10 Secrets from Ex-Starbucks Barista You Might Want To Know

Tuesday, April 28, 2015

Semenjak resign dari Starbucks, intensitas aku ngunjungin Starbucks untuk beli kopi malah semakin tinggi daripada sebelum aku kerja di sana. Bedanya sekarang kalau order kopi agak bawel rikues ini itu. Call me Starbucks snob!

Dua minggu yang lalu, pas lagi ngopi di sana, aku iseng browsing dan nemu sebuah daftar,di mana beberapa barista mengumpulkan rahasia-rahasia mereka yang mungkin selama ini nggak diketahui oleh para customer. Misalnya, sering nggak kalau kalian order minuman yang punya dua macam size cups (medium, large), terus kalian order yang medium, habis itu mbak kasirnya bilang, "Nggak large aja, Kak? Harganya cuman beda tiga ribu lho", terus pikir-pikir cuman beda dikit yaudah deh order yang large. Padahal sebenarnya kalau di Starbucks, misal kamu order Grande Latte di-upsize ke Venti, komposisi susu di kopi kamu akan semakin banyak (size grande dan venti masing-masing berisi 2 shots espresso). Kalau tujuannya memang pengen more caffeine, mendingan stick to normal size aja. Walaupun cuman murah tiga ribu, kasarnya itu cuman untuk nambahin susunya aja.

Inspired by the same list, aku pun nyusun beberapa rahasia "pribadi" dari seorang (mantan) barista, yang mungkin kalian pengen tau. Pengen tau atau nggak aku tetep nulis, hahaha. Semacam trivia lah jadinya.  

1. We do Starbucks secret recipes, just show us the recipes when you ordering.
Soalnya kadang yang order secret recipes nggak punya resep, berasumsi semua barista Starbucks bisa bikinin. Dan satu hal yang penting, biasanya secret recipes overpriced, karena menggunakan macam-macam bahan (tergantung resep). Nah, yang biasa order secret recipes tak lain adalah golongan anak-anak ABG (literally anak baru gede). Karena secret recipes itu menarik, mereka seneng ordernya, tanpa tau sebenarnya rasanya enak atau nggak. Apesnya, kalau nggak enak, ditambah harganya kemahalan, mereka ngomel-ngomel deh. Jadi biasanya aku infoin dulu, kira-kira tuh rasanya bakal kayak apa, kalau mereka nggak keberatan ya lanjut bikinin, dengan catatan aku jangan diomelin yah, dek, kalau nggak sesuai ekspektasi. Secret recipes terunik yang pernah aku buat namanya The Bomb! Frappuccino, harganya sekitar 60,000-65,000 rupiah. Mahal kannnnn?

2. We pay parking fee from your tips. *thankyousomuch!*
Nggak banyak yang tau kalau uang tips itu gunanya apa atau masuk ke "kantong"-nya siapa. Pernah ada satu customer bule nanya aku, uang tips itu dipakai buat apa. Aku jawab aja jujur buat bayar uang parkir, karena kebetulan aku kerja di outlet dalam mal, biaya parkirnya mahal banget cyin. Terus si customer itu langsung terlihat lega kalau uang tips dipakai buat hal berguna hahaha. And guess what, he personally gave me some more. Buru-buru deh aku kantongin ke apron-ku sebelum keliatan CCTV :P

3. Frappuccino drinks only available in Starbucks.
Frappuccino itu udah di-copyright sama Starbucks. So, jangan expect green tea frappe yang kamu order di luar Starbucks seenak aslinya. And oh, never say our Frappucinno with "frappe", especially when you order in Starbucks. Our boss hates it. 

4. Not all of baristas are latte artists.
Kita nggak dilatih khusus untuk bikin latte art, tapi untuk yang basic kayak bentuk hati, daun, masih bisalah. Nih, aku aja bisa.


5. We can't re-heat your coffee.
Aku suka nemu beberapa customer minta kopinya dipanasin ulang karena udah dingin. The truth is, we can't do that. And extra hot coffee will burn your hands. Silakan enjoy kopi kalian selagi panas ya!

6. Here is your sweetness level: 
Espresso Drinks (Latte, Cappuccino, etc)
Tall > 3 pumps // Grande > 4 pumps // Venti > 5 pumps
Frappuccino Drinks 
Tall > 2 pumps // Grande > 3 pumps // Venti > 4 pumps

7. What is "Americano on the rock"? 
Sebenarnya sama aja kayak Americano biasanya. Bedanya, kita bakal fill up gelas kamu dengan iced cubes, lalu espresso shots. I don't know why, tapi Americano on the rock identik dengan minumannya cowok-cowok fitness atau bodi gede. Serius, ini cuman perasaanku aja, no offense loh, soalnya kadang-kadang Andreas suka order juga hahahaha *kaburaja*

8. Americano means "American that doesn't really drink coffee". Konon, Italian people nyebut Americano itu adalah kopinya orang Amerika, karena mereka mencampur espresso dengan air. Italian doesn't drink coffee like that. They just gulp the espresso shot in the small cup like this, it calls demitasse by the way.

9. Here's my favorite own Starbucks recipe, the basic recipe comes from Double-Shots Iced Shaken Espresso. Ingridients: double shots espresso, 2% milk (just ask the barista), 2 pumps of condensed milk (you can add more depends of your sweetness craving), shake it! It suits for your morning-to-go coffee.

10. Why we often misspelled your name on your cups?
Nah, ini dia yang paling fenomenal di dunia per-starbucks-an *halah*. Ada yang bilang kalau ini salah satu taktik marketing-nya Starbucks secara tidak langsung. Tadinya aku nggak setuju, tapi setelah liat video parodi ini dan baca artikel pengakuan seorang asisten manajer Starbucks tentang misspelling nama customer, aku ngerti kenapa barista Starbucks suka (dan secara sengaja) salah menulis nama customer. Aku sendiri nggak pernah iseng untuk salah eja nama customer, paling cuman nulis short message or doodling di cup mereka (cheesy banget kannn). Aku rasa kalau "taktik" marketing yang dimaksud di video parodi tersebut, nggak bisa diterapakan di Indonesia. Sense of jokes-nya orang Indonesia belom senekat orang barat sana. Para abege aja langsung jutek kalau kita salah nulis namanya, apalagi kalau bapak-bapak atau ibu-ibu, wah urusannya ruwet deh. Dan aku rasa... Starbucks butuh taktik marketing yang kayak gimana lagi sih, mau namanya salah eja atau nggak, tetep aja kan kita sering foto minuman kita kalau lagi nongki di warung kopi hits ini, hehehe.


