Diary of the Month: August 2021

Wednesday, September 1, 2021


Can't believe we're on our first day of September already! 

Konon katanya kalau udah masuk bulan yang berakhiran ber, waktu akan berjalan semakin cepat dan tanpa kita sadari, tahun baru udah melambai cantik di ujung sana. Whaaaaaaat! 

Sebelum kita cerita-cerita selama bulan Agustus kemarin, aku mau iseng membagikan fun fact tentang hari pertama di bulan September ini. I just wrote this down in my journal, and I wanna share it again here on the blog. 

First day of September
  • It's my best friend's birthday and she is turning 30!
  • It's also BTS Jungkook's birthday (nggak penting tapi ditulis juga lol)
  • I woke up before my alarm clock rings (yay!)
  • My throat feels so much better this morning (semalam mendadak tenggorokan kering, suspek utamanya tentu saja makan kerupuk terlalu banyak! Langsung seduh jahe merah malem-malem sebelum bobo, and thank God it works!)
  • I'm having toast with pure almond/cashew butter spread.

Okaaay, sekarang mari kita kilas balik bareng di bulan Agustus! 

Best Memories 


Waktu ngecek archive DOTM edisi Agustus 2020, di situ aku nulis tentang kabar kehamilan anak kedua. Fast forward today, dedek bayi siap-siap masuk usia 5 bulan! 

Dan baru sadar juga, aku nggak pernah cerita apa-apa tentang Krystalselain birth story yang mana lebih tentang emaknyadi blog ini. Padahal waktu Josh bayi dulu, aku lumayan sering curhat. Apakah ini faktor anak kedua mama jadi malas cerita? 

Tapi besar kemungkinan karena aku nggak menemukan kesulitan yang sama seperti waktu punya anak pertama, jadi alasan curhat pun minim. Perks menjadi mama anak dua? Bisa jadiii. 

Pankapan, yaaa, aku cerita rasanya jadi mama anak dua, hihi. 

Kenapa aku cerita ini sebagai best memory, karena makin hari makin ngerasa bayi ini cepat sekali besarnya. Berat badannya mulai naik lambat, itu berarti dia makin besar dan siap makan! Makin bisa diajak komunikasi. Tiap kali eye contact, anaknya pasti ketawa. Ngocehnya mulai panjang, tidurnya juga oke banget. Sounds too good to be true, tapi beneran. Semoga kamu pinter dan sehat terus yaaa, sayang! 

heyoooooow! (: 


Things I've Learned 


Masih ingat postingan lombaku yang ini dan ini

Waktu nulis dua blogpost itu entah mengapa aku cukup yakin bakal dipertimbangkan juri minimal kalau nggak juara tiga besar, ya masuk postingan favorit gitu. Kenapa pede betul, karena nulisnya lancar dan mengalir begitu aja. Padahal topik parenting itu bukan jenis tulisan yang sering ada di blog ini. 

Karena pemikirian ini aku jadi gelisah banget menanti hari pengumuman pemenang. Sampai waktu pengumuman tiba, eh mendadak dibilang diundur! Wah, makin tegang! Bisa-bisanya aku seambisius ini padahal biasanya santai banget. Karena tujuan aku ikutan kompetisi blog sebetulnya ingin tahu aku tuh bisa nulis sejauh mana. Temanya bisa aku gali sampai sedalam apa. Susah-susah gampang ikutan lomba blog itu pokoknya. Sampai kebawa mimpi lho. Bingung banget. 

Dan bisa ditebak, akhirnya ya kagak menang, hahahahaha. Boro-boro, juara favorit aja nggak. Nangis seember 😂

Yang bikin tambah malu, waktu lihat tulisan tiga pemenang utama. Gilak, tampilan blog mereka aja kece banget! Isi tulisannya lebih-lebih. Artikel aku mah apa... kalau blogpost itu bisa dirobek-robek dan dibuang ke tong sampah, mungkin itu yang akan aku lakukan. Ya sebetulnya bisa juga, sih, aku tinggal delete postingan itu. Tapi nggak rela juga. 

