menganggu tidur malam, akhirnya aku menjalani detoks kecil-kecilan. Agak susah yaa bok milih-milih makanan di saat hamil begini huhuhu tapi ya mau bagaimana lagi, karena salep eksim yang mengandung steroid itu sama sekali nggak boleh dipakai selama kehamilan. Namun, ternyata ini sebuah blessing in disguise, sih. Harusnya memang nggak boleh terlalu bergantung pada steroid, lebih baik diet makan aja (walau ini susah-susah gampang juga). 

Selama detoks ini aku menghindari seafood, almost of all dairy products, telur dan ayam dan buah-buahan tertentu yang dapat memicu inflamasi. Sebaliknya, aku lebih banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang memang disarankan untuk detoks eksim yang sedang meradang, dan tentunya aman yaa buat bumil. 


Selama detoks ini aku mengacu pada tips yang pernah di-share oleh Marlisa Tenggara, beliau adalah salah satu pejuang eczema dan udah sukses lepas total dari ketergantungan steroid. Coba baca-baca aja yaa Instagram maupun blognya, banyak tips yang oke bangettt (: 

Oh ya, sekalian aku mau minta maaf untuk teman-teman yang meninggalkan komentar di post Melawan Penyakit Eksim karena belum sempat membalas komentar kalian satu per satu. Rencananya akan kubalas nanti dalam satu postingan khusus. Agak kaget karena sejak tulisan tersebut naik, ternyata banyak sekali pembaca yang mengalami situasi sama ): you're not alone! Let's fight this eczema together!

Appetite and food cravings
Thank God, my appetite is back to normal on this trimester! Halo ayam goreng! Halo terong balado! Halo soto kuning! 

Walaupun ada kalanya mendadak hilang nafsu makan, setidaknya masuk dapur udah nggak kepingin pingsan. Puji Tuhan mama Josh lebih rajin masak di trimester kedua ini. Udah bisa bikin pangsit lagi rikuesan bapake, bikin sempol ayam buat bocil (dan berhasil!) bahkan iseng re-cook resep Crispy Chilli Beef nemu di akun Instagram. 

Nggak ngidam apapun, but surprisingly I have a slightly high tolerance to spicy food. Yaaa, nggak semua cabe aku telan juga, sih. Aku memang nggak bisa terlalu makan pedas, tapi selama hamil ini malah doyan banget cari yang memberikan sensasi 'membakar mulut'. Sambal matah yang biasanya cuma kucomotin bawang merahnya, ini sampai rawitnya aja kutelan dan dengan sombongnya berujar dalam hati, "Lah, nggak pedas ini mah," tentunya sambil berharap dedek bayi nggak kepedasan di perut 🀣 

Baru maksi laper lagi liat foto begini...

Pregnancy hormones 
Ngaku boleh, yaaa. Jadi ada dua momen selama trimester ini yang berhasil membuatku nangis sampai sesunggukkan di bahu suami. Alasannya sepele, tapi karena hormon hamil, jadi lebaaay. 

Episode nangis pertama: menjelang Natal tahun kemarin, aku sedang berada di puncak kangen-kangennya dengan keluarga di Bali. Ingat, kan, yaaa, kami sempat ada agenda ingin nekad road trip ke Bali untuk liburan di sana. Namun, karena bumil parno dan kesehatan adalah prioritas, agenda tersebut kami kubur dalam-dalam. Di suatu malam saat siap bobo, tiba-tiba air mata ini membendung dan aku langsung meluk suami erattttt banget sambil nangis drama πŸ˜‚ Doi kaget lah dan nanya kenapa sambil ngelusin kepalaku. Terus, aku cerita deh kalau aku juga kepingin ketemu papa mama di Bali. Sekian menit berlalu, udah perasaan itu hilang begitu saja. Aku bobo nyenyak sampai besoknya bingung sendiri kenapa bisa nangis kayak gitu, sih. 

Episode nangis kedua: kali ini alasan klasik, gara-gara 'berantem' sama Josh. Tiap kali abis ngomelin Josh itu rasanya menyesal banget nget nget. Padahal harusnya aku bisa lebih memahami kondisi dia, tapi biasaa dehhh... ego seorang ibu tuh tinggi banget (apa gue doang?). Capek berantem, aku baringan di ranjang, nggak mau liat mukanya Josh samsek 😒 Beberapa menit kemudian, suami nyamperin dan narik aku bangun dan langsung nenggelemin mukaku di bahunya. Nangis deh sejadi-jadinya 😭 He didn't say anything for couple of minutes. He let me cried dan elus-elus punggung aku. Sementara Josh yang udah di-lecture sebelumnya oleh sang papa, bengong liatin mamanya yang nangis sesunggukkan. Setelah puas nangis, aku dan Josh maap-maapan dan pelukan. Nggak lupa ditutup dengan makan risoles cokelatnya Jesrisoles sambil ketawa-ketawa lagi. 

