What I've Learned This Year (2018)

Monday, December 31, 2018


Kalau yang lalu aku udah merekap momen favorit sepanjang tahun 2018, hari ini, the very last of 2018, aku juga ingin membagikan hal-hal apa aja yang udah dipelajari di tahun 2018.

Life lessons tahun lalu bisa baca di sini, ya: What I've Learned This Year (2017)

On motherhood journey: 
Tahun 2018 masih menjadi tahun di mana aku lebih banyak mendedikasikan waktu untuk Josh. Kelihatan dari hasil foto #bestnine2018 di atas, ya?

Well, namanya jadi ibu rumah tangga, kalo nggak ngurus anak, ngurus apalagi, kan? (ngurus belanjaan di shopee). Apalagi salah satu goal tahun ini adalah menyapih Josh dan suksessss! 

Baca: My Breastfeeding Journey (Part 2): Byeeee Nenen! 

Udah selesai disapih, tantangan berikutnya (masih) soal makan dan satu fase yang paling horor dan ditakuti para ibu dengan balita usia 2 tahun, the infamous trouble two phase.

Ngomongin soal makan, Josh itu termasuk picky dan emotional eater. Jadi makannya berdasarkan mood dia aja. Kalo lagi bete, ya nggak mau makan. Kalo lagi hepi, makannya mendadak pintar. Untungnya, selama proses disapih, nafsu makannya nambah banget. Wajar, sih, yaa. Kan udah nggak nenen tuh, jadi bawaannya lapar terus.

Kirain mama udah nggak perlu pusing soal makan, EHHH mendadak nih fase trouble two datang! Tiba-tiba anaknya drama banget. Throwing tantrum all the time. Anak mama yang selama ini dikenal sebagai anak kalem, nggak banyak tingkah, tau-tau hobi jejeritan pagi, siang dan malam. Masih untung (banget) Josh nggak pernah tantrum di luar rumah, sih. UNTUNG AJA.

Ditambah Josh nempellll kebangetan sama mamanya. He was too attached to me, sampai aku ngerasa ini sesuatu di luar batas kewajaran. Sebentar-bentar cari mama. Padahal mamanya cuma masuk kamar mandi 10 menit doang, nangis di depan pintu kayak habis ditinggal 40 hari 40 malam. Sampai ada satu titik di mana aku nggak ingin mendengar kata "mama" dalam satu hari. Aku pernah bahas soal ini di IG story, tapi untuk close friends aja. Sebenernya aku sharing murni pengen curhat aja, sih. Eh, ternyata dapet beberapa respon positif dan dukungan dari beberapa teman dan sodara.

Puji Tuhan, kedua fase tantrum dan anak yang terlalu nempel sama mamanya ini 'hilangnya' berbarengan. Dan di saat yang sama, Josh jadi pinter makan dong. He almost eats everything now. Ya, masih milih-milih, sih. Tapi soooo much better, lah. Udah mau makan nasi, mau makan daging dan nggak sungkan untuk coba-coba makanan yang ada di atas meja

What I've learned: mengutip kalimat dari bab tantrum dalam buku Susahnya Jadi Ibu, "about tantrum: my child is not giving me hard time. My child is having a hard time."

Sebelum jadi seorang ibu, aku suka sembarang nge-judge orangtua yang anaknya tantrum guling-gulingan di tempat umum. Sekarang baru tau rasanya dan baru paham kalo ini tuh fase yang amat sangat normal.

Inget yaaa, jangan pernah menyalahkan diri sendiri tentang anak yang tantrum. Beberapa kali pun aku ngerasa jadi ibu kok nggak becus. Kasarnya, you only have one job, tapi anak lo hobinya jerit-jerit tiap malam sampe takut ganggu tetangga tidur. Turns out, anak tantrum itu bukan kesalahan didik dari orangtua. Iya salah, kalo kita nggak membantu si anak menghadapi fase ini dengan benar. Menurut teori, tantrum itu bisa menjadi proses yang baik dalam membantu si anak mengenali emosi dirinya.

