Eps. 13: Reading Wrapped 2021

Friday, December 17, 2021


And just like that (in Carrie Bradshaw's voice), we're here for our reading wrapped 2021! ๐ŸŽ‰

Di awal tahun ini, aku dan Lia sama-sama membagikan target membaca tahun ini. Aku memasang target untuk baca 21 buku dan ternyataaaa... setelah semuanya direkap, total buku yang aku baca sampai hari ini berjumlah 27 buku!

Bukan jumlah yang fantastis tapi aku bangga lho dengan diri sendiri bisa baca buku sebanyak itu di sela kesibukan. I know I can do better, karena beberapa bulan terakhir ini agak mager untuk baca buku. But 27 is a good number! Uniknya, tahun ini didominasi oleh buku fiksi. Racun buku fiksi tahun ini buanyak banget! Apalagi aku mulai follow beberapa akun books review di Instagram yang hobi nebar racun bacaan. 


Masih dalam format yang sama, Reading Wrapped 2021 masih ala-ala awards, ya. List ini aslinya berjudul mid-year book freakout tag yang populer di kalangan booktuber. Kebetulan nemunya telat banget dan kepikiran, gimana kalau daftarnya JanexLia modif dikit untuk akhir tahun. Syukurlahhh, Lia langsung excited untuk membuat daftar ini XD

Speaking of which, jangan lupa baca Reading Wrapped 2021 versi Lia, ya. Pokoknya siap-siap aja kena racunnya doi ๐Ÿ˜†

Without further a do, let's dig into the list! 

Best book you've read in 2021?

Best book ini berarti buku-buku yang berhasil mendapatkan 5 bintang secara personal dariku, ya. 

1. Rumah Lebah (Ruwi Meita)
Sebuah karya yang berhasil membuat aku terpukau, bengong, emosional, sedih. Jarang sekali aku bisa menemukan buku yang bisa mengacak-acak keseluruhan emosiku. Itu berarti dua hal: Satu, penulisnya sangat lihai merangkai cerita. Kedua, emang guenya aja yang baper dan banyak mikir, AHAHAHA ๐Ÿ˜†


2. Second Sister (Chan Ho Kei)
Ini juga nggak kalah "gilanya". Istilah "going with the flow" benar-benar kurasakan saat membaca novel ini. Biasanya kalau baca novel misteri atau thriller, bawaannya ingin cepat-cepat tahu siapa pelaku kejahatannya. Namun, hal tersebut nggak berlaku dengan novel ini. Aku malah ketagihan "diseret" oleh penulis kepada setiap momen cerita yang nggak bertele-tele. It was like connecting the dots. Oh, ternyata momen ini tuh nyambung dengan yang ini. Begitu juga dengan yang ini. Seru, deh. Masih nggak nyangka aku bisa menyelesaikannya hanya dalam dua hari. Selesai baca rasanya ingin salim ke Chan Ho Kei terus ngomong, "Ajarin aku nulis dong" ๐Ÿ˜ญ


New releases you haven't read yet but want to?



1. The Borrowed (Chan Ho Kei) 
Ini memang bukan buku terbitan tahun ini, kalau nggak salah tahun terbitnya 2019, masih tergolong agak baru lah, ya. Setelah Second Sister, judul ini sebetulnya udah nangkring di Gramedia Digital. Belum lagi Reka "manas-manasin" aku untuk baca ini segera karena nggak kalah mind-blowing. Sayangnya, langganan GD aku udah keburu habis dan aku belum rencana untuk perpanjang lagi. Jadi dengan terpaksa, novel ini akan menjadi TBR di bulan Januari mendatang. 

2. Pasukan Buzzer (Chang Kang Myoung)
Kalau baca blurb-nya, sih, ngingetin dengan Second Sister, karena bercerita seputar dunia internet. Kebetulan Mba Thessa udah baca novel ini, aku lumayan kaget karena ternyata halamannya cukup tipis. Soalnya buku bertemakan crime mystery gitu pasti di atas 300-400 halaman. Tapi nggak membatalkan keinginanku untuk baca kok. Ciehh, kesannya sombong benerrrr maunya baca yang tebelan ๐Ÿคฃ

3. Resepsi (Smita Diastri)
Penasaran karena tema ceritanya seruuu. Ada sepasang (kekasih? sahabat?) yang hubungan on and off gitu selama 12 tahun. Di saat salah satu dari mereka masih percaya hubungan ini akan terus berlanjut, mendadak dapat undangan nikah dari salah satunya lagi. 

Yang bikin penasaran juga karena background penulis dalam penulisan cerita. Katanya ini draft lama yang ditulis di tahun 2015, waktu itu hanya tau awal dan ending-nya aja, nggak tau konfliknya apa. Didiemin beberapa tahun kemudian, di saat penulis berada dalam titik terendah malah ketemu inspirasi untuk melanjutkan novel sampai rampung dan akhirnya terbit. 

