Korean Fried Chicken

Saturday, February 20, 2021


Gara-gara kemarin ini iseng nyobain ayam goreng Korea baru dekat rumah, namanya Moon Chicken by Hangry (ada yang pernah cobak?), jadi teringat sebuah postingan lama tentang ayam goreng Korea yang pernah kami coba waktu ke Jepang lima tahun lalu. 

Btw, olahan ayam TERENAK menurutku adalah ayam goreng. No debate. Mau itu digoreng tepung, goreng bumbu kuning cocol sambal *lap iler*, geprek dan lainnya. Apa pun bentuknya selama  itu digoreng, udah pasti enak! Kecintaanku pada ayam goreng ternyata menurun pada si cah lanang, yang nggak pernah bosen kalau menu hariannya ayam lagi, ayam lagi πŸ˜†

Flashback ke cerita honeymoon trip sebentar, yaa. Sebetulnya ini repurpose content, sih, alias postingan lama yang kudaur ulang *halah*

Pulang dari Fuji trip, bus tur kami berhenti di daerah Shinjuku sekitar pukul lima sore. Karena bingung nggak tau mau makan apa, iseng deh ngide ke suami untuk pergi ke Shin-Okubo, daerah yang terkenal sebagai Korea Town-nya Jepang. Sebetulnya ini sekalian modus. Soalnya penasaran kayak apa tempatnya. Apalagi setelah browsing, banyakkkk banget K-Pop store yang menjual pernak-pernik termasuk official merchandise dan tentunya album Kpop. 

Gayung bersambut, kami pun segera naik subway menuju lokasi. Eniwei, sebetulnya dari Shinjuku ke Shin-Okubo bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Soalnya dekat banget, naik subway pun hanya 5 menit dari Yamanote Line. Cuma karena sore itu kami kecapekan ikut tur, plus perut lapar nggak karuan, pilih yang cepat dan pasti aja deh. 

Begitu sampai dan keluar stasiun Shin-Okubo, serasa tiba di Korea meski aku sendiri belum pernah menjejakkan kaki di sana πŸ˜‚ Lagu-lagu K-Pop berkumandang dari ujung ke ujung jalan. Jalan beberapa langkah terdengar lagu EXO, beberapa langkah berikutnya lagu Big Bang, begitu aja terus. Selain banyaknya toko-toko merchandise yang berjeje sepanjang jalan, banyak restoran Korea dan kafe yang berkonsep serupa. Pokoknya untuk para fangirl maupun fanboy pasti girang banget deh ke sini. Jadi, aku lagi ada di Tokyo atau di Myeongdong, Seoul, sih, ini? 🀣

Sebelum sang istri salfok kelamaan, suami buru-buru mengingatkan untuk cari makan dulu. Apalagi saat itu hujan sedang turun membuat bunyi perut semakin bergemuruh. Cukup bingung, sih, mau makan di mana, karena doi agak picky kalau soal masakan Korea. Beberapa menit kemudian, akhirnya kami memutuskan masuk ke salah satu restoran yang bertemakan ayam goreng Korea, namanya bb.q chicken (mohon maap, setelah browsing sana-sini, aku nggak menemukan nama dan alamat restorannya. Curiga tutup hiks).


Restorannya sangat minimalis, hanya ada beberapa meja yang cukup menampung nggak lebih dari 15 orang. Untuk menunya sendiri udah pasti berbagai jenis hidangan ayam. Beberapa pilihan menu ayam mulai dari yang taste sweet, spicy, kombinasi, dll. Porsinya pun juga bisa milih, dari yang isi 6 sampai 12 pcs. Ada pilihan rice set-nya juga untuk pengabdi nasi. Tentu saja sebagai orang Indonesia tulen, kami memilih menu ayam plus nasi. LAPER KAN YA BOK.  