***
List ini murni dari pengalaman pribadi selama kerja di Starbucks. Masa kerja aku jadi barista bisa terbilang pendek (7 bulan), tapi pengalaman yang aku dapatkan sangat priceless. Dan sejujurnya, aku bangga bisa bikin list ini di blog hahaha. 

Ada yang pernah kerja di Starbucks atau ada yang sering ke Starbucks (regular customer) di sini? Share your stories here, I would like to hear. Stay awesome!

Read more about my Starbucks working experiences here: 

178 comments:

  1. aku bisa di bilang regular customer-nya Starbuck :D soalnya selain kopinya enak aku jg suka cinnamon roll nya! however, i never try the secret recipes and they always spell my name right! :)

    this post is a very useful, now i know the secret of Starbucks! :D

    Ranna94's

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Rana!

      Wah sama dong, aku juga suka cinnamon roll! Biasa minum apa di Sbux? Klo suka black coffee, coba barengin sama cinnamon roll-nya deh <3 Anyway, thanks for dropping by ya! Gotta check your blog soon (:

      Delete
    2. biasa nya aku minum caramel macchiato sama caramel frappuccino :) will try that soon, thanks for your recommendation tho!

      my pleasure Jane, love your blog! xx :)

      Delete
  2. nomer 10 emang kayaknya udah curiga sih, kayak "ah masa sih baristanya dodol banget nulis nama aja salah -_____-" ternyata teknik marketing ya. ya boleh - bolehlah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha alasan banget ya kayaknya kalau sebagai taktik marketing. Tapi ya ternyata works all the time ((:

      Delete
  3. semua secret recipe yang ada di starbuckssecretmenu.net bisa kita order di seluruh sbux indonesia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok, tinggal bawa recipe-nya aja, lalu tunjukkin ke baristanya. Cuman perlu diinget, terkadang ada beberapa recipe yg butuh bahan2 yg mungkin nggak available di Indonesia, ada juga yg bahannya ada tapi seasonal (nggak selalu ada). Selamat mencoba! (:

      Delete
  4. Halo kak,aku kemarin dpt panggilan utk interview di Starbucks nih di Ruko Sudirman Park.Kira-kira kalau untuk pakaian,pakaian apa ya yg cocok dipakai utk inteview di Starbucks?
    Btw,nice info kak :)

    ReplyDelete
  5. Hi, Marina!

    Kalau untuk interview di Starbucks, semi formal aja dan pastinya harus rapi. Dulu aku pake kemeja sama skinny jeans plus flatshoes nggak masalah kok, yg penting rapi dan bs kasih first impression yg ok. Good luck yaa buat interview-nya! :D

    ReplyDelete
  6. kalo buat yang full time barista iya. maaf kalo udah ngomongin soal salary? kira kira diberapa??? sorryy ...:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, there!

      Kalau soal salary full timer, memang nggak sebesar kalau jadi pegawai kantoran atau di bank, tapi buat fresh graduate yg iseng2, ok banget kok, bisa buat tambahan nyicil motor lah :D

      Delete
  7. Hai Jane, aku mau tertarik banget part time di starbucks, tapi dasarnya aku gak suka kopi. Menurut kamu itu berpengaruh ga ya keterima di starbucks apa engga . thanks ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga!

      Nggak masalah kok, yg penting rajin, bisa kerjasama dan mau belajar :D
      Dulu beberapa temandi Starbucks juga nggak suka kopi, tapi ada jg lho yg tadinya gak suka malah jadi ketagihan haha

      Delete
    2. hai jane !

      I really like coffee , thx you for share story. saya ingin mencoba menjadi barista di starbuck cuma saya keterbatasan bahasa inggrisnya pasif haha kira-kira bisa diterima nggk y?

      makasi

      Delete
    3. Hai juga!

      Nggak apa- apa banget kok, bahasa kan bisa dipelajari. Awal kerja aku juga nggak terbiasa komunikasi pake bahasa Inggris, karena udah terbiasa, jadinya ya biasa-biasa aja. Bahasa bukan kendala kok. Semoga sukses ya lamaran kerjanya! :D

      Delete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  9. Hai jane,
    Aq kn dapat panggilan interview di sbux, di hari minggu - senin.. dalam 2 hari itu kita disuruh milih salah satu atau langsung training dalam 2 hari itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ika!

      Hmm sepertinya pilih salah satu, karena training dijalankan saat kita udah ttd perjanjian kontrak dll. Boleh ditanya lebih jelas aja sama pihak Sbux langsung (: good luck yaa buat interview-nya!

      Delete
  10. HAI JANE KALAU MISALKAN DITERIMA KERJA DI STARBUCKS APAKAH BISA MILIH MAU KERJA DI STARBUCKS MAANA? SOALNYA I HAVE A PLAN TO WORK IN THE NEAREST STARBUCKS FROM MY HOME GITU HEHE :>

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Pamela!

      Hmm kayaknya bisa deh, selesai interview dan kalau sudah diterima, langsung bisa tau kita daper di cabang yang mana. Kalau memang mau rikues, bisa ngomong langsung sama manajer toko or supervisor-nya. Good luck ya!

      Delete
  11. Hi jane, aku kan berminat buat part time di starbuck, kira2 jane tau ga kontrak untuk part time itu berapa bulan kerjanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Irin!

      Kontrak kerja di Starbucks (part time or full time) itu enam bulan (:

      Delete
  12. hi jane, hi partner gua udh dua hari nih fulltime 1stimpression memang memukauuu hahahah, lu sempet dapet black appron kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Yogie!

      Wahh seru dong yah! Gue nggak sempet dapet black apron dan sekarang nyeselnya luar biasa huhu ): soalnya kalau udah dapet black apron kan lumayan ya. Cuman emang pengalaman kerjanya sih emang seruu banget! (:

      Delete
    2. Hei kak black apron artinya apak? Kerjanya bagus? Tau punya tantangan tersendiri? Heheh

      Delete
    3. Hai!

      Black apron itu buat para Coffee Master di Starbucks. Untuk bisa jadi Coffee Master, mereka harus sering coffee talk sama customer, bisa menjelaskan dan menggunakan manual brewer, dan ada beberapa tes yang harus dijalani (:

      Delete
  13. blum pernah nyoba starbuck sih, just trying to find out usefull information to know what starbuck is?? i was work in black canyon coffe and signed out only for two month coz i gotta take a collage and the job doesn't support any part timer like me, now i'am going to apply my CV, and your blog really worth it :D btw somehow i thought black canyon squeeze their customer w/ their high priced coffe... and it seems starbuck do the same wkwkwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Yuda!

