Diary of the Month: September 2021

Friday, October 8, 2021


Hellooow my beautiful people!

Rasanya masih nggak percaya September udah berakhir seminggu yang lalu. And now we're officially on my birthday and our wedding anniversary month, wohooo!

Bulan September banyak cerita, banyak pengalaman. Yang seru-seru pastinya ingin aku bagikan di sini, termasuk (tentu aja) rekomendasi buku dan film bagus. I hope your September was great too. Nanti cerita-cerita juga, ya, di bawah (: 

Now, let's roll on the montly recap! 

Things I'm Grateful For 


Mulai bulan ini, aku mengganti part "best memories" dengan gratitude list ini, ya ✨

  • Bonding with my family. Lama di Bali, ternyata mengizinkan aku untuk mengenal lebih jauh lagi tentang keluargaku, especially my parents. Bukan berarti sebelumnya aku nggak dekat dengan mereka, hanya aku ngerasa setelah menikah, berkeluarga dan tinggal jauh dari mereka, rasanya seperti ada yang "hilang" aja. I spent a lot of my times there with them. Aku mencoba untuk lebih banyak mendengar mereka instead of trying to argue with them (pengen ngomong lebih banyak soal hubungan dengan orangtua, di lain post, ya!). Yang paling bikin hepi, adalah di saat aku bisa traktir mereka makan lebih sering selama di Bali. Nggak ada yang bisa menggantikan kebahagiaanku saat melihat wajah cerah papa mama waktu aku belikan makanan. Mama yang hepi karena nggak perlu masak, papa yang hepi dibeliin makanan kesukaannya, adikku yang seneng banget ditraktir makan... intinya, siapa yang nggak seneng dapet makanan gratis, kan? AHAHAHA 🀣 gara-gara itu aku juga mengumpulkan beberapa fakta baru tentang menu favorit mereka saat memesan makanan di restoran tertentu. Misalnya, papa dan adikku suka nasi goreng di Bakmi GM, sementara mama nggak begitu suka bakminya, blio lebih senang kalau dibelikan mie ujung pandang. It's really nice to know small things like this about them 😊
  • Helping mom with business. Seperti yang pernah aku ceritakan di sini, aku senang bisa terjun lebih "dalam" untuk membantu mama dengan Jesrisoles. Tau nggak, sih, salah satu yang bikin aku nggak rela pulang adalah karena nggak bisa lagi foto-foto konten di sana secara langsung, bantu mama packing, melayani orderan customer dll. But at the same time, aku senang melihat mama tetap semangat dan sukacita sekali menjalani bisnis walau sempat mandek selama pandemi. Ditambah papaku juga yang selalu siap membantu mama bungkus risoles. Melihat mereka berdua bisa kompak tuh bikin hatiku adem, huhu. Mimpiku, sih, suatu hari bisa berkontribusi lebih serius untuk bisnis mama ini. Kalau Tuhan izinkan, aku ingin buka outlet kecil lagi untuk mama, juga customer kami bisa datang langsung untuk beli risoles. Sama tambah menu es kopi susu gitu seru kali, yak 😝 mimpi boleh donggg, yang penting diusahakan dan DIAMINKAN dulu ya, sodarah-sodarah! 

Food I've Tried 


Dua kuliner yang akan kubahas semuanya based in Bali, yaa. 

All Day Bread
Di Jalan Dewi Sri, ada sebuah toko bakery yang baru buka. Mamaku memutukan untuk belanja roti di sana karena tergoda dengan diskon dalam rangka opening. Nggak maen-maen gaes diskonnya, hampir 70% gitu lho. Emak-emak mana yang tahan diskonnnnn. 

Mama beli beberapa roti yang katanya best seller, serta seloyang bolu gulung. Karena kami sekeluarga pencinta roti abon, maka mama beli banyak varian tersebut. Oh my my my *jangan nyanyi*, mereka nggak hanya basa-basi memberikan label best seller pada roti abon ini, karena memang rasanya SURGAAA. 

Floss roll yang di atas kesukaan mama, sementara aku dan Josh suka yang bawah. Abonnya melimpah, tekstur rotinya lembut dan mayo manisnya juga enak banget pas lumer di mulut 🀀

Selain roti abon, varian lainnya seperti roti cokelat, isi ayam suwir dan donat tusukya juga enak! Anak roti boleh cobain kalau main ke Bali. Mereka bisa delivery kok melalui aplikasi mereka sendiri. Pembelian melalui aplikasi bisa mendapatkan cashback. Mayannn banget buat bayar ongkir untuk pembelian selanjutnya πŸ˜™

MICOCHIC λ―Έμ½”μΉ˜ν‚¨
Suatu hari, mendadak aku kepingin lunch korean food. Diputuskanlah untuk mencoba Micochic, yang ternyata punya menu spesial ayam goreng korea! 

