Books I Got From Big Bad Wolf Jakarta 2020

Saturday, March 21, 2020


Tahun ini aku memutuskan untuk nggak pergi ke event Big Bad Wolf (BBW) karena alasan kesehatan. Sebaiknya memang menghindari keramaian dulu, kan. Pihak BBW pun akhirnya menutup acara ini satu hari lebih cepat karena himbauan Presiden tentang self quarantine

Menurut testimoni yang kudengar dari beberapa orang yang datang ke lokasi, koleksi buku BBW masih dikuasai oleh genre buku anak-anak. Bahkan ada pojokan khusus di mana anak-anak bisa mengikuti kegiatan storytelling, mendengarkan kakak-kakak bercerita melalui buku yang dijual di sana. Seru, ya! Namun, koleksi buku lainnya juga banyak banget, terlebih untuk judul-judul best seller bisa ditemukan di sini dengan harga super miring! Mereka juga menjual koleksi set novel ilustrasi Little Women dong 😭 Tapi nggak beli karena aku yakin banget hanya berakhir menjadi pajangan di rak buku rumah.

Sebelum lanjut, buat yang ingin baca tulisan lainnya tentang Big Bad Wolf, bisa klik di bawah ini:
1. Pengalaman Pertama di Big Bad Wolf Jakarta 2016
2. Enak dan Nggak Enaknya Ikutan Jastip Big Bad Wolf 2018
3. Serba-Serbi Big Bad Wolf Jakarta 2019

Meski agak sedih (tapi nggak menyesal) nggak bisa datang. Luckily, sahabatku menawarkan untuk membelikan beberapa buku incaran dan dengan senang hati aku langsung memberikan list dong, hahahaha. Kapan lagi jastip gratis, whoops! Thank you so much anyway, you know who you are! 

Aku cuma nitip 6 buku dan itu udah cukup banget. One book for me, sisanya punya Josh semua. Buku-buku ini amat sangat berguna di masa karantina seperti sekarang ini. Lumayan banget untuk mengisi waktu.

Space Explorers (115k)
Bukunya berisi pengetahuan tentang planet dan segala macam yang ada di alam semesta. Ilustrasinya gambarnya nggak terlalu 'anak-anak', penggunaan bahasanya pun mudah dipahami (nggak belibet).  Bagian menarik yang aku suka dari buku ini, ada penjelasan rutinitas astronot jika sedang di dalam spaceship; kalo pagi ngapain, makanannya apa dan tidurnya bagaimana. Aku beli ini karena Josh lagi penasaran tentang planet (karena lihat di video sebelumnya), matahari dan bulan. Tiap kali liat kedua itu pasti hepi banget, "Mama is that a Mr. Sun?? Mama there's a moon!" 😂 Kalau anaknya belum bisa baca gapapa juga kok, disimpan aja nanti bisa dibaca ketika dia besar nanti. Oh ya, ini hardcover jadi (mudah-mudahan) awet. 


StickyScapes SPACE with 100 reusable stickers & fold-out play scene (30k)
Satu lagi buku bertemakan space, kali ini bentuknya sticker book. Alasan membeli ini karena buku sebelumnya, kan, hanya bisa dibaca, kalau yang ini ada aktifitasnya dengan tempel-tempel stiker. Plus, harganya cuma tigapuluhrebu 😜 

Karena temanya sama, setelah baca buku yang pertama, bisa dilanjutkan dengan aktifitas ini. Anak-anak (atau orangtuanya mungkin?) yang suka banget dengan tema space, pasti senang banget deh punya buku-buku ini. 

 Detil halaman stikernya


Kindness Grows (90k)
Satu-satunya story book yang ada di dalam belanjaan kali ini. Sebenarnya inceran buku cerita lainnya masih banyak, aku nggak enak kalau harus ngerepotin sahabatku muterin venue untuk mencarikan buku yang aku mau. 

This book is so sweet and meaningful! 

Tentang bagaimana emosi kita memberikan dampak bagi sekitar, dalam hal ini adalah sebuah pohon. Kalau kita sukanya marah-marah, bertengkar dengan teman, nggak mau sharing, pohon yang ada tidak akan bertumbuh, malah mati. Sebaliknya, if we are being kind to each other, the tree starts to grow. 

Anak-anak tentu harus belajar mengelola emosi dengan baik. Marah boleh, tapi nggak boleh terlalu lama, harus saling minta maaf kalau berbuat salah dan harus berbuat baik dengan sesama. Such a good message for young kids! 

Anak seusia Josh (3,5 tahun) sudah bisa mengenali perbedaan raut wajah seseorang kalau sedang marah atau senang. And this book shows clearly the difference. 

My First Book of Toys (20k 😱)
Another activity book! Bertemakan mainan anak-anak yang biasanya mereka miliki di rumah. Aktifitasnya macam-macam, mulai dari menggambar, tempel stickers dan drawing the lines. Bukunya tipisss, ngerjainnya satu per satu aja biar nggak cepat habis. 