I dunno why, cerita sentimentil kayak gini bikin aku penasaran aja dengan hasil karyanya. Aku pun menanti momen di mana aku bisa kayak "okay, aku bakal menyelesaikan cerita fiksi sendiri." Karena sampai detik ini masih bingung menciptakan konflik yang heboh, huahaha *lah malah curcol* 

4. Off The Record 3 (Ria SW) 
Gara-gara Ria (ciyee manggil nama, sksd banget) sempet vakum beberapa bulan ngonten di Youtube, aku sampai lupa kalau dia pernah mention lagi nulis Off The Record 3 dan ini merupakan judul terakhir dari sekuel novel non fiksinya. Sebetulnya aku pengen gak pengen baca buku ini, sih. Cuma karena udah pernah baca dua sekuel sebelumnya, kayak ngerasa butuh lanjutin biar nggak FOMO ๐Ÿคฃ

Btw, di sini ada yang suka nonton vlognya Ria SW jugak? 

Most anticipated releases for this year?

Sejujurnya aku nggak terlalu nungguin tanggal rilis buku-buku tertentu. Selain empat judul buku yang di pertanyaan sebelumnya, sepertinya nggak ada yang aku tungguin lagi, sih. 

Biggest disappointment?

Disappointment tuh mungkin lebih kayak nggak sesuai selera atau nggak memenuhi ekspektasi, ya. 

Yang pertama ada Where'd You Go, Bernadatte dan kedua adalah A Simple Favor. Ironisnya, aku malah suka banget dengan versi adaptasi filmnya. Mungkin karena aku udah nonton duluan kali, ya. Aku menemukan banyak adegan, deskripsi karakter dan plot cerita di film yang berbeda dengan isi buku. 

Aku baru aja namatin A Simple Favor beberapa hari lalu setelah re-watched filmnya di Netflix. Aku pikir bakal sama serunya, ternyata... hmhhh. Kenapa lebih suka ending filmnya ketimbang buku, hahahaha. 

Satu lagi hampir aja ketinggalan, yaitu The Perfect World of Miwako. Mungkin untuk beberapa orang buku ini sangat mengena di hati mereka, tapi sayangnya aku nggak merasakan hal yang sama, hiks. Daripada Miwako, aku malah lebih ingin membaca lebih lanjut cerita tentang Fumi-nee, kakak dari karakter Ryusei. 

Biggest surprise?

Plisss, jangan bosan karena aku bakal menyebutkan Chan Ho Kei lagi dengan novelnya Second Sister di sini ๐Ÿ˜† 

Buku yang memberikan "kejutan" lainnya adalah Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas juga cukup membuatku termana dengan gaya menulis Eka Kurniawan. Walau agak "kaget" karena bahasanya vulgar, penggambaran ceritanya pun cukup vivid namun justru membuatku suka sekali saat membacanya karena aku bisa langsung membayangkan seperti apa kira-kira kejadian di tempat. Kebetulan banget adaptasi filmnya juga udah rilis lho! Siapa yang berencana untuk nonton?

Terakhir, ada Almond. Novel yang awalnya kupikir agak gloomy, malah ternyata memberikan sedikit senyuman di akhir cerita. Emang paling bisa nih Namjoon dan Yoongi memberikan rekomendasi bacaan kepada fans ๐Ÿ˜†

Favorite new author? (debut or new to you)

Menarik banget ini karena dua author favorit aku di tahun ini adalah penulis buku yang juga berhasil masuk daftar best book of the year. And the trophy goes to Ruwi Meita and Chan Ho Kei! ๐ŸŽ‰

Newest fictional crush?

Nggak adaaa. Aku hampir nggak pernah punya crush dari karakter fiksi. Kalau aktor film/serial, sih, BANYAK, yaaa.

Newest favorite character?

Nah, kalau favorit karakter tentu saja ada! 

Karakter favoritku pertama adalah Keiko, sang Gadis Minimarket yang sudah berani memecahkan stigma hidup "normal" menurut masyarakat di sekitarnya. We need more figure like Keiko in our lives, mungkin kita pun bisa menjadi seorang "Keiko" yang berani mengambil pilihan hidup sesuai prinsip pribadi dan nggak melulu dengerin apa kata orang. Keiko rocks! 

Kedua, ada Mrs. Elm dari novel The Midnight Library. Sosok Mrs. Elm ini agak misterius, bak ibu peri yang sangat bijaksana. Setiap kata yang keluar dari Mrs. Elm ini tuh quotable sekali. Contohnya adalah kalimat berikut yang diulang lebih dari sekali: “The only way to learn is to live.”  Yang mana memberikan kita reminder untuk nggak berhenti belajar selagi masih diberi kesempatan untuk bernafas (: 

A book that made you cry?

