Joshua is Turning Six!

Wednesday, September 21, 2022


And just like that, you're now six! 🥺

Berbeda dari ulang tahun yang ke-5, tahun ini anake lebih chill menyambut hari ulang tahunnya, wkwkwk. Nggak bawel ngomongin besok mau ultah dan sebagainya. Nagih kado, sih, teteppp. 

Tentang kado ulang tahun


Jadiii, sebetulnya aku dan suami nggak prepare kado apa pun di hari H. Josh tuh sebetulnya pengen kado mainan lagi, yang mana menurut kami mainannya udah terlalu banyak dan jenisnya itu-itu lagi, dia kepingin model yang berbeda aja. Kayaknya ngadoin mainan udah kurang meaningful. Pengennya kasih kado berupa pengalaman (duileee) yang nggak cuma bikin dia senang, tapi satu keluarga juga hepi (yang ultah sebenernya sapose?? XD). Maksudnya tuh kado kayak ajak Josh main ke theme park, ke zoo atau makan enak di mana, kayak gitu lhooo. 

Kami sempat bilang, papa mama nggak mau beliin kamu mainan. Kamu boleh beli mainan tapi dengan dua syarat: pertama, pakai uang sendiri, Josh kan punya angpao. Kedua, mainan kamu yang udah nggak dimainin atau rusak, diberesin semuanya supaya nggak numpuk. 

Pagi hari saat ultahnya, dia dikasih angpao sama kakek nenek. Tau nggak dia ngomong apa? 

"Nih, aku dapet angpao! Aku mau beliin mainan, ah!" 

(((: 

Apakah dia langsung beli? Tentu saja tidak. Karena mainan Josh belum dibereskan hingga hari ini, wkwkwk. Mohon maap, angpao masuk laci mama dulu, ya, nak. 

Tapi akhirnya Josh dapet kado dari papa mama kok. Baru aja dua minggu lalu belinya. Tebak hadiahnya apa? 

Scooter!! 

Hah, kok scooter, sih? Iyah, jadi waktu hari Minggu abis ibadah, papanya iseng ajak Josh ke Decathlon. Di sebelah pintu masuk tuh ada area scooter di mana anak-anak bisa nyobain langsung. Konsepnya Decathlon, kan, emang gitu, yaa. Makanya nih bapak emak zaman sekarang nggak cuma deg-degan bawa anak ke toy store, tapi juga ke sini, hahahaha. 

Terus Josh liat scooter, mungkin bapake suruh coba dan anaknya ketagihan dong. Padahal sebelumnya dia belum pernah main sama sekali. Ada kali satu jam di sana cuma mantengin rak scooter. Diputuskanlah hadiah ulang tahun Josh dari papa mama adalah scooter. Tadinya kami nawarin beli sepeda roda dua aja, kebetulan Josh belum ada. Sepeda di rumah masih roda empat dan itu pinjeman dari temen TKnya dulu. Eh, anake nggak mau, maunya scooter aja. Wis, bungkus, deh! 

Sejak ada scooter, tiap pulang sekolah, tiap bangun bobo siang, yang dicari adalah scooter, hahaha. Lumayan juga, sih, ada kegiatan motorik kasar yang rutin dilakukan. 

Tentang perayaan ulang tahun


Yang nggak pernah dilewatkan saat ada anggota keluarga yang berulang tahun, pagi hari pas bangun langsung nyanyi pibedei sambil peluk cium dan tak lupa berdoa. Kebetulan, hari ulang tahun bulan lalu jatuh di hari Sabtu, jadi kami santai bangettt mengawali pagi itu. 

Karena kado papa mama belum ada, kami kasih kado yang udah sampai duluan dari kakek nenek di Bali, deh!

Tuh, kan. Dump truck lagiii. Gimana anaknya nggak hepi?! Kalau kungkungnya mau ngadoin, percuma juga aku larang-larang kasih kado berupa mainan 😄

Terus abis itu, aku sama suami pergi ambil kue ulang tahun dan nasi boks untuk dibagikan ke beberapa teman dekat dan keluarga. Kue ulang tahunnya makin ke sini makin simpel, aku pesen di Michelle Bakery dengan memberikan contoh dari Pinterest. Seneng banget karena hasilnya sesuai harapan. Terus aku beli mainan dump truck (lagi) di Indomaret sebagai penghias kue. Katanya nggak mau beliin mainan lagi, bund? wkwkwk. 

