Joshua is Turning Five!

Friday, August 27, 2021


Minggu lalu, Joshua berulang tahun yang ke-5! 

Tahun ini ada yang spesial tentang ulang tahun Josh. Selain dirayakan di rumah popo kungkung untuk pertama kalinya, tahun ini juga Josh melepas usia balitanya. 

Iya, anaknya tahun depan udah mau SD! 


Masih sama seperti tahun lalu, sehari sebelum ulang tahunnya Josh excited sampai mau tidur malam pun masih senyum-senyum nggak sabar menyambut esok hari. Berulang kali ngomong, "Ma, besok ulang tahun aku, kan?", "Ma, besok potong kue, ya?" dan sebagainya. 


Tentang kado ulang tahun 


Kalau tahun lalu doi sibuk mencari tema kue ulang tahun yang diinginkan, tahun ini dia sibukkkk mencari kado impian. 

Seperti yang udah kalian tahu, atau buat yang belum tahu, Joshua is obsessed with construction vehicles. Cita-citanya sejak umur 4 tahun masih nggak berubah: ingin menjadi kontraktor. 


Kami udah wanti-wanti dia bakal minta excavator lagi, karena di rumah udah banyaaak! Segala ukuran pun ada! Akhirnya dia bilang sendiri, yaudah deh mau sesuatu yang belum dia punya aja. Beberapa bulan belakangan ini, Josh senang sekali melihat crane, apa pun bentuknya, tower crane atau crane truck pokoknya dia suka semua. 

Karena cuma boleh satu hadiah, akhirnya dia mantap memilih untuk punya crane truck. Setelah itu, anaknya mulai browsing tipe crane yang dia mau di Pinterest dan Tokopedia sejak empat bulan sebelumnya. Kami udah titip pesan kalau nanti pilihan mainannya mungkin nggak sama persis seperti yang dia mau. Pokoknya kami punya budget segini, disesuaikan aja, ya. 

Nggak berapa lama kemudian, tiba-tiba anaknya rikues kado yang berbeda. 

"Ma, aku suka Paw Patrol juga. Boleh nggak kadonya itu juga?" 
"Okay, berarti crane nggak jadi, ya?" 
Mukanya berubah. "... Josh mau dua-duanya."
"Lho, nggak bisa. Janjinya, kan, cuma satu kado." 
Anaknya berpikir keras.
"Gini, deh. Josh doa dulu sama Tuhan kalau Josh mau crane dan Paw Patrol." 
"Ok, deh!" 

Terus, anaknya tiap mau bobo doa tuh minta kado. Besoknya tebak dia ngomong apa? 

"Ma, Tuhan bilang boleh kok dua kado!" 

๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

Ditanya bener nggak itu Tuhan yang ngomong, anaknya keukeuh bilang iya. Kalau beneran iya, enak ughaaa doa kamu dijawab cepet, Josh, Mama juga mauuuu. 

Eniweiii... meski ceritanya udah diiyakan Tuhan sendiri, kami tetep nggak menjanjikan apa-apa. Takut anaknya mendadak berubah pikiran juga. Lagipula, masih banyak waktu untuk beli kado. 

Sampai tiba bulan Agustus dan kami masih di Bali, keinginan anaknya untuk memiliki crane truck dan Paw Patrol nggak berubah. Malah anaknya modus mulu tiap kali nonton Paw Patrol. "Ma, itu lho aku suka banget yang itu!" 

Coba tebak, karakter favorit Josh yang mana? :D 

Biar nggak usah beli dua-duanya dan kebetulan papa mamaku juga ingin memberikan kado, kami pun memutuskan untuk beli dua-duanya, tapi diberikan oleh atas nama yang berbeda. 

Dan bisa ditebak, ketika anaknya buka kado, dia senang banget donggg. Padahal dia udah tahu kado apa yang bakal dia terima. Karena ya itu, aku minta dia pilih sendiri model mainan yang dia mau di e-commerce, terus tinggal di-wishlist, deh! 

