Jumpa Tetangga Blogger Sambil Nyobain Kuliner Vegan di KYND Community, Seminyak

Monday, July 11, 2022


"Ci Jane, kamu di Bali? Mau berjumpa dengan ku kah?" 

Begitulah pesan yang kuterima melalui DM Instagram dari sosok di balik salah satu blog traveling kesayanganku, Mba Justin (A Plate for Two) yang kemudian langsung kujawab mau dong! 

Kebetulan Mba Justin lagi ada kerjaan di Denpasar, mumpung ada waktu luang aku mengiyakan ajakan belio untuk ketemuan. 

Belakangan ini aku baru ngeh kalau Mba Justin lagi seneng sharing makanan vegan. Bukan rahasia umum kalau di Bali nggak sulit untuk menemukan restoran/kafe yang menyajikan (khusus) kuliner vegan/plant-based. Sebuah hal baru nih buat aku sendiri. Aku nggak pernah sengaja nyoba masakan vegan. Menurut ilmu awam yang kupegang, makanan vegan nggak beda dengan makan sayur. Padahal (kayaknya) nggak demikian, ya.

Aku sengaja minta ketemuan di daerah Seminyak karena lebih dekat dari rumah. Maklum, harus ninggalin bocil di rumah jadi nggak boleh terlalu jauh, hihi. Lagipula, Seminyak cukup banyak pilihan restoran vegan dan pilihan kami siang itu jatuh pada KYND Community

Sebelumnya aku sering dengar dan lihat kafe bernuansa serba pink ini di sosmed, baru tahu ternyata mereka spesialis vegan. Lihat menu makanan mereka di Google, aku ngiler. Sebagai pencinta daging dan nggak ada rencana untuk meninggalkan daging dalam waktu dekat, aku cukup penasaran gimana rasa "daging" ala vegan. Apakah mirip, teksturnya gimana, terus masaknya ribet nggak, sih, dan sebagainya.

Kami janjian bertepatan dengan jam makan siang. Nggak heran waktu sampai sana, kafe lumayan crowded. Yang bikin surprise, suasananya bener-bener nggak mirip lagi pandemi, kayak back to normal aja gitu. Tamu yang mayoritas adalah bule, semuanya nggak maskeran, termasuk para waiter. Aku yang maskeran malah berasa aneh, wkwkwk. Tapi memang karena ruangannya semi outdoor, jadi sirkulasi diharapkan lebih baik. Berbekal doa dan vakin 3 dosis, dalam nama Tuhan Yesus aku sehat! 

courtesy of @kyndcommunity

Mba Justin sampai beberapa menit kemudian. To be surprised, walau ini pertemuan pertama kami, suasana nggak canggung sama sekali. Apakah ini karena aura Bali yang selalu positif?? Atau memang pembawaan Mba Justin yang friendly sehingga aku merasa nyaman, ihiyyy. Padahal komunikasi sebatas balas-balas komentar aja di blog, nggak nyangka malah bisa ketemuan, di Bali pulak. 

Nggak pake lama, kami langsung lihat menu dan siap memesan. Di sini aku cukup bingung liat daftar menu yang lumayan beragam. Sekilas menu KYND ini cukup umum ditemukan di restoran/kafe Bali. Yang membedakan adalah bahan-bahan yang mereka gunakan, menarik bangettt. Like chicken wings without chicken, burger without the meat patty. Penasaran bangett dengan subtitusi bahan yang akan diolah. 

Kami pesan beberapa menu dan minuman, aku memesan iced flat white dengan almond milk, sementara Mba Justin memesan jus. 

Sambil nunggu pesanan datang, kami ngobrol banyak. Saling ngenalin diri masing-masing dengan sharing pengalaman hidup: Mba Justin dengan hobi traveling serta kuliner vegan, aku dengan dunia parenting. Seru, sikk. Mba Justin yang kukenal di blog dan secara langsung nggak berbeda. Orangnya supel, ceria dan nggak pelit pujian. Pasalnya, waktu kami order, Mba Justin nggak sungkan muji lipstick yang dipakai si mba waiter bagus dan membuat penampilannya seger. Si mba waiter sampe malu-malu seneng pas dipuji, hahahaha. Dari sini aku belajar, kalau mau muji mah muji aja. Pujian sesimpel apa pun yang kita lontarkan bisa aja menjadi penyemangat hari seseorang 😊

Sekitar berapa belas menit kemudian, makanan kami datang. 