Setelah sekian lama ngidam ayam korea (yang bukan ayam utuh atau chicken wings), akhirnya kesampaian juga makan di Micochic. Mereka punya beberapa varian rasa untuk ayam goreng. Karena pertama kali coba, wis cobain aja semua rasanya biar tahu mana yang enak, yes? πŸ˜†

Gimana? Dari foto udah cukup menggiurkan belum? 
Taburan wijen dan warna saus ayamnya aja udah menggoda banget nggak, sih? *nelen ludah*

Begitu pesanan tiba di rumah, aku langsung ngibrit bawa kotak ayamnya ini ke kamar adikku. Nggak sabar ingin coba bareng, because my brother is a big fan of korean chikin! 

Sayang banget harusnya kami berdua ngevlog, yak, pas nyobain ayamnya satu-satu wkwkwk 

Aku agak lupa nama varian ayamnya, yang pasti favorit kami berdua adalah yang spicy gochu (saus gochuchang pedas manis) dan honey butter, dan memang kedua rasa ini yang paling "aman" menurutku kalau ingin coba. Dan seneng banget karena rasanya cocok! 

Selain ayam, Micochic juga menjual hidangan (cepat saji) khas korea lainnya, seperti bibimbab dan tentu saja tteokpokki! 

Aku juga mencoba menu aneka gorengan Micochic seperti fried mandu (fried dumpling), gimmari dan bakwan sayur (ahahahahah bakwan pulak, maaf banget aku kurang tau bahasa koreanya apa πŸ˜‚). Btw, gimmari dan mandunya jempolan! Meski ada beberapa mandunya digoreng kelamaan jadi warnanya agak gelap, hahahaha. Tapi nggak masalah, isinya ayam cincang gengs, so yummy!

Keluargaku nggak begitu doyan tteokpokki, so THAT'S GOOD. Karena aku doyan jadi nggak ada yang rebutan, yesss! Jangan lupa gimmari-nya dicocol ke saus tteokpokki, ENAKNYAAA~

Untuk harganya sendiri, Micochic ini affordable sekali lhoo. Untuk seporsi ayam korea yang di atas ini (bisa pilih ingin satu atau dua jenis saus) hanya 49rb aja. Nggak mahal, kan? Enak lagi, hihihi. 

Tau nggak, sih, sehari sebelum balik Jakarta aku sempetin order lagi via Grabfood. Kali ini beli ayamnya aja buat makan siang di rumah, hihi. Terus, beberapa hari lalu mama nanya aku kemarin pesan yang rasa apa, mau beli untuk makan malam. Ternyata ada yang ketagihan juga 🀣

Movies/Videos I've Watched 


Kedua judul film yang kusebutkan di bawah ini semua bisa ditonton di Netflix, ya. 

Sparking Joy 
Siapa yang ngikutin serial Tante Marie Kondo yang sebelumnya berjudul "Tidying Up"? Aku pernah review tipis-tipis di tulisan ini: Nonton Apa Aja Selama Bulan Februari 

"Sparking Joy" adalah sekuel kedua dari show sebelumnya. Kurang lebih masih sama kok, tema besarnya organization dan beberes. Bedanya, di sini lebih fokus beberes tempat usaha/kerja/bisnis. Gimana supaya tempat kerja yang rapi bisa memberikan dampak luar biasa bagi pemilik, staff usaha sampai kepada customer

Btw, selama syuting acara ini Marie Kondo sedang hamil anaknya yang kedua (anaknya udah lahir!). Gemeshhh banget lihat tubuh mungilnya Marie dengan perut buncit, hihi. 

The Secret Life of PETS 1&2 
Nonton ini murni iseng, karena waktu itu ceritanya ingin movie night bareng Josh juga. Biar aman, kami pun pilih tontotan dari akun profil Josh yang khusus untuk Anak. Then, we chose this movie. 

Film animasi ini menceritakan kehidupan para hewan peliharaan ketika majikan mereka nggak ada di rumah. Semacam Toy Story, sih, menurutku, ini versi hewan, hahahahaha. Nggak usah tanya cuteness level dari film ini kayak apa... apalagi untuk kalian pencinta kucing dan anjing. 