Enaknya pilih kado online, bisa filter harga! ✌๐Ÿผ

Tentang perayaan ulang tahun 


Di hari ulang tahunnya, Josh bangun kepagian. Aku, sih, yang bangunin, hahahahaha. Nyanyi Happy Birthday song sambil bisik-bisik karena dedek bayik masih pules. Anaknya senyum salting, donggg. Terus nanya, "Ma, aku udah 5 tahun?". Kemudian mama menjawab sambil menahan air mata haru, "Yes you are my big boy!" 

Selesai peluk-pelukan sama mama, papa video call dari Bogor. 

Iya, papa nggak bisa ikutan ulang tahun Josh kali ini, huhuhu. Seminggu sebelumnya kami pikir PPKM udah dilonggarkan, papa bisa nyusul ke Bali sekalian jemput kita pulang. Ternyata kebijakan penerbangan maupun jalur darat tidak memperbolehkan anak di bawah 12 tahun untuk berpergian. 

Tapi kami nggak galau-galau kok. Kata papa masih ada ulang tahun Josh berikutnya *true!*

Selesai video call dengan keluarga yang ada di Bogor dan doa bareng papa, Josh minta turun ke bawah karena dia kedengaran sayup-sayup lagu Happy Birthday yang diputar papaku pakai portable speaker, hahahaha. 

Pas dia turun tangga, anaknya senyum salting lagi dinyanyiin sama popo kungkungnya. Terus, papaku bilang mau kasih liat sesuatu di hape. 

Nahh, jadi tuh aku sebelumnya sempat berpikir ingin bikin treasure hunt sederhana di hari ulang tahun Josh ini. Tapi nggak sempat mikirin bikin clue-nya. Apalagi Josh belum bisa baca banget, sedangkan clue itu berisi petunjuk, kan. Wis, batal deh.

Entah keinget aku pernah ngomong ini atau memang inisiatif sendiri aja, papaku bikin video petunjuk mencari kado ulang tahun yang disembunyikan dalam rumah. Lah iya juga. Kenapa nggak kepikiran bikin video aja! Papaku juga last minute, sih, ngerekamnya. Pagi-pagi banget setelah hias ruang tamu dengan balon dan flag banner bareng mama (kalian memang yang terbaik!). 

Selesai nonton video, anaknya langsung heboh keliling rumah untuk cari kado sesuai petunjuk yang diberikan. Begitu ketemu, dia langsung ingin buka, namun kutahan. Nanti aja kalau udah beres sekolah, karena aku tau kalau kadonya dibuka dia pasti gagal fokus. 


Anaknya lumayan sabar, lho, nunggu sekolah benar-benar selesai. Walau kayaknya waktu berjalan agak lambat karena berkali-kali dia nanya terus sambil megangin kadonya, "Udah boleh buka belum, sih? Duhh, kok lama banget online-nya!" Hahahahaha. Ini namanya latihan delayed gratification, nak. Kelak kamu bisa lebih sabar dan tahan banting! 

Pas sekolah, Josh juga dinyanyiin bareng teman-teman dan juga gurunya. He was so happy! Karena ini pertama kalinya sejak pandemi dia bisa merayakan bareng teman sekolah, walaupun masih secara virtual. But I could see he was smiling all day long. 


Setelah beres sekolah, acara pun dimulai! 

Mamaku memesan nasi tumpeng yang rasanya super YUMMY untuk makan siang, sementara aku juga udah beli kue ulang tahun di The Harvest. Kalau dua tahun berturut-turut sebelumnya aku selalu pesan kue custom, kali ini beli jadi aja dan beli figurines topper di Tokopedia. Nggak pesan kue, karena pas nanya salah satu custom cake yang aku dapat dari Instagram, ternyata mahal bingits! Daripada sakit hati karena belum tentu kuenya enak, beli jadi aja, deh. Karena ovomaltine cheese cake The Harvest itu THE BEST. Harga yang dibayar sangat layak dengan rasa yang didapatkan. 

Oh ya, figurines topper-nya juga bisa dimainkan oleh Josh. Win-win! 