Nggak sampai bikin nangis, sih. Tapi cukup membuat mata ini berkaca-kaca. 

Interaksi Tante Sasa dan Ve di Semangat, Tante Sasa! yang hampir bikin mewek di akhir cerita. Keseluruhan cerita novel ini masih meninggalkan kehangatan di hati. 


A book that made you happy?

Lagi-lagi aku harus menyebutkan Semangat, Tante Sasa!. I'm happy for Sasita dengan pilihan hidup yang ia jalani. Rasanya ingin pukpuk Sasa dan bilang, "Good job, Sa. You're doing great."

Most beautiful book you've bought this year? (or received)

Buku dengan sampul cantik, yaaa. Ada Semangat, Tante Sasa! yang cover-nya cantik banget! Mulai dari ilustrasi sampai tone warna yang dipilih tuh seolah-olah menggambarkan situasi hari-hari Sasita bersama Ve: a beautiful mess. Lalu, ada Kitab Kawin yang baru aja aku beli bulan lalu, masih dibungkus plastik. Aku sempat baca ini di GD namun belum selesai, jadi kubeli aja deh novel fisiknya. Alasannya apalagi kalau bukan cover cantik. Warnanya merah maroon dan hitam kesukaanku. Elegan tapi juga chic


What books do you need to read by the end of the year?

Harapannya bisa segera menyelesaikan Kitab Kawin dan maunya, sih, sama Little Fires Everywhere (Celeste Ng). Supaya PR bacaan di bulan Januari nggak makin numpuk, hihi. 

Favorite book adaptation (to movie or series) in 2021?

Setelah nonton The Babys-Sitters Club di Netflix, rasanya pengen banget baca novelnya. Sayangnya, kata Mba Fanny yang ngefans berat dengan serial ini, novelnya sulit banget untuk ditemukan. Apa aku harus menjelajahi Kwitang? 

***
That's a wrap! And this one also the last JanexLia post in 2021. Selamat menikmati liburan akhir tahun bersama orang-orang kesayangan. Selamat Natal juga bagi yang merayakan (ngucapin dulu siapa tau hari H nggak bisa nyapa). Nantikan kehadiran kami berdua di Januari 2022 dengan konten fresh dan yang pasti akan seruuuu! 

Happy Friday fellas! ✨✨✨

30 comments:

  1. Waaah selamat sudah berhasil mencapai target membacanya Mba Jane! Berapapun yang dibaca yang penting tetep baca buku tahun ini. Kalo liat ini aku pasti langsung mikir, buku non fiksi apa ya yang udah aku baca... eh ternyata gak ada yang beres hahaha. Baca 1-2 lembar abis itu langsung tutup buku ๐Ÿคฆ‍♀️

    Beberapa buku yang Mba Jane baca juga udah aku baca dan beberapa juga udah ada TBR tapi belom kesentuh sama sekali. Semoga aja tahun depan udah bisa bacain tuh buku-bukunya...

    Makasih udah berbagi ya Mba Jane! Jadi, tahun 2022 berapa nih targetnya? ๐Ÿ˜†

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha aku juga nggak nyangka bisa baca buku fiksi sebanyak ini. Jadi bingung sendiri kok tahun lalu bisa baca non fiksi banyak bener ๐Ÿ˜œ tapi tetep kita harus merayakan keberhasilan tahun ini hahaha ✨

      Wah, judul apa tuh yang ada di TBR Mba Tika?

      Sepertinya ingin lebih santuy aja nih Mba untuk tahun 2022, mungkin kalau ditargetin pun nambah 1 buku aja dari yang tahun ini, 22 buku :D

      Sama-sama, Mba Tikaaa! Makasih juga udah saling sharing buku bacaan yang baguss ๐Ÿ˜™

      Delete
  2. Rumah Lebah dan Second Sister memang mantappu jiwa banget sih Ci ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ sensasi membacanya saja masih terpatri dalam benakku meskipun bacanya udah beberapa bulan lalu~ aku yakin ini karena bukunya memang sekeren itu jalan ceritanya wkwkwk.

    Aku suka nonton vlognya Kak ia ughaaa ๐Ÿ™ˆ tapi baru baca Off The Record yang pertama sajaa. Kalau menurut Cici, yang pertama dan kedua lebih bagus yang mana? Isinya mirip-mirip nggak sih?

    Seperti Dendam, Rindu Harus dibayar tuntas juga bagus kataku!! Bikin aku penasaran ingin nonton filmnya karena bukunya sendiri bagusss walaupun isinya lumayan frontal ๐Ÿคฃ tapi aku bacanya nggak bisa berhenti wkwkwk. Cici sendiri ingin nonton filmnya nggak?