The Montessori Method NUMBERS (70k)
Buku ini good deal banget karena harga aslinya sekitar 130an ribu, lumayan diskonnya sampai setengah harga.

Buku ini ada beberapa judul lainnya, seperti COLORS, SEASON, SHAPES dll. Nyesel banget nggak beli judul lain karena ternyata bagussss dan Josh suka banget mengerjakan setiap latihan yang ada di buku ini. Aktifitasnya lebih banyak menempel stickers, berhitung, coloring dan menggunting. Josh lagi suka angka dan counting, so this books is perfect for him. 


Off (Your Digital Detox For a Better Life) 30k 
Satu-satunya jatah aku dalam jastip kali ini 😂 

Aku udah me-review buku ini IG story (cek highlights #JANEREADS20) agak lucu karena kok bisa pas banget buku ini kubaca di tengah kondisi seperti sekarang ini. Jujur aja beberapa hari ini udah nggak terlalu main sosial media, bahkan udah log out dari Twitter sejak minggu lalu dan nggak tergoda untuk buka kembali lho. Nge-post IG story, sih masih, tapi durasinya udah nggak selama biasanya. Semuanya ini aku lakukan supaya mengurangi rasa panik dan kuatir berlebih. Beberapa grup WA pun terpaksa aku mute supaya jiwa raga ini lebih tentram huhuhu 

Buku ini secara singkat menjelaskan manfaat saat kita melakukan digital detox, entah itu main sosial media, cek email kerjaan dan hal lainnya yang berhubungan dengan gadget kita. Lah, nggak gadgetan terus ngapain dong? Buku ini pun memberikan ide-ide aktifitas offline yang bisa kita kerjakan, seperti baca buku, melakukan hobi (planting or knitting, maybe?), masak dan hal lainnya termasuk menikmati alam. Tipsnya sangat practical kok. Dan ukuran buku ini mini banget, bisa kita bawa ke mana-mana saat butuh inspirasi. 

***
Sekian laporan hasil belanjaan buku dari BBW tahun ini. Seperti yang kubilang, nggak enaknya jastip itu nggak puas hunting buku, jadi semoga tahun depan bisa ikutan lagi biar lebih puwas!

Siapa yang kemarin ini sempat menyambangi BBW? Berhasil borong berapa buku? :D  

5 comments:

  1. Wah, saya benar2 kudet malah ga tau ada BBW. Kalo mba ga posting ini, saya beneran ga tau. Soalnya saya benar2 udah mengurangi medsos. IG buat nyari hestek belanja online. Twitter buat share blogpost. Selebihnya ga main medsos.

    Buku anak2nya menarik banget. Jadi pengen beli buat anak juga, hehehe.

    Makasih mba infonya. Nice post :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. BBW udah menjadi event tahunan yang paling ditunggu-tunggu oleh pecinta buku, Mba, di Jakarta :D soalnya diskonnya mulai dari 60-80% untuk semua koleksi buku import. Bisa kalap tiap kali ke sini hahaha dan iyaa, belakangan ini buku anak-anaknya makin banyak, mungkin pasarnya juga tinggi, ya.

      Sama-sama, Mba Wid. Semoga tahun depan bisa coba hadir di event ini (:

      Delete
  2. Tertarik mau beli Kindness Grow, bagus ilustrasi dan sinopsisnya, jadi penasaran :))) hihi ~ kalau soal detox sosmed, saya cuma ada IG, dan terakhir post itu bulan Desember 2019 ahahaha, memang jarang dipakai karena mood-moodan :"D dan justru lebih sering buka blog, karena di blog ada banyak bacaan :3

    By the way, too much informasi juga kadang membuat kita sakit kepala, jadi detox sosmed kadang ada baiknya dilakukan. Luckily mba Jane ada buku bacaan baru untuk dibaca, demi menikmati waktu luang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buku Kindness Grow itu memang bagus banget, Mba. Ilustrasinya apik banget dan message-nya juga bagus untuk anak-anak bahkan orang dewasa (:

      Betull! Terkadang terlalu banyak informasi nggak bagus untuk kesehatan mental (dan jantung, soalnya tiba-tiba bisa panik hufftt). Manfaat lain dari detox sosmed ini, aku juga lebih sering berkegiatan lainnya di rumah, termasuk baca buku :D

      Delete
  3. Ciiii apakah dirimu tahu bahwa BBW sedang open order di Tokopedia sampai tanggal 30 Juni besok?! Serbuuu!!

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir dan membaca tulisanku di sini (:

Jangan ragu untuk berkomentar supaya kita bisa saling kenal dan ngobrol bareng, ya. Mohon maaf untuk komentar dengan link hidup dan iklan otomatis akan aku hapus demi kenyamanan bersama.

Jangan lupa checklist 'Notify Me' sebelum publish komentar supaya mendapat notifikasi balasan dari aku yang akan dikirim ke email kalian.

Have a great day!