Luar biasa bukan pengaruh hormon hamil ini? 

Note to myself: anak udah mau dua, stok sabar dibanyakin ya, bund! 

Baby's update


Baby's movement 
Karena udah lupa apa rasanya 'ditendang' bayi dari dalam, momen pertama saat merasakan tendangan si dedek bayi sangat magical! Debay biasa aktif di waktu siang sampai sore hari, terus lanjut malam sebelum bobo. Gerakannya bervariasi: mulai dari berasa "ditonjok" dari dalam, dan yang paling sering adalah gerakan menggeliat yang bikin perut geli banget 🀣

Baby's size 
Menurut aplikasi Teman Bumil, ukuran debay saat ini di usia 29 minggu sudah sebesar terong! 

Baby's gender 
Sepertinya ini yang ditunggu-tunggu permisah, yaaa XD 

Sejak awal kehamilan kedua ini, I secretly wanted a baby boy again. Pokoknya tiap ada yang nanya, "pengen cowok atau cewek", aku jawab sebijak mungkin tapi dengan embel-embel, "kalau boleh maunya cowok lagi.".

Memang kenapa, sih, pengen anak cowok lagi? 

Alasan receh, yaa biar hemat pengeluaran baju-baju bayi. 'Kan tinggal pakai bekas kakaknya dulu πŸ˜† Tapi kalau alasan yang cukup serius, supaya nggak ada perbedaan didikan di dalam rumah. Maksudnya gini. Punya anak cowok dan cewek itu pasti ada perbedaan didikan dan nilai, kan. Nah, mumpung udah punya anak cowok, tinggal diterapkan ulang saja ke si calon dedek bayi. 

But at the same time, menjelang masuk trimester kedua entah mengapa aku mulai merasa seperti bonding dengan anak cewek. Biasanya feeling seorang ibuk itu kuat banget, kan, yaa. 

Tiba saatnya kontrol dokter, aku dan suami mulai deg-degan apakah kami udah bisa lihat gender si debay? Begitu kami tanya ke dokter, eh malas dibalas sok misterius: "Bener nih mau tau? Yang pertama cowok, ya?"

Saat dokter mencoba mencari kelaminnya dedek di layar USG, kemudian taraaa! Ketahuan deh! πŸ˜†

Aku nggak mengumumkan ini ke siapa pun kecuali kepada teman dekat, orangtua dan keluarga. Sisanya kalau ada yang nanya langsung baru deh dijawab. Karena kalian di sini udah kuanggap sebagai keluarga sendiri, so again let me spill the bean to you, fams.  

πŸ’•πŸ’•πŸ’•

Bonus update


Best moment in this trimester
Setelah dokter meyakinkan berulang-ulang kalau debay adalah seorang perempuan, mama pun tak tahan untuk segera belanja perintilan anak cewek πŸ˜†

Awalnya aku merasa nggak butuh banget untuk belanja karena baju-baju bayi bekas kokonya masih ada dan kondisinya oke. Apalagi new born itu cepet gedenya. Tapi setelah lihat baju-baju bayi cewek gemessssh di baby shop kok nggak tahan juga, ya πŸ™ˆ akhirnya belenjong juga dehhh! 

Nggak banyak kok, cuma nyetok beberapa yang esensial aja biar dedeknya ada baju baru juga. Nggak lupa beberapa sleepwear jumper berwarna pink biru pastel bermotifkan princess seperti foto di atas... akhhhhh πŸ˜† *emaknya heboh*

Oh ternyata gini, yaaa, rasanya mau punya anak cewek! 

Josh update 
Gimana seorang koko Josh menanti kehadiran sang adik perempuannya? 

Iyaaa, jadi Josh udah tahu kalau dia bakal punya baby sister! Sebelumnya doi berharap punya baby brother, karena katanya bisa diajak main excavator dan basketball. Setelah dia tahu ternyata adiknya perempuan, dia cuma titip pesen begini: "Dedek nggak boleh main mobil-mobilan Jojosh, ya. Dedek, kan, girl, main yang lain aja."  Polos banget nggak, sih, logika anak-anak? πŸ˜‚

Sebagai orangtua yang mendukung kesetaraan gender *halah*, kami bilangin aja dedek cewek pun bisa diajak main mobil-mobilan atau bola. Kecualiiii, si dedeknya punya preferensi lain hihi. 