    Barusan banget aku habis selesai baca Almond dan aku juga suka sama buku ini๐Ÿ˜ benar-benar di luar ekspetasi karena awalnya aku ragu ingin baca, curiga kalau buku ini alurnya lambat, tapi ternyata alurnya cepat dan heartwarming gitu menjelang akhir ๐Ÿฅบ memang Namjoon dan Yoongi ini panutan sekali ya dalam hal perbukuan ๐Ÿคฃ

    BTW CI, KITA SAMA-SAMA SUKA COVER BUKU SEMANGAT TANTE SASA YAA!! WKWKWK beneran sebagus itu sih covernyaaa ๐Ÿ˜ saat pertama kali lihat saja udah bikin jatuh cinta dengan covernyaaa ๐Ÿ˜ Good job Kak Thessa!!~

    Oiya Ciii, kalau udah selesai baca Little Fires please kindly let me know~ aku tuh penasaran ingin baca karena buku ini sering lalulalang tapi ragu ingin memulai ๐Ÿคฃ

    Ciii, Babysitters club ini benar ada graphic novelsnyaaa lho! Aku sudah cek baru-baru ini dan ada di Kinokuniya sanaa, banyak banget serinyaaa. So, siapa tahu Cici ingin beli, bisa mampir ke Kino di bagian YA.

    For the last, terima kasih udah ajakin aku bikin Reading Wrapped ini!! Aku senang sekali saat menulis topik ini ๐Ÿ˜๐Ÿ™ˆ and happy holiday Ci Jane!!~~


    P.s: melanjutkan komentar di postingan Cici yang sebelumnyaa, aku beli buku Ronggeng Dukuh Paruk dan Seni Bersikap Bodo Amat saat Harbolnas kemarin ๐Ÿ™ˆ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku mau ngikutin cara Endah balas komentar dengan dinomerin ah biar nggak bingung dan nggak ada yang kelewat wkwkwkwk ๐Ÿคฃ

      1. IYA KAN KEREN BANGET. Jarang-jarang ada buku yang isinya nempel banget di kepala, padahal udah mau hampir setahun kan kita baca buku itu, eh kalau Second Sister sih baru beberapa bulan lalu ya, huahahaha.

      2. Sejujurnya aku rada lupa isinya apa HAHAHAHA. Mana dua bukunya udah aku hibahkan ke ponakan, karena dese fansnya Kak Ia dan curuttt. Seingetku sih yang kedua agak sedikit personal gitu, jadi dia nyeritain masa-masa kuliahnya, terus ketemu cowok, sama fangirling G Dragon, gitu-gitu deh. Kalau yang pertama kan lebih banyak soal cerita travel dia pertama kali ke Korea.

      3. WAHAHAHA saking frontal (dan vulgarnya) bikin kita nggak bisa berhenti baca ya, Liii ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ secara aku kayaknya belum bisa ke bioskop, jadi ya duduk manis aja deh di rumah sampai filmnya bisa ditonton melalui layar TV ๐Ÿ˜ Kalau kamu nonton kasih tau aku ya gimana menurutmu :D

      4. Iya kannnn, novelnya fast pace. Awalnya sempet stop juga akutu karena ngerasa agak lambat, eh pas dilanjutin tau-tau udah selesai. Aku malah agak gak rela kenapa ceritanya berakhir begitu saja! Hahahaha. Emang Namjoon kesayanganku... eh maksudnya panutanku ๐Ÿ˜œ๐Ÿคฃ

      5. Memang secakeppppp itu cover-nya! Timnya Mba Thessa ok banget nih milih ilustratornya ๐Ÿ‘๐Ÿผ❤

      6. Siappp! Ini novel lama kan? Kayaknya muncul kembali di permukaan karena ada adaptasi serialnya di Hulu, yang main Reese Witherspoon. Pengen nonton tapi menahan diri karena lebih penasaran dengan bukunya, wkwkwk.

      7. SERIUS??? Whoaaaaa beklah, pankapan aku meluncur ke Kino untuk hunting! Waaaah asik banget ya kalau bisa beli terus dikoleksi supaya anak-anak gede bisa baca. Gemes banget ngebayangin Krystal baca novel ini nantinya XD

      Soal belanja buku, akutu sempet donlot Ronggeng Dukuh Paruk di GD, cuma karena jumlah halamannya jadi mundur cantik, wkwkwkw. Padahal kata Eya bukunya bagus, kayaknya harus coba baca kali, yaa. Eh, Seni Bersikap Bodo Amat itu pernah aku baca versi inggrisnya, cuma waktu itu nggak terlalu mengena di hati. Mungkin gak cocok sama gaya narasi penulisnya yang "kasar" ๐Ÿ˜‚ tapi nanti kalau kamu udah selesai baca, tell me about it ya!