Di usia Josh sekarang (5 tahun), udah seru diajak nonton film animasi karena dia udah bisa diajak diskusi. Tentunya masih sering bertanya sepanjang film, sih. Ini kenapa, itu kenapa, itu apa, ini apa... ya dijawab aja gapapa. Begitu film selesai, biasa kami suka tanya Josh, how does he feel about the movie. Dan untuk film ini dia merasa senang dan terhibur. Mama pun elus dada... kirain mau minta hewan peliharaan juga, HAHAHA. 

Sekarang dari ranah Youtube! 

TVN You Quiz on The Block - SNSD Episode 
SONEEEE WHERE YOU AT??? 

Sebagai fans SNSD selama satu decade lebih, AKHIRNYA BISA MELIHAT MEREKA REUNI LAGI DI ACARA INI! 

😭😭😭😭😭😭

Sebetulnya, aku udah curiga mereka bakal comeback tahun ini. Entah itu rilis album atau ngumpul bareng di sebuah tv show. Karena sejak ketiga member mengundurkan diri dari perusahaan 2017 silam, mereka masih suka ngumpul bareng. Tahun lalu di tengah pandemi pun malah makin sering ngumpul, bahkan ngevlog bareng di channel Youtube masing-masing.. 

Di acara ini, SNSD dibagi menjadi dua kelompok, dan mereka diwawancara tentang gimana pengalaman mereka sebelum debut dan apa dampak yang mereka alami setelah menjadi salah satu girl group nasional di Korea. 

Member SNSD usianya nggak terpaut jauh dari aku, bahkan member maknae-nya (maknae artinya paling muda), Seohyun, seumuranku. Rasanya kayak tumbuh dewasa bareng, hoahahaha. Mendengar cerita gimana perjuangan mereka trainee sampai akhirnya sukses dan dikenal sampai hari ini, sih, bener-bener nggak bisa aku bayangkan. Namun, perjuangan mereka pun membuahkan hasil manis. Siapa, sih, yang nggak tahu SNSD? Bahkan banyak idol generasi keempat pun mengidolakan SNSD lho *proud fan* 


Anyway,
aku puas banget dengan SNSD tampil di acara ini. Rasanya ingin ikut menangis saat member melakukan performance singkat lagu Kissing You πŸ₯Ί

Jadiii, abis ini kalian rilis album apa gimana, girlssss? *sok deket* 

Breakfast with Tiffany
Satu lagi dari SNSD, kali ini dari salah satu membernya, Tiffany Young, yang punya acaranya sendiri berjudul "Breakfast with Tiffany"

Konsep acara ini sebetulnya cukup sederhana, membahas tentang special routine atau rutinitas spesial yang dilakukan orang-orang sukses dalam bidangnya masing-masing. Di acara ini, kalian bisa menemukan rutinitas dari berbagai jenis pekerjaan seperti intepreter, penulis webtoon, CEO, dll. 

Dan entah sengaja atau kebetulan, hampir semua narasumber di acara ini adalah perempuan. Nggak heran juga, sih, secara Tiffany memang sering menyuarakan tentang woman empowerment. So, I can safely say, acara ini memang Tiffany banget! 

Salah satu episode favoritku. She's a total fangirl in this episode. So cute! 


Books I've Read 


Di bulan ini, aku mau ngaku dulu... karena cuma menyelesaikan satu judul buku, yaitu "The Joy of Missing Our". Ulasan singkatnya udah bisa dibaca di JanexLia Special - Tiny Dolce. Siapa yang udah mampir ke tulisan tersebut? :D 

***
That's all my story from September! How about yours
Atau ada yang kalian nantikan di bulan Oktober ini? (: 

9 comments:

  1. Selalu ngiler kalo liat bagian makanan yang dicoba Mba Jane 🀀 Aku juga suka banget Mba nyariin K-lunch gitu kalo weekend sayangnya deket rumahku ga terlalu banyak jadi ga bisa sering gonta ganti. Tapi untungnya kalo yang K-fried chicken udah lumayan menjamur. Sering beli yang rasa aslinya yang pedes dan selalu kepedesan tapi tetep aja dibeli lagi dan lagi hahaha 🀣

