#JanexLiaRC: Resepsi by Smita Diastri

Saturday, May 21, 2022


Novel Resepsi ini masuk ke dalam daftar buku yang ingin kubaca di tahun 2022, akhirnya kesampaian juga dibaca bertepatan dengan challenge bulan ini, yaitu buku warna hijau! (ijo ya bener iniii, bukan biru 🤣 *buat yang ngerti-ngerti ajah*).

Blurb 


Menerima undangan resepsi adalah perkara memilih gaun yang pas, sepatu yang cakep, dan "plus one" yang tepat. Urusan-urusan itu tidak pernah jadi hal yang sulit untuk Resi.

Namun, kali ini yang datang adalah undangan resepsi dari Ranu, si mantan pacar yang sudah 12 tahun "on-off" dengan Resi! Sampai enam bulan lalu, Resi masih yakin bahwa suatu hari di undangan resepsi itu akan tertulis namanya dengan Ranu. Mereka masih saling sayang kok! Semesta juga selalu menghadirkan kebetulan-kebetulan yang menghubungkan Resi kembali dengan Ranu.

Itu pertanda mereka berjodoh, kan?

Lalu kenapa undangan hijau toska yang mendarat di meja kerja Resi menuliskan nama berbeda? Bukan Resi & Ranu, melainkan Amelia & Ranu.

Apa yang salah? Resi coba memikir-mikirkan lagi 12 tahun ke belakang. Meski begitu, waktu terus berjalan. Resi cuma punya waktu satu minggu untuk ngotot ngorek-ngorek sisa cintanya di masa lalu, atau menghadapi apa yang sudah di depan mata: resepsi pernikahan mantan pacarnya dengan orang lain!

How I Discovered This Book 


Aku agak lupa, kemungkinan besar lihat dari feed akun official Instagram Gramedia yang waktu itu ngumumin novel baru yang bakal rilis.

My Personal Thoughts 


Resepsi nggak lebih dari novel Metropop pada umumnya aja, sih, hahahaha. Yang bikin berbeda, cerita romansa Resepsi ini mengambil latar tahun 90an, agak mirip-mirip sama Dilan gitu, deh. Walau dari segi usia agak jauh dengan para karakter, aku tetap bisa menikmati nostalgia yang ditawarkan penulis pada novel ini. Kayak penggunaan wartel atau telepon umum beserta pager! Aku nggak pernah pakai pager, tapi papaku dulu punya. Waktu itu aku nggak paham kalau pakai pager itu ternyata agak "ribet", karena kita nggak menyampaikan pesan secara langsung kepada penerima, kudu melalui customer service gitu. Kebayang nggak, sih, mau ngomong "I miss you" sama pacar harus lewat orang ketiga dulu, hahahaha. Belum lagi kesabaran diuji di saat kita lagi ngebet nunggu balasan doi. Sekarang aja  pesan WA di-read doang udah kalang kabut... ya nggak? (nggakkkkk...)

Terus, kisah cinta Resi-Ranu itu realistis banget. Sifat para karakter yang naif sama perasaan masing-masing, bingung prioritasin pacar apa temen, yang kayak gini sebagian besar pasti pernah kita alami, kan. 

Aku sempat dibuat misuh-misuh juga karena ada bagian Ranu mendadak nyebelin banget kelakukannya. Untung ending-nya lagi-lagi sangat realistis, nggak ada drama ala sinetron, cukup melegakan aku sebagai pembaca. Bagian menuju akhir cukup ngebosenin buatku, karena gemeshhhhh dengan Resi yang super galau dengan kisah cintanya sendiri. Rasanya kayak pengen ngomong, "Yaudah sih elu gini aja!". Padahal kalau aku jadi Resi, ya bingung juga, sih, digantung perasaan sama mantan, mana tiba-tiba dikirimin undangan nikah. 

Overall, aku cukup menikmati novel Resepsi ini. Hal minor lainnya yang kurang bikin aku sreg, nama beberapa karakter cowok yang agak mirip. Ada Bima, Rama, Ranu, Damar. Aku sempet keder pas baca, "Lho, Damar bukannya si ini? Lah, Rama pacarnya siapa?". Note to myself: kalau nulis novel jangan pakai nama karakter yang terlalu mirip, ya! 😆

Favorite Part of the Book 


Nah, ini! Ada satu bagian yang sukses bikin aku senyum-senyum sendiri nggak ketolongan. Saat Ranu ngadoin Resi dengan sebuah kaset mixtape berisikan lagu-lagu favorit Resi. Terus doi bilang gini:

"Dengerin, ya, semuanya. Termasuk bonus track-nya. Atau nggak usah semua lagu, deh. Yang penting dengar bonus track-nya. Terutama bonus track-nya." 

GEMES NGGAK SIH SAMPE DIULANG-ULANG GITU??