Pertama kalinya kecewa banget sama diri sendiri karena nggak ikutan lomba blog. Sampai WA ke suami yang nun jauh di sana, curhat sampai nangis karena merasa gagal dan nggak ada apa-apanya. Suami bilang, kenapa aku bisa sesedih ini mungkin karena udah berusaha tapi ternyata nggak memberikan hasil. Which is trueeeee. 

Seharian itu aku gloomy, kayak ada awan kelabu di atas kepala. Baringan di sofa ruang depan rumah sambil bengong sambil scrolling Gofood lihat jajanan apa yang bisa dibeli untuk menghibur hati. 

Yes, don't judge me. Aku emotional eater. Senang, makan. Sedih, makan. Pokoknya segala emosi harus "dirayakan" dengan makanan. 

Eniwei, akhirnya pilihan jatuh pada Chatime yang kebetulan lagi promo. Biasa beli less sugar kali ini normal sugar, BECAUSE I NEED IT! *ihhh validasi emosinya sebatas minuman manis* 

Setelah minum beberapa kali seruputan, aku mencoba untuk refleksi dari kekalahan ini. Dan langsung ketemu jawabannya. 

Para pemenang lomba blog itu memberikan "lebih" dari apa yang diminta oleh pihak penyelenggara. Mereka nggak cuma memberikan yang terbaik, tapi sesuatu yang mungkin aja lebih dari kapasitas mereka sesungguhnya. Of course the trophy belongs to them. Waktu aku nulis artikel lomba, aku menulis dengan penuh kesombongan dan ingin menang. Padahal sekali lagi, sumpah tulisanku nggak ada apa-apanya. Kayak butiran debu, hahahahaha. 

Di saat Greysia dan Apriyani berhasil bawa pulang emas, Jane harus belajar dari kekalahannya melalui lomba blog di awal bulan Agustus kemarin. Masih banyak hal yang harus aku pelajari supaya jam terbang menulis dan blogging makin tinggi.

Saatnya mengeluarkan motto hidup anak Gen Z: YOK BISA YOK! 

Food I've Tried 


Bulan ini harus skip part (favorit) ini karena aku kebanyakan makan di rumah masakan mama :D 

Kalaupun beli makanan, biasanya makanan yang udah sering dicoba sebelumnya. Semoga bulan depan ada review makanan baru, ya! 

Movies/Videos I've Watched 


Surprise, surprise! Bulan lalu nonton cukup banyak judul film. Semuanya film Indonesia, semuanya ada di Netflix, semuanya belum pernah ditonton. 

The Nekad Traveler & Trinity Traveler (Netflix)
Judul sesuai urutan sekuel pertama dan kedua, yaa. And yes you read it right. Judulnya NEKAD, bukan NAKED. Aku juga baru sadar waktu ngetik blogpost ini LOL. 

Setelah nonton ini, beberapa teman heboh menyarankan aku harus baca bukunya karena lebih detil dan tentunya lebih seru. Memang film adaptasi itu jarang menang pamor daripada bukunya sendiri, yaaa. Pas aku cek di iPusnas judul Naked Traveler series ini BANYAK banget, yadalah nonton aja dulu biar kira-kira bisa tahu ceritanya tentang apa. 

Btw, Endah pernah ulas (hampir?) semua bukunya Trinity

Maudy Ayunda sebagai Trinity cantik banget, sukaaak sekali dengan gaya berpakaiannya di film ini. If I was born as a traveler like Trinity, mungkin gaya bajuku juga seperti itu, deh. 

Terus ada Babang Hamish Daud sebagai Paul! Waktu scene di Maldives, hamba sampai bingung memilih mana ciptaan Tuhan yang lebih indah: laut dan langit biru yang menyatu atau manusia bernama Paul. 

