Happy 11 Years Anniversary Jane From The Blog!

Wednesday, January 27, 2021

"Josh, mama udah 11 tahun ngeblog lho."
"Ah masa?" 

Hip hip horaaaay! Selamat bertambah usia kembali blogku tercinta πŸ₯³

Tahu nggak, sih. Awalnya aku ingin membuat semacam rangkaian acara anniversary blog yang ke-11 ini. Biar kayak acara tv show gitu lho, road to gebyar Jane From The Blog (halah), di mana sebelum hari H banyak acara seru dan bagi-bagi hadiah bagi pemirsah 🀣 

Sayangnya, karena keterbatasan waktu dan tentunya budget, keinginan tersebut berakhir wacana LOL. Tapi aku tetap menyediakan sesuatu yang spesial kok di akhir tulisan ini. Tolong jangan langsung di-scroll ke bawah, ya! 

Tanpa berbasa-basi, pengen cerita-cerita tentang blog ini. What has changed in the last 11 years? 

Branding

Waktu Mas Anton ngomongin soal perubahan branding pada Maniak Menulis, sebetulnya aku juga sedang memikirkan hal yang sama. Seiring bertambah usia, tujuan dan target ngeblog kita pasti berubah. Apalagi seperti blog personalku ini yang dimulai sejak awal kuliah sampai sekarang udah mau beranak dua. It has been a looooong journey. 

Tapi sebelumnya nanya dulu deh. Menurut manteman, saat mendengar Jane From The Blog, apa yang terlintas di kepala kalian? Nggak ada hadiahnya, sih, jadi boleh dijawab ala kadarnya 🀣

Bisa dibilang branding blog ini terbentuk dengan sendirinya seiring waktu. Aku nggak pernah dengan sengaja, "Oh pengen bangun citra seperti ini ah di blog!". Semuanya berjalan natural. Tapi mungkin ada beberapa hal seperti gaya bahasa tentu disesuaikan dengan pribadiku sendiri dan juga target pembaca. Misalnya, pemilihan kata ganti pertama "aku" sengaja dipilih karena itu yang paling nyaman. Bahasa pengantar di blog akhirnya dialihkan menjadi full Indonesia karena SUSAAH YA NULIS INGGRIS 🀣 ngetik sebentar, mikir. Ngetik sebentar, cek kamus. Ihh, nggak kelar-kelar. 

Beberapa hari lalu, waktu liat suami lagi baca blog, aku iseng nanya. Menurut dia, branding blog akutu kayak apa. Dia bilang agak sedikit berbeda dengan kepribadianku yang sebenarnya. Katanya citraku di blog itu lebih feminin. Mulai dari pemilihan warna tema blog yang pinkishpadahal aku nggak gitu suka warna pink. Penyampaian secara tulisan pun lebih lembutpadahal aslinya aku ngomong kayak toa loh gengs, suaraku kencang 🀣 

Apakah itu berarti aku pencitraan belaka? Apakah aku fake? Tentu saja tidaks. Being fake and building a personal branding adalah dua hal yang berbeda. 

Mudahnya, sih, branding itu berarti kita berusaha melakukan sesuatu supaya dikenal sebagai orang yang demikian. Misal, Jane di blog itu yaa bawaannya lebih lembut dan ceria karena citraku sebagai millenial mom. Kadang-kadang bisa heboh dan ceriwis menggunakan emoji serta capslock di saat ngomongin Kpop atau buku kesukaannya. 

Beda lagi kalau aku berusaha untuk fake. Susah dijelaskan, sih... tapi harusnya manteman bisa membedakan orang fake dengan yang apa adanya, kan? 

Jadi yaa begitulah soal branding. Lagi-lagi betul kata Mas Anton, branding itu butuh proses dan nggak instan. Aku sendiri butuh 11 tahun, gimana dengan kalian? :D 

Content 

Sampai hari ini, Jane From The Blog nggak punya niche yang spesifik. Meski demikian, aku tetap membatasi apa yang kutulis sehingga blog ini nggak gado-gado amat. 

Ada yang sadar nggak, walaupun aku melabeli diri sebagai ibu, aku jarang sekali membahas soal dunia parenting, entah itu berbagi tips, teori dan lainnya. Paling hanya jurnal pribadi tentang perkembangan anak aja, itu pun bentuknya curhatan, bukan berdasarkan data-data. Kenapa nggak mau bahas parenting? Soalnya udah banyak, bunddd, yang sharing di luar sana hihi. 

Selain parenting, blog ini juga hampir nggak pernah membahas politik atau berita yang lagi 'panas' di luar sana. Lagi-lagi biarkan itu menjadi porsinya infotainment dan akunnya Lambe Turah aja. Jane nggak mau ikut-ikutan πŸ™ˆ Tapi kalau soal politik maupun isu sosial, nggak membahas bukan berarti nggak peduli lho ya. Semua orang pasti punya suara, tapi kembali lagi kepada hak masing-masing individu ingin mengutarakannya atau tidak. Di samping itu, ngomongin politik entah kenapa bisa memicu perdebatan dan aku sangat sangat menghindari itu. Debat sama Mas Anton aja udah bikin deg-degan, apalagi ngomongin politik negara, iya nggak, Mas? 😜 *ini nama beliau udah disebutkan berapa kali di sini wkwkwk*

Balik lagi ke branding yang sudah terbentuk, maka dari itu yang kubahas di blog nggak jauh-jauh dari keseharianku sebagai ibu rumah tangga (Diary of The Month, Motherhood Journey), pengalaman hidup apa yang udah dipelajari (Life Lessons), sharing productivity tips ala ibuk-ibuk (Worthy Monday), nggak lupa cerita tentang hal-hal yang kusuka seperti buku, kuliner dll (Favorite Things). 

Puji Tuhan bangettt konten-konten tersebut selalu mendapatkan sambutan hangat dari teman-teman semuanya. Dan ke depannya aku pasti akan berusaha untuk mengembangkan topik supaya lebih interaktif dan juga bermanfaat (: 

Opportunities 

Ini bisa dalam bentuk apapun, yaa. Bisa itu dalam bentuk networking (aka nambah circle pertemanan), ilmu dan pengalaman baru, termasuk sponsored job

Mengingat tujuan blog ini lebih untuk hura-hura, aku senang banget karena sejak tahun 2019-2020 engagament dengan pembaca sangat meningkat. Khususnya di tahun 2020, sih, mendadak blogsphere kembali ramai!  