Pesananku: Chicken with curry sauce.  Potongan ayamnya tipis sampai suara gigitannya pun "crunch crunch" 🀀

Pesanan suami: Aku agak lupa ayamnya diapain, tapi pakai saus kari juga dan tentunya sama-sama enak :D 

Dan ini JUARANYAAA *ngedit foto ini aja perjuangan lho* 🀀🀀🀀

Bonus pic: yang lagi kedinginan dan kelaperan 😝
 
Meski enak banget, tapi menurutku enaknya belum sampai yang bikin ketagihan kayak Bonchon Chicken. Ada yang tahu dan pernah coba Bonchon Chicken nggak? Dulu di Indonesia sempat ada dan hits di masanya. Kalau nggak salah mereka pelopor pertama ayam Korea di Indonesia gitu deh. Sayangnya, sekarang mereka udah tutup hiks. Padahal ayam mereka enaknya tuh sampai saus ayam yang tersisa di jari-jari tangan harus diemut sampai bersih πŸ˜† 

But still, we had a great chicken dinner that night! Perut kenyang, hati pun senang. Ayam goreng Korea itu nggak pernah bikin kecewa deh! 

πŸ—
Setahun kemudian, secara nggak sengaja aku nemu restoran yang sama saat kami berada di daerah PIK (Pantai Indah Kapuk). Aku nyeletuk (heboh) ke suami, "Lho, itu, kan, ayam yang kita makan di Jepang dulu nggak, sih?? Mampir yuks!"

Kalau nggak salah tahun itu berbagai restoran ayam Korea mulai booming di Jakarta, khususnya di PIK. Nggak nyangka si bb.q chicken ini malah ikutan nongol juga. Sayangnya (lagi), sekarang restonya udah tutup. OMG KENAPA, SIH, AYAM FAVORIT GUE TUTUP SEMUA *tuh kan Jane mulai lebay*. Waktu aku cek di Google, adanya BBQ Chicken Express, entah deh sama atau tidak dengan yang pernah kami makan. 

Sampai hari ini, aku masih belum nemu lagi ayam goreng Korea seenak Bonchon maupun bb.q chicken di Indonesia. Yang paling mendekati hanya chicken wings-nya Wingstop, tapi itu bukan taste Korea meski sama-sama enak. Kkuldak enak juga, sih. Tapi jenis ayamnya yang udah dipotong-potong kecil jadi kurang mantap dinikmati. Dan kenapa, sih, Kkuldak cabang Bogor tutup juga?? Apakah ini tandanya aku nggak boleh sering-sering jajan ayam goreng Korea? πŸ™„

***
Apakah manteman di sini ada yang sama-sama pengabdi ayam goreng (Korea)? Biasanya kalau lagi ngidam, beli langsung di restoran favorit atau malah bikin sendiri? 😁

36 comments:

  1. Setuju banget kalo ayam goreng Korea itu enak banget!!! Ahahaha :D

    ReplyDelete
  2. sedih banget baca deretan restoran ayam yang tutup ini... kayak mbak Jane nggak diizinkan makan ayam kroya. mungkin disuruh ke kroya buat nyobain yang authentic, mbak 🀣

    betewe, si aku tuh kan scroll dulu sebelum baca. trus bingung LHA ITU COWOK SIAPA??? terus baca. terus loading. terus paham.

    owalaaah rupanya itu pak suami masih belum jadi inflatable. ((trus ditimpuk suaminya mbak jane))

    ReplyDelete
    Replies
    1. ((inflatable)) MBA MEGA PLISSS AKU NGAKAK 🀣🀣🀣 yang diomongin lagi diet tuh, Mbaa. Kemarin aku juga kasih lihat foto yang ini ke ybs, siapa tahu jadi motivasi kan 😜

      Duh amin ya aminnnn kalau beneran ini tandanya harus makan langsung ke negaranya. TAPI KAPAN DONG? *lirik sebal ke koronce* πŸ™„

      Delete
  3. Wkwk ciii ini foto berapa tahun lalu? Si Koko masih kurus gitu 🀣.