Alur filmnya sendiri sangat sangat enak diikuti. Sekuel pertama kita diajak mengenal lebih dekat siapa itu Trinity dan di sekuel kedua lebih memusatkan cerita cinta Trinity. 

Ada Apa Dengan Cinta 1&2

Nonton ini jauhhhh lebih terasa smitten ketimbang nonton Dilan (fans Dilan jangan marahin akoh, ya!). Mungkin kah karena... faktor usia? Atau Bang Nicsap aja yang kelewat tampan. 

Nonton sekuel pertama, langsung nostalgia dengan dialog-dialog Cinta-Rangga. "Salah gue? Salah temen-temen gue?", nggak lupa ngomongnya dengan muka nyolot 🤣 

Btw, hidupnya Rangga di New York itu life goals aku banget lho. Jadi penulis (berbayar) dan punya coffee shop. Best of both worlds banget huhuhuhu. 

Soekarno 

Menceritakan sepanjang hidup Soekarno memperjuangkan kemerdekaan Indonesia sampai akhirnya menjadi presiden pertama di tanah air. Selesai nonton ini rasanya haru biru. Mungkin karena bertepatan dengan suasana 17-an kemarin, ya. 

Kartini 

THIS IS A MUST-WATCH! 

Habis nonton ini rasanya semakin bangga menjadi wanita yang hidup di Indonesia. Pernah kepikiran nggak, sih, kalau Ibu Kartini nggak memperjuangkan hak perempuan di masanya, hidup kita sekarang akan seperti apa. Dia berani mendobrak tradisi dan budaya yang turun-temurun di dalam keluarganya, hanya karena nggak ingin wanita selamanya berada di derajat paling bawah. She was truly a hero. 

Scene favoritku adalah saat Kartini dan kedua adiknya membaca buku di dalam kamar, mereka seolah-olah sedang "ngobrol" bersama karakter yang ada di dalam buku. So cool! 

Btw, adakah yang punya rekomendasi buku biografi Kartini yang layak dibaca? Tolong bisikin aku donggg. Kalau bisa yang buku cetak, ya! Thank you berry berry much! 

Books I've Read


Bulan Agustus berhasil menyelesaikan dua judul buku. 

Setelah baca seri Cerita Mamah Muda: Me Time, ternyata masih ada sekuel lainnya yaitu, "Yang Ketiga". Masih dengan para penulis yang sama, menyuguhkan lima cerita berbeda namun dengan satu tema besar: orang ketiga. Meminjam bahasa netijen masa kini, pelakor. Intinya sama, selingkuh itu nggak akan bisa dibenarkan. Makanya, aku baca novel ini sambil nahan emosi, hahahaha. 

Buku kedua adalah Kesetiaan Mr. X (The Devotion of Suspect X). Meski kurang cocok dengan novel Malice, aku mencoba kembali untuk membaca karya Keigo Higashino lainnya yang berhasil mendapatkan 4-star dari Jenn Im. Yesss, lagi-lagi aku mencontek bacaan dari doi karena prinsipku cuma satu: segala sesuatu yang direkomendasikan Jenn Im, pasti bagus 🤣

And it was right! Aku berhasil menaikki roller coaster selama membaca novel ini. Di saat plot detektif pada umumnya adalah mencari pelaku, di novel ini pelaku sudah diketahui mulai dari beberapa halaman pertama. Halaman-halaman berikutnya kalian bakal diajak si "pelaku" dalam membuat alibi dan menyembunyikan mayat yang terbunuh. It was quite emotional too, karena di novel ini diceritakan gimana seorang stranger yang sangat sangat mencintai seseorang yang nggak dikenalnya secara langsung begitu dalam. Bingung rasanya mau bilang apakah itu cinta sejati or you just being creepy

***
So, that's all about my August! 

Seperti biasa, aku selalu ingin kepo apa aja hal yang menyenangkan atau ada yang ingin direkomendasikan selama bulan Agustus kemarin ini. Aku selalu terbuka untuk rekomendasi buku dan film. You know I love them both! 😉

Semoga September kalian ceriaaaaa. Have a great day! 