Menurut pengamantanku, mayoritas para blogger profesional terdahulu sudah beralih ke platform Instagram atau coba-coba bikin konten Youtube. Yaa, mungkin masih ada beberapa yang bertahan, namun sepertinya mereka nggak hanya mengandalkan blog sebagai media satu-satunya untuk publikasi. Tentunya aku merasa sangat wajar dengan fenomena ini. Karena blog agak ketinggalan zaman. Bahkan kak Alodita pun mengakui itu, that's why beliau bermigrasi ke Instagram karena lebih relevan dengan para pembacanya.  

Terus, kenapa masih bertahan ngeblog, Jane? 

Nggak tahu, yaa. Semacam ada magnet yang memaksakan aku untuk tetap berada di sini πŸ™ˆ Mungkin memang platform yang paling cocok dengan kebutuhanku, ya blog. Dan entah kenapa aku percaya masih banyak kok orang-orang yang mau baca atau nulis blog. Buktinya, aku dipertemukan dengan kalian semua yang sekarang ini menjadi teman-teman baruku di blogsphere. Coba yang merasa temannya Jane, monggo angkat tangan πŸ˜†

Kadang-kadang beberapa email masuk karena mereka baca salah satu tulisanku di blog. Entah itu sekedar sharing, curhat pergumulan eczema, soal kehidupan di Bali dan Bogor dan sebagainya. Bahkan pernah suatu kali aku di-mention di Instagram karena Jane From The Blog disebutkan sebagai salah satu blog favoritnya 😭 

Pernah juga ada seorang mahasiswi tingkat akhir yang sedang mengerjakan tesis nge-email aku untuk ajak ketemuan karena baca tulisanku soal Bookabuku. Jauh-jauh dari Jakarta ke Bogor dan kami ketemuan di salah satu kafe untuk wawancara bahan tesisnya. Setelah itu kami masih sempat ngobrol-ngobrol dan aku masih ingat waktu itu Jakarta pasca kerusuhan Sarinah setelah pemilu 2019. Kebetulan mahasiswi ini tinggal dekat daerah sana dan nggak berani keluar kost selama beberapa hari pasca kejadian. Btw, maaf banget aku lupa siapa nama kamu huhuhu. Semoga sekarang kamu udah lulus dan sudah melangkah lebih jauh lagi yaa :D 

Hal-hal receh nan hepi kayak gini yang bikin aku nggak bisa lepas dari blog. Ternyata melalui blog aku juga bisa membantu orang lain, bertemu dengan teman baru termasuk dengan berbagai kesempatan menarik. 

Demikian beberapa hal yang 'berubah' dari blog selama sebelas tahun ini. Terus, gimana dengan seorang Jane sendiri? 

I'm not gonna say a lot about this, karena nggak berencana untuk membuat tulisan hari ini terlalu panjang. Intinya, aku sangat bersyukur diberikan kesempatan untuk terus bertumbuh melalui blog ini. Aku juga diizinkan untuk belajar melalui kehidupan orang lain dan melihat dunia nggak hanya dari bubble sendiri. Aku nggak perlu naik kendaraan khusus untuk melihat apa yang terjadi di luar sana. Melalui blog lah aku bisa dipertemukan dengan itu semua (:

So, thank you my dearest blog! Kita nggak cuma tumbuh bareng, tapi kamu juga udah membawa aku ke berbagai petualangan seru! Let's keep walking together and cheers for many years to come! 

Sesuai janji, aku ingin berbagi kebahagiaan kecil sebagai tanda terima kasih untuk teman-teman yang udah mendukung blog ini. Kebetulan setelah mengikuti festival Ruang Tengah kemarin ini, peserta mendapatkan apresiasi berupa diskon belanja untuk seluruh buku terbitan Gramedia Pustaka Utama, wohoo! Karena aku baru aja belanja buku di akhir tahun kemarin dan saat ini masih berlangganan Gramedia Digital (racunnya Lia nih!), jadi aku mau memberikan kesempatan belanja ini kepada 2 (dua) teman, satu orang satu buku, ya! 

Caranya mudah banget, silakan tinggalkan komentar apa pun di postingan ini. Terserah, bebas, apa aja. Tapi ya jangan satu kalimat aja, apalagi isinya marah-marah. Aku bisa sedih lho 🀣 Kutunggu komentar teman-teman sampai akhir bulan Januari ini, ya! Hayooo, yang punya book wishlist silakan meluncur ke situs Gramedia untuk ceki-ceki. Ingat yaa, hanya berlaku untuk terbitan GPU saja. Good luck! 

39 comments:

  1. Halo Jane, saya selama ini silent reader nih. tapi saya seneng banget baca blog kamu mengenai buku karena saya juga suka baca buku. hehehe

    happy anniversary untuk blog kamu ya. semoga bisa konsisten terus dalam menulis. saya juga lebih suka baca blog dibandingkan nonton youtube sih.

    sekali lagi selamat ya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Selly! (: terima kasih banyakkk yaa udah menjadi salah satu pembaca blog ini. Semoga ke depannya aku bakal terus sharing review buku-buku favorit di sini yaa. Kapan-kapan kalau Selly ada rekomendasi juga boleh lho komen-komen hihi

      Thank you so much once again ya! ❤️

      Delete
  2. Pertama, aku mau tunjuk tangan duluu yg tinggi yg ngerasa temen n pembaca setia blog Mba Jane 😁

    Berikutnya, mau ngucapin selamaat buat anniversary blog yg ke-11. Luar biasa Mba Jane πŸ˜†πŸ˜† Sampai ada yg diskusi buat tesis, bahkan dimention jd blog favorit. Klo kata orng2, itu 'blog goal' bgd. Keren!

    Kalau buat isi, paling suka yg motherhood journey. Yup, because i love kids n ngeliat perkembangan mereka. Salam buat Josh ya Mba 😘
    Tp konten2 lain jg ga kalah serunya..

    Kalau buat branding, bener deh klo baca blog Mba Jane, aku kebayangnya emang yg kalem n feminim gt. Bener kata suaminya Mba Jane. Malah ga ngebayangin sama sekali suara toa nya. Hehehe.. Dan mnrt ku jg ga ada salahnya kok, branding itu kita yg menutuskan seperti apa, ga hrs memunculkan semua diri kita, kita bs menilih bagian mana yg mau ditonjolkan.