      YUHUUUU~ I'm very grateful too, Liii. Makasih yaaa udah mau aku ajak rempong bareng wkwkwkw selamat berlibur jugak untukmu dan keluarga tersayang ๐Ÿฅฐ๐Ÿ˜˜

      Delete
    2. Ci Jane!! Terima kasih udah membalas dengan panjang lebar atas komentarku ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ Sini aku pijitin jarinya karena udah ngejawabin pertanyaan-pertanyaanku yang berjibun ini ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Btw Ci, aku nggak akan nonton Seperti Dendam di bioskop ๐Ÿ˜‚ nungguin masuk Netflix juga #plakk, tapi katanya sih bagusss Ci, mirip isi bukunya hahaha.

      Yess!! Bisa banget buku-buku The Babysitters ini dikoleksi terus nanti Krystal jadi bisa baca juga ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ kertas bukunya tipikal yang awet kataku, jadi kalau beberapa tahun lagi sih harusnya masih bagus ya kertasnya ๐Ÿคญ *kok jadi bahas kertas*

      Btw, aku juga pernah baca ke Seni Bersikap Bodo Amat versi english Ciii, dan waktu itu aku cocok sih wkwkwk. Nanti kalau aku udah selesai baca yang versi terjemahan, I'll let you know~

      Delete
    3. Huahahahaha makasih lho udah dipijitin! ๐Ÿ˜†

      Ya kannnn. Kayaknya sekarang film Indo cepet masuk situs online streaming, semoga nanti bisa ditonton di rumah aja sambil mageran, nggak usah nyelundupin makanan ke bioskop, wkwkwkwk ๐Ÿคฃ

      HAHAHAHA bhaiqueeee jadi dari segi bahan kertas oke ya? XD aku mupeng sekali lihat koleksi Babysitters Club nya Mba Fanny, waktu itu aku dikasih liat dan kepengen bangettt ๐Ÿ˜ญ

      Hahahaha kalau gitu kayaknya harus baca ulang deh, soalnya beberapa waktu lalu akun IG favoritku yg ku-follow juga merekomendasikannya. Selamat baca, Liii! Aku nunggu review dari kamu, ya! ๐Ÿ˜

      Delete
  3. Asiiiiiikkk bacaan Kak Jane bertambah banyak yang menarik. Kak Little fires itu katanya bagus loh, aku udah penasaran dari lama tapi belum kesampean terus buat beli ๐Ÿ˜‚

    Eh aku juga kepo sih dengan Fumi nee itu kak rasanya cerita hidupp dia juga gak kalah menarik, kepo juga bagaimana kehidupannya sebelum memutuskan untuk merubah diri ๐Ÿ‘€

    AYOO BACA THE BORROWED. Lama-lama aku bikin kampanye sendiri juga nih supaya teman-teman pembaca baca buku ini wkwkkk ๐Ÿ˜†๐ŸŽ‰๐Ÿ”ฅ dan baca 27 buku dalam setahun itu pencapaian yang keren loh kak ๐Ÿ‘๐Ÿป

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yessss berarti aku ada kemajuan yaa, Reka? ๐Ÿคฃ Iyah memang bagusss, aku masih on going nih bukunya. Mudah-mudahan bisa kelar secepatnya :D

      Iya kan? Awalnya aku nggak ngeh dia lho dia "merubah diri", kok kayaknya natural aja gitu, hauhahaha. Cuma karakternya tuh bikin penasaran aja.

      AHAHAHA SIAP LAKSANAKAN!!

      Maacihhh, Reka! Semoga di tahun yang baru kita bisa ketemu buku bacaab yang lebih menarik dan seru lagi ya! ๐Ÿฅณ

      Delete
  4. Wiiih Ci Jane, selamat udah melampaui target baca!๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘ btw untuk menjawab dua pertanyaan yang ada di atas, jawabanku begini:
    1. Pernah nonton vlog Ria SW tapi nggak sampai selesai wkwk, kabarnya dia ngedit sendiri ya videonya? Atau hanya rumor?
    2. PINGIN NONTON SEPERTI DENDAM๐Ÿ˜ญ tapi di tempat tinggalku sini yang ada film itu cuma bioskop yang jauh dari rumah dan jamnya nggak enak๐Ÿ˜ฉ semoga soon filmnya ada di Netflix AKU PINGIN NONTON๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ

    Eh aku baru tau lho kalau A Simple Favor ini novel wkwkwk, masih kebayang karakter yang diperanin sama Anna Kendrick dan Blake Lively๐Ÿ˜

    Oh iya berhubung sebentar lagi Natal, Ci Jane pernah nggak nonton film Last Christmas? Tiba-tiba keinget ini soalnya ngomongin A Simple Favor yang Henry Golding main di situ๐Ÿ˜ Oh iya keinget juga, in case Ci Jane belum tau, ada review di blog The Freaky Teppy tentang film Crazy Rich Asians. Kalau pingin ketawa-tawa coba baca deh Ci, aku ketawa tiap paragraf soalnya pas baca๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh kann, ini dinomerin lagi komentarnya wkwkwkwk

      1. YES dia edit sendiri videonya, Ndahh. Kece ya? Tapi untuk shooting sekarang dia udah pake videografer profesional yang kebetulan adalah teman-teman baiknya sendiri.