Pssst, jangan lupa cek JanexLia Eps. 10, ya. Ada giveaway buku pre-loved, lho!

25 comments:

  1. Josh, kamu lucu sekali? Gayanya dalam berfoto sudah mahir banget , kakak tari bangga denganmu dan dedek kristal kamu imut sekali tambah gemuk menggemaskan. Dan, berbicara akan lomba blog justru saya sudah pernah ikut lomba hampir 15 kali namun hasilnya nol besar hingga pernah sangking lihat hasil kekalahannya sampai sedih dan malas untuk ngapa - ngapain. Terus, yang terakhir untuk film di neflix lebih suka film ada apa dengan cinta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mba Tari! Anaknya memang makin besar makin pintar (banyak) gaya hahahaha 😂

      Wah, Mba Tari hebat sekali udah banyak mencoba berbagai lomba, yaa. Berarti aku masih harus banyak mencoba kayak Mba Tari supaya lebih terasah kembali skill menulisnya. Ayoo terus semangat ya, Mba! Jangan menyerah 😊

      Ada Apa Dengan Cinta memang film cinta klasik yang patut ditonton <3

      Delete
  2. Klo Mba Jane bulan Agustus ini banyak nonton film2 tema pahlawan n kebangsaan, aku baru aja namatin novelisasi sejarah. Ternyata perjuangan pahlawan masa lalu itu luar biasaa yaaa 😭😭

    Buat yg kalah lomba blog, aku ngerti bgd perasaan Mba Jane. Peluk jauuuhhh.. Aku jg pernh ngerasain kondisi gt. Klo aku malah dulu mikirny, mukin itu cara tuhan nyolek aku agar sadar ternyata aku masih harus banyak belajar. Mungkin klo ga gt, aku akan gampang berpuas diri. Semangaat terus yaa Mbaa Janeee.. Tos chatime dulu 😁 Aku jg suka itu chatime dg gula normal 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Novel yang baru Mba Thessa review di blog, yaa? Nonton film sejarah begini lebih ngena ketimbang baca buku pelajaran Sejarah di sekolahan dulu. Perjuangan pahlawan tuh nggak main-main, ya huhuhu nggak takut mati, yang penting Indonesia bebas penjajahan dan merdeka 😭

      Mba Thessaaaa, maacih banyak dukunganmuuu *peluk* Aku pun berasa "ditegur" banget sama Tuhan, kalau aku nggak berhak sombong karena masih banyak yang harus dipelajari soal menulis. Untung sedihnya cepat hilang setelah Chatime wkwkwk abis itu semangat belajar lagiii! 💪🏻

      Delete
  3. Aaaah Krystal kok ngegemesin banget sih Mba Janeeee *eh malah salah fokus 🤣

    Ahh tau banget nih rasanya kalah lomba blog apalagi udah berharap gitu, aku pernah ikut dan masuk final aja udah kepedean banget Mba eh pas kalah rasanya kecewa kecewa banget wkwkwk tapi pas baca blog pemenangnya eh langsung minder gak jadi deh kecewa hahahaha

    Aku bulan ini malah gak nonton film sama sekali. Apakah karena Agustus makanya Mba Jane banyak nonton film Indonesia? hihihi. Btw, aku juga baru sadar kalo judul filmnya "Nekad Traveler" padahal dari buku Naked Traveler yak wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang anaknya ngegemesin banget! Aku ciumin terus mumpung anaknya nggak bisa ngelawan dan pasrah wkwkwk

      Hahahahaha bener banget, Mba! Begitu lihat tulisan pemenang aku langsung malu, malah mau belajar dari mereka supaya bisa bikin tulisan yang lebih layak untuk diikutsertakan lomba 😂