    Aku hampir tahu semua merk yang Cici sebutkan kecuali yang bb.q. apakah bisa dikatakan bahwa aku pecinta ayam goreng juga? 🀣

    Wingstop itu kayaknya nggak termasuk korean fried chicken karena saosnya nggak berlimpah kayak korean fried chicken lainnya #sotoy. Tapi baik moon chicken atau wingstop, aku paling suka rasa Louisana Rubnya 🀀 enyak beut asin-asin gitu 🀣

    Kok semua yang Cici suka pada tutup? 🀣 Mungkin ini artinya Cici harus pindah ke ayam bakar? 🀣.

    Oiyaaa, ada 1 lagi brand ayam Korea, Kyochon namanya. Cici udah pernah coba belum?

    Ngomongin bonchon, aku jadi teringat momen pertama aku makan bonchon πŸ˜‚ ternyata dia udah nggak ada di sini yaaaa, pantas aku udah lama nggak lihat 😒 padahal dia enakkk, saosnya pas di lidah gitu 😒. So saddd. Semoga ada lagi ayam korea yang seenak diaaa πŸ˜‚ yang sekarang udah ada, rasanya tetap nggak seperti bonchon.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk itu foto tahun 2015, Liii. Emang kurussss banget karena kan ehem kita penganten baru banget itu dan dia abis diet abis-abisan 😝

      Fix kamu pecinta ayam goreng ugha! Sini aku lempar chicken wings! πŸ˜† Iyak, Wingstop bukan Korean kann. Bener yang kamu bilang, sausnya nggak semelimpah korean fried chicken. Tapi kalau lagi ngidam ayam goreng aku pasti order Wingstop, Lii. Terus kalo tiap Rabu suka ada promo kan buy 1 get 1 😍 My fav Garlic Parmesan atau Lemon Pepper. Kalau Josh doyannya yang Teriyaki. Harus pesen 10 biji biar nggak rebutan sama Josh 🀣 kemarin di Moon Chicken nyobain yang Honey Galaxy juga mayan enyaak. Aku sukanya sweet and sour gitu lhoo hihi kapan-kapan kita bisa mukbang ayam goreng nih πŸ˜†

      Bahahahaha ayam bakar juga enakkk, apalagi kalau sama sambel plus nasi anget 🀭

      OH IYA KYOCHON! Tapi Kyochon cabangnya nggak banyak, Lii. Jadi susah kalau kepengen :( udah lama juga nggak makan jadi kangen hiks

      Iyaaaa kannn. Kalau baca berita sih katanya bankrupt gitu, Lii. Makanya mereka jual license atau gimana gitu, terus ganti nama jadi apa yaa yang kuning item warnanya. Pernah cobak dan rasanya zonk 😒

      Delete
    2. Kadang kalau ada promo nama-nama gitu, beli 10 gratis 10 di wingstop, Ci πŸ€ͺ.
      Oemjii, aku juga suka honeynya moon chicken!! Lebih enak dimakan tanpa nasi sih untuk si rasa honey ini πŸ™ˆ. Sweet and sour itu kayaknya aku belum pernah cobain, Ci πŸ˜‚ eh apa itu yang rasa gojuchang ya?
      Boyeh pankapan mukbang ayam goreng sama Josh ugha πŸ€ͺ

      Kyochon nggak ada di Bogor yaaa? Kyochon di Jakarta yang aku tahu di MKG dan Kokas. Kyochon itu enak tapi rasanya kayak kurang asin 🀣 tapi kulitnya enak banget teksturnya! 😍

      Oh yaaaa? Huaaa sedih sekaleee 😒 padahal kalau bisa bertahan sampai sekarang, mungkin dia akan famous juga seperti merk lainnya 😒. Btw, rasa kesukaan kita di wingstop berbeda jauh sekali 🀣

      Delete
    3. IYA KANN. Promonya lumayan BAANGET buat pecinta ayam πŸ€ͺ

      Eh maksud aku sweet n sour itu taste-nya, Lii. Jadi tiap kali beli ayam gitu maunya flavor gabungan dua rasa itu :D dan tiap kali makan chicken wings aku juga nggak pernah pake nasi, enakan french fries apalagi yang cajun fries-nya Wingstop, Lii 😍 kamu pernah cobak?