    At last, semoga blog Mba Jane makin berkibar dan sukses selaluuu yaaa πŸ’–πŸ’–

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pelukkk virtual dulu sini, Mba Thessaa πŸ˜†

      Terima kasih banyak untuk ucapan hangatnya, Mbaa huhuhu. Akupun juga nggak nyangka, Mbaa sampai ada pembaca yang ngajak ketemuan untuk wawancara tesis. Seru juga sih jadi punya pengalaman baru gara-gara blog πŸ™ˆ

      Mungkin karena kita sama-sama seorang ibu jadi postingan motherhood lebih relate ke Mba Thessa yaa 😁 soal branding, aku jadi geli sendiri setelah dengar pendapat suamiku wkwkwk mungkin suara kencang itu kalau lagi kebablasan aja sih, Mbaa. Biasa sama orang terdekat suka hilang kendali πŸ€£πŸ™ˆ

      Aminnn aminnn! Terima kasih banyak yaa, Mba Thessa! ❤️ Senang juga bisa kenal dengan Mba Thessa melalui blog ini :D

      Delete
  3. Ciciii, happy anniversary untuk Jane From The Blog πŸ₯³. 11 tahun, Ciiii! 10,000 jam mah udah lewat lah ya 🀭 that's why ketika membaca tulisan Cici rasanya enakkk dan ngalir banget, mungkin karena Cici udah pro di bidang ini 🀭

    Untuk branding blog Cici, aku setuju dengan Ko Andreas bahwa Cici terlihat lembuttt lewat tulisan-tulisannya 😍. Entah kenapa, setiap membaca tulisan Cici, aku merasa seperti sedang dengar cerita Kakakku sendiri (which is I don't have, jadi aku grateful banget bisa ketemu dan berteman dengan Cici) πŸ₯Ί. Lalu, ceriaaa dan heboh! Bawaannya hepi terus kalau baca tulisan dan komentar dari Cici 😝.

    Dan meskipun katanya blog udah ketinggalan jaman, tapi aku malah merasa nyaman juga di blog πŸ™ˆ apalagi bisa bertemu dengan teman-teman bloggers yang seru-seruuu, mana bisa pindah ke lain hati 🀣

    Semoga kedepannya apa yang Cici harapkan untuk blog ini bisa terwujud ya πŸ€—. Dan semoga Cici bisa terus semangat ngeblog meskipun banyak halang melintang πŸ™ˆ

    Happy anniversary Jane From The Blog! πŸ₯³. You did well πŸ€—

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maacih banyaaak Lia sayanggg 😚😚😚 duhh shy shy cat lho aku dipuji Peri Kecil πŸ™ˆ 10,000 jam udah lewat tapi masih harus lanjut terusss karena masih banyak yang harus dipelajari nih hahahaha

      Eh tau nggak sih, ko Andreas tuh tiap denger nama Lia juga bilangnya gini, "Lia kayak adik virtual kamu ya" which is true yaa, aku juga gak punya little sister jadi akupun beranggapan demikian 😝 so thank youuu Lii sudah menganggap aku sister from another mother πŸ₯Ί

      Aku juga takjub lho ternyata blogsphere masih bisa seseru ini. Bersyukur aku memilih untuk bertahan dan bisa kenal dengan kalian semua πŸ˜‰

      THANK YOUU ONCE AGAIN LII! Kamu juga selalu semangat yaa bloggingnya πŸ’•

      Delete
    2. Huaaaa Ko Andreas bikin aku shy shy cat jugaaa 🀣. Aku terharu sekali bisa dianggap demikian oleh Cici dan Keluarga 😍. Tapi please Josh, jangan panggil aku ieie 🀣 *menolak tua*

      Delete

  4. Wohooo keren banget kak blognya udah berusia 11 tahun, selamat buat Jane from The Blog!!! πŸŽ‰πŸ˜

    pertama jangan kapok bacanya ya kak kalau komentar aku bakalan panjang hehehe.

    Kalau mengingat blog kak Jane kayaknya kita baru saling kenal di tahun 2020 ya kak? Kali pertama tau karena kak jane termasuk member BPN, dan kesan pertama aku saat berkunjung disini adalh template blogger, selama ini kalo mampir ke blog orang yg pertama aku komentarin pasti templatenya dulu wkwk entahlah kenapa, terus penyampaian tulisan kak Jane tuh enak banget dibacanya, ada kesan bersahabat, ini jadi salah satu faktor kenapa aku betah bolak balik kemari wkwkwk.

    Kalo bicara branding aku gak begitu paham sih tapi aku pun bikin blog awalnya ingin berbagi pemikiran-pemikiran ku selama ini dan gak ada rencana mau fokuskan blog seperti apa atau nichenya kemana. Tapi ditengah jalan aku sadar, ketertarikan aku gak jauh-jauh dari buku dan film wkwk, terus sekarang jadi kepikiran “apa mau fokusin blog kesini aja ya” tapi sampe sekarang belom punya komitmen kesitu, eheu.

    Nah kan jadinya aku curhat juga wkwkwk. Anyway aku pikir kak Jane aslinya gak beda jauh sama tampilan blog ini, feminim dan manis, tapi kalau orang aslinya aku belum tau nih kayak gimana...γ…‹γ…‹γ…‹γ…‹

    Terakhir. Semoga blog kak Jane panjang umurnya, juga untuk kak Jane sendiri. Semoga tulisan yang kak Jane bagi bisa bermanfaat untuk para blogger lainnya dan.....semoga kita tetap bisa menjalin pertemanan ya kak walau hanya di blog aja πŸ˜ƒ✌🏻, aku tunggu lho sesi JanexLia berikutnya hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haii Nisa! Nggak kapok dong, aku malah senang bacain komentar kamu dan teman-teman semua karena bisa memberikan energi dan semangat tambahan untuk blogging πŸ˜†

      Iyaa kita baru saling kenal pas pandemi kemarin yaa? Kalau nggak salah aku juga main ke blog kamu karena tulisan review buku juga deh, kayaknya emang kita berjodoh karena buku πŸ˜‚

      Soal branding dijalani ajaa, Niss. Menurutku yang kamu lakukan sekarang udah benar sih, biasanya memang mulai dari hal yang kita suka, lama-lama pasti arahnya lebih ke sana deh. Buktinya HaloReka aja diajak Mas Rahul kolaborasi tentang buku, berarti memang arah kamu ke sana kan hihi 😁

      Ah aku yang sebenarnya nggak jauh beda kok dengan di blog *senyum-senyum malu* πŸ˜πŸ™ˆ

      Aminnn aminn! Maacih untuk dukungan dan doanyaa, Nisa! Kamu juga terus semangat yaa ngeblognya πŸ€— Siap-siap dengan konten JanexLia terbaru akan tayang lusa! πŸ˜†

      Delete
  5. Happy Anniversary for your Blog mbak Janeee... semoga panjang umur blognya, panjang umur mbak Jane dan keluarga juga. Blognya mbak Jane ini inspirasiku bener-bener lho. Soalnya pas pertama main ke sini, yang kulihat adalah arsipnya. Waduhhhh banyak banget.