Rasanya pengen balesin Ranu, "IYA RANUUUU GUE DENGERIN BONUS TRACK-NYA!!" 🤣

Buat yang roaming atau nggak paham, kado kaset (atau CD) mixtape ini tuh sempet booming di zamannya. Aku nggak tau manteman sempat mengalaminya apa nggak, tapi di zamanku kado mixtape ini pernah jadi taktik jitu untuk nembak gebetan. Jadi kita nge-burn beberapa lagu dalam CD kosong, kemudian ada satu laguyang disebut Ranu bonus trackyang biasanya menjadi lagu ungkapan cinta. Ciyeeee. Yang senyum-senyum bacanya pasti pernah ngalamin, ya? 😆

***
Buat yang suka genre Metropop atau lagi cari bacaan ringan, boleh lah baca Resepsi. Cuma butuh 1-2 hari kelar kok :D 

6 comments:

  1. hallo jane, apa kabar ? saya juga baru membaca novel resepsi kok jadi meweek berat ya jane ya, karena selama aku masih kuliah hingga lulus kuliah hingga kerja gak pernah pacaran sampai serious itu. namun, q minta doanya ya jane ya? semoga q cepat merried biar bunda q juga bahagia. amin

    ReplyDelete
  2. Mbahku dulu suka kebolak-balik nyebut warna ijo sama biru Ci, wkwkwkwk. Biru dibilang ijo, ijo dibilang biru. Anyway tentang isi novelnya yang membahas mixtape, aku nggak pernah ngalamin, temen-temenku juga nggak ada yang pernah dikirimin mixtape, apa karena kurang kota ya lingkungannya? xD Resi di ceritanya nggak ada yang deketin kah Ci? Kok kayaknya nungguin mantannya gitu.

    ReplyDelete
  3. lahhh kenapa hampir mirip mirip sama kisahku wkwkwkwk
    yang datang malah undangan mantan, tapi sebagai mantan yang baik, tentu aja aku dateng dan sok cool gitu pas dateng ke resepsinya hahaha #wanitakuat wkwkwk

    aku sendiri masih ngikuti era kaset kosong yang ngerekam lagu, zaman dulu udah hits banget itu :D

    ReplyDelete
  4. Itu ijo turqoise kalo aku nyebutnya 🤭😄.. lebih ke hijau memang drpd biru.

    Btw, kok kayaknya menarik iniiii 😄. Apalagi Krn temanya 90an kali Yaa. Aku juga sering tuh ngerekam aneka lagu di kaset kosong. Pernah juga dapet dari cowo, lengkap Ama bonus track nya 🤣🤣🤣. Sayangnya aku ga suka Ama cowonya wkwkwkwkwkkw.

    Ga enak nya punya pager, Krn hrs lewat orang ketiga. Dulu aku pake zaman SMU Jane. Tiap mau kirim pesan yg mesra dikit, langsung digodain Ama si Abang operator wkwkwkwk. Thanks God udah ada hp 🤣🤣

    ReplyDelete
  5. Setahu saya itu memang hijau toska.

    Saya bukan penggemar genre metropop dan bingung yang biasanya seperti apa, tapi tiba-tiba teringat ucapan seorang kawan bahwa gap metropop macam chicklit di sini dengan buku-buku luar jauh banget. Saat itu dia lagi ngeledek buku Ika, sih. Haha. Kalau persoalan kasih nama karakter novel, Eka Kurniawan layak dicontoh karena namanya unik-unik.

    Enggak ngerasain zaman pager, cuma tau dari beberapa buku dan film. Terus saya jadi bayangin perasaan pihak ketiganya yang menerima dan menyampaikan pesan, apakah pernah ngakak ketika dapat pesan berupa gombalan?

    Alhamdulillah, mantan-mantan saya yang nikah tak ada satu pun yang ngundang. Sekalipun saya udah biasa aja, sepertinya mereka paham buat enggak memperumit keadaan.

    ReplyDelete
  6. Iyaaa yang ini hijau kok warna covernya, Ci 😜. Dari awal buku ini rilis sebenarnya aku udah ada ketertarikan ingin baca karena covernya bagus 🤣 *salfok sama covernya*, tapi sampai sekarang belum kesampaian baca wkwk.

    Btw, aku bayangin adegan bonus track itu kok jadi mesem-mesem sendiri ya? Kok so sweet banget sihh!! 🙈. Zaman sekarang mana ada lagi proses nembak cewek lewat mixtape CD, adanya juga lewat spotify kayaknya 🤣. Zaman aku kecil, aku ingat ada masa dimana katanya sms juga dibaca dulu sama CS baru dikirim ke penerima terus aku bayanginnya gimana rasanya jadi CS saat itu ya 🤣 berasa seru sendiri nggak ya si CS kalau lagi ada yang kirim sms nembak, like dalam hati CSnya sambil berharap jawabannya diterima gitu nggak yaaa 🤣, terus kalau jawabannya ditolak, si CS ikutan sedih nggak ya 😂. Kok kayaknya seru jadi CS masa itu wkwk tapi jadi nggak ada privasi antara pengirim dan penerima sih lol

    ReplyDelete