Hal lain yang "berubah" sejak Josh tau mamanya hamil dan bakal punya dedek, setiap hari Josh nggak pernah absen "ngomong" sama perut mamanya. Adeknya diajak ngomong, mulai diceritain keseharian dia, nggak lupa nanyain "dedek udah kenyang belom? tadi mama makan eskrim lhooo...". Sebelum tidur malam, kami punya kebiasaan untuk say good night and I love you to each others. Setelah ngomong sama papa mama, Josh juga nambahin, "Good night dedek. I love you dedek." 

I'm not crying, you are crying! WHY SO SWEET JOSH 😭

You'll be such a good brother, Josh. And dedek, you're gonna have so much fun with your brother! Kalian saling jaga yaa πŸ’• *mama brb nangis di pojokan*

Husband update 
Ada yang senyum-senyum shy shy cat di ruangan dokter begitu tahu bakal punya anak cewek πŸ™ˆ

Kebalikan dari aku, suami secretly wanted a baby girl. Your wish has been granted, hubs! 

Si dedek di perut ini lucuk banget karena suka "godain" papanya. Kalau dulu Josh di perut tuh suka aktif nendang-nendang di kala papanya ajak ngomong. Nah, si dedek ini berbeda. Tiap diajakin ngomong malah nggak gerak, padahal sebelumnya, sih, aktif. Sepertinya grogi yaa, dek, diajak ngomong sama papa hihi 😝

P.S. papanya udah kena "kick" kok pada akhirnya hahahaha

Terima kasih untuk manteman di blog yang sudah dan selalu mendoakan kehamilan dan keluarga kami. Same prayer goes to you all! Semoga kalian juga dalam keadaan sehat dan bahagia selalu, ya! Sampai jumpa di laporan trimester akhir! Aaaaaa, mulai deg-degan! 🀣

38 comments:

  1. horeeee sudah masuk semester 3

    sehat sehat terus ya jane! 😍


    gemana gemana...enak kan rasanya ditendang kaki bayik lagi...yang yaaaa seperti dugaan aku sebelumnya..kayaknya ni jane hamil cewek nih..sebab dramanya pas semester 1 ini sama dengan yang aku rasakan oas dulu hamidun ma bebe girl daaaan bentol bentol juga aku hampiirrr tiyep hari di tm 1...

    hayioo siap kan mental dan hati ya jane..siyap siap mellow bakal ada 2 bebih kayak aku hahahhahahahaha.. ini pesti tar tebakanku las mo lahiran kayak aku dulu...aku mewek mewek drama karena ngliat anak pertamaku masih kecil banget uda diadein lagi hahhaha

    tapi koko josh kayaknya ngemong banget ya hihi

    mudah mudahan segala doa baik memberkati jane dan dedek bayi hingga due date tiba nantinya ya πŸ˜„☺😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Nittt, sepertinya kuharus berguru padamu gimana supaya tetap waras di saat beranak dua nanti 😝 tapi aku mayan lega sihh soalnya Josh udah agak besar jadi (mungkin) kuminta bantu ini itu hihi tapi yaa pasti dehh drama akan selalu hadir di waktu yang tak terduga πŸ€ͺ

      Iya lho norak banget aku bisa ngerasain ditendang bayi lagi hahaha warbiasak yaa pengalaman hamindun ini πŸ˜†

      Hooh ngemong banget dia, anaknya memang agak melankolis gitu Mbaa makanya gitu deh πŸ₯Ί

      Maacih banyak yaa Mba Nit! Semoga Mba dan keluarga juga sehat selalu πŸ’•

      Delete
  2. Oemjjiiiii beneran baby girl πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† so exciteddd melihat dede baby lahir ke dunia πŸ˜† sehat-sehat yaaaa, meimei πŸ˜† *halah*

    Btw.. aku hampir ambyar membaca cerita Josh... Huaaaaa Josh why you do sweet?! 😭 Air mataku udah menggenang di ujung, dikit lagi netes kalau diterusin πŸ˜†. Meimei beruntung sekali punya koko seperti Josh 😍. Aku tak sabar melihat Cici foto b4!! Huahahahaha *kok jadi aku yang nggak sabaran*
    Sehat-sehat ya Cici Jane 😍 hamil dengan kenaikan berat badan yang nggak banyak itu, berkah banget ya Ci 😝

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehhh yang ada aku manggil kamu meimei! *plaaaak* 🀣

      Kalau gitu harusnya kuteruskan aja yaa Lii biar nangismu nggak nanggung wkwkwk

      Duhh papa mamanya aja gemess liatin Josh bisa sengemong itu sama dedeknya yang masih di perut hikss nggak sabar liat dia sayang-sayang gemess sama dedeknya hihi

      Embyeeer! Biar entar nuruninnya nggak setengah mati wkwkwk Maacih banyak yaadedek peri kesayangan! Kamu juga sehat-sehat yaa! πŸ’–