      Ahahahaha soal harga mah nggak berani banyak komen deh ya, emang rata-rata franchise coffee shop dari luar itu emang kadang overrated ((: cuman kayaknya black canyon masih oke sih harganya, makanannya juga lumayan. Coba apply part time aja di Starbucks, nggak sulit sih diterima kerja di sana, yg penting cocok aja. Anyway, thank you so much if you find this blog is useful! Thank you and good luck!!

      Delete
  14. Hi jane!
    what else you receive besides salary from starbucks? Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Deddy!

      Hmmm of course the experiences and networking! Nggak sedikit aku kenal temen-temen baru dan para customer yang dateng ngopi. Karena memang keputusan awal kerja di Starbucks bukan karena salary, karena pengen dapetin pengalamannya yang nggak tergantikan itu. Banyak lessons jugalah pokoknya (: thank you for stopping by anyway!

      Delete
  15. Hai Jane!
    Emang susu di Starbucks Indonesia ada yg 2%? Krn selama ini pasti aku minta yg non-fat!
    Btw, greentea frappucino-nya Starbucks emang THE BEST! Pernah nyobain greentea di "coffeeb**n" gk enak, malah mahal!
    Oia Americano gk cuma buat cowo2 fitnes berbadan gede, krn kadang aku suka pesen jg heheh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiii!

      Ada kok, cuman kayaknya aku hampir nggak pernah buat susu 2% hahaha. Mungkin karena "asing" kali ya buat orang lokal. Wah kalau green tea frappuccino Sbux emang nggak ada yg ngalahin ya! Ahahahaha iya bener sih, dulu di tempatku kan banyak turisnya, turis cewek korea yg badannya kecil2 tuh minumnya americano hihi

      Makasih ya udah mampir. Good day!

      Delete
  16. hi jane :)

    gua baru dapet panggilan interview nih di starbucks jogja, kebetulan ngelamar untuk yang bagian parttime, sistem waktu kerjanya gimana yak?
    gua kuliah tinggal garap skripsi doang sih, tapi dalam seminggu ada dua kali harus ketemu dosen buat bimbingan, nah itu bisa kan disesuain sama jadwal gua, hehehe.

    by the way, thank!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi! Maap banget baru sempat bales. Soal sistem waktu kerja bisa langsung disesuain sama store manager di tempat kerja nanti, pas gue kerja dulu ada beberapa anak part timer yg studi akhir, biasa sih mereka ambil morning shift atau night shift. Good luck ya!

      Delete
  17. Hai jane!

    Nice share nih. Bisa buat review temen2. Aku mau nanya nih. Kebetulan dpt informasi kalo ada walk in interview buat FT Barista di Sbux Bali. It means, kita bs lsg dateng ke sana dan ikut interview atau have to apply firstly and waiting for interview?
    :)

    Thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga! Aduh maap banget nih baru bales. Kalau walk-in interview berarti bisa langsung ke sana untuk interview langsung, jangan lupa bawa CV dll juga. Kayaknya Sbux lumayan sering ngadain walk-in interview, lumayan tuh hehe. Good luck ya!

      Delete
  18. Hi Jane!

    Infonya berguna bgt. Thx yaa :)
    Mau nanya, kalau misalkan mau part time tapi satu bulan doang, bisa gak ya?

    Thanks before!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi juga! Wah sama2, seneng kalau artikelnya berguna (:
      Hmm setauku nggak bisa, karena biasanya di tempat kerja ada kontrak kerja min 6 bulan, jadi sebelum kontrak selesai nggak bisa resign, bisa sih, tp kena pinalti seharga gaji :P
      Coba aja kalau tertarik, dan coba sesuain jadwal aja. Good luck!!

      Delete
    2. Hi Mbak Jane.. Aku baru kerja di Starbuck, mau tanya nih, kalo sudah habis kontrak, terus mau diperpanjang bisa gak ya?

      Delete
  19. hi jane!
    mau tanya nih dulu wktu interview ditanya apa aja ya ? ijazah ditahan ya klo udah diterima ?
    thanks before :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Sri! Ijasah bakal ditahan selama kontrak kerja berlangsung. Kalau pertanyaan2 selama interview standar aja kok, ada interview bahasa Inggris-nya. Jadi siapin aja (:

      Delete
  20. Hai jane!

    Mau tanya dong kalau kita dikerudung bisa kerja di sbux ga? Kan soalnya sbux kan international service takutnya gaboleh dikerudung..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Jannet! Sorry baru bales. Aku kurang jelas untuk soal kriteria yg berhijab. Daripada aku salah jawab, coba ditanyakan aja langsung ke barista Starbucks-nya ya. (:

      Delete
  21. i always love to visit starbucks, it's a place with the best employee, by the way. gue juga tertarik nih buat kerja di starbucks, itung-itung buat nambah pengalaman, gue pengen nyoba jadi barista, kira-kira buat jadi barista di starbuck itu kriteriany apa aja ya? thanks alot

    ReplyDelete
    Replies
    1. It's a real fun kok kerja di Starbucks. Nambah banyak temen dan networking juga. Kalau soal kriteria yg penting jujur dan rajin aja (:

      Delete
  22. kak jane mau tanya kakak ngelamar partime starbucks nya lewat yang online itu atau langsung ngelamar ke starbucks nya kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi there! Untuk apply job langsung aja bawa CV ke gerai Starbucks. Kasih langsung ke baristanya, kalau memang mereka lg butuh pasti dihubungi (:

      Delete
  23. Kak Jane, umur minimal untuk jadi barista di Starbucks berapa? Salary per month nya berapa? Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Josephine!

      Usia minimal aku kurang tau pasti, cuman yang rata-rata part timer di Starbucks sih anak kuliah semester awal.

      Pertanyaan untuk salary, maaf ya aku nggak bisa jawab. Nanti kalau sudah diterima kerja pasti dijelasin kok (:

      Delete
  24. Hi Jane,
    Saya mau tanya untuk anak saya yang mau melamar part time di starbucks..kira2 jadwal kerjanya bisa disesuaikan dengan jam kuliah gak ya?thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi there!

      Bisa banget kok, nanti tinggal didiskusikan dengan bos kamu nantinya.

      Delete
  25. Hi ci
    Aku mau coba lamar d starbucks tp aku jrg minum kopi disana, krg tau gt ttg starbucks, inggris jg biasa. Kira" peluang diterima jd part timer kecil ga ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello!

      Kalau kamu consider untuk lamar kerja di suatu tempat, of course you will try to get know more about the company, no? Kalau memang mau banget pasti bisa kok (:

      Delete
  26. Hi jane. Aku Ada typo di cvku Starbucks jd starburks kira22 gmn yaaa :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, I think that would be just fine, lain kali lebih teliti aja (:

      Delete
    2. Hay ka jane mau nanya dong kalo interview sbux disuruh menawarkan ke cust pake bahasa inggris mnta contoh2nya dongg pliss hehehe makash

      Delete
  27. Hai Jane!
    Terima kasih telah berbagi pengalaman sebagai ex-barista Starbucks!
    Dari yang kubaca, ada tentang tahan ijazah. Yamg ditahan ijazah apakah? Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Chaterine!