Per hari ini, Josh udah jaraaaaang banget marah-marah. Kalo pun marah, ya bentar aja tuh. Nangis juga bentar banget, dan nggak pake teriak-teriak lagi. Aku ngerasa ini efek positif dari fase tantrumnya yang udah dilewati. Selama Josh tantrum, aku dan suami berusaha buangetttt untuk nggak ikut pecah emosi (ya, meski sering gagal juga, sih.. T_T). We just let him scream out loud, cry out loud. Selama nggak membahayakan dirinya sendiri dan orang lain. Namanya juga lagi sedih, lagi marah. Kita aja kalo lagi bete maunya ngeluarin emosi, kan? Emang mau ditahan-tahan? Sebel juga toh kalo lagi pengen marah tapi dilarang? Ya, anak kecil juga gitu. Makanya, aku belajar untuk nggak melarang Josh untuk marah atau mengeluarkan emosinya. Tapi tetep dikasih tau, nggak boleh berlarut-larut. After all, anak bakal capek sendiri lah. Meski nangisnya 1-2 jam, ya. Entah darimana energi nangis itu datang ya, Josh 🙄

Ini ngomongin bagian anak aja udah panjang banget, ya. Hahahahaha. But yeah, that's my biggest lesson as a mom this year. 

Sungguh, jadi seorang ibu itu menimbulkan perasaan yang ajaib. Di suatu waktu, rasa sayang sama anak bisa beribu kali lipat. Tapi di suatu waktu juga, rasa sayangnya cuma sayang aja. Ibuk-ibuk yang setuju mana suaranyaaaa?

Our Marriage: 
Tahun 2018 juga menjadi pengalaman yang seru untuk hubungan pernikahan kami.

Nggak pernah kepikiran sebelumnya bakal LDR-an lagi setelah menikah, malah ternyata kami harus menjalani LDR tersebut selama satu bulan penuh.

Baca: LDR Bali-Bogor Selama Satu Bulan

Buat sebagian pasangan, mungkin LDR sebulan doang dengan jarak yang nggak jauh-jauh banget bukan sesuatu yang big deal. Ini sih level cupu, ya. Apalagi kalo sering baca cerita long distance marrige yang dijalani Ci Gesi dan suaminya. Pengalaman eike ini mah nggak ada apa-apanya lah.

Tapi tetap yaa, mau pengalaman yang gimana pun pasti ada sesuatu yang bisa 'dipetik'.

Yang paling berkesan selama LDR ini, sih, kami jadi punya waktu banyak untuk recharge diri kami masing-masing. Di Bogor itu entah kenapa agak susah untuk punya waktu me-time. Salah satu harus bertugas untuk nemenin Josh, kalau salah satunya lagi ingin me-time. Maklum, ya, kami nggak pake jasa nanny. Sementara Josh kurang bisa ditinggal dengan orang rumah.

Pengalaman LDR ini memberikan kami berdua kesempatan untuk memanjakan diri sendiri kembali. Ngerasa nggak, sih, kalo sama diri sendiri udah puas, ngabisin waktu berdua dengan suami pun juga lebih enak. Terbukti saat kami reunited, rasanya kayak jatuh cinta lagi gitu lho. Ini geli, ya, nulisnya, huahahaha. Tapi beneran. Ngobrol jadi lebih luwes, lebih nempel, lebih romantis.

Apa dengan begini harus lebih sering LDR-an? LOL amit-amit nggak usah deh. Pengalaman ini  cukup membuat kami sadar, mempertahankan cinta di dalam pernikahan itu butuh perjuangan dan effort yang amat sangat. Percayalah, yang namanya pillow talk aja tuh harus diniatin banget lho. Harus boboin anak lebih pagi. Plus, harus nahan ngantuk juga biar nggak ketiduran pas ngelonin anak.

Kalo mau dibahas lebih lanjut tentang menjaga spark romance setelah menikah itu bakal panjang. So mari kita ngobrolin next time di postingan khusus, ya.

Tahun 2019 pokoknya aku dan Andreas harus lebih banyak waktu berdua, sih. Februari pas Imlek nanti kami bakal pulang ke Bali. Udah dari kemarin Andreas ngomongin terus pengen brunch date lagi pas di sana. Nanya-nanya mulu udah di-plan apa belom, mau nge-date di mana dll.

On personal: 
Aku sadar semenjak jadi ibu, waktu untuk diri sendiri sangat berkurang. Saat lagi me-time pun, hati suka nggak tenang ninggalin anak. Ada sedikit rasa guilty kok gue tega ya ninggalin anak sementara gue enak-enak begini.

But heyyy, siapa bilang setelah jadi ibu kita nggak boleh me-time? Siapa bilang setelah jadi ibu kita nggak boleh lagi senang-senang?