      Delete
    2. 🀣🀣🀣🀣 maklum, aku masih menolak tuwir, Ci 🀣🀣🀣

      Huaaaa bisa ambyar kalau diterusin 🀣 tapi nggak nyangka kalau Josh bisa se-ngemong itu sama dedeknya ya, Ciiii 😍 semoga pas dedeknya lahir, Josh bisa semakin sayang sama dedenya 😍. Nggak sabar menanti cerita-cerita kocak Josh dan dedeknya wkwkwk

      Delete
    3. Ada saatnya nanti kamu harus menerima kenyataan bahwa sudah benar-benar tuwir wkwkwk πŸ€ͺ

      Kayaknya sih karena dia udah lebih dewasa dehh. Soalnya waktu dia masih usia 2-3 tahunan, ditanya mau dedek apa nggak jawabannya nggak, belum lagi nempellll buanget sama emaknya πŸ™„ dedek gak mau, maunya punya cece kata Josh, bahh emaknya pusing harus gimana dong wkwkwk

      Aminnn aminnn! Maacihh YIYI LIAA (sengaja dicapslock 🀣). Ku juga tak sabar melihat interaksi keduanya nanti hauhahaha

      Delete
  3. Duuh aku antara gemes sama terharu baca bagian Josh ngajak ngomong dedek di perut, why so cute Joosshh 😭😭

    Thank you for sharing your baby's gender with us Jane πŸ₯° iih gemes banget piyama princessnyaa πŸ’•

    Sehat-sehat sampai hari kelahiran ya Jane dan dedek bayii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kan ya kan 😭 gimana mama papanya yang tiap hari dengerin kokonya ngomong gitu sama perut, gemesnya sampai ke ubun-ubun hauahaha

      Piyamanya implusif banget deh aku belinya. Padahal aku nggak gitu suka princess, eh gak tahan juga karena warnanya gemess gak terlalu pink banget 😝

      Maacih banyak yaaa Eyaa! Kamu juga take care di sana πŸ€—

      Delete
  4. Walau ada beberapa bahasa yg agak bikin saya bingung. Mohon maaf yah Mbak Jane. Heheh
    Tapi ikut senang saya bacanya...
    Saya malah baru dnger kalau ternyata kehamilan bisa terkena serangan Eksim..

    Luar biasa memang pengorbanan dan perjuangan para Ibu diluar sana... keren banget sumpah..

    Sehat2 yah Mba Jane.. ditunggu dedek perempuannya.. hehe πŸ˜ƒ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa dong, Mas Bayuu. Nda perlu maaf, emang pembahasannya ibu-ibu banget ya πŸ˜‚ nah, kebetulan saya memang udah kena eksim sejak 3 tahun yang lalu, pas banget mungkin karena hormon hamil jadi agak parah dehh.

      Huhuhu betul sekali, Mas. Jadi paham apa yang dirasakan mama saya sendiri dulu 😒

      Makasih banyak, Mas Bayu! Semoga Mas Bayu dan keluarga juga sehat-sehat ya ☺️

      Delete
  5. Yaaaay, ternyata BABY GIIIIIRRRRL!! Nggak sabar lihat keponakan tersayang πŸ₯³πŸŽ‰

    By the way, kalau nggak makan seafood, ayam dan telur, jadinya makan apa mba? Daging sapi, kaaah? 😁 Kayaknya saya mau cari tau lebih dalam soal itu sebab salah satu keponakan saya ada yang kena ~ hehehehe.

    Dan for Josh, semoga Josh bisa jadi big brother untuk dedek bayiiiii, nggak kebayang sweetnya Josh nanti as big brother dan happy-nya dedek punya kakak laki-laki (salah satu impian saya yang nggak akan pernah terkabul hahahaha) 🀣

    Ps: salfok sama foto mba Jane di atas, looks so pweetyyyyyyy! 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaaay! ❤️ Meski awalnya ingin anak cowok, ternyata pas tahu hamil anak cewek hepinya juga banget banget 😝😝

      Aahh ponakan Mba Eno umur berapa? Mungkin bisa konsul dulu juga ke dokter. Kalau aku kemarin ini makan ikan aja, Mbaa. Jadi pas detoks kemarin itu aku lebih banyak makan sayur dan protein. Kangen daging banget tapi biar cepat sembuh huhu terus buah banyakin melon sama alpukat, dua buah itu ramah kulit biar cepat pulih lagi hihi

      EHHH aku juga pengen punya kakak cowok lhoo, makanya senang buanget waktu hamil Josh karena setidaknya waktu itu punya harapan Josh bisa jadi dipanggil kakak, eh beneran sekarang πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Maacih banyak untuk doanya Tante Eno! πŸ’• Aihhh mama Jane banyak gaya kan itu wkwkwk maacih Mbaa jadi malu πŸ™ˆπŸ˜