      Makasih juga ya udah mampir baca.
      Ijasah yang ditahan ijasah pendidikan terakhir. Misalnya aku dulu part timer, yang ditahan ijasah S1 aku (:

      Delete
  28. Hi kak Janeee. Kalo mau nanya2 ttg sbucks tp lebih cara personal boleh ga? Lewat email misalnya or else? Thankyouuu beforee😁


    -angel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Angel!

      Boleh kok, email-ku: reggieviasantoso@gmail.com.

      You're welcome! (:

      Delete
  29. Hi.. Kamu fulltime barista? Kalau resign sebelum waktunya kena pinalty berapa? Ijazah balik nggak sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi!

      Yes, aku dulu full timer. Aku agak lupa soal penalti kalau resign sebelum waktunya, jelasnya nanti bisa ditanyakan langsung ke store manager kamu. Ijasah pasti balik kalau sudah lewat kontrak.

      Delete
  30. sekarang gw jadi tahu rahasianya.. hehehe.. tapi bagian salah tulis nama, gw dah nyadar dari dulu.. salah satu marketing promo yang costnya free buat si sbux..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, Anka!

      Soal salah tulis nama, sejujurnya kami sendiri suka nggak jelas mendengar nama customer, bahkan setelah dibantu spelling. Apalagi kalau lagi ramai, kami cuman nulis sesuai apa yang kami dengar aja. Makanya aku nggak sepenuhnya setuju itu taktik marketing. Emang kami beneran nggak dengar jelas ((:

      Delete
  31. Dear kak Jane,

    Aku Intan. Kak aku apply lewat online aplication dari sbuxnya. Tapi aku salah isi jam kerja part time. Udah 7 hari belum ada panggilan juga. Biasanya setelah apply lama ga dipanggilnya?:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, Intan!

      Maksudnya salah isi jam kerja apa ya? Soal jam kerja, sih, bisa diatur pas kamu sudah diterima kerja. Waktu itu aku ditelpon setelah 2-3 hari apply CV langsung ke store-nya. Kalau kamu apply online, coba aja di-email tanya bagaimana kelanjutan lamaran kerja kamu. Good luck, ya!

      Delete
    2. gue ga bisa bisa apply via website nih, katanya disuruh masukin valid facebook address padahal udah masukin nama facebook dan masih valid kok :( ada yang bisa bantu?

      Delete
  32. Selamat sore, maaf mau tanya, kemarin baru lamar spv di Starbucks nah, berhubung belum pnya pengalaman gw ditawarin posisi barista,,
    Yang mau ditanya kontrak dan pinalti itu berapa yaa??
    Terus apakah jenjang karir Starbucks itu jelas?? Mslny dari barista menjadi spv or store manajer maybe??
    Thanks before,,

    ReplyDelete
  33. Kak kalo mau coba ngelamar kerja di sbux minimal anak kuliah? Kalo anak Sma bisa ga? Soalnya sekalian nunggu masuk kuliah

    ReplyDelete
  34. hi jane..

    gue baru mau nyoba banget nih ngelamar untuk kerja part time, tp di sbux kerapihan itu paling diutamakan? terutama rambut yang gondrong untuk lakilaki, soalnya rambut gue gondrong nih, because i'm not willing to cut my hair, because i really love my long hair right now hehehe

    ReplyDelete
  35. nomor 10 bukan marketing kayanya, soalnya baca di bukunya "Starbucks in 60 minutes" nulis nama itu buat, apa yaa disebutnya semacam keramahan pelayan gitu deh. terinspirasi ketika howard schultz waktu ngopi di italia, nah baristanya tuh kaya nyapa pelanggan dengan nama aslinya gitu. CMIIW

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi!

      Wah, belom baca buku yang itu, kapan-kapan baca deh. Tapi aku pernah baca itu somewhere juga sih, memang awalnya si CEO pengen tercipta keakraban antara barista dan pelanggan. Cuman kalau dibilang taktik marketing, aku juga percaya. Namanya juga tiap perusahaan pengen punya branding yang khas. Thanks ya buat infonya!

      Delete
  36. uda coba 2x ngelamar untuk part time di bali sama jakarta ga dpt panggilan . padahal basicnya lbh suka sama ank tourism :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, Leslie!

      Dicoba lagi aja, mungkin belom jodoh. Biasanya untuk barista mereka sering nyari kok. Nggak sebatas anak tourism juga, aku anak sastra diterima aja tuh (: Good luck ya!

      Delete
  37. Cukup membantu postingan ini buat training nanti !!hehee..walau gak suka kopi dan englishku kurang,tapi masih dikasi kesempatan buat join bareng Sbux.

    ReplyDelete
  38. kalau mutusin kontrak dapat pinalti ga?gabisa kontrak 3 bulan aja?

    ReplyDelete
  39. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  40. Hai Jane! Aku mau tanya dong, waktu ngelamar kerja nya itu kamu ke kantor pusatnya, atau ke starbucks cabang terdekat rumah kamu ya? Thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga!

      Aku langsung drop CV ke gerai terdekat dan kebetulan gerai itu adalah kantor pusat dari cabang gerai Starbucks di Denpasar. Sebenarnya drop ke mana aja boleh kok, soalnya di mana nanti kamu akan bekerja, perusahaan yang akan menentukan (:

      Delete
  41. Hi Jane!
    I like the way you answer those comments above, you seem very nice and, cough, diplomatic! Haha you're sweet to boot. I also enjoy your bits about working at sbux.
    anyway, I'm curious whether sbux have any rules against hijab for their barista? because I wear it and I'm planning to become one, hehe. I'm also curious about the scheduling, won't it interfere with, say, my class sched since I'm still in my fourth semester? Thanks a bunch!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi there!

      Haha thank you so much for reading and enjoying this blog post tho! About hijab criteria, someone has asked me before too. Since I'm not really sure about this, you can ask directly to the manager before dropping your CV. About the schedule, it can be arranged later, no probs!

      Good luck anyway!

      Delete
  42. Hi jane.. salam kenal! :)
    Aku minat banget mau jadi full time barista di starbucks, aku kan di jakarta sekarang tapi mau balik ke bandung gitu.. ntar drop cv nya di bandung apa via online apa gimana ya?
    terus tau bakal ada walk in interview bandung itu gimana ya?