      Iyaaa aku juga pernahnya makan Kyochon di Kokas doang, dan setujuh! Kulit ayam mereka sooo yummy! ❤️

      Iyaa sayang banget yaa mereka tutup hiks WKWKWK bukan selera buku aja yang beda, ternyata soal flavor ayam di Wingstop pun kita agak bersebrangan ya, Lii 🀭😝

      Delete
  4. Aku kadang makan ayam goreng tapi kalo tiap hari makan sepertinya bosan juga, ganti menu lain misalnya ikan atau telor.

    Kalo ayam goreng Korea aku belum pernah makan sih tapi sepertinya enak. Tapi biarpun enak sekali juga rasanya tidak bisa makan tiap hari. *Lirik isi dompet.πŸ˜‚

    Semoga suatu hari nanti mbak Jane bisa langsung makan ayam goreng Korea di negara langsung, sekalian mungkin ketemuan sama mbak Eno.πŸ˜„

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha iyaa, Mas Agus. Saya juga kalau makan ayam tiap hari juga bosan. Tapi ya si bocah tiga hari berturut-turut bisa minta dimasakin ayam lagi ayam lagi. Selama doi suka yaudeh yaa πŸ˜‚

      Sebetulnya bisa coba bikin sendiri di rumah, Mas. Lumayan mudah 😁 Tapi karena saya nggak ada bumbu koreanya, jadi bikin yang rasanya mendekati aja 🀭

      Aminnnn! Ahahaha iyaa ya, Mba Eno juga penggemar ayam goreng kalau nggak salah hihi

      Delete
  5. Penggemar bonchon* * merasa terpanggil*

    Kak aku penggemar Bonchon !! Dulu waktu kuliah pertama kali makan ini langsung ketagihan. Bumbu ayam nya tuh pas, pedesnya juga pas nendang, terus aroma nya tuh enak parah. Dan mochi ice creamnya juga enak kak!!! Uhu sayang kenapa tutup ya.

    eh btw Pernah coba Richeese kak? Ini juga mantap lhooo. Tapu gak bisa menggantikan kerinduanku dengan ayamnya Bonchon sih 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Geng Bonchon mari merapaaaat! Iya kan iya kann?? Akutu tiap makan Bonchon dulu nggak mau menyia-nyiakan sausnya saking lezatnya 🀭 eh aku gak sempat coba ice cream mochinya, tapi waktu mereka jual kopi aku malah coba itu. Kapan lagi kann makan ayam favorit plus es kopi 😝

      Pernaaah, tapi nda gitu cocok dengan seleraku huhu tapi Josh mayan suka karena ada cocolan cheese-nya hahahaha

      Apa kita bikin petisi kembalikan Bonchon aja nih? wkwkwk

      Delete
  6. akuuuuuuu
    aku penyuka ayam goreng. apa kalau ayam goreng korea ini mirip kayak ayam pop bukan ya mba?
    yamponnn itu curry sauce nya menggoda iman astagahhh hahaha
    tinggal cocol yummy dah

    bonchon pernah denger, kayaknya belum pernah cobain. sekarang udah nggak pernah kedengeran lagi sama brand ini.
    kalau wingstop sesekali masih makan, tapi masih ada beda taste ya sama si ayam korea? ehmmmm aku penasaran sama yang ayam korea korea itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayam goreng korea yang selama ini aku coba kayak ayam goreng digoreng krispi gitu Mbaa, terus dilumuri saus korea yang khas banget, ada manis pedasnya gitu deh 😁

      Barusan aku google, si Bonchon ini rebranding jadi Chic n Roll, Mbaa. Aku pernah coba waktu mereka ganti nama ini dan rasanya bedaaa 😭

      Nah kalau Wingstop rasanya lebih western gitu *halah* πŸ˜‚ tapi sama-sama enakkk hihi