      Delete
  6. Waaah ??? Tak terasa ya Tante Jane, kehamilannya sudah memasuki trimester ke 3 . Ya??? Sehat selalu Moms dan dedek bayinya hingga persalinan tiba. Dan ??? Ngomong - ngomong selama Tante Jane hamil anak pertama hingga anak ke 2 ini Tante Jane juga konsumsi susu kehamilan ataupun vitamin seperti blackmore gitu ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasihh banyak untuk doanya, Mba Tari ❤️ iyaa betul-betul nggak kerasa tau-tau tinggal hitungan minggu aja sampai hari persalinan nanti πŸ˜‚

      Di kehamilan kedua ini aku cuma minum susu UHT biasa aja, Mbaa. Kalau vitamin yang diresepin sama dokter aja, nggak minum yang di luar itu 😊

      Delete
  7. Yeeey adiknya Josh baby girl ^^ Selamat ya Mba Jane.. I feel you, laper mata klo liat baju2 anak cewek gitu. Model dan warna2nya super cute semuaaa. Hehehe.. Lancar2 sampe lahiran yaa bumil cantik, yg udah masuk trimester 3 badannya masih kece badai aja. ^^

    Aku jg langanan enzema pas hamil. Sampe kaki n tangan ga enak bgd rasanya. Tp aku dikasi salep sama salah satu dokter spesialis kulit, dia prakter di RS Permata Hijau. Lumayan cocok dan kata dokternya itu aman buat bumil.

    Mood swing, itu iya bgd. Jd lebih sensitiv, kadang hal keci aja bs bikin melt down n nangis bombay. Persis kaya Mba jane cerita.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duhh iya kan, Mbaa. Punya anak cewek godaannya banyak banget, belom beli aksesorisnya nanti hauahaha πŸ˜‚ aminnn, maacih banyak Mbak Thessa πŸ’– ohh tentu saja badan yang sekarang semakin melar, foto di atas terbantu oleh angle kamera, Mbaa πŸ™ˆ

      Wah Mba Thessa juga ada eksim ya? Duh iya kan gatalnya itu lho yang nggak nahan 😣 kebetulan aku nggak cek ke dokter kulit pas hamil ini, jadi oles-oles lucas papaw aja sama pake lotion banyak-banyak biar nggak kering πŸ˜‚

      Mood swing bumil itu benar-benar nggak terduga yaa, Mbaa 😝

      Delete
  8. Selamat ya mb atas kehamilannya smg selalu sehat bersama calon debaynya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Bang Day, makasih banyak yaa untuk doanya! πŸ™πŸΌπŸ˜Š

      Delete
  9. cepetnyaaa udah masuk TM3! Karena kemarin pas masih lurking2, keknya baru pengumuman banget. Dan cewek! Gemes banget Josh. Pasti kalau dedeknya udah lahir akan makin gemes karena dia bisa lihat adiknya langsung.

    Katanya hormon itu ngaruh juga dari jenis kelaminnya nggak sih, mbak? Maklum nggak pengalaman hahahah. Kalau bayinya cewek pasti lebih mellow, lebih mudah tergoncang emosyiiii gituh.... lah, aku jadi mikir, kalo PMS biasa aja aku rewelnya minta ampun, piye kalo hamil.. πŸ˜‚πŸ˜‚

    Huhu, semoga sehat dan selamat selalu yaa mbak Jane.... 😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cepet banget, Mbaaa. Padahal kayaknya baru kemarin aku ngerasa perutku kok nggak besar-besar, eh sekarang mau ambil barang di lantai aja setengah mati (encoknya) 🀣

      Iya ihh aku pun penasaran gimana respon saat ketemu dedeknya nanti hihi

      Waktu hamil Josh seingatku nggak semellow sekarang ini, pokoknya tangguh banget deh pas hamil Josh itu. Ada yang bilang memang bawaan bayi bisa mempengaruhi mamanya, tapi ada juga yang hamil anak cowok bawaannya lemes-lemes, morning sickness terus-terusan dll πŸ˜‚

      Waah kalo PMS sih samaan kita, Mbaa 😝

      Aminnn! Maacih banyak yaa Mba Mega! ❤️ Salam sehat selalu buat Mba dan suami πŸ’•

      Delete
  10. Saya berulang kali main ke pos ini baru berani baca sekarang karena 1) saya tau akan banyak informasi yang akan saya temui dan 2) saya mesti tidak dalam kondisi yang lelah agar bisa ngerasain euforia adeknya Josh πŸ˜„

    Perasaannya campur aduk euy. Kasihan sama Si Josh pas cerita kak Jane ngecuekin Si Josh. Mungkin Joshnya ngga tau apa-apa, tapi kayak kasian aja dengarnya. Semoga kak Jane bisa jadi lebih sabar dan jadi Mama yang keren untuk Josh dan adiknya 😁