    Thank you :)

    ReplyDelete
  43. Hai jane
    Mau nanya nih kalo mau ngelamar jadi barista itu ngapain aja sih ? Soalnya saya juga lagi pengen nyari part time. Kebetulan kata pacar saya coba ngelamar ke starbucks hehehe. Terus saya juga bahasa inggris di lisan ga terlalu fasih. Bisa di jelasin jadi barista itu ngapain aja? Soalnya saya mau coba ngelamar hehehe. Thanks jane

    ReplyDelete
  44. Hello aku ketemu blog ini di google dalama pencarian lowongan starbucks. Thankyou for writing this!
    anw dilihat dari sidebar nya ada widget jualan buku tulisan kamu? aku berminat membacanya, tapi setelah di click agak bingung untul log in ke nulisbuku.com dgn account facebook/twitter error ngga bisa2... bagaimana ya??? terimakasih sebelumnya! Blog nya keren! :D

    Xo,
    Lucy
    www.lilshelullabies.link

    ReplyDelete
  45. hai kak, mau nanya dong, saya sih sbnernya udah daftar online, tp blm dapet2 panggilan, makanya mau nyoba kalau drop cv aja, isi cvnya apa aja kak? trs langsung dikasihkan di gerai terdekat gt aja? thanks in advance

    ReplyDelete
  46. Halo kak Jane!
    Kalo part time di starbucks, apa jurusan kita di kuliah mempengaruhi diterima atau tidaknya -seperti jurusan kedokteran misalnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi!

      Nggak sama sekali, aku punya teman part timer dulu dia anak jurusan kedokteran juga. Jadi sama sekali nggak pengaruh (:

      Delete
  47. Hallo,
    salam kenal.
    Gue Edgar dan gue guru. Gue tinggal di medan.
    Sebenarnya gue kepengen jadi barista di starbucks udah lama. tapi karena pekerjaan gue yang padet jd kemungkinan tahun 2018 baru kesampaian.
    jadi, kira2 butuh punya background pengalaman jadi barista? terus jika belum dan bisa diterima apakah ada pelajarannya? dan info lain yang gue harus tau. terima kasih ya sebelumnya.

    ReplyDelete
  48. Halo. Apa benar starbucks selalu mencari employee yang good looking? Soalnya denger2 dari beberapa teman yang pernah apply bilang gitu...


    Kalau iya, kebijakan starbucks ini ternyata aga offensive juga ya. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi there!

      Wah, siapa yang bilang tuh? Hahaha. Mungkin bukan good looking as you're handsome or pretty, karena itu general kan. Yang bener itu kita harus berpenampilan rapi dan bersih (enak dilihat), karena jobdesc-nya kan ketemu berbagai customer tiap hari, jadi rapi dan bersih itu wajib banget.

      Delete
  49. Hai kak saya coba apply part time via website sbux. kira" nunggu brapa lama ya buat di contact baliknya? trima kasih

    ReplyDelete
  50. Kalo lulusan SMA boleh ga sih jadi barista di sbux?
    Thanks before :D

    ReplyDelete
  51. Hello Jane.. Its really nice to have visiting your blog! I'm a second semester student and I have applied part time job in Sbux via their website(online) on Saturday 12th June, but I haven't got called for the interview. What should I do? It would be great if you could answer asap:)) Thanks a bunch ^.^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello!

      I'm sorry for my late reply. Anyway, I'm not really sure about submitting our job application through email, for fast response you can drop your CV directly to the nearest store. Hope it helps! Good luck (:

      Delete
  52. Hi jane!

    Baru hr ini gw apply job part-time nih di sbux, kira2 nanti kalau disuruh interview (amiiiin) interviewnya pake bahasa inggris? Sulit kah? Soalnya gw msh jelek2 gitu bahasa inggrisnya haha, dan gw cantumin pas ngisi cv di web bhs inggrisnya tuh "fair" haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Rhesa!

      Interview dalam bahasa Inggris nggak sesulit yang dibayangkan kok, pede aja dan jangan takut salah. Biasa takut salah malah jadi grogi, haha. Good luck ya, semoga dapet kerjaannya!

      Delete
  53. Hi jane! Jadi aku habis walk in interview di starbucks, kira2 berdasarkan pengalaman kamu, pengumuman di terima atau nggaknya berapa hari setelah interview sih? Terus next step nya gmn sihh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ayu!

      Sorry aku baru sempat bales komen kamu. Kalau dari pengalamanku yang lalu, pengumumannya cepet banget sih, nggak sampai seminggu. Next step-nya langsung dikasih tau tentang job desc kita, nah di sini kita masih punya kesempatan mau tetap kerja atau out.

      Semoga keterima ya! Good luck (:

      Delete
  54. Hi jane! Aku kuliah kelas karyawan (sabtu aja kuliahnya) baru semester awal dan minggu depan mau ikut walk in interview sbux. Menurut kamu apa bisa aku apply yg full time?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Dwi!

      Hmmm kondisi kamu bisa langsung didiskusiin sama manager store langsung atau sama interviewer-nya sih. Jadi bisa tau kira-kira cocok jadi full timer atau part timer. Good luck ya! (:

      Delete
  55. hi jane,mo nanya nih beda nya brewed coffee sm americano apa ya?penasaran sr dl,tapi kalo mampir ke sbx selalu lupa nanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi juga!

      Perbedaannya cuma di cara pembuatan sama rasa aja sih. Kalau brewed coffee hampir sama kayak kopi seduh biasa aja, kalau Americano itu based-nya espresso ditambahin air. Semoga membantu ya jawabanku, kalau nggak yakin coba ditanya langsung aja ke barista setempat :D

      Delete
  56. Hii kak jane,mau nanya nih. Untuk part time di starbucks kira2 berapa lama ya masa kerjanya? Saya baru aja interview tadi hehe minta inf0nya ya kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi there!

      Semua yang diterima kerja di Starbucks (both part timer and full timer) akan menjalankan kontrak kerja selama 6 bulan. Lewat 6 bulan kamu boleh lanjut terus atau berhenti. Kalau belum sampai 6 bulan dan mau resign, akan dikenakan pinalti. Soal ini bakal dijelaskan lebih lanjut kok dalam tahap interview berikutnya. Sukses ya!

