BPN DAY 27: 5 Kebahagiaan Sederhana yang dirasakan oleh Seorang Stay at Home Mom

Sunday, December 16, 2018


Kebetulan banget di kala harus nulis tema postingan ini, aku sedang baca sebuah buku yang berjudul "14,000 Things to be Happy about".

Si penulis mencatat semua hal kecil (selama 40 tahun!) yang membuatnya bahagia and to make this life worth living. Mulai dari wangi popcorn, masakan ala Mama, bau hujan, kado natal dan sebagainya. Buku ini unik karena bener-bener hanya berisi list of those happy things. Tanpa ada penjelasan lebih lanjut, tanpa ada catatan tambahan. Bacanya juga jadi senyum-senyum sendiri. Oh ternyata hal sepele kayak gini pun bisa membuat orang bahagia, ya.

Ada sebuah kiasan dari seorang bernama Chade-Meng Tan yang berbunyi, "find your thin slices of joy." Penjelasan singkat dari kalimat tersebut, kebahagiaan kecil tersebut bisa didapatkan dari momen sepele seperti ketika kita haus banget, kemudian kita bisa meneguk segelas air dingin dan rasanya seger banget. Familiar, kan, dengan perasaan kayak gini? Blogger favoritku, Mba Lei juga pernah meminjam kalimat ini untuk menjelaskan hal-hal kecil yang 'menyelamatkan' hari-harinya.

Masih ingat postinganku tentang declutter our minds? Salah satu yang kusebut adalah practice gratitude, sekecil apapun itu.

Maka hari ini, aku ingin membagikan lima kebahagiaan sederhana yang bisa dinikmati di rumah. Kelima hal ini yang biasanya pun 'menyelamatkan' hari-hari penatku sebagai IRT.

So here you go.

1. Makan Indomie goreng pake telor ceplok (yang kuningnya setengah matang).
Nggak ada yang bisa mengalahkan comfort food yang satu ini.

Aku tuh lemah banget kalo udah nyium wangi bumbu indomie goreng yang udah dicampur. Yang nggak laper pun jadi pengen makan.

Paling enak makan ini sambil nonton serial favorit di depan laptop. Mantul! *wiii bisa pake kata ini juga akhirnya 😂*

2. Ajak Josh jajan ke warung depan gang rumah.
Belakangan ini aku suka ajak Josh ke warung deket rumah sekalian jalan sore. Seneng sihh jajanan di warung kayak momogi atau chocolatos gitu masih kebeli dengan harga gopek satuannya. Jadi ini yang jajan emaknya sebenernya LOL.

Biasanya aku suka minta Josh pilih cemilan yang dia mau, abis itu dia yang tenteng sendiri deh kantong belanjaannya.

Gini aja bikin hepi lhoo.

3. Tidur siang/malam sambil ditemenin suara hujan.
Karena belakangan ini Bogor hujan angin terus, bobonya agak nggak tenang. Mengingat beberapa waktu lalu sempat mengalami angin puting beliung.

Namun, di musim hujan biasanya, bobo ditemenin suara hujan itu entah kenapa bikin kualitas tidur jauh lebih enak.

4. Ketika suami randomly bertanya, "Kamu mau minum Ch*time nggak? Aku pesenin."
MAUUUU. AKU MAUUUU. ((:

5. Ketika anak menghabiskan menu makan siangnya dengan lauk bikinan mamanya. 
Buat anak yang pernah punya bekgron susah makan, ini kebahagiaan yang sempurna buatku.

Sekarang ini aku bisa masak lauk apapun yang aku suka dan Josh bisa ikut makan. Kemarin ini aku masak daging asam manis, dimakan donggg sama doi. Mana irisan bombaynya ditelen juga. Mama terharu sangat lho, nak T___T

***
Sebenernya masih ada banyak hal kecil lainnya yang bikin mood seorang mama rumahan kayak aku jadi lebih baik. Misalnya, ketika anak tiba-tiba berceloteh kata-kata baru (Josh bisa menggunakan ekspresi kata "buset" dengan tepat. Entah gimana belajarnya tuh anak), liat anak main sama papanya sampe ngakak-ngakak dsb. 

Those "thin slices of joy" bisa kita temukan kalo kita lebih peka.

Jadi, kebahagiaan kecil apa yang kamu rasakan hari ini? 

7 comments:

  1. Jane aku jadi penasaran sama bukunya hehe.. Indomie goreng memang sumber kebahagian yang hakiki wkwk ga bisa ditolak beneran deh harumnya *terus abis ngetik komen langsung laper* :))

    ReplyDelete
  2. momogiiii... astagaaa aku juga suka lho ini. pernah beli sekerdus kecil yang biasa buat orang jualan itu dan aku abisin sendiri. nggak sampek seminggu. wkwkwk..
    kenyang banget makan momogi.

    ReplyDelete
  3. Nomor satu sama bangettt
    Dan dalem ati selalu nanyaa
    Kenapa semuaaa ibu suka mie plua ceplok buat metime
    Jd pengin neliti
    😂

    ReplyDelete
  4. aku juga suasana tidur malam pas lagi hujan <3

    ReplyDelete
  5. Pinternyaas Josh..pinter terus yaa nak mamamnya supaya mama nya hepi terus..eh itu kalo di offer chatime suami sih aku juga hepiiii...krn seringannya kan kita yg ngajakin n pesenin dia ya..jd giliran dia yg inisiatif rasanya terharuuu *lebay tapi bener* hahahaha

    ReplyDelete
  6. hal2 sederhana gampang banget bikin emak2 kayak kita bahagia ya.

    aih kok samaan aku suka indomie pake telor ceplok buleud setengah mateng :D

    ReplyDelete

Thank you for reading and dropping your comments, it means a lot to me. All comments are moderated and I will try to reply to each comment daily, so please check back. Nice to chat with you!