    Tapi pas dengar dialog Josh, saya jadi gemas sendiri sama Si Josh. Pemikiran anak kecil memang sangat polos dan jernih. Keluar begitu saja. Makanya kadang-kadang lucu meski bisa jadi boomerang kalo dengan orang lain πŸ˜†

    Untuk Mas Andreas, saya bisa ngerasain sebagai cowok. Meski anak cowok lebih enak diajak main, tapi perasaan jadi Ayah itu lebih terasa kalo sama anak cewek. Apalagi rasanya kalo punya anak cewek itu langsung kayak sugar daddy πŸ˜…

    Akan ada masanya bagaimana Mas Andreas akan jadi lebih protektif dengan adeknya Josh. Apalagi kalo memasuki usia remaja.

    Ngga sabar pengen liat adeknya Josh πŸ˜€

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahaha terima kasih banyak lho Mas Rahul akhirnya bisa berkomentar juga di postingan ini 😁

      Jadi ibu itu memang sejuta rasanya. Sekarang saya baru paham rasanya jadi mama saya tuh kayak apa ): ada kalanya rasa sayang itu berkali lipat dengan anak, tapi kayak kasus di atas rasa sayangnya cuma satu aja πŸ˜‚ perjalanan saya jadi ibu masih panjangggg banget, Mas Rahul. Harus belajar banyak dengan Mama saya sendiri 😁

      Tentang "kepolosannya" Josh saya justru belajar banyak dari dia. Anak kecil itu cepat marah tapi cepat juga lupanya wkwkwk seolah-olah nggak terjadi apa-apa. Makanya saya suka takjub kalau liat Josh habis ngambek, beberapa menit kemudian anaknya ketawa-ketawa lagi πŸ˜‚

      WKWKWK sugar daddy 🀣🀣🀣 tapi kenapa yaa para suami itu kepingin punya anak cewek hihi dan betul yang Mas Rahul bilang, siap-siap aja nih adeknya Josh bakal dijaga banget sama bapaknya begitu beranjak remaja, apalagi kalau udah ada yang ngapelin ke rumah 😝

      Delete
  11. wow baby girl ya jane. congrats again ya. lengkap deh sepasang ya. :)

    semoga lahirannya lancar ya. baby dan mamanya sehat2 selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa jadi ada sepasang XD thank you so much yaa, Selly! Sehat-sehat buat kamu juga <3

      Delete
  12. AAAAAKKK CEWEK~~~ yeay selamat Ci Jane dan papanya Josh, lengkap habis ini ada cowok-cewek di rumah. Yeay aku ikutan seneng karena akan ada ponakan perempuan lahirnya samaan di bulan April~~~ boleh ya aku sebut ponakan. xD YAIYA EMANG APA ADEK? Jangan sok muda! xD

    Semoga semuanya lancar Ci sampai hari kelahiran dan seterusnya, sehat selalu semuanya. <3

    Dan untuk masalah hormon hamil tuh emosinya naik turun sama apa nggak ya Ci sama hormon bulanan kalau PMS gitu? Kadang kan suka tuh tiba-tiba mood swing nangiiiissss sesenggukan terus habis gitu mikir "kenapa aku tadi nangis kayak gitu ya?" wkwkwkwkw.

    Oh iya dan untuk masalah makan makanan pedes itu, hmmmm kalau Ci Jane ada di lingkungan tetanggaku kayaknya bakal diceramahin gini deh "jangan makan makanan pedes nanti anakmu gosong lho kulitnya", ini mitos kan ya? Aku tuh sampe mikir ini lho beneran mikir kayak...bukannya warna kulit manusia itu genetik ya? Sampe gitu Ci saking banyakanya mitos soal kehamilan yang beredar di sekitarku. Ya dulu sempet juga baca-baca gitu tapi kalau udah hadapan sama orang-orang kanan kiri ini kalau dijelasin suka nggak masuk kadang malah dilabeli bandel kalau referensinya ke ilmu pengetahuan. xD

    Lah jadi banyak begini ceritanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. TENTU SAJA PONAKAN DONGGG. Jangan ikut-ikutan Lia yaa ngaku-ngaku jadi kakak, enak sajaaah wkwkwk yokss geng April babies merapat! Seruuu banget ini dedeknya Josh punya banyak onti bloggers yang lahir di bulan samaan 🀣

      Aminnn aminnn! Makasih banyak doanya, Endah <3

      Mirip-mirip PMS sih. Cuma kalau di aku, PMS biasanya aku suka marah-marah nggak jelas, terus BT tak beralasan. Nah kalau pas hamil ini malah hepi-hepi aja sih, cuma ya itu kalau udah mellow bisa kebablasan sampai mewek, yang mana kalau lagi PMS hampir nggak pernah terjadi wkwkwk warbiasak yaa hormon kita itu XD