      Delete
  57. hai kak, aku mau nanya nih kalo di sbux itu kira2 pengalaman kerja dibutuhin banget gak ya untuk part timer?soalnya aku mau coba apply disana tapi masih ragu :(

    ReplyDelete
  58. Hai ka mau tanya dong kalau lulusan sma dan ga bisa bahasa asing bisa ke terima ga sih :(

    ReplyDelete
  59. Hii kak jane, mau nanya nih. saya mahasiswi yang baru masuk semester 3 kalo daftar untuk part time di starbucks bisa ngga kak? kalo boleh tau apa saja tahap-tahap dan persyaratan untuk mendaftar. terima kasih kak jane:)

    ReplyDelete
  60. Hi kak. Aku mau tanya untuk surat lamaran enaknya pakai english or indo ya? Thanks😊

    ReplyDelete
  61. hi jane,
    it's nice to know you, and fine your blog finaly :)
    i have follow your blog activity and i think you're a nice person and prety to, look when you answer those comments above. i like that. make me really want to join with sbux.
    anyway, i like coffe, i realy wanna be a barista, pastinya di sbux, not just for a job. but i haven't experient for this job, a barista, did you have any suggestion for me, for trick and tips for me to pass the interview test when a have sbux call..?
    oy, can you share too about the job possition in sbux?
    its will be good if you wanna replay me, thanks jane, sory b.ing nya belepotan hehe..

    ReplyDelete
  62. Kak nanya dong hehe... I'm interested in being a barista, even if i do part-time. Bisa ga sih anyone be a barista, meskipun tanpa pengetahuan banyak tentang coffee atau being a barista? Dan mau nanya saran, is it better for me to apply online atau drop by CV di store?

    Ohiya btw, aku baru mau masuk semester 3 di Mechatronics Engineering (totally not related with coffee brewing or stuffs).

    ReplyDelete
  63. Hai jane, its nice to see you'r blog. Jadi interest bgt buat part time di starbucks. By the way kalo mau part time itu ada ketentuan tinggi atau berat badan ga ya? Thanks yaa

    ReplyDelete
  64. hai jane.. ada barista starbuck yang aku suka, kebetulan starbuck ini baru buka deket rumahku.. ada tips2 khusus g ya biar bisa deket? soalnya jujur aja aku malu banget dan g tau gimana cara deketinnya

    thx yaaa

    ReplyDelete
  65. Kalo ngelamar di starbuck untuk SMA lulusan baru bisa ga?

    ReplyDelete
  66. Hi,aku bru aja ngirim cv buat part time.aku emg bru tamat sma dan belum kuliah. Masih nunggui emailnya,emg lama ya buat interview?atau krn aku masih bru tamat?hehehe

    ReplyDelete
  67. Starbucks memang tempat menyenangkan.
    Tapi kalo mau dapet ilmu kopinya bukan di starbucks. coba lamar di coffee shop yg emang ada training full kopinya. Dijamin lo keluar dari situ udah jadi master barista, bukan cuma mantan barista. Gitu loh bedanya.

    ReplyDelete
  68. Hai, Jane. Aku Lauren dan baru akan interview di Starbucks. Kalau untuk part-time Starbucks biasanya dikontrak berapa lama ya? Setelah kontrak tersebut selesai, berarti sistem tahan ijazahnya tidak berlaku lagi kah? Thank you.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Lauren!

      Kalau nggak berubah, kontrak untuk full dan part timer itu 6 bulan. Setelah kontrak selesai, bisa lanjut atau resign tanpa pinalti. Aku lupa sih ijasah itu kapan dibalikinnya, mungkin pas setahun kerja. Untuk pastinya coba ditanyakan langsung ya.

      Anyway, good luck untuk interview-nya!

      Delete
  69. Kak, aku kan udah walk in interview tahap 1 nih, nah katanya nunggu seminggu dulu nanti ditelfon dari jakarta untuk interview tahap 2, itu kira2 pake bahasa inggris lagi atau enggak ya, terus apakah harus training ke jakarta, padahal kalo dilihat aku baru masuk kuliah semester awal. mohon responnya dong kak untuk pertanyaan ini? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi!

      Hmmm harusnya nggak, sih, soalnya dulu aku cuma satu kali interview. Kalo training harusnya di lokasi masing-masing, nggak harus ke Jakarta. Semoga membantu ya. And good luck!

      Delete
    2. hihi thanks kak infonya. ini sangat membantu sekali jadi gak terlalu kepikiran deh sekarang :)

      Delete
    3. satu lagi dong kak jane, biasanya sih kalo buka walk in interview rata-rata berapa orang kak yang dicari?

      Delete
  70. halo sesama mantan barista!!
    lucu juga baca" ini...
    secara gw juga ngalamin hal yang sama hehehe
    good luck untuk kedepannya

    ReplyDelete
  71. Hi ka Jane ,

    Kl mau daftar part-time di Starbucks itu mesti punya basic barista atau gimana ya ka? Sy ada niat mau daftar sih wkwkw tp nanya nanya dulu ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi!

      Untuk lamar kerja jadi barista Starbucks sama sekali nggak butuh background barista. Sebelum mulai kerja, bakal ada training-nya kok selama seminggu. Yang penting rajin dan mau belajar aja. Good luck ya!

      Delete
    2. Saya udh Lamar sih ka, tp blm dpt panggilan 😂 makasih infonya ka jane

      Delete
  72. Hy kak,,,
    Besok aku mau walk in interview di starbucks,,, deg degan banget,, galau dengan pertanyaan2 yang ada di pikiran aku,, udah banyak blog yang aku baca dan bingung harus bagaimana haha jujur b.inggris aku payah,, sedangkan aku mau banget bisa di terima di starbucks,, kasih saran biar gak deg degan dan pd. :') makasih kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai!

      Kalo mau lamar kerja jadi barista Starbucks, pertama harus banget tau tentang Starbucks, karena mau kerja di mana pun wajib hukumnya untuk tau tentang company di mana kita melamar kerja.

      Deg-deg an wajar banget, tapi saranku nggak usah terlalu dipikirin, santai aja. Interview dalam Bahasa Inggris nggak sesusah yang dibayangkan kok. Good luck ya (:

      Delete
  73. Hai jane aku mau tanya,karna aku suka ngopi di sbux makanya aku tertarik utk apply part time tapi klo utk lulusan smk apa bisa?terus pas interview full speak english apa pas introduce aja n selebihnya indonesia?thanks before ��

    ReplyDelete
  74. Haiii kak Jane.. aku hari senin kemaren baru walk in interview part time di starbucks.. ijazah aku kan kebakar jadi kemaren aku hanya bawa CV.. gmn yaa menurut kakak? Apakah HRD akan menerimanya? Thank you kak 😊😊

    ReplyDelete
  75. hello kak jane, kira2 untuk kriteria dari penampilannya, ada harus tinggi badan ga? terimakasih

    ReplyDelete
  76. hai kak Jane,
    aku lg considering buat apply part time di sbux, tapi aku bisanya mulai kerja bulan Januari, jadi mending daftar januari nanti atau dari sekarang gpp?
    sama satu lagi, selama kontrak 6 bulan itu boleh ijin 1 bulan untuk KKN ga ya?
    Thanks kak c:

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Jordi!