Buffalo Cauliflower Wings
ENAK BANGET INI. Rasanya memang nggak kayak ayam, tapi kayak makan kulit ayam, karena crunchy sekali, huhuhu. Sampe bilang ke Mba Justin, kayaknya bisa nih buat di rumah. Cara goreng kembang kol gimana yak bisa sampe seenak ini? Btw, ini yang pesan Mba Justin, tapi sepertinya lebih banyak masuk ke perut aku, sih LOL

Mexican Burrito 
Plis, ini bukan nasi bakar, hahahahaha. Mexican tapi kenapa penampakannya lokal, hihi. Rasanya enak, jarang makan seperti ini jadi ya buatku spesial. Terus ini ngenyangin banget! 

Vegan Sunny-side-up
Pesanannya Mba Justin karena penasaran telur vegan itu kayak apa. Pas dicoba... suerrr, kayak makan surabi! Bagian putihnya pake santan, sementara bagian kuningnya mendekati rasa asli. Entah mereka pake apa tapi teksturnya mirip. 

Mba Justin juga memesan sejenis burrito namanya It's A Wrap. Sama kayak burrito pesananku, makan setengah udah kenyang puol. 

Namanya juga blogger, foto dulu dong kan yaa buat konten XD

Porsi makanan kami cukup besar, di tengah-tengah kami pause dulu biar nggak begah. Terus, kami nguping pembicaraan dua bule cowok yang duduk di sebelah kami, mereka seru banget ngomongin cewe yang duduk nggak jauh dari meja kami. Ternyata mereka nggak jauh beda sama kita kalau lagi heboh ngomongin cogan, wkwkwk.

Setelah piring bersih, aku melihat jam yang udah hampir menunjukkan pukul dua siang. Saatnya pulang karena Krystal harus bobo siang. Kami berdua janjian bakal ketemuan lagi kalau bisa di Bogor. Ya, kalau di Bali lagi juga gapapa, sih, huahahaha.

It was such a great lunch time with Mba Justin! Perut kenyang, hati senang ❤️

Terima kasih, Mba Justin sudah ajak aku ketemuan! Pankapan culik aku nyicip kuliner vegan lagi, ya!

KYND Community
Jl. Petitenget No. 12, Kerobokan, Seminyak
Open hours: 8:00 - 22:00
Instagram: @kyndcommunity

12 comments:

  1. Waaaa seru banget bisa ketemuan sama blogger lain! Aku kayaknya belom pernah deh ketemu blogger yang beneran kenal online doang selama ini pasti emang ketemu blogger yang udah jadi temen dulu 🤣

    Btw seru ya icip-icip makanan vegan gitu, aku jujur penasaran sih Mba karena di otak aku kalo vegan tuh yaudah ujung-ujungnya salad doang kan ya tapi ini tuh kayak menu komplit gitu dan mirip lagi sama yang asli, bisa sekalian diet dong ahaha. Suasana juga cantik ya Mba, colorful gitu. Kalo vegan gini lebih mahal ga sih Mba harganya? Mengingat membutuhkan kreatif lebih gitu kan untuk menciptakan suatu menu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seruuu, Mba Tika! Jadi punya pengalaman baruuu, soalnya aku pun nggak pernah ketemu temen sesama blogger :D Wah, jadi Mba Tika punya teman yang kebetulan blogger juga ya?

      Ihh, persis banget sama aku. Mikirnya vegan tuh sebatas sayur mayur aja ya, hahahaha. Ternyata banyak banget yang bisa diolah dan rasanya enak! Nah, karena ini kebetulan makannya di kafe Seminyak, harganya mayan pricey, harga umum kafe kebanyakan di Bali sih. Aku dapet info dari Mba Justin juga, katanya KYND ini punya tempat makan lain yang khusus menyajikan makanan Indonesia dan vegan juga, harganya lebih affordable. Penasaran juga aku pengen coba XD