      Kebetulan Netflix memasukkan beberapa judul film seperti Soekarno dan Kartini itu bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia kemarin, Mbaa. Aku iseng tonton ehh bagus dua-duanya 😭

      Apa jangan-jangan kalau judulnya Naked nggak lulus sensor yak wkwkwkwk

      Delete
  4. Kesel deh aku kemarin udah komen tapi kayaknya error 😂

    Janee si Krystal makannya apaa kok bisa gemesin giniii?? Pipinya pengin aku gigit *ditimpuk mamanya* dari 4 foto itu, foto terakhir lucu bangeett 💕

    Filmnya kecuali Trinity, aku udah nonton. AADC sih udah ga tau berapa kali aku ulang saking sukanya, mana Mas Nicsap masih muda belia di situ *walaupun sekarang juga ga banyak berubah* wkwk

    Aku kemarinan (pas 17an dipas-pasin wkwk) nonton Sultan Agung Janee, yang main Ario Bayu juga. Baguuuss filmnya, adegan perangnya juga bagus, intens dan keliatan niat banget bikinnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah koneksi internetmu lagi nggak stabil? Hahahaha

      Kayaknya mamanya doyan makan deh, jadi anaknya pun ikutan gembil 😆 lucu banget yaa mukanya kayak bakpao jatuh 😂 *maap mamanya bias sama anak sendiri wkwkwk*

      Harus diakui sekuel keduanya aku sukakkk! Jaddi pengen main ke Yogya gara-gara mereka hahahaha Nicsap emang tiada duanya ya. Pesonanya mana tahannn. Padahal aku jarang banget ngelirik aktor Indonesia wkwkwk

      Eh iya, aku kemarin ini sekilas baca review-nya di blog kamu. Abis nonton film Indonesia itu Sultan Agung ini juga muncul di beranda Netflix. Nanti mau nonton juga ah :D

      Delete
  5. Aku nyoba liat pemenang lomba blog di atas. Hehehe. Menurutku, artikel yang di lomba blog itu memang bagus-bagus dan pantas jadi juara. Tapi bukan berarti artikel yang Mbak Jane butiran debu, ihhhh.

    Soalnya tulisan mbak Jane kan spesial, resonating with your own experience. buatku, tulisanmu buat lomba itu personal banget--too personal, maybe, karena namanya lomba blog kan biasanya ada "target kejaran" dari si penyelenggara lomba itu sendiri, hahaha.

    Tulisanmu tetep terasa spesial. Berasa banget itu tulisan mbak Jane dan semangat mbak Jane bercerita di dalamnya. Nggak heran kalo kamunya juga jadi optimisss. Jadi para pemenang memang memenuhi apa yang dicari oleh si penyelenggara lomba, tapi kalau parameternya beda lagi, I'm sure you'll snatch the judge's heart.

    Bukan penghiburan loh ya ini 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Mega ah, jadi ingin pelukkkk 🥺

      Kayaknya sih gitu, yaa. Soalnya aku lihat tipikal pemenang lomba blog rata-rata sama. Lebih semacam artikel resmi (atau apa ya namanya) gitu ya. Makanya next time kalau memang niat ikut lomba harus banget belajar dari para pemenang ini. Jam terbang pemenang tuh udah tinggi, susah juga ngejernya kalau nggak sering ikutan (dan belajar!) 😂

      But thank youuu so much for your kind words, Mba Mega! Mwah mwah! 🤗❤

      Delete
  6. Sek sek bentar.. mau goyang-goyangin pipinya Krystal dulu 😭 yaampun pipinya guemes banget Ci, sampai mau jatuh gitu wkwkwk, dan semakin kelihatan mirip mommynyaa 😍 *setiap kali lihat Krystal selalu bilang begini wk*