    Terus usia kita juga nggak jauh berbeda (satu-dua tahun nggak jauh, kan? πŸ˜†), tapi konsisten dan terus-menerus nulis. Huhu, sebagai orang yang ngaku-ngaku blogger tapi nulisnya cuma seinget-inget diri aja. Blog ini jadi salah satu yang bikin aku semangat wahhh aku harus rajin ngeblog lagi! Gitu. Meskipun tetep naik turun sih, semua memang tergantung motivasi diri πŸ™„

    Hehehe, memang betul, di blog ini keibuannya kerasa banget. Ibu, tapi tetap muda. Makanya mungkin saya juga bakal kaget kalo ternyata mbak jane ngomongnya keras. Menurut saya wajar kalau di tulisan kita tampil "berbeda"... bukan berarti kita pura-pura, tapi ya emang lebih suka begitu πŸ˜†

    Soalnya saya juga gitu hahahah. Semua orang yang lihat blog saya dan kenal saya IRL bakal bilang, blognya lembut amat dan kalem gitu, padahal aslinya saya nggak gitu HAHAH. Berisik banget. Padahal saya juga berisik lewat blog, hanya saja lebih formal, makanya tulisannya jadi panjang-panjang πŸ˜…πŸ˜… menggunakan "saya" dan "aku" alternatively juga bukannya saya sengaja tukar-tukar, tapi memang... kadang kalau lewat tulisan, ada yang enak pakai "aku", ada yang enak pakai "saya".

    Happy anniversary again! Looking forward for your posts, hundreds of them!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Mega ahhh, komentarnya bisa banget bikin aku ngefly malem-malem gini πŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆ

      Tau nggak sih, dulu aku juga ada masa-masa nulis tergantung mood. Mood-nya nggak ada yaa nggak nulis. Terus liat bloggers lain yang konsisten banget update blognya padahal kesibukannya melebih-lebihi aku. Akhirnya terpacu juga dehh untuk balik nulis dan kali ini harus pake sistem biar nggak yoyo lagi nulisnya :D

      Dan aku senenggg banget kalau Mba Mega memutuskan untuk kembali aktif di blog tahun ini! Enjoy the blogging ride yaa, Mbaa. Kita-kita di sini akan selalu dukung Mba Mega dan aku pun selalu menanti tulisanmu πŸ€—

      Wkwkwk soal image di realita.. ehemm, yaa gitu deh XD ralat dulu deh, bukan kencang kayak toa, mungkin kayak heboh gitu lhoo apalagi kalau sama orang dekat πŸ˜‚ makanya suami bilang kok aku girlie amat di blog bahahaha memang branding di blog itu disesuaikan dengan kenyamanan kita dan pembaca aja sih yaa. Yang penting being real hihi

      Thank youuu so much, Mba Mega for your support! Virtual hugsss πŸ’•πŸ€—

      Delete
  6. Horaaaaayyy, akhirnya salah satu blogger tercinta kita menginjak usia ke-11 yeaaayy! Kemarin mbak Ainun udah buat postingan, sekarang mbak Jane😍 Celamat yaa mbakπŸŽ‚πŸŽπŸŽ‰, semoga blognya bisa terus eksis sampai Josh dan si dedek bayi tumbuh besaaar, hihihi AamiinπŸ˜†

    Tau nggak mbaak? Dari tadi paragraf pertama dan pas mbak Jane nanya kesan tuh aku sempat kepikiran satu hal, 'apaaa ya yang melekat di blog mbak Jane ini tapi aku lack of wordsπŸ€”', gak taunya nemu di paragraf berikutnya, yaitu millenial mom! Yepp!😍 Aku rasa ini kata yang tepat untuk mewakili blog mbak Jane secara keseluruhan, hihi (emang ya anaknya gabisa mikir banget, ujung-ujungnya malah nemu dari tulisan mbak Jane sendiri🀣🀣). Dan aku termasuk yg merasakan, kalau blog mbak Jane ini nggak pernah membahas ilmu parenting, dllnya, karena itu apa yg ditulis semuanya terasa personal banget dan aku nggak merasa sedang digurui untuk how to be a good parents or mother, or blablabla. Dan justru dari cerita-cerita personal mbak Jane as a millenial mom inilah aku merasa lebih dekat dengan keseharian mbak dan lebih banyak pelajaran yg bisa didapat. Hm apa yaa, kayak lebih nyampe ke hati aja gitu mbaak🀧 karena again, bahasa yang digunakan pun bukan bahasa yg kaku dan baku kayak di situs-situs khusus parenting. Pokoknya i love it😍 Dan entah kenapa, di samping tulisan mbak Jane yang lembut, aku tetap bisa merasakan momen-momen atau tulisan-tulisan yang bener mbak Jane banget, entah pas lagi ngebahas KPop atau buku. Antusiasme dan keaktifannya (keaktifan banget ya bund bahasanyaπŸ˜†) bisa ikut aku rasakan, yippiiπŸ˜‚πŸ˜‚

    Hehe segitu aja paling dariku, mbaak😍 Pokoknya mbak Jane kereeen bisa bertahan selama ini di blog, since aku tau banyak blogger-blogger lama yang akhirnya memilih berkarya di platform lain. Loyalitas mbak Jane, dan blogger-blogger yang berkarya lebih dari satu dekade betul-betul patut diapresiasi dan dirayakan🀧

    Tapiii maafkan saat ini aku cuma bisa kasih emoji yang berlimpah dulu yaa mbakπŸ˜‚ Sekali lagi syelamaaatt mbak Jane! Hip hip horraay!πŸŽ‰πŸŽ‚πŸ°πŸͺ🍩🍫🍜🍜🎊🎈

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emoji dari kamu aku tangkep dulu semuanyaa, itu kenapa isinya manis-manis semua yaaak plus ada bakmie lagi, tau aja favoritku, Awll bahahaha 😝

      Maacih banyak, Awll untuk ucapannya ❤️ duhh amin yaaa bisa nulis sampai Josh dan dedeknya tumbuh besar. Niatannya sih memang begitu, semoga betul-betul bisa dijalani 😁

      Iyaa aku memang nggak ada niat untuk nulis tips-tips parenting karena udah banyaaak yang nge-share itu. Lagipula nggak berarti jadi seorang ibu mendadak isi blog harus berubah jadi parenting blog kann. Yaaa gapapa juga sih kalau ada yang mau begitu, tapi aku nggak deh. Lebih ingin cerita-cerita aja, biar anak-anakku nanti ada bahan bacaan saat mereka dewasa nanti πŸ˜† pluss, aku juga ngerasa pembacaku tuh malah lebih banyak anak milenial yang belum menikah bahkan yang usianya di bawahku, kalau banyak share parenting jadi garing nggak sih πŸ˜‚

      ((keaktifan)) 🀣 ketahuan banget emang kan anaknya suka kelepasan kalau ngomongin hal-hal berbau Kpop dan yang diminati lainnya πŸ™ˆ

      Terima kasih banyak sekali lagi apresiasinya, Awl! ❤️ Akupun bersyukur karena memilih bertahan ngeblog hingga hari ini dan bisa kenal Awl dan manteman lainnya πŸ€—

      Delete
  7. Happy Birthday Jane From The Blog πŸ₯³πŸ₯³ Selamat memasuki masa "Remaja dan pubertas" yaaa 🀣 Semoga selalu sukses dan terus berkembang menjadi lebih baik lagi. Ditunggu cerita-cerita menarik lainnyaaa dari Ci Janeee!