Oh ya, Josh sengaja nggak mau ikut ambil kue. Katanya mau nunggu di rumah aja biar surprise. Padahal, sih, pengen main mainan barunya aja, hihi. 

Komentar anake pas lihat kue: 
(1) "WAH ADA DUMP TRUCK!"
(2) "WAH ADA OREO!" *comot*

Tahun ini Krystal udah bisa dipangku koko buat foto bareng. Tapi mohon maap, kamu kenapa salfok sama kuenya, dek??

Kata mamaku pas lihat foto ini, "Kok kalian kayak lagi sincia, sih? Pake merah-merah gitu?" 🤣
Btw, iyaa... Krystal masih salfok sama kue. Sabar, ya, dekkkk, nanti pasti kebagian. 
Aku seneng sama foto ini karena Josh terlihat bahagia sekaliii. 

Perayaan ulang tahun berlanjut esok harinya di hari Minggu, kami makan siang di sebuah restoran sushi sesuai rikues cah lanang setelah ibadah. Pokoknya tahun ini chill banget, deh, hihi. Yang penting Josh hepi, bisa sama papa mama dan dedek, dan ulang tahun kali ini menandakan bahwa Josh bertambah usia dan harus semakin pintar, ya. 

Tentang milestone di usia 6 tahun


Apalagi kalau bukan jadi anak SD! 

Josh semangat banget sejak hari pertama dia masuk sekolah. Padahal bangunnya harus lebih pagi dari biasanya, yaitu pukul lima. Sementara, pulang sekolah itu pukul satu siang. Durasinya cukup panjang, kan, untuk anak pandemi yang baru sekolah lagi. Tadinya ada semacam kekuatiran dalam diriku. Biasalahhh, second guessing-nya emak-emak pada anak, padahal anaknya fine banget, tuh. Ditanya capek nggak, dia bilang nggak. Pokoknya tiap kali pulang sekolah, dia bilang hepi sekali bisa main sama teman-teman. Aku nggak tanya gimana pelajarannya karena pengen Josh bisa menikmati sekolahnya dulu. Akademik bisa nyusul, deh. Walau ini juga menjadi kekuatiran lain, karena Josh belum lancar membaca dan menulis. Mendengar dia hepi, itu udah cukup banget buat kami. Kalau dia nggak semangat, urusan akademik itu bakal makin sulit, sih, sepertinya. 

Selain masuk SD, milestone lainnya adalah eating behaviour Josh semakin baik! Duh, mama papa paling bangga deh soal ini. Yang tahu cerita perjalanan makannya Josh pasti tahu, yaaa. Sekarang Josh makannya udah semakin oke. Entah karena udah mulai sekolah, aktivitas lebih banyak, anaknya jadi sering minta makan. Pulang sekolah, sebelum bobo siang minta cemilan. Terus pernah satu waktu, jam 11 udah makan, eh jam 1 siang minta makan berat lagi karena masih laper, wkwkwk. Meski demikian, Josh harus tetap rajin makan sayur dan buah supaya makin sehat, yaaa. 

Satu lagi milestone yang lagi dikejar itu adalah bisa mandi dan pakai baju sendiri. Ternyata ngajarin anak mandiri itu another challenge, yak! Perasaan dulu gue tau-tau bisa aja pake baju sendiri, wkwkwk. Jadi emang lagi kami push banget nih anaknya soal ini. Doakan, yaa, semoga Josh bisa! 