    Membaca cerita Cici perihal lomba, aku jadi flashback ke masa-masa masih sekolah dulu. Kadang kalau lagi ujian, rasanya lancar banget ngerjain soal-soalnya dan PD banget bakalan dapat nilai bagus atau paling nggak di atas 80. Nggak jarang, hasilnya malah di bawah 80 atau bahkan jeblok 😥. Lalu jadi sedih sendiri 😭. Beruntung karena Cici punya Si Koko yang selalu siap support and be there sewaktu Cici sedih 🥺. Sebuah pengalaman baru telah bertambah, semoga kedepannya bisa menjadikan Cici pribadi yang lebih baik lagi. Tetap semangattt 💪

    Anyway, untuk buku tentang Kartini, Cici pernah baca atau dengar buku Habis Gelap Terbitlah Terang? Jujur aku kurang tahu isinya tentang apa, tapi ini salah satu karya Ibu Kartini dan ada yang jual di Tokopedia 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyahahahah kali ini mama menang banyak! Hampir 90% yang pernah lihat Krystal secara langsung dan foto bilang mirip mama, yessss! 😆

      Liii, bener banget! Dulu aku juga pernah kayak gitu di sekolah. Bahkan pas kuliah pun aku masih suka seperti itu. Udah belajar sungguh-sungguh, pas ngerjain ulangan PD akan dapat nilai segini, ternyata hasilnya nggak sesuai ekspektasi. Nggak jarang juga aku bete dan menyalahkan gurunya (tentunya di dalam hati) hahahaha. Tapiii, kalau nggak begini, kita juga nggak belajar untuk menerima kekalahan dan terus mencoba untuk lebih baik lagi ya 😊

      Ahaaa, now you mentioning it, aku kemarin ini udah download Habis Gelap Terbitlah Terang di GD, Lii! Soalnya pas cari di Tokped banyaaaak banget jenisnya nggak tahu mana yang orisinil mana yang bukan 😂 thank you udah ingetin, Lii!

      Delete
  7. Tapi memang seringnya anak kedua itu LBH anteng dan kalem Jane :D.sama kayak anakku, si adek LBH ga bikin banyak pikiran hahahaha. Memang lebih lincah, LBH banyak gaya, tp dalam hal jam tidur, makan, dia LBH ga rewel drpd kakanya :D.

    Naah aku penasaran Ama film Kartini sebenrnya.. ntr nonton ah.. aku g terlalu sering nonton film sih akhir2 ini, LBH rutin drakor hahahaha. Tapi sempet nonton 2 film India, QUEEN dan andhadhun. Lumayan menghibur yg Queen, kalo yg andhadhun ttg pianis pura2 buta yg jadi saksi pembunuhan depan mata . Tegangnya dapet , walo endingnya agak maksa supaya happy ending, tapi okelah. Di Netflix juga nontonnya.

    Itu Netflix ku makin banyak aja list yg aku save hahahaha.

    ReplyDelete
  8. Yaampun, dek Krystal kok nggemesin banget, sih... :3

    Aku suka banget padahal sm tulisan mba Jane yg Guek Lai. Terus jadi penasaran sama pemenangnya, tapi nyari2 di medsos penyelenggaranya kok ga ketemu, ya... :S

    Tentang kegagalan tuh kadang aku merasa tricky. Kalau ga sedih, asa denial. Tapi kalau merasa sedih, yah, bingung juga, menyikapinya. Di luar kontrol kita, sih, ya... Kalau aku pribadi, biasanya mencoba dialog sama diri sendiri. Kalau berasa pengen nangis ya udah nangis aja. Tapi abis nangis berusaha mengambil hikmah dan langkah ke depannya. Ga mudah, sih... seringnya sulit banget sampe berasa am I lying to myself? Tapi, kadang untuk saat2 seperti ini, motto 'fake it till u make it' ada baiknya juga. ^^"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hellooo tante Hicha! 😘

      Daftar pemenangnya memang nggak diumumkan di medsos, Mbaa. Kalau mau lihat ada di situs penyelenggara langsung :D dan terima kasih Mba Hicha sudah menyukai tulisanku huhuhu appreciate it so much! 🙏🏻