Apalagi semenjak ngerasain capek lahir batin mengurus Josh masuk usia 2 tahun ini, aku makin rajin mempraktikkan self-care. Karena aku sadar, sebelum bisa mengurus orang lain, aku juga harus bisa mengurus diri sendiri. Inget konsep masker oksigen dalam pesawat, kan? Kita harus nolong diri sendiri dulu, kemudian menolong orang lain.

Ngurus anak dengan fisik dan mental yang loyo, anak pun kena imbasnya. Josh itu bisa makin bete kalo mamanya ikutan bete. Rasa bersalah akan bertambah berkali lipat kalau nggak bisa take care of ourselves first.

Makanya kenapa sekarang aku berusaha banget untuk nggak terlalu merasa bersalah saat punya waktu untuk sendiri. Entah itu journaling sambil minum kopi selagi panas di waktu anak asik main air di kamar mandi, binge-watching Meteor Garden 2018 di saat anak udah bobo malam, ikut ketiduran di saat ngelonin anak bobo siang, menyelesaikan blog challenge selama 30 hari dan lainnya. Be selfish, do one thing that makes you happy. Itu salah satu cara bikin aku tetap waras dalam menjalani peran sebagai ibu.

***
Udah janji sama diri sendiri kalo tahun 2019 harus lebih keren lagi. Harus jeliii dengan kesempatan yang datang. Harus lebih berani dalam mencoba sesuatu yang baru. Harus lebih ambisius melakukan sesuatu (contoh: blogging), karena mengerjakan sesuatu nggak boleh setengah-setengah. 

Selama dikasih hidup enak oleh Yang Maha Kuasa, I want to live to the fullest. Rasanya mubazir, ya, kalo hidup itu hanya dihabiskan dengan scrolling feed Instagram tanpa henti, kemudian meratapi nasib dengan bertanya "kapan gue bisa hidup enak kayak dia?" padahal in reality nggak ngapa-ngapain untuk mengubah hidup lebih baik. 


Thank you once again for 2018. I promise I will be a better version of myself next year. 

Selamat tahun baru untuk semuanyaaaa. Mari berjuang lebih keras untuk tahun yang baru! 

16 comments:

  1. saya yang LDR an sepanjang tahun apalah daya... tapi bersyukur karena ada kesempatan berkumpul sekali sebulan meski cuma untuk 4 hari... setelah membaca ini kok jadi inget hubby ya.. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salut sekali Mba sama perjuangan pasangan suami istri yang harus LDR. Semoga tetap harmonis dan semangat yaa (:

      Delete
  2. Kalau nyobain best nine, ig mamah-mamah kayak kita pasti hasilnya auto foto anak atau foto bareng anak. Semoga kedepannya makin sukses dan keluarga sehat terus ya mbak :)

    ReplyDelete
  3. Nah itu bener banget hahahaha foto (bareng) anak selalu paling laku di Instagram :P

    Amin aminn. Semoga Mbak Enny sekeluarga juga sehat selalu ya (:

    ReplyDelete
  4. Terrible two is nightmare sihhhh, masih inget aku sampe ngeleseh di lantai Mall se jam gara2 anak tantrum goler2 an. Diliatin org2 kaya lagi nyiksa anaaaak. Padahal cuma perkara ngantuk. Lesson learned nya sejak itu nggak pernah ngemall sebelum dia tidur siang hahaha
    Abis terrible two masih ada threenager phase buuuk! Brace yourself. Huahahaha
    Happy new year yaa Jane and fams. Semoga 2019 makin kecehhh dan bisa lbh baik dari sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekali-kalinya Josh tantrum di luar rumah itu di dalem kamar hotel pas kita ke Bandung. Suer, aku panik banget. Dia nangis jejeritan sampe aku pun ikutan pengen jerit T_T takut banget kan ganggu orang-orang di kamar sebelah. Ternyata dia mau apa dong? MAU KELUAR KAMAR HOTEL. Begitu keluar kamar, dalam hitungan detik anaknya diam. KENAPA NGGAK NGOMONG AJA NAK T_T *jadi curhat*

      Fase anak bakal terus lanjut sih ya sampai kapan pun. Sampai nanti remaja gantian kita yang nanya-nanya dan mereka yang ribet sama kita hahahaha

      Thank youuu Jenn! Best of luck for you too!

      Delete
  5. Awww... entah mengapa, hati terasa hangat banget baca ini mba.
    Saya suka banget part tulisan orang-orang yang bisa selalu mengambil hal positif dari apa yang mereka alami.