      Saranku apply di bulan Januari aja, karena biasanya Starbucks langsung meminta barista untuk langsung bekerja setelah lolos interview. Kalo untuk kepentingan KKN, bisa langsung diinfokan ke manajer saat kamu diterima kerja. Soalnya waktu itu temanku juga pernah ijin KKN dan diberi ijin.

      Semoga jawabanku membantu, ya!

      Delete
  77. Halllo kaaa aku mau nanyaa, untuk yang perempuan itu ada shift malem nyaa gaa?biasa nya kalo yg perempuan dapet shift apa aja kaa?soalnya aku mau ngelamar tp takut dapet shift malam:")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Nurfa!

      Setiap gerai Starbucks pasti ada shift malamnya, hanya jamnya saja yang mungkin berbeda-beda. Dulu aku juga sempat takut shift malam, tapi kewajiban kerja harus tetap dilakukan. Di Starbucks nggak membedakan laki-laki atau perempuan, semua sama. Jadi kalo memang berniat untuk kerja di Starbucks, harus siap untuk kerja shift malam.

      Kalo dulu aku pribadi, tiap shift malam aku nggak bawa kendaraan sendiri, aku minta tolong anggota keluargaku untuk jemput dan mereka bersedia. Mungkin kamu juga bisa melakukan hal yang sama (:

      Delete

  78. Hi kak! I am really interested on becoming a barista in starbucks next year. Boleh diceritain ga cara" awal memutuskan masuk starbucks, daftar, terus proses interview dan tips"nya supaya bisa diterima di Starbucks? Terus kalo part time jam kerja seminggu pembagiannya bagaimana ya? Sama minimal length kerja berapa? Soalny aku niatny full-time selama liburan 2 bulan dan dilanjutin sama part time 4 bulan dan full time lagi sebulan. Terus penempatan lokasi kerjanya bisa pilih sendiri apa ditentuin ya? Kalau salarynya berapa perjamnya ya kalau boleh tau? Thanks a lot kak! Jadi banyak nanya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo!

      Alasanku kenapa kerja di Starbucks, bisa dibaca di link yang udah aku kasih di postingan ini yah. Untuk pilihan kerja full time dan part time tidak bisa sesuai keinginan kita. Full timer khusus bagi yang sudah lulus kuliah, part timer bagi mereka yang sedang kuliah, namun ingin bekerja. Jadi cuma bisa pilih salah satu sesuai kondisi yaa. Dan untuk salary, mohon maaf aku nggak bisa kasih tau, nanti saat lolos interview akan diberitau langsung (:

      Delete
  79. Hi jane! Aku mau tanya. Waktu kamu ikut interview kamu dikabarin pihak starbucks kalo kamu keterima berapa lama yaaa?? Tks cc:

    ReplyDelete
  80. Halo kak jane!
    Aku mau nanya, waktu interview apakah ditanyakan juga tentang pengetahuan kita tentang kopi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Rizky,

      Seingetku nggak, sih, cuma ditanyakan kenapa mau kerja di Starbucks aja hehe

      Delete
  81. Hi Jane...
    Malu bertanya sesat di jalan #kayamaujalankemanaaja hahaha
    Sebenarnya upsize itu apasih ?info dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Marcel,

      Upsize maksudnya mengganti ukuran yang lebih besar. Jadi misal kamu order small cup, upsize ke medium, dst (:

      Delete
    2. Kalau gitu bukannya bisa langsung pesan medium ? Apa ada bedanya?

      Delete
  82. Hai ci, aku mau nanya kalo lulusan SMA yang baru mau daftar kuliah bisa gak daftar di starbucks?

    ReplyDelete
  83. Hai ci, mau nanya. Ak pengen part time di starbucks tp bahasa inggris saya masih pasif. Apakah saya bisa part time disana tp bahasa inggris saya not good

    ReplyDelete
  84. Hai jane, mau tanya dongg part time jadi barista di starbucks harus mahasiswa ya? Aku jg kuliah baru semester 2, bisa ga ya? Terus kalo yg baru lulus smk dan gakuliah gabisa ya? Makasih☺

    ReplyDelete
  85. Ci, kalo part time harinya hanya sabtu minggu dan hari libur itu memang benar? Dan kalo aku mau apply lngsng ke store nya, gimana ya tahapan nya? Tlng dijawab ya ci, thank you :)

    ReplyDelete
  86. Hi kak Jane,
    Mau tanya untuk shift kerja part time nya itu kita yang menentukan atau pihak Starbuck nya ya ? dan untuk training nya itu seperti apa ? mungkin bisa dikasih gambaran kak hehe.. thanks ;)

    ReplyDelete
  87. Hi jane, thanks for your sharing.
    Kalo kerja full timer itungannya itu berapa hari dalam seminggu yah? Apa full seminggu, atau cuma 5 hari kerja atau gimana yah?
    Thx before.

    ReplyDelete
  88. halo, aku mau nanya dong. kalau mau jadi part-timer di starbucks, harus datang ke sahid atau bisa langsung ke gerai starbucksnya aja? kebetulan di kampusku baru aja buka starbucks. atau online application yang ada di website itu masih bisa digunakan? soalnya aku lihat copyrightnya di tahun 2013. thank you :)

    ReplyDelete
  89. Hy kak jane

    What your answer if hrd ask you in interview what you reason to work at starbucks?

    Sorry bahasa inggris nya belepotan

    ReplyDelete
  90. Hi kak jane.
    Kalau ambil part time, kerjanya bolong-bolong/diganti hari bisa ga ya? Takut banyak tugas kuliah lalu ga bisa part time gitu kan sayang.
    Thanks

    ReplyDelete
  91. Hi Jane, kok bisa cuman 7 bulan jadi baristanya?
    Bukannya kontrak 1,5 tahun ya?
    Aku barusan seminggu ini sih kerja di starbucks.
    Dan kena closing terus. Capeknya bukan main. Kepikiran buat resign tapi inget kalo kontrak belum habis terus kita resign, bakal kena penalti. Bukan karena capeknya closing sih. Emang closing capek, pake banget. Tapi karena bukan passion kerja di industri F&B.
    Aku anonymous in deh komennya takut ntar ada partner starbucks yang baca. Haha.