      Di Jember ada resto Korea yang kira-kira ada menu ayam Koreanya nggak, Mbaa? Siapa tau bisa cobaa 😁

      Delete
    2. oohhh ayam goreng yang dikrispi ya, aku langsung keinget sama ayam pedas manis hehe
      dannnn kayaknya aku pernah nemu menu ayam ayam yang model Korea di Jember, ehmmmm mirip Swiwing nih kayaknya hahaha.aku putusin sendiri.soalnya ala ala begitu juga bentukannya

      Delete
  7. Sebal tau udh ngetik2 terus not responding internetnya... hhhmmm. Ind*sat nih yah ngajak gelut kalau lagi hujan deras.. πŸ₯² hikss

    Saya tim ayam bacem mba... πŸ˜† ehh tapi bacem yah kan digoreng juga yah.. wkwkw. *sampe lupa. Berrti setuju saya, kalau ayam paling enak itu yaahhh ayam bacem ehh goreng maksudnya.. πŸ˜‚

    Btw, Foto misua sedikit beda kok.. nggk jauh2 amat sama yg skrang. Masih sama2 kurus.. hehe *muji2 biar seneng... nggk usah diet mas... berat. Let it be aja.. wkwkw *ajaran sesat, nggk nyadar kalau badan sendiri juga udh beleberan🀣🀣"..

    Duhh yah ngiler mba.. malem2 gini lihat foto ayam goreng.. Korean fried chicken beda jauh kali yah mba sama Ayam Labbaik.. Mba tau ayam Labbaik nggk?? Sejenis ayam KFC, cuma dia citarasa lokal dan ngeklaim kalau ayamnya lebih sehat karena di oven setelah digoreng..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harap sabar, Mas Bayu.. Ini ujian wkwkwk saya juga suka begitu kalau koneksi lagi lemot. Tapi untung komentarnya masuk juga kok 😁

      Ehhh ada gitu ayam bacem yaa? Saya taunya tahu tempe bacem aja yang suka ada di nasi gudeg itu, baru tau ada yang namanya ayam bacem juga hahahaha kayaknya enak deh yaa dimakan sama nasi plus sambal *mendadak ngebayangin*

      Ini kenapa pada salfok sama suami eike wkwkwkwk hushh jangan gituu. Orangnya udah kurusan banyak lhoo, dietnya berhasil πŸ€ͺ yang penting mah sehat bugar aja, Mas Bayuu. Plus bahagia hahahaha

      Eh saya pernah dengar nih Labbaik, pernah di-mention di forum Quora. Cuma karena di Bogor belum nemu jadinya nggak ada niatan coba. Mas Bayu pernah coba kah? Beneran sehat gak setelah makan? πŸ˜†

      Delete
    2. Mba Jane belum pernah makan Ayam Bacem?? 😚 Iyahh mba. cara buatnya sama kaya Tahu Tempe Bacem cuma airnya lebih enak pke kalau pke air kelapa mbak... Ihh enak tau mba. ada manis2nya gtu dri gula merah dan bumbu putih.. terus abis itu bisa disimpab di kulkas.. kalau mau makan tinggal goreng deh...

      Iyahh Ayam ini langganan saya sih mba, yah walaupun harganya 11 12 sama ayam KFC.. bneran sehat nggk yah.. bahahah.. 🀣🀣🀣

      Delete
  8. Aku blm pernh makan ayam goreng lngsng di korea, blm pernh ke sana jg πŸ˜‚ tp setuju ayam goreng korea memang seenak itu yaa 😍 Aku dulu penggemar bonchon, sama suami n anak2 doyan smua. Skrng krna udah ga ada paling jd ny ke kyochon. Sama wingstop jg aku sukaaa 😍😍

    Btw asik bgd honeymoon nya Mba Janez jd berasa ke dua negara ya. Jepang dan Korea. Hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga belum pernah, Mbaa. Yukss berdoa biar sama-sama bisa coba langsung di sana πŸ˜† waaaa ternyata banyak juga yang sempat kenal Bonchon hihi. Mba Thessa biasa ke Kyochon cabang mana? :D

      Ahahahaha iyaa, Mbaa. Itu spontan juga sih ke Korean Town itu, gak ada di itinerary padahal 😝

      Delete
  9. Ya ampun ini foto-fotonya sebelum Josh ada yaa?