Senang sekaliii dengan perayaan ulang tahun kali ini. Sederhana seperti biasanya, nggak terlalu 'wah', dan yang penting anak senang. Entah Josh bakal mengingat ulang tahunnya di masa balita ini atau nggak, melihat dia bisa menikmati hari spesialnya udah menjadi kebahagiaan sendiri buat kami semua. 

Tentang milestone di usia 5 tahun 


Salah satu milestone terbesar tentu saja Josh menjadi seorang koko! 

Setelah Krystal lahir, seperti ada tombol "menjadi kakak" di badannya Josh yang otomatis menyala. Nggak sadar Josh udah segede itu setelah melihat dia gimana berinteraksi dengan adiknya. 

Kalau aku minta tolong nemenin dedek sebentar karena mau mau mandi misalnya, dia nurut walau awalnya ragu karena takut dedeknya nangis. Sekarang udah bisa minta orang di rumah untuk bantu gendong kalau Krystal nangis  hahahaha. 

Adiknya gumoh, dia bisa ambil lap sendiri dengan kain sambil ngomong, "Duh dek, gumoh terus kamu..." hahahahaha! 

Terus yang paling gemes, Krystal pastiiii ketawa kalau lihat atau diajak main oleh kokonya. Josh juga merasa bangga bisa bikin adiknya ketawa-ketawa. Bahkan, first laugh-nya Krystal itu karena kokonya lho ๐Ÿฅบ

Ada masanya Josh itu "nakal", seperti bisa ngelawan atau sengaja bikin orang marah padahal udah dikasih tahu sebelumnya. Kalau kalian lihat dia manis di foto, iya, sih, beneran manis anaknya (maklum, gue emaknya, no debat!). Tapi Josh pun masih anak-anak yang ingin coba-coba kok. Belakangan aku baru sadar, teknik "coba-coba" Josh ini adalah salah satu cari dia untuk cari perhatian. Khususnya kalau aku atau orang rumah sedang sibuk dengan Krystal, dia pasti mendadak caper. Entah melakukan hal-hal random yang nggak membahayakan sebetulnya, cuma kita yang melihat pasti risih ingin berkomentar, "Ihhh, Josh! Ngapain, sih??". Begitu anaknya diem, baru sadar oh iya tadi dia cari perhatian. Kalau udah begitu, aku biasa pause dulu sama Krystal dan mencoba untuk main sama dia. 

Lepas dari itu semua, kami bangga banget sama Josh yang udah berusaha sebaik mungkin beradaptasi dengan situasi pandemi ini. Nggak mudah buat kami sebagai orang dewasa, nggak mudah juga untuk Josh yang harus di rumah aja. 

Terima kasih udah jadi anak yang baik, Josh! Tahun ini mama nggak nulis "surat" di blog, ya. Tapi seperti biasa kamu bisa menemukan pesan mama buat kamu di jurnal yang bisa kamu baca nanti (iya, aku nulis banyak pesan buat anak-anakku di jurnal pribadi, supaya dewasa nanti mereka bisa baca). 

Happy birthday Joshua! ❤️ 

20 comments:

  1. "Ma, Tuhan bilang boleh kok dua kado!"

    .......

    Josh, tante bangga ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    Happiest birthday to you, Josh! Doaku buat Joshua semoga dia bisa segera sekolah offline sama temen-temennya, main dan lari-lari ๐Ÿ˜†

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahahahaha yang tahu benar-benar hanya Tuhan dan Josh soal dua kado ๐Ÿคฃ

      Terima kasih banyak Tante! Iya nih, Josh kangen pengen lari-larian dan makan bekal di kantin sama temen-temen ๐Ÿฅบ

      Delete
  2. Komenan saya kalau ada 2. Yang satu dihapus saja ya mba.. wkwk ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜…

    Btw. Mau ngucapin Happy Birthday To Dek Josh yang Imutzz, dan ganteng ๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ... Wish you all the best (kalimat andalan ๐Ÿ˜…) semoga Dek Josh tumbuh sehat, pintar, ceria, serta selalu diberikan segala kebaikan Dunia.. doa yang terbaik untuk mu Cah Ganteng.. ๐Ÿ˜Š

    Eh kita tosan dulu dong. Suka sama Paw Patrols. Bagus yaaa kartunnya. Nyelamatin warga2 sekitar dengan kendaraan canggihnya ๐Ÿ˜„.