    Pertama kali ngeliat blog ini berwarna pink memang menampilkan kesan girly. Mungkin karena pink identik dengan girly yaaa. Meskipun blog ini isinya campur-campur, tapi selalu menarik untuk di datengin. Selalu suka cerita Ci Jane kalo uda spoiler, apalagi tentang drakor. Ga nanggung-nanggung, semua di ceritaiiinn sampee lengkaaap kaap kaapp... hhha. Emang kalo perihal drakor, sisi lain Ci Jane seperti keluar yaa 😝

    Senang bertemu dan mengenal Ci Jane.. Semoga selalu awet di blog yaa, biar aku sering mampir kesini hhhe. Semoga suatu saat kita bisa bertemu tatap mukaa yaa Ci πŸ˜‰

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maacih banyaak Devina! ❤️ Wkwkwk aku ngakak dong baca pubertas 🀣 berarti rawan labil nih blognya πŸ™ˆ semoga nggak yaa hihi

      Wahahaha lagi-lagi ketahuan banget ya sisi lain dari seorang Jane kalau ngomongin drakor atau Kpop, kebaca banget deh πŸ˜‚πŸ˜ emang anaknya gitu deh, suka heboh sendiri kalau ngomongin hal-hal favorit πŸ™ˆ

      Nice to know you too, Dev! Aku senang sekalii bisa belajar banyak dari pengalaman hidup melalui tulisan di blog kamu πŸ’• yess, semoga setelah pandemi kita punya kesempatan untuk kopdar yaa 😁

      Delete
  8. Huwoooww Happy birthday Jane From The Blog~~ 11 tahun lhooo, ibarat kalau anak-anak tuh mau masuk umur remaja yaa πŸ˜†πŸ˜† Masih inget dulu bacain blog kamu dan masih jadi silent reader haha, padahal kenal Jane udah duluan daripada blognya tapi malu aja mau komen-komen, sampai akhirnya sekarang udah saling komen-komenan di blog satu sama lain uuww so happy πŸ’•

    Kesan dari blog kamu memang feminin banget sih Jane, mulai dari theme sampai cara kamu 'bicara' di sini memang kesannya kalem, nenangin, walaupun kadang sesekali kerasa hebohnya juga πŸ˜‚ Dan yang paling aku suka tuh tentu saja karena kamu bawain apapun yang kamu tulis tuh personal banget. Dari review buku, kuliner, nyeritain Josh, semuanya kerasa ngalir aja kayak kalau kita lagi cerita-cerita sama teman-teman gitu πŸ˜„

    Semoga dengan umur yang baru, Jane From The Blog semakin kece yaaa... Yang punyanya semoga makin rajin berbagi cerita jugaa! ❤️❤️❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakaciiii Eyaaa πŸ’•πŸ˜š hahahaha iyaa, kalau kata Devina blognya mau puber 😜 semoga yang nulis nggak ikutan labil biar blognya tetap keisi dengan baik *aminnn* XD

      Iya ihh padahal kita udah kenal dari zaman beheula yaa, awet banget lho bisa sampai hari ini, sayangnya belum pernah ketemu juga kita πŸ™ˆ mudah-mudahan setelah pandemi kita bisa ketemuan di Bogor atau Bandung yaa, Eya πŸ˜‰

      Huhu maacih banyak buat apresiasi blog ini πŸ₯Ί memang tujuannya melalui blog bisa menjadi 'teman virtual' buat yang lainnya. Aminnn! Kamu juga semangat ya ngeblognya! Lafff yaaa ❤️

      Delete
  9. Saya mau ikutan angkat tangan juga sebagai pembaca blog ini πŸ˜† Saya sendiripun tidak menyangka akan bertahan ngeblog sampai tahun ini. Beberapa circle lama yang saya kenal, sudah mulai vakum semua. Seperti yang kak Jane bilang, kebanyakan menyesuaikan diri pada era yang mereka sebut digital ini. Saya mah masih nyaman juga di sini. Masih betah. Blog adalah tempat saya tumbuh dan berkembang sebagai anak remaja. Dari blog, saya nyimpen catatan yang bisa saya baca kembali.

    Kalo bicara branding, saya sebenarnya tidak terlalu memikirkan juga. Seperti yang kak Jane bilang bahwa tidak saklek ingin kearah sini- kearah situ. Saya mah tergantung lagi suka apa, mau bahas apa. Kebetulan, saya taunya branding itu adalah hal yang dilakukan berulang-ulang. Kalo misalnya orang dengan sengaja melakukan itu, saya mah karena taunya itu-itu saja πŸ˜…

    Kalo bicara tulisan blog, standar saya cuma dua. Pertama saya memang pengen bahas dan yang kedua, atensi pembahasannya bukan karena benci. Tapi kalo ngga suka, jarang saya bahas juga. Karena paling kalo ngga suka sesuatu, akan saya diamkan saja ketimbang membahasnya.

    Ohya, kalo dengar nama blog Jane From The Blog, dikepala saya itu Josh. Soalnya mau bahas apapun, pasti ada nyempil kata atau foto Josh πŸ˜† Tapi saya senang, apalagi Josh anaknya lucu. Di IG, saya sering ketawa kalo liat story kak Jane lagi ngevideoin Josh ngomong.

    Ohya, kalo disuruh milih buku, saya mau Pendekar Tanpa Nama karya Seno. Dari dulu pengen ini tapi ngga kesampaian. Mudah-mudahan kali ini rejeki. Aamiin 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuu saya juga senang sekali bisa berteman dengan Mas Rahul melalui blog :D kita benar-benar baru berkenalan sejak 2020 kemarin ya. Tapi rasanya juga sudah kenal lama karena komunikasi intens melalui kolom komentar blog sendiri maupun manteman lainnya 😁

      Nah iya betul. Catatan saat fase adulting itu selalu menarik untuk dibaca ulang, kita bisa melihat sejauh mana diri kita berkembang ya.