      Betul, Mba. Kayak kasusku begini aku nggak bisa kontrol juri untuk menentukan pemenang, kan. Yang bisa dilakukan yaa intropeksi diri, perbaiki diri supaya lebih baik lagi. Dan aku setujuuu. Biasanya aku menerima emosi apa pun dalam diri, tapi nggak mau terlarut lama-lama di dalamnya. Jadi udah sedih, yaudah. Paling ditulis aja semuanya di jurnal, abis itu feeling better sih hihi (: memang susah-susah gampang tuh soal menerima emosi. Asal berani jujur aja sama diri sendiri, everything will be okay 🤗

      Delete
  9. Have a great September! just wondering if you might tell us your thoughts about correlation between reading books and blogging. Ya, a glimpse about my thoughts, been several years since I have a mind about making a library, but just wondering how it might works.. Gue cman karyawan swasta biasa, cman ada niat aja, I got enough daily necessity to keep me alive. Tapi, people out there might not have the same comfort. I got extra budget to buy books, and wanted to share.

    However, there is a HUGE gap from my thoughts to the reality. Kayaknya, di masa pandemi or even di masa non-pandemi, orang merasa membaca buku itu ngak memberikan direct impact to their life akhirnya yang populer malah.. ya ntah bermain saham or apapun yang sifatnya personal gain dan just feeling *lonely* and couldn't find a good community to share or even just a writing a warm-hello!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hey there! What should I call you anyway? Supaya lebih enak :D

      Ah, that's actually a great topic! Aku nggak pernah pikir sebelumnya tentang hubungan antara baca buku dan blogging. I should write about that some time, makasih banget untuk insight-nya.

      Dan tentang mimpi kamu, itu keren banget! Mungkin bisa dimulai dari survey tempat yang kira-kira membutuhkan akses membaca? Atau mungkin bisa secara daring? Aku juga dulu pernah mimpi ingin membuat public library, tapi untuk sekarang prioritasnya nggak ke sana dulu. Lagipula bacaanku juga belum begitu beragam 😂

      Soal komunitas, mungkin belum nemu aja kali, ya? Tapi somehow aku setuju sih dengan apa yang kamu bilang. Tapi interestku sama buku yang membawaku ke beberapa orang yang memang punya interest yang sama dan akhirnya bisa ngobrol bareng, salah satunya dari blog ini. Oh, maybe you should write a blog then! (:

      Tetap semangat, ya!

      Delete
  10. Wah syukurlah Kak Jane bisa menikmati Devotion suspect X setelah kurang cocok dengan Malice ya kak hihihi. Ini novel Keigo yg bikin aku jatuh cinta sama karya-karya beliau. Dan tau gak kak aku tau buku ini dari rekomendasinya Kai EXO hahaha, emang ya bacaan idol tuh ternyata banyak yang bagus-bagus😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hellooo Reka (aku panggilnya Reka aja dehh ngikut temen-temen yang lain biar nggak bingung XD), kamu apa kabarnyaaa. Udah lama nggak update blog hihi

      Iya lho, ternyata cukup sukses dengan si Kesetiaan Mr. X ini, mungkin karena cucok sama plotnya yaa. OMGGG Kai EXO baca ini juga?? Hahahahaha bacaan idol memang beragam yaa. Dulu tuh idol yang aku tahu suka banget baca buku cuma Seohyun dan Tiffany SNSD, abis itu makin ke sini makin banyak juga yang suka baca. Tiffany juga sempet share satu per satu bacaan dia gitu di IG story, seru banget hihi

      Delete
    2. Hahaha oke kak panggil Reka juga boleh. Baik kak..iya lagi vakum dulu ngeblog, sekarang lagi sering berkunjung ke blog teman-teman aja 😁

      Endingnya miris ya kak..aku kayak gak percaya gitu sama keputusan si ceweknya itu, kasian Ishigami wkk. Iya aku tau buku ini gara2 rekomendasi dari Kai, kalo gak salah Jisoo blackpink banyak baca bukunya Keigo.