      WAHAHAHA MITOS ITU MITOSS. Aku juga suka dengar berbagai macam mitos selama hamil, mertuaku juga sempet bilang mitos kayak kalau lagi hamil dan lagi masak tangannya jangan diangkat tinggi-tinggi, entah apa korelasinya sih, langsung ditepis sama suamiku πŸ˜‚ zaman sekarang tinggal pakai jurus kalimat ini aja: "Oh, kata dokterku sih gini..." hayooo nda bisa dilawan 😝

      Delete
  13. Gemes banget updatenya, Ci Jane. Super lengkap, sampai kayak lagi ikutan hamil wakakaka. Makasih ya. Aku belum pernah hamil, tapi selalu suka denger cerita orang hamil termasuk cerita Ci Jane. Sehat sehat selalu Ci Jane dan baby girl. Koko Josh juga sehat sehat, biar bisa jagain mobil-mobilannya hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha heboh banget yaa, Mba update-nya XD hamil kedua ini juga serasa kayak hamil pertama lagi gitu entah mengapa, apa karena udah lama yaa XD

      Terima kasih banyak Mba Justin untuk doanyaa. Semoga Mba dan geng kucing juga sehat-sehat selalu yaa di sana πŸ€—

      Delete
  14. OMG.... Baby Girllll!!! So gemaaas. Sehat2 yaa cici daaan babyyyy. Wahhh ga kerasa uda masuk TM3 yaa. Cepet amaat yaa πŸ˜‚

    Btw Josh sweet bangeeet. Good Boy dan akan jadi koko yg bae untuk dedek. Maybe bisa jadi "bodyguard" nya sih dedek hhha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooooray! πŸ˜† Makasih banyak yaa, Dev! Iyaa lho nggak berasa banget tau-tau udah masuk TM3 aja nih hihi

      Huhuhu iyaa, nggak nyangka anaknya bisa ngemong dedeknya dari perut. Dedeknya beruntung bisa dijagain dua bodyguards di rumah, yang satu papanya yang satu kokonya ahahaha πŸ˜‚

      Delete
  15. Aku terharu Kak waktu baca bagian Kak Jane nangis di depan Josh tapi abis itu kalian langsung maaf-maafan lagiii😭 mungkin disitu juga semoga Josh bisa belajar ya perjuangan seorang ibu seperti apaa sedari kecil.

    Aaahh lengkap banget kak berarti nanti ada laki-laki dan perempuan😍 aku selalu seneng kalo lihat keluarga yang anak paling besarnya laki-laki dan punya adik perempuan! Karena aku ngga punya kakak laki-laki dan aku anak pertama, jadi aku pengeen banget punya kakak laki-laki🀣

    Anyway, sehat-sehat ya Kak Jane! Debay cantik, kami semuaaaa pasti akan menyambutmu dengan sangat bahagiaa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhuhu kalau diinget lagi rasanya pengen nangis juga sih, soalnya akutu paling jaraaang nangis di depan anak. Ini rasanya sudah tak terbendung ): dalam hati gapapa deh yaa, biar anaknya juga paham kalau mamanya juga bisa sad dan menangis sama seperti dirinya ahahahaha

      Hihi iyaa aku pun sangat excited, Ibel! DAN KITA SAMA BANGETT! Sebagai anak pertama, aku juga bercita-cita ingin punya kakak cowok tapi nggak kesampaian *lah iya gimana coba caranya XD*. Jadi senang sekaliii rasanya Josh bisa punya adik cewek, begitu pun sebaliknya :D

      Terima kasih banyak ya, Ibel! <3 huhuhu senanggg debay bakal disambut banyak onti-uncles yang baik hati di sini. Kamu juga sehat-sehat yaa πŸ€—

      Delete
  16. WHOAAAA IT'S A GIRL! Beneran ikut excited dan senang bangeeet dengernya, mbak Jane😍 Yakin banget nanti dedek bakal jadi keponakan online kita semua disinii, yeaay❤️❤️ Apalagi soal Josh yang sering ngajak "main" dedeknya, hadeuuuh rasa berkaca-kaca deh mataku😭 How sweet Josh🀧 Semoga sampai gede nanti Josh dan debay bisa selalu akur dan saling jaga diri yaa, sebab dari kecil aja bondingnya udah seperti inii huhu kuterharu🀧