      2. YAHHHH sayang banget yaa ๐Ÿ˜ญ iya nih, kita tim nunggu di layar kaca aja yaa.

      A Simple Favor cukup nonton filmnya aja dehh. Sebel banget begitu baca selesai novelnya ternyata nggak semenegangkan di film. Apa karena aku udah ngebayangin Anna Kendric, Blake Lively dan Henry Golding yak di kepala wkwkwk

      BELOM NONTONNN. Ini muncul lagi di Netflix, should I watch it? Bagus yaa? Drama kan itu?

      OKE BAIK MELUNCUUUUR. Aku big fans review movie suka-sukanya Kak Teppy ๐Ÿคฃ thank you so much udah kasih tau, Ndahhh ๐Ÿ˜˜

      Delete
  5. Haloo Mba Jane.. apa Kabs?? ๐Ÿ˜…

    Asixx dpet beberapa judul lagi. Tadi malem dpet list dari Lia. Skrang dari Mba Jane.. siap mengudara di toko online.. harusnya momen 12.12 kemarin. Tapi terlewaatt ahh Eteb ue. ๐Ÿคฃ

    Aku aku aku ☝ suka nontonin Ria SW.. udah baca juga Off the Record 1 2.

    Aku jadi penasaran sama Buku Seperti Dendam, sama Almond juga.. haha ๐Ÿคฃ
    Soal The Best Buku..
    Second Sister emang Gilaaa sih ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ Midnight Library juga bagussss ๐Ÿ˜… aku tahun ini malah kebanyakan Baca buku Non Fiksi deh.. tapi embuh belum tak rekap ☺

    Duhh jadi latah pengen bikin beginian juga.. ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. OMGGG MAS BAYU YOU'RE HEREEE!! So happy to know you're back!! Tau nggak sih, pas tahu dari Mba Eno kalau Mas Bayu sakit aku sempet kepikiran terus doain Mas Bayu terus supaya lekas sembuh. Puji Tuhan akhirnya udah bisa update yaa. Masih di RS, kah? :D

      Waaaah, ada penontonnya Ria SW juga di sini. Kalau gitu kita harus baca sekuel terakhirnya nih XD

      Almond kayaknya cucok deh di Mas Bayu. IYA KAN, Second Sister itu masih membekas banget di hati dan kepala, wkwkwk. Bener-bener best of the best *lebay* ๐Ÿคฃ

      Nanti kalau sudah sehat dan kembali ke rumah, boleh susun reading wrapped-nya juga, Mas Bayy. Penasaran juga sama review buku-buku Mas Bayu tahun ini ๐Ÿ˜

      Delete
    2. Yesss I'm here... ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ Thanks to you dan lainnya yang udah bantu Doa. Bersyukur banget bisa dikasih nikmat sehat lagi ๐Ÿ˜ iyah masih di RS nihh. Tapi tapi Selasa besok sudah boleh pulang ๐Ÿ˜… *nggak sabar mau ngopi, mau mandi, mau guling2 di kasur ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Oke dehhh Almond... kemarin aku abis checkout Insecurity, hidup apa adanya, sama laut bercerita... buat masuk list TBR 2022 ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ *padahal TBR masih ada 5 yg belum kesentuh dirumah ๐Ÿคฃ ya nggk papa lah ya.. mari kita kumpulin TBR sebanyak2nya ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Delete
    3. Sikasikkk, badan boleh di ranjang RS tapi jari jemari tetap belanja buku yak ๐Ÿคฃ Gapapa Mas Bayu, TBR buat tahun baru kan ceritanya, hohoho. Semoga menikmati setiap bukunya ya!

      Yaampunnn pasti hepi banget bisa mandi besok wkwkwk

      Delete
  6. Yeeeyyy kereeen Mba Janee, bacaannya melebihi target awal tahun kemaren yaa ๐Ÿ˜ Di tengah kesibukan sama new born masih sempet baca, kereeen!

    Akuu terharuuu, Semangat,Tante Sasa! disebut beberapa kali ๐Ÿ˜ข. Both made you cry and happy. Hug! Dan covernya, emang gemeesin.. (muji cover buku sendiri ๐Ÿคฃ) makasiii yaa Mba Janeee..