      Soal branding iya benar juga ya, sesuatu yang tanpa disadari dilakukan berulang-ulang saja, eh tau-tau jadi citra diri di blog kebentuk begitu saja :D dan saya setuju dengan prinsip Mas Rahul dalam menulis πŸ‘πŸΌ kalau dasarnya saja sudah benci untuk apa juga dibagikan ya 😒

      Ahahahaha udah lama juga nggak share video Josh di Igstory :D malah dia jadi icon-nya blog ini yak wkwkw πŸ˜‚

      Mas Rahul bisa cek keterseduaan buku yang diinginkan di situs Gramedia, siapa tahu kali ini beruntung 😜

      Terima kasih banyak yaa, Mas Rahul sudah menjadi salah satu pendukung setia Jane From The Blog, sukses selalu pokoknya buat kita semua πŸ˜‰πŸ˜

      Delete
    2. Selain menarik, catatannya juga bisa jadi moodbooster. Coba deh kak Jane, saya baru tau belakangan ini pas lagi suntuk karena beberapa hal, pas baca arsip tulisan lama ketawa-senyum sendiri. Ha ha ha.

      Iya kak Jane, kalo mau bahas hal yang kita benci biasanya atensinya negatif dan cenderung sulit untuk ngambil perspektif positifnya. Jadi yah mending ngga dibahas sekalian aja.

      Tapi benar, Josh kayaknya bisa jadi maskot kecil untuk blog ini. Ha ha ha. Josh lucu. Beberapa waktu sudah saya cek, buku Nagabumi I masih tersedia. Mudah-mudahan beruntung.

      Ikut bangga jadi bagian dari kawan-kawan blog semua. Keren.

      Delete
  10. Selamat yah Mbak Jane.. 11 tahun loh.. Luar Biasa sekali... πŸ˜†
    Tulisan mba Jane itu emank ngalir banget sih. Dan aku pengen kaya gitu juga.. heheh. soalnya aku kalau udh nulis sukanya melipir kemana2.. kadang jadinya malah nggk fokus sama apa yg mau dibahas.. wkwk

    Iyah mba.. setuju banget.. ngeblog terus punya circle sesama blogger kaya gini itu nambah ilmu n pengalaman banget.. kan kata orang bijak pengalaman orang lain itu bisa jadi pengalaman buat kita sndiri juga..
    Jadi aku bersyukur banget bisa kenal sama Mba Jane dan blogger lainnya.😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyak Mas Bayu! Perjalanan panjang ya 11 tahun itu πŸ˜‚ saya bersyukur banget bisa memilih untuk bertahan di platform ini, mana sangka malah bisa dipertemukan dengan Mas Bayu dan teman-teman lainnya. Kayaknya itu bonus terbesar yang saya terima dari ngeblog deh 😝

      Mas Bayu kalau bercerita juga ngalir kok, kayak baca jurnal pribadi dengan gaya bahasa yang Mas Bayu banget :D

      Yess, saya bersyukur tentang bisa saling belajar dengan teman blogger lainnya. Semoga kita semua tetap semangat berbagi cerita dan pengalaman melalui blog yaa πŸ˜‰

      Delete
  11. Salam kenal Mba Jane..
    Ini pertama kalinya saya membaca blog Mba Jane dan pop out to my mind “Where have I been?” sudah 11 tahun mba Jane berkarya tapi saya baru membaca blog mba Jane sekarang..

    Saya langsung jatuh cinta and I’ll keep on reading your previous posts mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo Mba Dina! Salam kenal juga yaa (: aku belum sempat main-main ke blognya Mba Dina nih, habis ini cus ahh :D

      Huhu terima kasih banyak Mba Dina πŸ₯Ί semoga aku bisa terus berbagi cerita di sini yaa. Thank you so much for the love and nice to know you! ❤️

      Delete
  12. #Mlipir minder di depan senior blogger (Jam terbangnya lebih lama dari sayah).. hiks 😒😒😒

    ## Mau ngacung ngaku temen takut. Abis disebut "nyeremin" sama yang punya blog

    Kesan yang pertama muncul "SMART GIRL/LADY". Saya memilih dua kata ini karena memang itulah yang tertangkap sejak pertama kali.

    Smart karena meskipun sifat blognya personal, cara membahas dan menguraikan sebuah cerita tidak terdengar "lebay" dan berlebihan. Unsur emosi memang ada layaknya seorang personal blogger, pergulatan emosi bloggernya (seperti saat mau menikah) tersampaikan tanpa harus terasa berlebihan.

    Kemampuan dalam menyusun alur tulisan juga sangat bagus karena kalau tulisannya dibaca, alurnya terlihat jelas sekali dan tidak ribet. Metodik menurut saya mah.

    Terasa sangat girly pada awal, tapi terlihat pergeserannya tidak terlalu girly dan mengarah ke arah SMART MOM. Feminim iyah memang.. hahaha bahasannya memang feminim banget dah dan cara penyampaiannya juga begitu. Meski tidak heran aslinya feminim tetapi lincah dan aktif.

    Soal fake dan personal branding, yup.. ini berbeda sekali. (tulisan saya soal ini tertunda euy.. hahaha).

    Ehh kepanjangan

    *boleh saya ngacung. Emang ga papa punya temen menyeramkan kayak saya?* *minder* 🀣🀣🀣🀣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eitss, yang namanya disebutkan sudah hadir 🀣 becanda lhooo, Mas Anton hihi biasa caper dulu biar nongol beneran di sini πŸ™ˆ

      Dan seperti biasa, komentar Mas Anton sukses membuat saya hampir nggak napak di tanah nih wkwkwk terima kasih banyak Mas Anton atas testimoni dan apresiasinya untuk blog ini πŸ™ jujur meski udah ngeblog lama, justru saya baru belajar "serius" ngeblog tuh beberapa tahun belakangan ini. Senang rasanya bisa dipertemukan dengan manteman blogger, termasuk Mas Anton, yang ternyata punya segudang ilmu tentang blogging. Walau ngeblognya udah lama, nggak berarti berhenti belajar ya :D

      So thank you once again, Mas Anton! Sudah menjadi teman diskusi serta guru yang baik dalam perihal perbloggingan 😁 Btw, kalau jenis temannya sama semua nggak terlalu seru, harus ada yang "galak" dikit biar lebih berwarna 🀣🀣🀣

      Delete
    2. Eh lupa jawab soal fake dan personal branding, ayoooo luncurkan tulisannya segera, Mas Anton! Saya ingin tahu pandangan dari mastah :D