    Banyak baca emang selalu membantu kita dalam hidup ini.

    Si bungsu saya nih, baru aja 14M tapi mulai belajar tantrum.
    Dulu, si sulung tantrum, saya ikutan tantrum, i mean, kalau dia nangis di mall atau tempat umum, saya ikutan nangis juga, (pura2nya hahaha), alhasil dia gak jadi nangis, mungkin malu liat maminya gila hahaha.

    Nah masalahnya, saat hal tersebut mau diterapkan ke anak kedua ini agak horor juga.
    Lah dia kalau ngambek, sukanya nangis sambil guling-guling di lantai, masa iya saya kudu ikutan gulung2 di lantainya mall kayak dia, biar dia ga nangis karena risih maminya gila hahahaha

    dan iyes sih, saya juga dulu, doyaaannn banget mulut nyinyir, ih itu anaknya teriak2 sih, setelah punya anak, syukurin saya kualat sendiri huhuhu.

    btw, semoga tahun 2019 lebih baik lagi yaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga bersyukur, Mbaa bisa mengambil hikmat dari setiap pelajaran. Meski nggak enak ya prosesnya, tapi ujung-ujungnya bisa ada yang dipetik.

      Duh, tricky sih memang nih menghadapi anak tantrum. Udah anak kedua pun masih suka bingung ternyata ya, Mba. Banyak-banyak bersabar aja deh sama anak tantrum, mamanya nangis sesekali gapapa biar waras hahahaha

      Aminnn. Semoga 2019 juga makin sukses buat Mba Rey yaa (:

      Delete
  6. Hi, strong mama! After reading your post, I just wanna say this to you: YOU GO, GIRL! 🙌

    I'm glad that you got everything worked out last year. It's also great to see that you can see the good in everything, because that's how the happiest people make the best out of everything! 🤗

    Dan setuju banget di part "Rasanya mubazir, ya, kalo hidup itu hanya dihabiskan dengan scrolling feed Instagram tanpa henti, kemudian meratapi nasib dengan bertanya "kapan gue bisa hidup enak kayak dia?" padahal in reality nggak ngapa-ngapain untuk mengubah hidup lebih baik". Ini penting banget buat selalu ditaruh di kepala.

    Selamat tahun baru Kak Jane dan keluarga! Good luck for your parenting, relationship, and life in general. Sending love to you and your family 💕

    ReplyDelete
    Replies
    1. "See the good in everything, that's the happiest people make the best out of everything." AMEN TO THAT!

      It's not easy, really. Prosesnya tuh berdarah-darah deh, hahahaha. But I guess that's life, ya. Harus ada yang bisa dipetik dari setiap masalah yang ada. I'm glad I did. Hihi

      A self reminder too about the last paragraph. Ora et labora yaa intinya.

      Happy new year for you too, Ruth! Good luck in everything you do :D

      Delete
  7. paragraf terakhir di atas gif menohok banget i like that hahaha, selamat tahun baru ci jane dan keluarga!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi menohok sampai berdarah-darah nggak? :P

      Met tahun baru juga Endah! Semoga sukses selalu yaa!

      Delete
  8. Hihi.. Semangat Mama. Saya jadi banyak belajar baca artikel ini. Saya juga usah mulai jarang scrol Instagram, kecuali lagi nyari ide. Hahaha.. selebihnya kalo gak gambar ya bikin tulisan 🤣🤣🤣. Sesekali ngobrol sama tetangga. 😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang juga kalo abis ngepost di IG berusaha untuk ditinggalin dulu biar nggak ganggu aktifitas. Aku juga sering tuh bilangnya cuma buat cari inspirasi, ujung-ujungnya stalking ke mana-mana 🤣

      Delete
  9. Senyum2 sendiri bacany
    Anakku yg sekarang lg masa tantrumm 😂🤣
    Masalah menyapih kok banyak denger info pd susah yaa
    Entah anakku nanti
    Masih april
    Moga2 makin langgeng mb n g ldm lg 😁
    (Pejuang ldm jugaa)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soal tantrum, harap bersabar aja, Mba. Pasti akan berlalu hahahaha

      Kalo soal menyapih, susah-susah gampang sih sebenernya. Susahnya itu sebenernya karena si ibu suka gak tegaan. Kalo ibunya gak tega, bakalan susah deh proses nyapihnya. Semoga nanti lancar ya, Mbaa. Dinikmati dulu aja sekarang ini hihi

      Delete