    Ngomong-ngomong baca cerita mbak Jane soal trimester ini bikin aku jadi penasaran tapi sekaligus terharu sama para bumil di luar sana:") Penasaran, karena pingin ngerasain juga gimana rasanya bayi menggeliat di dalam perut, hahaha part ini aku jadi kayak ikutan geli sendiri mbakπŸ˜† Tapi kan masa mau coba-coba, lagian hamil anak sapeee yakali tiba-tiba ada janin di dalem perut, wkwkwk🀣 (emang ngadi-ngadi nih si Awl🀣)

    Ah, pokoknya aku mendo'akan yg terbaik untuk dedek dan persalinan mbak Jane nantinyaa😍 dan of course untuk kesehatan mbak Jane, semoga eksimnya nggak kambuh-kambuh lagi dan mbak Jane bisa makan apapun sesuka hati tanpa takut apa-apa ya mbakk😭 Aamiin huhu🀧

    ReplyDelete
    Replies
    1. ((keponakan online)) 🀣 beruntungnya kamu dekkk masih di perut tapi udah punya banyak onti-uncles online di siniii hihihi

      Tau nggak sih, aku sengaja videoin momen Josh waktu "ngomong" sama adeknya di perut, biar nih kalau udah pada gede terus berantem, mama tinggal keluarin henpon dan nunjukkin video bukti biar pada saling sayang wkwkwkw 🀣

      AWL PLISS JANGAN IKUT-IKUTAN HAMIL DULU 🀣 tapi nih yaa kalau mau dibayangkan, rasanya kayak perut lapar gitu lhoo, kan agak bergetar-getar yaa kalau lagi keroncongan. Nah kira-kira kayak gitu deh wkwkwk makanya kadang kalau lagi ditendang janin, aku bingung "ini gue laper apa beneran ditendang ya?" bahahaha

      AMINNN <3 thank you so much for your prayer and kind wishes, Awl! Kamu juga take care selalu yaa πŸ€—

      Delete
  17. aminnn, sehat sehat terus debay dan mbak jane
    nggak sabar liat Josh main bareng sama adeknya ntar

    aku baru tau kalau eksim bisa memerah seperti itu, kalau kulit memerah seperti ini aku alami ketika sakit panas tapi nggak turun turun biasanya mbak, mungkin namanya kalau orang jawa Biduren nyebutnya

    hehehe samaan mbak, aku kalau makan sambal matah, dicomotin bawang merahnya hahaha, aku sendiri juga heran kenapa aku bisa pilah pilah hahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maacih banyak, Mba Ainun! Mba juga sehat-sehat yaa di sana πŸ€—

      Eksim itu kalau kering dan kambuh pasti memerah, Mbaa. Terus perihnya banget-banget deh dan bisa sampai luka ): kalau biduran mungkin kayak bentol-bentol gitu yaa? Dulu Josh waktu bayi sempat kayak gitu tuh, panasnya hilang tapi muncul merah-merah di badan. Kalau dokter sih bilangnya semacam campak (:

      Hahahaha iyaa kannn. Bawang merah di sambal matah itu entah mengapa enak sekalii. Apalagi kalau ditemenin nasi panas 😝

      Delete
  18. Ga berasaaaa ya Jane. Ya ampuuuun, aku ikutan excited. Lengkap lah sudah sepasang :D.

    Kdg kalo denger cerita temen yg hamil, aku kangen juga Ama tendangan2 bayi di perut wkwkwkwk. Tapi kalo ditanya mau hamil lagi ato ga, jawabnya TIDAK :D. Cm kangen Ama pas hamil.

    Eh tapi hormon pas hamil itu memang deh, naik turun ga jelas. Aku aja sering dulu nangis nth karena apa, yg terus pas diinget jd malu sendiri :p. Cm yg aku paliiiiing senengin kalo hamil ,makan banyak ga ush kuatir gendut. Krn memang ini utk baby hahahaha *halaah alasan :p.

    Seru kok punya anak sepasang. Anakku juga co ce. Tp yg pertama cewe. Kalo udh berantem, ampuuuun daaah. Tp kalo sednag rukun gemesin banget :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. AHAHAHAHA dua cukup yaa, Mba Fan? XD iparku yang udah beranak dua juga kalau diledekin nambah satu lagi jawabnya juga sama, "EMOH". Hamilnya sih mau karena mungkin gemes yaa perut buncit πŸ˜†

      Sebelum punya adik paling bontot, selama 10 tahun aku juga berduaan aja sama adik cowokku, Mbaa. Jadi paham banget tuh dengan anak-anaknya Mba Fanny. Kalau lagi akur ya dempet banget, kalau lagi berantem bisa heboh banget πŸ˜†

      "Cm yg aku paliiiiing senengin kalo hamil ,makan banyak ga ush kuatir gendut" --> THIS! Makanya hepiii lho aku pas dokter bilang aku boleh makan rada banyak biar dedeknya lahir kiloannya juga agak besar wkwkwk *sungkem sama dokterku* 🀣

      Delete