      Bener kak, Seohyun keliatan aura bookwormsnya sih haha. Tiffany aku baru tau nih, dia suka baca buku juga ternyata 👀

      Delete
  11. PIPINYA KRYSTAL HUHUHUHU GEMES BANGET!!! >.< Jadi keinget sama Song Mansae waktu masih bayiiikkkkk. >.< Sehat-sehat ya ponakan akuh. <3 Habis ini kamu pasti makin lucu dan gemesin apalagi kalau udah bisa ngomong. >.<

    Wooo makasih Ci Jane sudah backlink ke salah satu tulisanku tentang Trinity Traveler. Mangat yes baca semua buku-bukunya, tiati kena racun Trinity hahaha.

    Daebak ini fillm-film yang ditonton sama Ci Jane udah pernah aku tonton semua. DAN YES PLIS GAES KALIAN HARUS NONTON KARTINI! Ci Jane udah nonton yang Kartini and Mr. Postman belum? Aku belum wkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Song Mansae si triplet itu yaa? Duh, mereka ngegemesin banget memang pas bayik. Sekarang udah pada gede-gede tinggi gitu astagaaa.

      Hihihi maacih banyak Tante Endah! 😘 Kalo udah bisa ngomong mama langsung ajak nongki di kafe wkwkwkwk

      Yang seri pertama aja seru buanget ahhahaha. Jadi kangen traveling nggak sih, walau aku juga bukan tipe traveler yang koboi, karena buatku liburan harus nyaman bahahaha 🤣 cuma seru bangettt baca pengalaman di pesawat, di bandara, ketemu orang-orang "aneh" dan lainnya. Yaampun semoga pandemi cepat kelar dan kita semua bisa traveling lagi ya!

      Belum, Ndaaah. Yang Surat untuk Kartini di Netflix itu kah? Kok aku nggak tertarik wkwkwkwk

      Delete
  12. iya betul juga kalau beberapa bulan lagi udah desem-ber dannnn tahun baru, astagahhh dan aku belum ada kemajuan apa apa ini, sedihnyoo hahahaha

    baideweiii krystalll kenapa dirimu makin gemoy aja ya, udah bisa duduk sendiri, ampunnnn

    agustus kemarin sebenernya banyak list lomba nulis yang pengen aku ikuti, saking banyaknya ya luntur juga semangatnya hahaha, kadang kalau aku ikutan lomba, suka hampir deadline, padahal belum mikir konsep arah tulisan mau dibawa kemana

    film trinity emang beneran baguss, aku baca bukunya dari pertama dan it's oke kalau difilmkan dan kayak kebawa traveling juga waktu nontonnya

    oya film Kartini ini aku baca reviewnya juga bagus, belum aku tonton ini mbak, aku list dulu aja dah
    apalagi kalau sambil baca buku biografinya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Ainunnn, kudu nonton Kartini deh, ada kok di Netflix :D filmnya bagus sekaliii. Akutu sampai berpikir kita sebagai perempuan di era sekarang sungguh beruntung semua karena Kartini yang memperjuangkannya 😭

      Hahahaha Krystal belum bisa duduk sendiri sebenernya, masih suka goyang-goyang terus jatuh ke samping atau ke depan 🤣

      Take your time, Mba Ainun! Masih banyak waktu kok sampai akhir tahun. Semoga apa pun yang Mba Ainun ingin capai lancar semuanya yaa. Sehat-sehat, Mba! 🤗

      Delete
    2. xixixixi sampe sekarang si netflix belum aku perpanjang hahaha
      banyak bener yang pengen ditonton, ada yang drama korea, ehhh sekarang malah lagi oleng ke drama cina wkwkwk

      Delete