Worthy Monday #1: What I Usually Do in My Idle Times

Monday, October 14, 2019


Terima kasih sebelumnya kepada Kokoh @fellaxandro yang secara nggak langsung memberikan ide untuk menulis postingan hari ini.

Idle times kalau diterjemahin artinya "waktu nanggung", yang mana versinya macam-macam. Mungkin waktu nanggung buat kamu adalah saat nunggu atau naik kereta/MRT untuk bekerja atau bisa juga saat nunggu antrean dokter di rumah sakit. Intinya, waktu nanggung itu bikin kita merasa "duh nanggung amat ya mau ngapa-ngapain." Begitulah kira-kira. Pasti pernah (atau sering), kan, terjebak di idle times ini?

Waktu nanggung versi aku biasanya nungguin Josh pulang sekolah. Biasanya aku suka nunggu di sekolah bareng emak-emak lain, yang mana berujung jajan ke sana ke mari, kemudian tanpa sadar badan makin gendats!

Salah satu janji yang aku buat untuk diri sendiri ketika Josh mulai sekolah, yaitu harus bisa lebih produktif lagi meskipun waktu yang aku punya cuma 2 jam.

Daftar kegiatan di bawah ini tentu nggak aku lakukan semuanya dalam satu hari, ya. Tergantung prioritas dan kebutuhan yang harus dikerjakan di hari itu.

So, what I usually do in my precious two hours a day? 

1. Ngumpulin resep untuk meal prep selama seminggu. 
Aku emang nggak masak setiap hari, tapi problema "mau makan apa hari ini" itu cukup menghantui setiap hari. Kalopun nggak sampai seminggu, minimal udah tau mau makan atau masak apa untuk keesokan harinya.

Selain akhirnya aku beli buku resep, biasanya aku kepoin akun Instagram yang suka berbagi resep bekal mereka sehari-hari untuk ngumpulin resep mealprep. Search aja hashtag seperti #bekalhariini atau #bekalanaksimpel dan lainnya. Bagi yang follow akun mommy selebgram biasanya mereka pun rajin tuh berbagi resep bekal anaknya, kadang-kadang aku suka screenshot untuk stok resep.

2. Nyicil nulis untuk draft blog.
Sejak Josh sekolah, aku punya kesempatan untuk blogging di luar rumah. Sesekali ganti suasana dan ternyata aku jauh lebih fokus 'kerja' di luar, karena di rumah itu ada aja distraction-nya. Lumayan banget dalam waktu satu jam bisa nyicil hampir setengah artikel (tapi kok jarang posting?!).

3. Bantuin suami kerja. 
Walaupun udah nggak ke toko bantuin suami, aku masih sering bantuin suami di rumah untuk ngurusin barang.

4. Pergi belanja mingguan. 
Nah, kalau resep mealprep udah rampung, biasanya aku langsung pergi belanja di awal minggu untuk stok bahan makanan. Sebelumnya, aku selalu belanja bulanan, tapi kurang efisien. Belanja mingguan jatuhnya lebih hemat dan bahan-bahan makanan yang dibeli nggak mubazir di kulkas.

5. Ngumpulin ide untuk konten blog maupun Instagram.
Ini juga salah satu yang sering aku lakukan, karena ide seringkali datangnya tiba-tiba, nggak lihat waktu atau tempat. That's why I always have my pocket notebook and pen in my bag.

6. Nyicil buku yang sedang dibaca.
Aku sempat memperhatikan beberapa teman di sekolah juga melakukan ini kalau nungguin anaknya pulang. Pastikan buku yang lagi dibaca memang seru dan bikin penasaran untuk dibaca terus, biar kalau mendadak diajak ngebakso nolaknya nggak susah hahahahaha *kayaknya bakso susah ditolak ya lol*

7. Dengerin podcast atau catching up dengan beberapa channel Youtube favorit.
Nonton Youtube itu produktif nggak, sih? LOL

Sebenarnya aku agak jarang dengerin podcast, satu-satunya podcast yang aku ikutin cuma Kejar Paket Pintar, soalnya topik yang dibahas seru, kadang-kadang berat apalagi kalau udah ngomongin politik, namun dikemasnya ciamik. Aku belum dengar semua episode, sih, yang terakhir aku dengar adalah episode 23, ngomongin misteri anak muda (zaman now) yang sulit dipahami. Denger deh, siapa tau relate (kalo relate berarti kita seumuran dan... tua HAHAHA). Topiknya menarik sampai ingin dijadiin tulisan di blog. Digodog dulu yaaa kontennya, siapa tau bisa terwujud.

***
Meskipun waktunya "nanggung", ternyata banyak yang bisa dikerjakan supaya waktu kita nggak terbuang percuma.

Kira-kira kalau versi "waktu nanggung" kalian seperti apa? What do you usually do in your idle times? Komentar di bawah, ya, siapa tau kita bisa saling curi ide (:


Worthy Monday is a new series on this blog, talking about how I stay productive as a stay-at-home mom. Will be published every Monday.

5 comments:

  1. Untuk mengisi waktu nanggung saya biasanya ya baca buku atau main hp. Lagi berusaha untuk gak sering-sering main hp karena seringnya malah buka sosmed. Jadi di hp sekarang udah ada ebook. Lumayan bisa baca buku tanpa harus bawa buku fisik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh iya nih, main hape jatuhnya ya buka sosmed atau aplikasi e-commerce. Aku sendiri nggak bisa baca buku di gadget, ujung-ujungnya ke-distract hahaha jadi masih lebih milih untuk bawa buku fisik ke mana-mana (:

      Delete
  2. Aku sekarang lagi seneng dengerin podcast haha, walaupun keluar dari app tapi suaranya tetep ada, bisa dibuat buka yang lain2 di hp

    ReplyDelete
  3. waktu nanggungku biasa dipake buat buka2 online shop... buka2 doang sih, belinya kagak hahahaha...

    ReplyDelete
  4. Udah lama gak menyambangi Blog ini. Hahaha.. makin banyak tips berfaedah ternyata. Saya udah lama banget gak dengerin Podcast. Kalo youtube hampir hari mantengin emang.. hahaha.. (tetep)

    ReplyDelete

Thank you for reading and dropping your comments, it means a lot to me. All comments are moderated and I will try to reply to each comment as soon as I could, so please check back.

All spams and comments that contain ads are gonna be deleted. I'm trying to make this blog a pleasant place where we can communicate with each other.

Once again thank you and see you around!