Malas Beli Buku Baru, Tinggal Pinjam di BolehBaca!

Thursday, October 3, 2019

[Sponsored Post] 

Belakangan ini aku memang lagi rajin baca buku lagi. Bulan lalu, aku baru aja meminjam salah satu buku Murakami di situs Bookabuku. Sayangnya, ketika ingin meminjam lagi, situs mereka sedang vakum jadi nggak bisa langganan ): Hati agak terpotek, karena selama pinjam buku via online itu terasa banget praktisnya. 

Hari-hari pun berlalu, tiba-tiba aku dihubungi oleh salah satu partnership dari BolehBaca dan ditawarkan untuk menjadi salah satu kolaborator mereka.

Before I say yes, aku langsung cek dan mempelajari platform mereka dulu. Ternyata OH ternyata, BolehBaca ini juga merupakan situs di mana kita bisa pinjam-meminjamkan buku secara online! Nggak hanya itu, kita juga bisa membeli dan menjual buku yang kita miliki (secondhand) di situs mereka. Wah, pas banget, kan emang lagi pengen pinjam buku lagi. So, it's a yes!

Kita bisa ngapain aja nih di BolehBaca? 


Seperti yang udah disebutkan, selain bisa pinjam-meminjamkan buku, di BolehBaca kita juga bisa membeli serta menjual buku bekasdengan catatan BUKAN bajakandari koleksi kita pribadi. Jadi, memang tujuan dimulainya BolehBaca karena mereka ingin menekan angka pembajakan buku. Suka sedih memang kalau menemukan buku bajakan yang dijual di luar sana. Belum pernah nerbitin buku, sih, tapi tau banget rasanya nulis capek-capek, eh malah difotokopi dan dijual oleh pihak yang nggak bertanggung jawab. 

So please, meskipun kalian kepepet banget atau nggak punya budget lebih untuk beli buku, jangan pernah beli bajakan, ya. Lebih baik pinjam aja secara online. Lebih praktis, lebih hemat. Tinggal duduk manis di rumah menunggu paket buku dikirimkan. Sip toh? 

Bagaimana cara meminjamnya? 


First of all, kita harus membuat akun dengan email, kemudian mulai berlangganan dengan biaya dari Rp 12.000 s/d Rp 25.000 per bulan. Jadi ada beberapa opsi paket berlangganan yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan atau kebutuhan. Hanya dengan biaya berlangganan di bawah 50ribu lho kita udah bisa pinjam buku apa aja yang kita mau. 


Kemudian, kita akan diminta untuk membayar uang jaminan setiap kali berlangganan. Fungsi uang jaminan untuk mengganti biaya kerusakan atau kehilangan buku yang disebabkan oleh peminjam. Uang jaminan bisa ditarik kembali selama tidak ada peminjaman buku.

Setelah pembayaran kita sudah diverifikasi, tinggal cari deh buku apa yang ingin kita pinjam, pilih metode pengiriman yang kita mau dan tinggal menanti paket buku dikirimkan ke rumah deh!

Tadi katanya bisa meminjamkan dan menjual buku kita juga, ya? 


Betul sekali.

Ini solusi yang oke banget, khususnya untuk kita yang punya banyak buku 'nganggur' di rumah. Daripada numpuk dan hanya menjadi koleksi, kenapa nggak dipinjamkan saja atau bahkan dijual sekalian sebagai buku secondhand bagi yang memang ingin mengurangi koleksi buku di rumah.

Caranya gimana? Cukup mudah kok. Tinggal pilih menu "input buku", kemudian kita akan diminta untuk mengisi nomor ISBN buku (terletak di bagian sampul belakang tepat di barcode).

(kiri) input nomor ISBN buku kamu
(kanan) pastikan nomor ISBN yang kamu input dengan sampul buku yang muncul sama ya 

Kalau kebetulan ISBN buku kamu nggak muncul gambar sampulnya, nggak apa-apa juga, karena nantinya kita harus tetap mengisi detil buku seperti di bawah ini:  

Agak ribet karena banyak yang harus diisi, mungkin bisa diisi kalau lagi luang aja, jangan pas lagi riweuh

Oh ya, dengan meminjamkan buku kita di Bolehbaca, kita juga mendapatkan komisi yang sudah ditentukan sebagai passive income. Mayan banget untuk tambahan uang jajan ibu-ibu rumahan buat beli es kopi susu (ini penting). Dan hasil penjualan buku kita juga nggak dipungut komisi sepersen pun dari mereka lho. Jadi, mereka benar-benar hanya menyediakan platform bagi semua yang ingin membaca, meminjamkan dan menjual buku.