    Aku dulu suka banget Bonchon jugaaa, ada kali seminggu sekali makan di sana saking sukanya wkwkwk. Sama kayak waktu Bakmi GM baru masuk Bandung, tiap minggu pengin belinya itu terus πŸ˜‚πŸ˜‚ Sayang yaa udah pada tutup, di Bandung kayaknya udah ga bersisa deeh Bonchon atau Kyochon πŸ˜” Sekarang paling nyembuhin kangennya jajan kkuldak, aku suka banget juga kkuldak tapi kok sekarang harganya naik terus wkwkwk

    Btw pernah makan ayam goreng pakai kuah curry gini di Mall 23 Paskal (lupa nama restonya), tapi ayamnya lebih ke kecil-kecil siih ga sebesar ini. Duuh jadi pengin ayam goreng pakai bumbu curry πŸ˜†

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yesss. Ini pre-Josh, bener-bener masih anget-angetnya, Yaa *ceritanya kan baru kewong* 🀣

      Yaaaaah sedih kannnn di Bandung juga udah gak adaa. Bahkan Kyochon juga nggak ada ya sekarang di sana? 😒 Aku udah lama banget nggak makan Kkuldak sejak pandemi ini nggak pernah ke mall. Emang sekarang berapa duit, Yaa? Dulu yang medium aja 40ribuan yaa kalo nggak salah. Yaowoo sedihh banget lagi koronce gini malah naik πŸ˜‚

      Wah apa tuhh? Coco Ichibaya bukan? Aku belum pernah coba sih tapi sering liat dulu kalo ke mall :D cusss delivery! 😝

      Delete
  10. Meski belum pernah makan menu ayam Korea, tapi saya termasuk penggemar ayam. Mau diapain juga pasti hasilnya enak. Mau digoreng, dikari, dibakar. Semua enak.

    Kalo lagi pengen makan ayam dan pengen praktis, paling ke Sari Laut. Di sana ada ayam goreng, bumbu kacang, dan lalapan. Kalo ayam tepung KFC biasanya cuma dibeliin, jarang beli dan pesan sendiri.

    Tapi pengalaman makan ayam debest itu pas sama teman. Kami patungan untuk beli Ayam Bakar Bulek Sum. Aduh, saya masih ingat bagaiman kulitnya yang juicy itu dococolin ke sambalnya. Jadi lapar lagi ngomongin Bulek Sum malam-malam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh bener yaa. Menu ayam nggak pernah salah, meski saya sendiri paling suka yaa yang digoreng atau dibakar πŸ˜†

      Gara-gara Mas Rahul mention ayam bakar Bulek Sum, saya jadi penasaran terus coba browsing dan nemu vlog orang yang kuliner ke sana. Liat dia makan nyocol sambal saya yang nelen ludah 😩 enaaaak banget kayaknya. Kapan-kapan kalau ke Kendari harus coba nih!

      Delete
    2. Kak Jane nonton vlog siapa? Ha ha ha. Saya aja yang nyeritain ngiler sendiri. Ayam Bakar Bulek Sum memang debest kak Jane. Karena ayamnya besar, itu bisa untuk dua orang. Kalo kak Jane ke Kendari, mungkin bisa kontak saya. Saya kasih rekomendasi tempat kuliner yang enak-enak. Meski referensi saya juga ngga banyak. Ha ha ha

      Delete
  11. Saya penggemar paha ayam goreng.. mau yang manapun, tetap disikat sajah. Hahahahaha..Cuma ga begitu suka bagian dada, ga seru makannya..