      Delete
  13. Happy anniversary blog mba Jane, one of my forever fave bloggerssss! πŸ₯³πŸŽ‰

    Bicara soal branding, selama ini, yang saya bayangkan akan sosok mba Jane itu tipe wanita lemah lembut, yang ketika bicara suaranya soft dan penuh kesabaran, hahaha, jadi setiap baca komentar mba Jane, nada suara yang saya gunakan tuuuh nada suara seperti itu, a bit girly pokoknya menyenangkan πŸ˜† Mungkin kebawa dari pinky di blog mba plus the way mba pakai emoticon juga 😍

    Nah kalau soal konten, semua konten di blog ini kayaknya nggak ada yang saya nggak suka πŸ™ˆ Sebab semua topiknya menyenangkan untuk dibaca, mba Jane pun menuliskannya dengan bahasa yang mudah dicerna, bahkan untuk orang seperti saya yang kekurangan kosakata πŸ˜‚ Semisal mba Jane bahas resto atau makan, saya berasa diajak makan. Terus semisal mba Jane lagi bahas buku, saya jadi penasaran πŸ˜† Dan ketika mba Jane bahas cerita for fun, hawa fun-nya sampai ke saya sebagai pembaca 😍

    Well, saya yakin, itu berkat jam terbang mba Jane yang sudah lamaaa. Hehehe. So yeah, once again happy anniversary yang ke 11 untuk blog mba Jane. Semoga bisa sampai golden age, yaaaa πŸ˜† Terima kasih sudah jadi salah satu teman bloggers ter-thebest dan ter-ter-tersegala-galanyaaaa πŸ₯³

    ReplyDelete
    Replies
    1. Another comments that made my day πŸ™ˆ thank youuu so much Mba Enoo, sobat bucinku! 🀣

      Huahahaha itu yang kulakukan juga tiap kali baca blog Mba Eno maupun teman-teman lainnya. Tanpa sadar kita menirukan "suara" menurut gaya penulisan para blogger ya, Mba. Jadi kira-kira bisa tahu, "Oh ngobrol dengan doi ternyata seperti ini" 😝 dan rasanya senanggg banget mengetahui Mba Eno bisa merasakan kesenangan maupun keceriaan di blog ini 😁 Btw, salah satu hal yang aku pelajari dari Mba Eno dan diterapkan di blog ini, adalah dengan rajin membalas komentar satu per satu. Inget nggak, waktu tahun 2019 Mba Eno main ke blog ini aja aku masih jarang balas komentar πŸ™ˆ setelah lihat bagaimana engagement Mba Eno dengan pembaca begitu wow, aku pun ikut belajar hihi so thank you for that, Mbaa!

      AMINNN! Apa jadinya yaa ngeblog sampai golden age wkwkwk terima kasih juga sudah menjadi teman baik di jagat blogsphere ini, semangat buat kita semua ya, Mba! πŸ€—❤

      Delete
  14. (((gebyar Jane from the Blog)))

    Happy anniversary blognya Ci Jane~~~ yuhuuu terima kasih untuk tidak bermigrasi ke platfrom lain huhuhuhu, sedih kadang kalau tau blogger yang aku ikuti mendadak jarang ngepost lagi tau-tau pindah ke Youtube atau instagram. Tapi yaudah sih namanya people change.

    Nulis di blog masih asik banget Ci walaupun nggak serame platform lain, lebih bebas nulis panjang, lebih aman juga karena nggak secepat twitter dalam hal disamber orang omongan kita. Kalau mau komen di blog tuh mikir-mikir dulu kan, nggak yang asal ketik wus wus wus kayak di twitter gitu, jadinya less keributan wkwkwkwk.

    Kalau mendengar Jane from the Blog yang kebayang di aku itu blog yang suka nulis tentang hobi walaupun yang nulis sudah mamak-mamak tapi masih masuk ke aku tulisannya. Dan bener sih itu kata papanya Josh, Ci Jane terkesan feminin di blog ini aku nggak nyangka kalau ngomongnya kayak toa plzzzzzzz xD

    Oh aku mau angkat tangan deng sebagai tanda temennya Ci Jane. :p Semoga kita bisa temenan dalam waktu yang lama <3

    Jujur aku dapat relasi blogger lain banyakan sumbernya dari kolom komentar Jane from the Blog, so once again thank you so much for not leaving this blogging world. <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Referensiku jadul banget nggak sih? wkwkwk

      Ihhh ini pada makan apa sih kok komentarnya sweet-sweet amat 😳 maacih banyak yaa, Ndaaah udah menjadi pembaca setia blog ini. Eh kita tuh kenal pertama dari mana sih? Gara-gara blog korea kamu bukan? Terus lucunya di Twitter kita malah satu circle sama Eya ya XD

      BENER BANGET. Nulis di caption atau story IG sampai titik titik sebenarnya juga bisa kan, tapi aku udah coba dan tetap nda bisaaa 😭 lebih leluasa cerita di blog nggak sih, bisa nulis sampai tuntas tas tas tanpa dikomentari lebih dulu wkwkwk

      Hihi aku tuh anaknya menolak tua deh kayaknya, makanya sebisa mungkin tetap ngomongin hobi atau hal-hal favorit aja biar nggak terlalu emak-emak banget πŸ™ˆ

      Duh kayaknya aku musti klarifikasi sendiri soal suara kayak toa deh BAHAHAHA. Coba pankapan kita ketemu terus fangirling bareng, suaraku kayak toa nggak 🀣

      YESS semoga persahabatan kita awet yaaa ❤ thank you for being one of my good friend, Ndah! Kamu juga semangat yaa dengan blognya! πŸ€—

      Delete
    2. Aku mau cerita awal mula kita kenal, seingetku begini: ada twit yang lewat di tl-ku dari rt-an Blogger Perempuan yang isinya satu tulisan entah judulnya apa aku lupa, yang jelas domain link-nya itu janefromtheblog[dot]blogspot[dot]com. Isi twitnya aku lupa juga judul tulisannya apa wakakakakak yang jelas nggak bahas tentang beauty atau parenting yang udah jamak banget di kalangan member Blogger Perempuan.

      Habis itu linknya aku klik, aku lihat-lihat isinya LHA KOK SUKA K-POP JUGA HAHAHAHAH yasudah Ci Jane dari situlah berawal komen-komenan kita dan follow-followan di blog. xD

      IYAAAA YA AMPUN SAMA KAK EYA JUGA DONG xD kalau kenalan sama kak Eya itu ybs komen di tulisan aku tentang 30 days movie challenge terus kak Eya ninggalin link ke twitternya akhirnya karena nemu banyak kesamaan juga akhirnya jadi temen deh. xD

      Astagaaa beruntung banget aku bisa kenal kalian berdua. xD dan yes semoga persahabatan ini awet laaaamaaaaaa~~~~~~~ *brb bales email (2)*

      Delete
  15. Eh eh giname?
    Jadi kalau ninggalin komentar berkesempatan buat menangin voucher gitu?
    Wow! Bunda Jane sungguh murah hatinya..