Kenapa harus meminjam di Bolehbaca? 


Seperti pengalamanku sebelumnya dengan pinjam buku secara online, pinjam buku di Bolehbaca pun sangat praktis. Alasan lain-lainnya: 
  • Hemat (di dompet); nggak perlu keluar biaya besar untuk bisa pinjam sebuah buku, apalagi untuk buku impor yang harga jualnya aja udah tinggi. Kebetulan aku sedang pinjam seri trilogi The Hunger Games di BolehBaca. Buat yang suka baca buku bergenre sama (contoh lainnya Harry Potter) udah tau, kan, harga per judulnya aja berapaan? 
  • Hemat (di waktu); nggak perlu capek keluar rumah, ke toko buku dan mencari buku yang kita ingin baca.
  • Dengan meminjam buku di Bolehbaca, secara nggak langsung kita juga mengurangi penyebaran buku bajakan yang ada di luar sana. 
Meski demikian, ada sedikit kritik dan saran untuk Bolehbaca nih: 
  • Ongkos kirim selama peminjaman ditanggung oleh peminjam. Gratis ongkir hanya berlaku di Kota Malang. Sebenarnya nggak terlalu bermasalah, namun akan lebih baik jika ada potongan ongkir atau bekerja sama dengan kurir rekanan sehingga yang di luar kota nggak terlalu dibebani oleh ongkir. Jangan sampai #OngkirMemisahkanKita 😜
  • Navigasi situs dalam tampilan desktop sedikit bermasalah, seperti navigasi filter judul buku/pengarang kurang berfungsi. Ketika mengetik nama pengarang pada kolom filter, koleksi bukunya tidak muncul, namun ketika diketik dalam kolom search barulah keluar. Bisa dicoba untuk membuka situs ini dengan handphone (mobile version) karena lebih user-friendly. Terakhir dapat info dari mereka, situs Bolehbaca sedang dalam upgrade, semoga bisa cepat digunakan dengan nyaman ya. 
Fun facts about BolehBaca:
  • BolehBaca memiliki perpustakaan fisik lho di kota Malang, namanya Boba Library. Bagi teman-teman khususnya pelajar yang butuh buku referensi, bisa banget langsung datang ke perpus mereka untuk meminjam buku. 
  • Target konsumen BolehBaca sepertinya lebih banyak pelajar dan mahasiswa, karena mereka punya beberapa fitur menarik yang berguna untuk pelajar maupun mahasiswa. Fitur tersebut adalah: BolehReferensi (sebuah blog di mana kita bisa menemukan banyak artikel yang bisa dijadikan referensi akademik dan isinya pun dipertanggungjawabkan karena diambil dari sumber-sumber kredibel), BolehBelajar (menyediakan pengajar untuk les privat dari jenjang TK-SMA, bahasa asing sampai persiapan ujian TOEFL), BolehBeasiswa (menyediakan mentor untuk persiapan meraih beasiswa impian), BolehTerjemah (platform penyedia jasa penerjemah dan penyuntingan, cocok nih buat yang sedang skripsi). 

Salah satu fitur Bolehbaca sebagai jasa pengajar privat ke rumah 

***
Akutu suka dengan hadirnya platform seperti BolehBaca, yang punya misi untuk menyebarkan budaya membaca di Indonesia. Kalau aksesnya mudah, nggak ada alasan lagi untuk tidak atau malas membaca.

Khusus untuk pembaca blog ini yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa dan ingin mencoba fitur BolehBeasiswa dan BolehBelajarfeel free to use my code JaneBLG008 to get special discount! Diskonnya sampai Rp 50.000 lho, masih ada sisa uang untuk bayar kost atau jajan di luar, mayan banget!

Selamat belajar dan baca buku di Bolehbaca!




Disclaimer: This article is sponsored by BolehBaca! Review and opinions expressed are my own. Thank you for supporting the brand/product that supports this blog!

2 comments:

  1. HAH MALANG?? Aku kalo ga baca postingan ini pasti ga bakal tau T____T thanks for sharing ci jane♡

    ReplyDelete

Thank you for reading and dropping your comments, it means a lot to me. All comments are moderated and I will try to reply to each comment as soon as I could, so please check back.

All spams and comments that contain ads are gonna be deleted. I'm trying to make this blog a pleasant place where we can communicate with each other.

Once again thank you and see you around!