    Btw, mbaaa aku juga seneng banget liat SNSD ngumpul lagi bareng... meskipun bukan SONE tapi aku juga hidup berdampingan sama mereka πŸ˜† Aku aja ngarep banget Mba mereka bisa comeback bareng lagi full team, gak perlu album cuma music digital aja kayaknya dunia Kpop bisa gonjang ganjing itu 😍

    ReplyDelete
  2. Ci Janeee, aku ikut senang Cici dan keluarga bisa lebih menghabiskan waktu bersama saat di Bali kemarin 😍😍 apalagi setelah pandemi tahun lalu, Cici nggak bisa ketemu papa, mama dan adik Cici, kemarin jadi bisa puas-puasin ketemu yaa! Meskipun kalau ditanya, pasti pengin lebih lama lagi di sana πŸ˜†

    Anyway, aku jadi nonton You Quiz on The Block yang SNSD nih! Hahaha. Aku ikut terharu waktu lihat jawaban-jawaban mereka tentang masa sebelum debut, apa arti member bagi mereka, pas mereka perfom Kissing You! yaampun, kangennn! Kissing You ini lagu pertama dari SNSD yang aku dengar, jadi waktu dengar kembali di masa sekarang, serasa lagi naik mesin waktu kembali ke masa lalu πŸ˜‚. Aku terharu sih sama persahabatan mereka, meskipun udah pada beraktivitas secara individu tapi aku sering banget lihat mereka ngumpul bareng apalagi kalau ada yang ultah gitu. Beneran kompak banget mereka sih 😭. Denger-denger mereka mau comeback, semoga bisa comeback segeraaa! Amiiin.
    Nggak lupa memasukan Spark Joy ke dalam list tontonan! Nonton Marie Kondo beberes, entah kenapa bikin hati ikutan senang yaaak, Ci wkwkwk.
    At the end, terima kasih sudah berbagi kisah Cici di bulan September bersama kami 😍

    ReplyDelete
  3. Ini salah banget ya baca ini pagi2. huahah. Lafar. anak ngekos akses makanan terdekat cuma telor sama Mie Instan. Wkwk

    Wahh so Happy for you Mba. Lama di Bali jadi punya QT lebih sama keluarga. Saya pun merasa demikian Mba. Semenjak dewasa dan kerja di Ibukota. Waktu sama Orang2 di rumah jadi terbatas banget. Makanya kemarin pas Lebaran beruntung banget bisa dpat izin Cuti Besar buat nelungkup dirumah 2 minggu lamanya.

    Semoga Oktober ini menjadi bulan yang juga baik untuk semua orang. Amin

    ReplyDelete
  4. Dengan bertambahnya umur kita, rasanya kita sudah nggak bisa lagi argue with parents ya mba, justru bawaannya ingin menyayangi mereka dan membuat mereka bahagia selagi bisa. Mungkin karena kita pun mulai sadar betapa besar peran mereka ketika kita sudah hidup sendiri dan menghadapi berbagai macam kesulitan πŸ˜† Semoga mba Jane dan keluarga besar semakin kompak, dan mama papa mba Jane always sehat 😍

    Eniho, kita sama bingits, suka makan roti abon, dan habis baca rekomendasi mba Jane, saya langsung request mba saya besok untuk belikan. Siapa tau promonya masih ada hahahahaha. Selama ini roti abon langganan saya cuma Breadtalk dan Holland Bakery saja, soalnya saya nggak tau banyak brand bakery enak πŸ™ˆ

    Ohya, saya turut aminkan cita-cita mba Jane untuk buatkan cafe kecil agar customers bisa beli Jesrisoles on the spot, apalagi kalau ada menu kopi susunya juga πŸ₯³ Secara yang punya mantan barista Sbucks, pasti kopinya endolita bambangs ~ hihihi, sukses terus untuk Jesrisoles, mbaaaa. Semoga sukses ke depannya πŸ˜†πŸ€

    ReplyDelete
  5. Septemberku sok sibuk, padahal banyak PR, alhasil ngerjainnya mepet deadline terus, terutama kerjaan diluar job utama. Anak deadliners garis keras kwkwkwk
    berarti SNSD ini udah buyar ya mba? aku ga apdet kalau soal girlband, yang aku tau dulu SNSD emang boom banget ya, terus banyak muncul yang baru baru, ga hapal

    seneng pas tau papa mama kompak ngurusin orderan jesrisoles dan dibuat dengan penuh cinta hehe
    maulah aku cobain si floss roll, bentukannya kok kiyut gitu. di jember nggak ada kayaknya bakery yang "aneh aneh" kayak gini.
    adanya cake cake yang biasa, kayak cake strawberry, green tea, roti abonnya Conato.
    kalau mau roti abon mentok di conato