    Ntar kalau Dek Josh sudah besar tak ajak nyetir Overhead Crane deh di tempat om Bay kerja ๐Ÿ˜„. Seruu lohh. Tapi nanti kalau sudah besar ya..

    Ahhh Mba Jane.. aku terharu banget baca tulisan mba.. apalagi pas bagian kalau Mba Jane nulis jurnal yang bakal dikasih Lihat ke mereka pas sudah besar nanti.. huhu. Pasti mereka bangga banget punya Orang Tua seperti kaliann ๐Ÿฅฐ

    Waktu berjalan cepat banget kali ya Mba. Tau2 Josh sudah 5 tahun aja.
    Akhir kata Sehat2 buat kalian ya ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenang, yang masuk cuma ini kok hahahaha

      Terima kasih banyak Om Bayu atas doa dan ucapannya untuk Josh! ๐Ÿค— Benar-benar nggak kerasa anak ini udah 5 tahun aja. Udah jadi kakak pulak, mamanya mellow banget pas lihat dia bobo di malam ulang tahunnya hikss

      Walah, bisa nonton bareng sama Om Bayu nih di Netflix! Josh lagi terobsesi menjadi Paw Patrol, yang mana aku bingung gimana caranya supaya jadi mereka wkwkwkw

      Yaaampun sekarang aku tau benda apa yang sering kami lihat di pembangunan LRT di samping toll. Ternyata itu namanya Overhead Crane! Josh tau sih itu crane, tapi nggak tau nama lengkapnya huahahaha. Ok deh, Om! Janji yaa ajak Josh nyetir crane ๐Ÿ˜

      Huhuhu semoga demikian, yaa. Kami terus berusaha untuk jadi orangtua yang baik buat mereka berdua <3

      Terima kasih banyak, Mas Bay! Sehat selalu untukmu juga :D

      Delete
  3. Josh, tante bangga ���������� (2)

    Aku ketawatiwi sendiri nih bacain tingkah Josh yang gumush banget ����.

    Happy birthday Joshuaa! Semoga Josh bisa tumbuh menjadi anak dan koko yang baik, rendah hati, penuh kasih sayang dan bahagia selalu ��
    Semoga cita-cita Josh menjadi kontraktor bisa tercapai!! Amiiinn ����

    (Dear future Josh yang udah kerja, kalau kamu baca komentar ini, please let me know apakah akhirnya kamu berhasil meraih cita-citamu �� I hope yes!)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hauhahahahaha makasih banyak untuk doa dan ucapannya onti onlenku tersayang ๐Ÿ˜˜ yaampun aminnnn yaaa! Siapa tahu mimpi Josh bangun rumah buat papa mama tercapai AMINNN *yang kenceng* ๐Ÿคฃ

      Kok aku ngebayanginnya terharu sih, Lii. Kalau dia beneran jadi kontraktor terus baca postingan dan komentar di sini, kayak bermanifestasi gitu nggak sih ๐Ÿ˜ญ

      Btw, tumben ini emojis kamu nggak keluar yaa di sini, kamu dari laptop kah, Lii?

      Delete
  4. Baru kemaren rasanya baca postingan mba jane tntng ultah josh ke 4, skrng anaknya udah mau ninggalin umur balita aja yaampuunn ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ Selamat ulang tahun ya josh, tumbuh jd anak yg sehat kuat bahagia dan koko yg luar biasa buat dedek krystal ๐Ÿ’–๐Ÿ’– Aku gemes baca bahkan ketawa pertamanya karena koko josh yaa. Sweet ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mba Thessaaa. Kenapa pandemi ini membuat anak-anak kita di rumah malah cepat besarnya ya ๐Ÿ˜ญ terima kasih banyak tante sayang! ❤ Aminnnn untuk semua doanya!