    Buat buku yg pengen dibaca, aku udah baca yg Pasukan Buzzer dan Resepsi. Respesi bagus sih, apalagu ambil latar thn 90an gt. Jd buat kita yg besar di thn 90an relate sih ๐Ÿ˜†๐Ÿคฃ

    Semangat jg berrsin 2 buku lg sebelum akhir tahun ini Mba Jane. Hehehe.. aku juga ada bbrapa buku yg pengen diberesin nih sblm akhir tahun ๐Ÿ˜†

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya nihh, Mba Thessa. Kayaknya pas awal-awal ngejagain new born banyak dibantu mama sama suami, jadinya aku lebih punya banyak waktu baca buku ๐Ÿ˜†

      Wahhh dapet bocoran novel Resepsi! Ok aku beliii, Mba Thessa, wkwkwk. Setting-nya 90an pantes cover-nya juga agak jadul yaa ❤️ thank you so much, Mba Thessa! Semangat juga menyelesaikan bacaan sebelum tutup tahun yaa ☺️

      Delete
  7. omaigodddd buku yang dibaca melebihi target, ini luar biasaaa mbakkk
    aku hobi aja beli, tapi belum kebaca.
    baideweii, bukunya Ria SW udah lama aku masukin keranjang, tapi belum ke cekout, waktut itu ada buku lain yang juga menarik. Oke oke next time aku mau baca seriesnya off the record ini, bikin penasaran

    nahhh serial the baby sisters club juga belum nonton, astagahh banyak bener listku wakk hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Ainunnn, novel pemberian dari Mba aja aku belom kelar bacanya ๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคญ mau diselesaikan juga nih biar hutangnya cepat selesai, wkwkwk

      Bukunya Ria SW itu cucok dibaca buat penggemarnya atau yg sering nonton vlognya, soalnya kalau yg nggak nonton Youtube-nya mungkin kurang nyambung sama apa yg dia tulis di buku. Semoga nanti Mba Ainun bisa menikmati bukunya kalau jadi di-checkout ya ๐Ÿ˜

      Hauhahaha one at a time, Mbaaa. Liburan nanti colongan ajaa. Itu Babysitters Club satu episodenya cuma 20menitan,nggak berasa banget ๐Ÿ˜

      Delete
  8. waaaah mbak Janeeeee banyakkk bingittssss ๐Ÿ˜ฎ
    keren masih sempet baca buku
    aku targetin baca 12 buku tahun ini daaannn.... sangat jauh dari target hiks
    apalagi jeda dari udah lama nggak baca terus niatin baca lagi itu lumayan lama juga
    moga tahun depan bisa sesuai target!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi awal tahun ini emang masih semangat tuh bacanya. Makin ke belakang mulai nyantai, tapi syukurlah bisa baca dengan jumlah sekian ๐Ÿ˜ Baca buku digital itu ngebantu banget aku untuk baca buku lebih sering, Mbaa. Mungkin bisa coba ๐Ÿ˜ Mba Deaa semangaaaat! Gapapa belum mencapai target, yang penting enjoy kegiatan membacanya ☺️

      Delete
    2. aku sempet coba sih download Gramedia Digital
      tapi nggak bertahan lama
      buat baca 1 ebook aja sebulan lebih akhirnya nggak diterusin ๐Ÿคฃ
      mataku soalnya gampang panas kalo kelamaan mantengin layar hehe

      Delete
    3. Mungkin belum terbiasa yaaa ๐Ÿ˜‚ Aku juga awalnya begitu, tapi gara-gara bukunya bagus jadi lanjut terusss, ahahaha. Kalau nggak salah Gramedia ada fitur eye comfort-nya gitu deh, jadi layarnya agak warm. Mungkin bisa dicoba kalau Mba Dea berencana untuk baca digital lagi :D

      Delete
  9. Penasaran sama Second Sister, fixed akan beli ๐Ÿ˜‚ Wk.

    Kalau Almond sudah beli untuk stock di bookcafe tapi belum baca. Saya pikir tipe thriller gitu (gara-gara covernya agak flat) makanya masih maju mundur mau baca. Hahahaha. Besok setelah selesaikan buku Haenim, saya akan baca Almond sepertinya ๐Ÿฅณ

    Kalau antara Resepsi dan Pasukan Buzzer lebih rekomendasi mana mba semisal cuma mau beli satu buku doang antara dua itu? Minta racunnya, mba Jane ๐Ÿคฃ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoook Mba Eno juga baca Second Sister! Tell us about it, kayaknya agak jarang denger review Mba Eno baca buku thriller mystery hohoho

      Almond juga cukup bagus, Mbaa. I was quite surprised setelah baca novelnya, walau agak drama di awal tapi hangat di akhir ๐Ÿ˜Š

      Setelah baca komentarnya Mba Thessa, kayaknya lebih baik baca Resepsi dulu, Mba Eno. Kebetulan aku pencinta buku romance wkwkwk ๐Ÿ˜ ayuklah kita beliii ๐Ÿ›’