    Hem... ga punya favorit sih saya. Mau merek Kentucky atau Kentuku sekalipun, ya dimakan juga. Maklum kebiasaan jelek, cuma ada dua kategori makanan, yaitu enak dan enak sekali.

    Ayam goreng bagian paha masuk dalam kategori otomatis enak sekali.. kalau bagian dada, turun ke enak doang.. wakakakak.. (asal ga keasinan).

    Yang wingstop enak sih, tapi saya lebih suka yang KFC atau McD..

    Ayam goreng Korea? Kayaknya cuma sekali dua nyoba dulu, terutama bagian sayap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Anton persisssss banget sama Andreas wkwkwwk kategori makanan cuma dua: enak dan enak sekali. Terus kalau ayam maunya paha, alhasil sekarang kalau masak ayam utuh di rumah, dia sama Josh rebutan paha 🀣 makanya sekarang kalau ke pasar, saya beli bagian paha aja semua biar semua kebagian hahahaha

      Kebetulan ayam korea yang sering saya makan juga memakai bagian sayap dan kebetulan juga saya memang paling suka bagian sayap kalau goreng. Suka banget gigitin sayap ujungnya itu πŸ™ˆ

      Delete
  12. Sebagai pecinta ayam, saya harus ikut angkat tangan hahahahaha πŸ˜‚

    Ayam goreng Korea, saya sukaaaa banget, meski di negara aslinya, saya cuma punya dua brands kesayangan dari ratusan brand yang ada. Wk. By the way, saya pernah makan Bonchon, dan iya yaaa di Indonesia sudah jarang kelihatan. Ternyata tutup semua, mba? 😱 Kayaknya terakhir saya makan Bonchon, waktu saya di Kamboja 🀣

    Sekarang saya saat ingin ayam Korea biasanya minta mba saya masak, sebab di Bali nggak tau mana yang enak. Untungnya rasa ayam buatan mba saya mirip ayam yang biasa saya makan di Korea, versi fillet-nya. Jadi since then, nggak pernah hunting ayam Korea lagi di Indonesia 😁 Apa mba Jane ada rekomendasi ayam Korea enak di Bali Island? 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tau nggak Mba Eno, waktu nulis ini tuh aku langsung kepikiran Mba Eno yang memang suka banget makan ayam wkwkwk πŸ˜†

      Iya udah tutup semua, Mbaaa huhu mereka rebranding menjadi Chic n Roll which is menurutku nggak seenak Bonchon 😭 di Teuku Umar dekat marugame situ dulu sempat ada Bonchon, Mbaa. Aku sering makan di situ, tapi yaa udah ganti juga sekarang hiks jadi nggak bisa kasih rekomendasi juga ayam Korea apa yang enak di Pulau Dewata πŸ˜‚

      Iyaa sekarang aku pun juga belajar bikin saus sendiri di rumah biar lebih sehat. Untungnya Josh suka bangett kalau aku bikinkan hihi πŸ˜†

      Delete
  13. Akika bukan pecinta ayam nih bund..
    Yah oke sih makan ayam, tapi nggak bisa tiap hari karena aku adalah pengabdi tempe!! Hohoho!!

    Di Kediri pilihannya nggak banyak, paling banter kalau mau ayam-ayaman paling mekdi, keepci, ricis, dan beberapa produk lokal yang harganya lebih murah dan dagingnya nggak kalah banyak. Aku paling banter dan lumayan sering tuh ayam geprek sih, soalnya gampang banget dicarinya plus sambil pacaran sama si hyung, eeaaaa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eaaaaa sambilannya tetep dong πŸ€ͺ kalo geprek aku malah jarang beli sih, soalnya pernah sekali beli di Bens* itu, lah kok ayamnya kecil banget, cabenya yang pedes amponnn wkwkwk

      Wah kamu pengabdi tempe ya! Josh juga suka tempe tapi cuma mau yang diorek kecap wkwkwk padahal digoreng mendoan juga enak yaa πŸ˜™