      Gemeshhh banget Krystal tiap kali liat kokonya pasti ketawa, padahal nggak diapa-apain kadang-kadang ๐Ÿ˜‚

      Delete
  5. Mat ultah Josh, panjang umur, sehat selalu, tambah pinter, dan apa yang dicita - citakan bisa terwujud.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminnnn! Terima kasih banyak Tante Tari ๐Ÿค—

      Delete
  6. ((Ma, Tuhan bilang boleh kok dua kado!)) Jane aku ngakak banget bagian iniiii, Jooossshh pinter banget siiih ya ampun gemeeess ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    Happy birthday Jooossh semoga selalu jadi anak manisnya Mama Papa yaaa juga jadi koko yang manis buat Krystal ๐Ÿ’–๐Ÿ’–

    Ngakak juga bagian dia ngomong "Duh Dek gumoh terus kamu" ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ Kayak udah gede banget ga siih dia bisa ngomong gituuu ๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyaaaak Tante Eya! ๐Ÿ˜˜ aminnnn, semoga Josh bisa tumbuh jadi anak pintar dan koko yang sayang dedek yaa.

      Huahahaha kita juga ngakak banget pas dia bilang Tuhan jawab doa dia kayak gitu, sampai aku pastiin lagi: "Kamu beneran denger Tuhan ngomong gitu?" terus dia pedenya ngomong, "Iya, Mama!" ๐Ÿคฃ

      Sok gede tapi memang udah gede si Josh ini huhuhu

      Delete
  7. Selamat ulang tahun Josh! Doanya terkabul ya dapat dua kado wkwkwkwk. Tokoh kesukaan Josh itu yang Rubble bukan? Iseng nebak karena warnanya kuning sama kayak hadiahnya. :p

    Semoga Josh tumbuh menjadi orang yang sukses, baik hati, dan menjadi kebanggaan keluarga. <3 Lucu banget kamu kalau momong dedek Krystal. xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyak Tante Endah! ๐Ÿค— Hauhahahaha yesss benar sekali! Gara-gara kendaraannya Rubble itu construction vehicle kesukaan dia ๐Ÿ˜†

      Aminnnn untuk semua doanya! Semoga Josh tumbuh jadi anak yang baik dan sayang keluarga yaa ❤

      Delete
  8. Josh gemas sekaliiiii... Selamat ulang tahun Koko Josh, semoga sehat dan happy selaluuu. Josh keren banget bisa kompromi dan mau sabar nunggu waktu yang tepat buat buka kado. Jadi koko yang siap siaga juga untuk dede Krystal... Waahh ga kebayang kalau dede Krystal uda gedean dan bisa ngomong, pasti seru nih main bareng Josh ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyaaak ontii Devina! ๐Ÿค— jadi inget dulu waktu kecil kita juga sering gitu nggak sih pas terima kado, maunya cepat-cepat buka karena penasaran banget hauahahaha

      Ini masih bayi gini aja gemeshh liatnya main sama koko. Kalau gede bisa-bisa kokonya yang digangguin wkwkwk yang penting sayang-sayangan aja deh berduaan hihi

      Delete
  9. Happy birthday, Josh! May God bless you with health and happiness. Be a good big brother for your little sister and a be a good son for your parents.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello aunty Leony! Thank you so much for the prayer! ❤๐Ÿค—

      Delete
  10. hiksss udah ulang tahun aja yang ke 5, cepet bangetttt, udah mau masuk TK
    hepi besdey Josh, panjang umur, sehat terus, tambah pinter sekolahnya, pinter jagain dedeknya juga, emeshhhh

    ngikik dong mbak dibagian berdoa nya Josh sama Tuhan, aku dulu ga kepikiran begitu ya. Harusnya gitu juga aku ya, biar dibeliin kado banyak waktu masih piyik dulu :D

    coba zaman waktu aku kecil udah ada tokopedia, bisa kalap ntar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyak Tante Ainun! ๐Ÿค— Huhuhu iya kok anak di rumah aja malah berasa banget cepat gedenya. Tahun depan udah mau SD ๐Ÿ˜ญ

      Hauhahahaha maklum anak zaman sekarang generasi digital, jadi rikues kado pun online ๐Ÿ˜‚ bener-bener deh kocak banget pas dengar dia doa minta kado eh malah beneran boleh dua katanya ๐Ÿ˜†

      Delete