      Delete
  10. Habis dari Kak Lia melipir ke sini, hihihi ๐Ÿ˜†

    Wihh mantap dapat rekomendasi banyak bangadddzz.. ๐Ÿฅณ Kayaknya aku mau masukkin Rumah Lebah ke list reading aku deh Kak Jane..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooook baca Rumah Lebah, harusnya nggak menyesal deh! ๐Ÿ˜†

      Delete
  11. Selamat, Mbak Jane, udah bisa melampaui target baca tahun ini ๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ. Btw aku tahun ini juga udah melampaui target bacaku sendiri, lho. Tapinya, targetku emang dikit sih. Cuma 10 buku. Hehehe. ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    Seperti dendam, rindu harus dibayar tuntas emang bikin tercengan, Mbak. Bahasanya vulgar banget. Aku dulu bacanya sampai merem melek. Bingung mau terus baca atau nggak. Soalnya pas baca itu aku masih terlalu polos, masih gadis, masih belum nikah ๐Ÿคช. Tapi akhirnya bisa baca sampai tuntas sih. ๐Ÿ˜…

    Ngomong-ngomong rumah lebah udah masuk ke tbr list ku, Mbak. Tapi masih belum bisa baca gara-gara belum beli. Wkwkwk. Kebetulan di ipusnas juga gak ada (duh, ketahuan deh, kalau suka baca gratisan) ๐Ÿ™ˆ. Sebagai gantinya, aku baca bukunya Ruwi Meita yang lainnya: Belenggu Ilse (karena di ipusnas ada ๐Ÿคฃ). Dan aku suka banget banget banget banget sama buku yang ini. ๐Ÿ˜†

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaaay selamat juga untuk Mba Roem yang berhasil mencapai target membaca! ๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ Dikit banyaknya nggak terlalu penting sebetulnya, Mbaa. Yang penting adalah kenapa kita membaca dan kita menikmati buku bacaan yang udah dipilih.
      Terus aku seneng banget dong Mba Roem mention Belenggu Ilse, karena aku juga SUKA sekali dengan novel tersebut! Udah aku review juga di blog saking sukanya, wkwkwk. Ruwi Meita ini spesialis nulis novel yang bikin pembacanya tegang yaa ๐Ÿคฃ Ayoooo segera baca Rumah Lebah, Mba Roem! Tiati jatuh cinta! ๐Ÿ˜

      Delete
  12. Second sister aku bakal cari ah.. selalu penasaran Ama biku2 thriller atau misteri, Krn ini genreku bangetttttt ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„❤️. Jadi kalo ada yg bagus, aku pasti selalu pengen baca.

    Buku2nya Eka Kurniawan memang gila sih ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ. Bahasa ga pake saringan hahahha. Tapi aku sukaaaaaa, buku istrinya lebih lembut, tapi sama nohok nya ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…. Buku istrinya yg aku suka Gadis Kretek.

    Ak yg juga happy, target 54 buku setahun overachieved. Dan ga sabar baca buku ke 56 yg bakal aku review besok Minggu. Buku penutup 2021, dan alurnya ttg hukum ๐Ÿ˜„. Biasa paling males baca buku yg bercerita ttg alur pengadilan, Krn suka bikin mumet. Makanya John grisham bukan fav author ku. Tapi ntah kenapa buku yg ini, seru bangettttt dan bisa diikutin jalan pengadilannya.

    Untuk tahun depan aku masih galau, apa naikin jumlah target, atau tetep sama aja ๐Ÿ˜…. Mengingat buku2 yg msh numpuk, halamannya kebanyakan di atas 600 semua ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ. Mau di naikin target takut ga kecapai.


    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Fanny rasanya bakalan suka Second Sister, dehh. Ceritanya nggak cuma seru dan memicu adrenalin (halah XD), tapi ada dramanya, ada humornya sedikittt, pokoknya this novel one of a kind banget deh. Surprise juga tahun ini aku cukup banyak baca buku bergenre misteri thriller/crime, wkwkwk.

      Berarti ini bukunya udah selesai dibaca dong ya? :D aku juga baru selesai baca novel yang udah dari kapan pengen banget dibaca. Aku juga kadang begitu, Mbaa. Nemu buku yang sebetulnya jarang dibaca, penulisnya bukan favorit, tapi entah kenapa bisa tenggelam dalam ceritanya, ya. Berarti penulisnya jago nih ๐Ÿ˜†

      Tahun depan sepertinya aku nggak mau pasang numbers nih, Mba wkwkwk. Kayaknya mau fokus baca buku yang benar-benar ingin dibaca dan aku suka dengan buku tersebut. Supaya TBR nggak numpuk ๐Ÿ˜

      Semangat membaca, Mba Fannyyy! ๐Ÿฅณ

      Delete