      Delete
  2. Seruuuuu ^^ Aku waktu itu sempet liat di ig nya Justin n Mba Jane lg meet up. Aaahh seruuu nyaaa... Di antara semua temen blogger, aku baru pernah ketemu Justin doang. Karena kita satu kantor. Dan kocaknya waktu itu kita pertama kali meeting bareng, dan Justrin tiba2 nanya, Mba Thessa yg blogger buku itu bukan? dan itu kayanya hampir 4th lebih yg lalu. Hehehe. Senengnya sampe ada notice ternyata blog berdebu aku waktu itu.
    Aku juga maauu doonkk panpakan meet up, tp nunggu Mba jane balik aja, bukan pas di Bali. Hehehe ^^ Kebayang klo meet up juga ntr bareng Lia, pasti kita nyarinya jadi tempat kopi susu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Thessaaa, tau nggak sih waktu aku ngeh kantor tempat Mba Justin kerja sama kayak Mba Thessa, Mba Justin langsung cerita perkenalan oertama kalian juga, ternyata malah temen kantor yaa 😂

      Ayuk, Mba boleh bangett. Apalagi bawa bocils bisa sekalian playdate ya kita 😆

      Wah, kalau sama Lia kita harus bawa buku sekalian supaya ngobrol sama Mba Thessa, huahaha.

      Delete
  3. Huaaa ikutan hepi lihat sesama teman blogger bisa ketemuan 🥰 Kak Justin baik bangettt, nggak sungkan buat memuji pegawai di sana 😍 kayaknya aku baru pertama melihat orang bersikap seperti ini dan it warms my heart ❤️ Kayaknya okai banget buat mulai terapin hal seperti ini 🥺.

    Kalau untuk makanannya, aku penasaran banget dengan kembang kol goreng tepungnyaaa! Kok kepikiran aja ya buat menu seperti ini wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga agak kaget karena nggak biasa muji orang asing 🙈 aslikk mba waiter-nya malu-malu seneng begitu dipuji Mba Justin cakepp lipstick-nya, hihi.

      Tiap kali liat youtuber vegan masak cauliflower wings itu aku penasaran sama rasanya, Lii. Akhirnya kesampean makan di KYND, wkwkwk. Ternyata gurih dan crunchy juga, teksturnya ringan karena sayur 😆

      Delete
  4. Tau ga sih Jane, aku tuh jadi tertarik Ama makanan vegan gara2 mba Justin jugaaaa. Kok kayaknya enak2 bangettttt. Yg di JKT aku udh catet, tapi blm datangin, Krn pak suami ga mau. Dlm pikiran dia vegan itu ga enak pasti. Sebel deeeh.

    Kayaknya hrs aku bujuk2 dulu biar mau 🤣.

    Makanya ntr Agustus kan aku ke Jogja, aku mau cari makanan vegan bareng temen yg memang hobi nge gym. Dia pun tertarik Krn selama ini juga jaga makan banget.

    Jadi pengen ketemuan juga Ama mba Justin di Jakarta, atau di Bogor sekalian kitaaa 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tau nggak sih, Mba Fanny. Akutu kepikiran ngajak paksu juga buat nyoba resto vegan lainnya di Bali, belum nanya sih. Tapi kayak ragu dia mau karena doi pencinta daging 🤣

      Padahal resto vegan banyak yg enak ya sekarang, kayak Burgreens gitu katanya enak banget, Mba Fanny pernah coba kah?

      Wah asikkk. Selamat hunting vegan food di Jogja, Mba! Aku tunggu review-nya aja 😆

      Hayukkk kopi darat kita ciwik2 di Bogor 😆

      Delete
  5. Awww ada tulisannya. Ci Jane juga makasi udah mau ketemuan sama aku dan makasi foto yang berdua gak diposting karena aku lagi kumel banget wkwk. Sukak deh ternyata kita berdua juga observer yang inderanya luas sampe tau meja sebelah ngomongin apa. Pan kapan jumpa lagi yaaa kita makan vegan di Bali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. HIhi macama, Mba Justin! <3

      Tiati emang yaa sama orang observer, pembicaraan kalian tuh bisa sampe ke kuping kami 😂 Aku sedih nihh belum sempet cobain GIVE, suamiku tak mau diajak makan vegan, wkwkwk. Mungkin nanti aku ke sana sendiri aja XD

      Yesss! Looking forward untuk pertemuan berikutnya 🥰

      Delete
  6. Kynd wishlist aku tapi belum kesampaian hahaha
    mau ke seminyak waktu itu kok keburu waktu banget
    next time ahh

    kalau liat poto potonya, tempatnya asik banget ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bukan karena Mba Justin, kayaknya aku pun nggak bakal nyobain KYND, Mba, huahaha. Yukslah kapan-kapan ke Bali jangan lupa cobain, Mba Ainun :D

      Delete