Doa papa mama buat Josh supaya tumbuh jadi anak yang pemberani dan kuat. Jangan pernah takut untuk mencoba sesuatu yang kamu suka. Semoga tahun ini Josh bisa mengalami hal-hal seru di sekolah, ya, nak. Kejar cita-citamu, papa mama akan selalu mendukung kamu. Selamat ulang tahun Josh sayang! 🤗

10 comments:

  1. Ciciii, aura bahagianya Josh nular banget!! Aku ikutan hepi banget lihat foto-foto Josh ini 😍
    Josh, kamu cepat sekali besarnya!! Aku ngerasa Josh di ultahnya tahun ini udah makin kerasa "dewasa"nya 😍. Pencapaian-pencapaian Josh juga hebat sekali! Proud of you, Josh 👏🏻. Udah lebih pintar makan sekarang ya! Inget banget dulu Cici cerita sering emosi kalau suruh Josh makan 😂. Fiuhh! Akhirnya masa-masa itu berlalu ya, Ci hahaha.

    Josh, semoga kamu bahagia selalu! Asikk, dapat scooter baru ya 🙈🤭

    Krystal, sabar atuh jangan ngelihatin kue terus 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah bisa diajak makan soto sama bapake di surken jugak, Lii. Bisa rikues lagii, wkwkwk. Sungguh terharu akutu, hiksss. Maacih yaa, Aunty Lia! <3

      Huahahah aslikkk Krystal kocak banget di foto, hampir semua fotonya dia salfok sama kue 😂

      Delete
  2. selamat ulang tahun kakak josh. semoga panjang umur, sehat selalu, makin pinter, dan yang paling penting semoga cita - citanya kakak josh terkabulkan. amin ya robal al amin.

    ReplyDelete
  3. Happy birthday Josh!!! Semoga kamu bahagia selalu dan bisa melewati semua yang sulit-sulit dengan bahagia juga ya. <3 Makin cakep cah lanangnya Ci Jane. Di foto yang pegang truk, Josh mirip mamanya. Yang foto berempat, Josh mirip papanya. Krystaaalll gemes banget kamuuu, hahahaha pingin cake smashing kah lihatin cake-nya Koko? xD

    Btw, ngakak banget sama Ci Jane. Anaknya udah gaboleh beli mainan, eh mamaknya beli mainan. xD Oh, lupa, jadi dekorasi cake ya. Gapapa ini mah. :p Wkwkwkwk.

    Cake-nya bagus Ciii, simpel terus warnanya cantik. Jujur, itu oreonya bikin ngiler sih hahahaha. Gak heran Josh langsung nyomot oreonya. xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Tante Endah! Puji Tuhannnn Josh masih mirip mama sama papanya, wkwkwk. Dulu tuh mukanya fotokopian bapake banget, sekarang udah mulai mix, hahahaha.

      Krystal kayaknya nggak kesampaian cake smashing pas ultah pertama kemarin, jadi mupeng deh 😆

      Iya bagus yaaa kuenya. Seneng banget kemakan semua itu kuenya. Sengaja bikin di bakery kesayangan dan yang udah pasti enak. Biar semua bisa menikmati <3

      Delete
  4. Happy birthday, selamat ulang tahun dedek Josh. Semoga tercapai cita-citanya. Kak Jane dapurnya cakep.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Tante Noa! <3

      Itu dapurnya mama mertua, btw, hihi. Emang cakep dapurnya beliooo.

      Delete
  5. senengnya liat ketawa Josh kali ini, hepii buanget nget
    baidewei, selamat ulang tahun Josh.
    lama juga ya mbak jam anak sekolah sekarang, dari pagi sampe jam 1 siang. Jadi inget zaman aku dulu.
    Yang kerja aja kayak sekarang ngerasain jam 8 pagi ke jam 1 siang itu mayan panjang

    keinget cerita tahun lalu kalau ga salah yang waktu Josh ultah, dan dia pilih sendiri desain kuenya ya, ternyata udah setaun lewat, cepet banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi seneng bangett hepinya nular yaa. Makasih banyak Tante Ainun!

      Iya lho, aku ngerasa jam sekolahnya Josh itu kayaknya lumayan lama dibanding sekolah di sekitarnya. Tapi gapapa deh, anaknya nggak ngeluh juga, padahal akunya yang udah kuatir dia bakal capek, hahahaha.

      Itu cerita dua tahun lalu, Mba Ainunnn. Pas pandemi 2020, masih inget yaaa. Kayaknya baru tahun lalu tapi ternyata udah dua tahun aja, hahaha.

      Delete