    ReplyDelete
  6. 1. Semoga impian Ci Jane buat terjun lebih dalam ke usaha Jesrisoles bisa terwujud aamiin.
    2. Oh my my my *nyanyi* πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
    3. Ci Jane sama adik-adiknya bikin video mukbang kayaknya seru tuh, makanan yang dicoba udah banyak banget jenisnya, kayak...aku nggak kepikiran tapi sama Ci Jane dibeli.
    4. Oke Sparking Joy masuk watchlist✅ *mudah teracuni*
    5. Duuuuhhh anak kecil tuh gituuuu suka nanya mulu filmnya itu siapa, itu kenapa, habis ini ngapain, kenapa begini kenapa begitu, hhhhhhh tapi lucu banget asli bikin gemes kalau nonton film sama balita, asal nggak di bioskopπŸ˜… ponakanku juga suka gitu Ci, setahun lebih muda dari JoshπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ nanya mulu, but that moment will be missed once they grow up, jadi aku sabar-sabarin ajaπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
    6. THE SECRET LIFE OF PET CUTE BANGET EMAAAAANG😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭 GIDGET MY LOVE😭😭😭
    7. Aku yang dulu punya love hate relationship sama SNSD aja kagum banget sama mereka, apalagi Ci Jane yang SONE. Ya ampun merinding asli kalau inget-inget mereka dulu perjuangannya gimana, sampai akhirnya jadi dewasa semua ini udah kepala tiga semua :") they are legend.
    8. Whoaaaa asik tulisan di blog mba Mega udah publishπŸŽ‰πŸŽ‰πŸŽ‰

    *komennya dinomerin banget inih*

    ReplyDelete
  7. Nyam2.. roti Abonn.. aku sukaa juga πŸ€£πŸ˜†

    Btw, terimakasih Mba Jane sudah berbagi kisah. Ikut senang aku dengarnya 😁...

    Rencana Tuhan emng yg terbaik ya.. Padahal Stay lama di Bali kan karena nggak sengaja. Tapi Tuhan kasih kebaikan secara terus menerus ke Mba Jane sekeluarga.. kaya bisa dapet kesempatan menikmati waktu bersama orang tua.. lokasi jauh aseli pasti bikin Mba Jane homesick juga kan 😊.

    Terus dpet bonus bertubi2 pas staycation di Hotel Hyatt, dan kenangan indah lainnya. heheh..

    Btw lagi 😁. Aku turut juga mengaminkan doa mba untuk buka cabang baru Jesrisoles ya.. 😊 Aminn.

    Mari kita sambut Bulan Oktober ini dengan lebih semangat dan ceria.. *setel lagu Permission To Dance πŸ˜…

    ReplyDelete
  8. Hai Jane,
    I love to read your story. I can feel the positive vibes.
    Senengnya bisa makin dekat dengan keluarga, dengan papa mama. Nraktir makan emang menyenangkan ya,, yang ditraktir happy, ya mentraktir juga happy.
    Seneng juga bisa nonton acara bagus dan baca buku bagus.
    Salut sama kamu Jane yang rajin baca buku, padahal di jaman serba video gini tantangan banget untuk tetep baca buku. *colek diri sendiri

    ReplyDelete
  9. Aduuuh akutu juga paliiiing suka Ama roti abon Jane :D. Dan menurutku mayo manis di roti abon itu memang penentu sih roti abon bakal enak ATO ga, selain dari abonnya. Krn pernah nyobain roti abon yg mayonya ga mantep. Malah merusak rasa keselurahan.

    Aku tuh paling suka nyobain aneka roti, dan kdg bandingin Ama roti di bakery keluargaku. Kalo memang lebih enak, aku LGS kasih inputan kenapa rasa roti yg ini lebih enak drpd bikinan di bakery sendiri :D.

    Liat ayamnya aku JD pengiiiiin hahahaha. Kok kayaknya susah banget cari ayam goreng Korea yg enak di Deket rumahku. Hrs beli jauh kalo mau yg enak, onkirnya jadi mehooong wkwkwkwkw

    Ketemu family, apalagi kalo bisa lama memang nyenengin Yaa :). Akupun gitu, apalagi kalo bisa ajakin keluarga makan kluar, staycation dll. Seneng aja tiap bisa ngebahagiain mereka

    ReplyDelete