    ReplyDelete
  92. Hi kak Jane! :) Suka banget sama blog nya sangat menarik. Aku baru ada niat untuk drop cv di starbucks terdekat nih. Mau tanya tentang jam kerja disana itu biasanya berapa lama dalam satu hari? Dan kalau shift pagi dimulai dr jam berapa kerjanya? Thankyou :)

    ReplyDelete
  93. Hi Jane !
    Thank you for your information by the way hehehe
    Aku mau nanya, 2 tahun lalu, aku sempet ngelamar kerja lewat website dan ga dpt panggilan :(
    Sekarang aku udah lulus dan mau coba daftar lagi.
    Waktu aku mau daftar di website nya lagi, dia bilang ga bisa karna nomor hp dan email aku udah pernah ke daftar.
    Aku juga udah berusaha ngeliat website nya kali kali aja ad email yang bisa d tinggalin, tapi hasilnya nihil.
    Ada saran lain ga ya soalnya aku pengen banget buat coba di starbucks.
    Thank you n hve a nice day :)

    ReplyDelete
  94. ada cara lain untuk ngelamar di sbux selain via website ga ?
    thank you

    ReplyDelete
  95. Hi jane, aku mau nanya tips biar keterima jadi barista di starbucks tu apa aja? Hehe kebetulan ada walk in interview di grand indonesia, aku pengen bgt kerja di sbucks hehe thankyou

    ReplyDelete
  96. Nice to found your article cici Jane, post cici mengenai pengalaman di sbux bener2 inspiratif. Sy jadi tambah niat buat walk-in interview ntar 21 juni =D anyway good luck buat first fiction novel cici yah ! 💪

    ReplyDelete
  97. Hi Jane!
    Mau nanya nih, ada tips buat interview di starbucks nggak? Hehe
    Thanks a lot!

    ReplyDelete
  98. Secret recipe km mirip bgt ama orderan aq tiap ke starbucks. Cm 2% milk nya aq pake liquid whip cream. (Utk Grande minta 2 shot. Klo tall ya 1) Yg emang ingredientsnya ad di dlm double shot ice shaken esspresso. Biasanya order cm bayar Americano OTR + 6000 buat condensed milk (bahasa keren nya Asian Dolce Sauce.. Haha). Emang itu favorite aq bangettt.. Dan aq selalu bawa tumbler sendiri. Supaya bisa di shake klo ud jadi..

    ReplyDelete
  99. Hi kak jane , aku mau nanya dong , tau gk klo dpt black apron itu harus kerja brp lma di sbux ?? :D , soalnya aku ad planing untuk kerja di luar negri XD (disuruh ortu sih XD) , soalnya target aku sebelum umur 21 , XD thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Renold! Setahuku kalo performa kamu bagus, interest kamu dengan kopi tinggi, bisa langsung disuruh ikut kelas dan ujian sih. Nggak lama kok prosesnya (kalau rajin) 😊

      Delete
    2. ohhh... gitu , ok deh thx yh kak infonya :D

      Delete
  100. haii jane, aku vivianna, sekarang aku lagi kuliah nih.. rencana aku mau nambahin uang jajan nih sambil parttime di starbuck, pas aku baca" blog kamu aku rasa ak agak susah utk parttime di starbuck karena aku ga ngerti soal kopi dan takutnya kena marah customer gitu deh.. menurut kamu gimana nih ? apa aku coba apply apa gimana ya? dan cara apply nya itu bisa secara online ya? makasih banget loh sebelumnya karena udah share tentang starbuck, sangat membantu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai kak jane, bsa ksi saran gak? aku jg kepengen krj parttime di starbuck.. rumit nggak untk ngelamarnya??

      hai vivianna, kamu jadi krj parttime d starbuck ya??

      Delete
  101. Hi Jane.. Bisa gak sih maba semester satu atau semester dua ngelamar disana? Aku bc di blog sebelah min. Harus udah memasuki tahun kedua kuliah. Is it true?

    ReplyDelete
  102. Paling suka Dolce-nya. Entah deh, klo jenis yang lain kayaknya masih belom se-epic Dolce buat aku ^^

    ReplyDelete
  103. Hai kak jane. Mau tanya.. Tahap test disana bagaimana. Karrna aku mau ikut di walk in interview surabaya besok. Btw harus full pakr bhs. Inggris?

    ReplyDelete
  104. Kalo kerja paruh waktu di Starbuck tapi bukan dari jurusan perhotelan atau pariwisata ga bisa ya? Terus juga harus minimal 2 tahun mahasiswa? Soalnya saya baru lulus SMA sambil nunggu masuk kuliah saya mau kerja paruh waktu di cafe2 gitu,kebetulan saya tertarik di Starbuck, gabisa ya?

    ReplyDelete
  105. hi ci. aku pernah taro cv online di starbucks dan pernah ikut walk in interview. beberapa hari lalu di telepon dan disuruh dtg utk interview tp bawa cv. aku jd bingung ini panggilan untuk yg cv online atau walk in hahaha. kira2 biasanya tahap interviewnya seperti apa ya ci? mohon balasannya. thank you

    ReplyDelete
  106. Kak jane, di sbux boleh kaca mata an gak?

    ReplyDelete
  107. Kak mau tanya kalau kerja di starbucks kita boleh izin nikah ga ?

    ReplyDelete
  108. aih seruu pengalamannya. aku blas ga ngerti istilah perkopian. jarang ikutan ngopi cantik di kafe krna perutnya ga kuat kopi :D

    ReplyDelete
  109. duh telat banget baru baca tulisan mbak Jane yang ini.
    Saya pecinta kopiiii~ Tapi baru sekali minum green tea latte-nya Starbucks... itupun di-take away-in bos ke kantor.

    Soalnya saya tau, saya akan suka kopi Starbucks kalo sekali dua kali coba bisa ketagihan nanti. Gawat dompetku mbak hahah

    ReplyDelete
  110. Mbaaaa imoet banget dan aku ga pernah ngopi cantik di starbuck hihi karena gasuka kopi suka deg2an

    ReplyDelete
  111. Mba mau nanya nih, CV online starbucks itu berlaku berapa lama ya? Terus kalau mau ikut walk-in emang harus bawa CV online ya? Pake CV bikin sendiri tidak?

    ReplyDelete
  112. Halo kak!maaf mau nanya kalo resign kena penalty brp ya? Dan hal apa yang membuat kita kena pinalty ya kak? Makasih:)

    ReplyDelete
  113. Kak mau tanya, kalo udah di suruh medical chek up itu sudah pasti diterima ga kak, terimakasih sebelumnya ka.

    ReplyDelete
  114. Saya nggak pernah nyicip kopinya Starbucks ini hihi karena bukan penikmat kopi. Selain itu juga nggak pernah kerja di Sbux juga. :) However it's nice to know about this trivial fun information from a former Sbux Barista :D
    Karena saya suka baca pengalaman-pengalaman kerja orang, ada sisi yang tidak kita ketahui jadi terungkap kan seperti yang mbak Jane ceritakan di sini ;)

    ReplyDelete