    Eh bentar, sampai lupa buat ngucapin happy anniv buat blognya Jane yang ke-11!! Yok makan sushi yok!!
    Btw, kita hampir samaan loh, aku juga udah 12 tahun main blog.. Tapi baru jodoh ketemu si Jane di tahun 2020. Nunggunya lama bener yeee..

    Relate banget sih sama postingan kamu kali ini. Aku sendiri natural aja gitu. Walaupun blogging udah nggak serame dulu, tapi tempat ini udah kek rumah, tempat buat pulang. Mau vakum lama, rehat bentar, ujung-ujungnya balik lagi. Ya emang ngeblog paling nyaman sih, nyaman buat curhat sekalian eksistensi diri.

    Eh eh seru.. aku juga mau nanya ah ke hyung, personal branding ku kalau di blog kek apa? Jadi penasaran uga. Kalau kata Mas Anton sih bengal, masoookk!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanya apa nanya neh Pit..🀣🀣 Mau tau? Tunggu tanggal tayangnya πŸ˜‰

      Delete
    2. @Pipit: Jadi begini lhoo sahabatkuuu. Akutu dikasih voucher belanja sama Gramedia karena ikutan event, mumpung aku juga abis belanja buku akhir tahun kemarin, lebih baik voucher-nya dipakai oleh dua orang teman tercinta di blogsphere ini untuk belanja buku incaran hihihi πŸ™ˆ

      Set dahhh, kita ketemunya satu dekade kemudian banget nih? wkwkwk atau jangan-jangan dulu kita pernah bersinggahan namun lupa? XD Btw, maacihhh yaa untuk ucapannya, sahabat! 😘 YOKS SUSHI YOKS! Yang ngajak yang traktir yak 🀣

      Ya kan ya kan. Blog is the best sanctuary place nggak sih buat kita-kita yang hobi nulis dan memang terapinya lewat menulis. Semoga kita tetap semangat dan betah berkarya di blog yaa, Pit.

      WAHAHAHAHA BENGAL 🀣 coba dikonfirmasi ke hyung benar nggak tuh? 🀣

      Delete
  16. Happy 11th Anniversary buat blog-nya mba Jane *lempar confetti*

    Kalau baca blog ini, yang terasa itu ownernya feminin dan empathetic banget. Tipe yang kayaknya seneng curhat dan sering dijadiin tempat curhat gitu. Bener ga, mba? XD

    Btw, untuk personal branding sendiri, aku setuju sih kalau itu bukan fake. Toh, memang ada bagian dari mba Jane yang seperti itu dan itu yang ingin ditunjukkan di blog ini. Lagi pula, jangankan antara dunia nyata dan dunia maya, antara satu orang dengan orang yang lain aja sikap dan pembawaan kita bisa berbeda, kan ya...

    Masa mau ketemu presiden ngomongnya "hey yo, pa kabar lu, bro?", pasti jadi sedikit lebih jaim daripada saat ngobrol dengan teman se-geng :D

    ReplyDelete
  17. Mba Hichaa, maafkeun aku baru balas komentarmu πŸ™ˆ

    Sebelumnya maacih banget Mbaa untuk apresiasinya :D dan bener banget dong yang Mba bilang, aku orangnya memang suka curhat dan juga suka dicurhatin orang 😝😝

    Betul, sebetulnya kita semua punya persona yang berbeda-beda ya, tergantung persona mana yang ingin ditunjukkan dalam situasi dan orang tertentu. Dan di blog ini aku memang ingin dikenal sebagai yang Mba Hicha bilang, senang bercerita dan siapppp selalu mendengar dan menampung cerita/curhatan manteman 😁

    ReplyDelete
  18. Wahahahaha aku telat yaaa :D.

    Gpp tetep mau komen.

    Kamu inget yaaa tanggal pertama buat blog. Aku ga soalnya ada hahhahahaa. Palingan cuma tahun doang. Tp tgl dan bulan blaaas lupa.

    G bisa cek dr tulisan pertama blogku, Krn itu sbnrnya migrasi dr blog sebelumnya. Trus pas bikin blog dulu, aku ga lgs nulis. Jd ada vakum juga hahahha.

    Aku termasuk yg ga akan brenti ngeblog Jane. Buatku mau ada yg baca ato ga, blog tetep healing therapy buatku. Menulis itu bikin moodku membaik. So, walopun banyak blogger2 yg dulu nulisnya bareng aku udh pindah ke IG ato YouTube, aku ttp mau fokus di blog. IG buatku hanya utk sarana gado2. Tapi blog aku bisa lebih fokus hanya membahas traveling dan kuliner.

    Belum tertarik bahas di luar itu, apalagi parenting dan politik :p. Kalo parenting, alasan utama Krn aku sadar blm jadi ibu yg baik. Jujurnya anak2 juga kebanyakan diasuh Ama babysitter sbnrnya. Makanya utk nulis pengalaman parenting, kayaknya kok ya aku ga pantes. Politik apalagi. Ga mau terlibat di dalam apalagi yg bisa bawa banyak bentrokan dlm komen. Aku pgn asik2 aja dlm menulis :D.

    Untuk branding, aku berusaha sih nampilin image sebagai traveler yg suka extreme activity dan destinasi2 unik. Berhasil ga yaaa :D. Karena kalo backpacker udh terlalu banyak dan aku ga punya pengalaman juga kalo utk backpacker. Prinsip ku, LBH bagus Geret koper drpd gendong ransel hahahaha.

    ReplyDelete
  19. horeeeee selamat bertumbuh selama 11 tahun blognya mbak Jane
    dan aku telat hahaha

    waktu aku buat postingan serupa seperti ini, sebelumnya aku udah baca post pak Anton yang soal branding. jadi mikir juga, aku selama ngeblog nggak sampe memperhatikan kudu membranding blog aku sebagai apa.
    natural aja sama seperti mba jane, dan kebanyakan semua temen temen membranding aku sebagai traveler :D

    selama ngeblog ini juga, banyak sukanya, ketemu temen temen blogger yang baiknya nggak ketulungan, sepertinya tahun 2020 kemarin yang lebih berwarna ya

    semoga kita semua masih tetep semangat ngeblog

    ReplyDelete