      Delete
  14. Aku belum pernah makan ayam goreng Korea Ci, soalnya anaknya picky banget soal ayamπŸ˜‚ tapi kalau ayam geprek sih andalan saat tidak ada menu lain yang mengundang selera🀭 *dijitak*

    Aku kalau ayam-ayam goreng gitu suka yang kayak chicken pop-nya CFC, biasa beli di stasiun kalau pergi-pergi wkwk, makannya nggak ribet tinggal leb leb leb gak ada tulangnya. πŸ˜…

    ReplyDelete
    Replies
    1. Picky-nya kenapa, Ndaaah? Karena cara masaknya kah? 😁 Hahahaha satu lagi nih pecinta geprek. Aku cukup sekali beli geprek di luaran soalnya nggak puas sama ukuran ayamnya πŸ˜‚

      Eh ayam pop CFC itu kayak apa ya? Tadi Mba Ainun sempet bilang ayam pop akutu ngebayanginnya ayam pop di Padang πŸ™ˆ ohhh itu tuh fillet gitu dong yaa? Wah enak dong kayak Shilin tinggal hap hap πŸ˜†

      Delete
    2. Picky karena bentuknya Ci, kalo bentuk ayamnya gak menarik di mataku aku nggak mau makan🀣 kecil ya? Rata-rata ayam geprek emang seuprit, tapi sambalnya itu bikin nagih walaupun besoknya habis makan pasti ke kamar mandiπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜­

      Ayam pop CFC itu bentuknya bola-bola ditepungin Ci, jadi bulet-bulet. Kayai naget gitu kali ya, gitu deh pokoknya. Iya modelan fillet aku suka karena makannya ga repotπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete
  15. Aku malah nyeseeel banget pas ke Korea ga puas2in makan ayam goreng, kayak di drakor2 hahahahaha. Krn dulu pas ke sana aku blm suka nonton drakor Jane. Ke Korea juga karena mikir, mumpung ke Jepang, dan tiket dr jepang ke Korea murce beneeeer, ya udh dimampirin hahahaha. Makanya ga banyak eksplor kuliner.

    Tapi setelah tergila2 drakor, baru deh aku jd sukaaa bgt Ama ayam gorengnya. Cm blm nemu yg pas, selain wingstop. Dan bener tuh, aku ga yakin yg wingstop itu khas Korea. Jd sebelum nyobain yg aslinya gimana, rasanya blm akan puas dulu Ama 1 merk hahahaha.

    Sempet mikir gini pas ke Korea, duuuh makan ayam goreng ngapain jauh2 ke situ. Paling jg rasanya ga jauh beda Ama keepci hahahaha. Padahal banyaak resto ayam goreng yg aku lewatin pas di sana. -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya yaa. Sebelumnya aku juga nggak ngeh sama restoran yang khusus jual ayam goreng Korea. Akutu baru suka ayam goreng Korea juga karena Kpop plus nonton drama. Tiap kali ada adegan pesan delivery pasti menunya ayam goreng, terus mereka makannya ala ASMR banget. Makanya sekarang tiap nonton drakor harus ready cemilan, kalo nggak pasti auto kelaperan liatin mereka makan doang XD

      Wingstop memang bukan Korea, Mbaa. Kayaknya dia satu chain sama Carl's JR deh, alias punya amiriki hihi

      Berarti next ke Korea udah ada itinerary pasti ya, Mbaa: makan ayam goreng 🀣

      Delete
  16. ayaaammm goyeeengg, kalau liat fotonya keknya enak gurih banget tuh.
    Kalau saya memang suka meski nggak terlalu addict ama ayam.
    Lebih ke seafood, maklum masa kecil mendominasinya ya seafood.

    Tapi anak-anak keduanya suka ayam, terlebih kulit ayam.
    Berbanding terbalik ama maknya yang ga terlalu suka kulit ayam.

    Kalau ayam goreng Korea, keknya saya belom pernah cobain deh, apalah si Rey, ayam goreng sebatas mekdih, kaefsi atau Tobys hahahaha

    ReplyDelete